10 Buah Tangan Khas Cikarang Yang Paling Banyak Dicari

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66338″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Buat kamu yang sedang bertandang ke Cikarang, jangan lupa beli oleh-oleh untuk keluarga di rumah ya! Pasalnya, ada aneka macam masakan khas dari kota ini yang wajib buat dicoba.

Jika masih gundah kuliner apa kira-kira yang bisa dijadikan acuan sebagai buah tangan untuk dibawa pulang ke rumah, 10 buah tangan khas Cikarang rekomendasi JejakPiknik berikut mungkin mampu jadi alternatifnya!

1. Kue Akar Kelapa

Foto By @nostalgia.jajanan

Seperti namanya, makanan khas Cikarang satu ini bentuknya memang seperti akar kelapa. Rasanya sangat anggun dan legit. Bahan dasarnya sendiri terbuat dari kelapa.

Cemilan ringan ini biasanya sudah dikemas menggunakan kemasan plastik. Kaprikornus kau tinggal membeli dan membawanya pulang untuk dinikmati bersama keluarga di rumah.

Kue tersebut bisa dibilang menjadi satu buah tangan khas Cikarang yang cocok untuk teman bercengkrama bersama kerabat ataupun keluarga.

Tidak sulit menemukannya, satu kawasan yang mampu kamu tuju untuk membelinya yakni sentra oleh-oleh Mpok Nini di jln. Belanak 2 Ujung No57, Kayuringin Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat. Harganya dibanderol sekitar Rp.35.000 saja perbungkusnya.

2. Kue Duit

Foto By httpdesajambutimur.blogspot.com

Diberi nama demikian sebab bentuknya mirip seperti duit (dalam bahasa Indonesia artinya uang). Sementara bahan dasarnya yaitu memakai gula, tepung dan telur.

Cara membuatnya tidak terlalu sulit, setelah materi-materi diadon kemudian dibuat menjadi bulatan tipis seperti duit, kemudian digoreng. Saat dimakan akan renyah di lidah dan terasa sedikit elok, cocok untuk sahabat di masa bersantai di sore hari.

Kudapan ini bisa ditemui di pusat oleh-oleh di sekitar kota Cikarang dalam kemasan kecil ataupun secara kiloan. Tak perlu khawatir kantongmu jebol, alasannya kue duit dipatok dengan harga yang cukup irit dan aman dikantong.

3. Kue Sagon

Foto By @dranginang

Makanan ringan khas Cikarang satu ini materi dasarnya terbuat dari tepung beras ketan yang sudah disangrai terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan kelapa parut.

Campuran inilah yang menciptakan kue sagon menjadi gurih dan memiliki citarasa tersendiri. Bentuknya beragam, ada lingkaran pipih, oval atau persegi panjang, tergantung cetakannya.

Cemilan ringan yang banyak digemari orang-orang Indonesia ini juga gampang ditemukan di toko buah tangan di Cikarang, Bekasi dan sekitarnya.

Salah satu contohnya adalah Vany Bakery di jln. Mayor Oking No.25-27, Margahaya, kota Bekasi, Jawa Barat. Sebungkusnya, kau cuma perlu merogoh kocek sebesar 15 ribu saja.

4. Bandeng Rorod

Foto By @bandengrorodofficial

Sepertinya kota Cikarang bisa berbangga alasannya kini telah memiliki satu ikon yang pas untuk dijadikan sebagai buah tangan oleh para wisatawan.

Kalau Jogja terkenal akan Bakpia, Semarang punya lumpia, maka Cikarang mempunyai Bandeng Rorod. Jenis masakan satu ini berbeda dengan Bandeng Presto alasannya tidak mempunyai duri sama sekali.

Dengan resep dan racikan bumbu yang khas, semakin menciptakan masakan ini memiliki rasa lebih nikmat. Kalau kau ingin membelinya, mampu langsung ke produsennya di jln. Maluku Raya Blok C1 No.05, Perumnas 3, Aren Jaya, kota Bekasi.

Kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkannya. Makanan ini juga menjadi oleh-oleh paling tepat buat orang-orang terdekat.

5. Rengginang

Foto By @rhmankml

Saat mendengar namanya, kamu niscaya sudah biasa dengan jenis buah tangan satu ini. Cemilan ringan tersebut terbuat dari beras sebagai materi dasarnya.

Mula-mula beras dicuci bersih kemudian dijemur dibawah terik matahari. Setelah kering, selanjutnya digoreng sampai mengembang. Selain memiliki rasa gurih dan bikin nagih, rengginang juga cukup mengenyangkan sebab terbuat dari nasi.

Kamu bisa mendapatkannya di seluruh pusat oleh-oleh di sekitar Cikarang, salah satunya di toko Arbies di Citywalk Jababeka 2N, jalan Ki Hajar Dewantara. Untuk harganya hanya kisaran 13 ribuan saja per pack.

6. Bir Pletok

Foto By @kedai_omgondrong

Meski namanya Bir Pletok, namun minuman satu ini sama sekali tidak mengandung alkohol loh. Bahannya sendiri terbuat dari aneka macam jenis rempah-rempah mirip kayu bagus, jahe, kapulaga, cengkeh, kayu secang, dan lain-lain.

Minuman ini juga mempunyai khasiat yang banyak layaknya jamu dan bisa mengobati aneka macam jenis penyakit mulai dari masuk angin, menghangatkan tubuh, pegal-pegal serta memperlancar pedoman darah.

Konon katanya, asal namanya bukanlah beer melainkan bi’run yang artinya sumur atau dalam bahasa Arab ialah sumber air. Zaman dahulu, orang menyimpannya memakai bambu dan lalu diberi suplemen es watu di dalamnya.

Karena goyang-goyang, es dalam bambu pun saling berbenturan dan menghasilkan bunyi “pletok”. Maka dari itulah diberi nama bir pletok. Pusat oleh-oleh di kota Cikarang banyak yang menjualnya dan per botolnya itu hanya dibanderol sekitar 10-13 ribu rupiah saja.

7. Wajik Ketan Hitam

Foto By @ritarita1049

Makanan satu ini mungkin mampu ditemui di berbagai tempat, tapi tak ada salahnya membawanya pulang sebagai buah tangan khas dari kota Cikarang.

Di Cikarang, wajik menjadi simbol perekat tali silaturahmi. Kue berair ini bahan dasarnya terbuat dari adonan beras ketan hitam, santan dan gula merah. Cara pembuatannya hanya dengan dikukus hingga teksturnya benar-benar empuk.

Wajik adalah cemilan bercitarasa elok yang banyak digemari orang. Kamu bisa membelinya di di sentra oleh-oleh Arbies di jalan Ki Hajar Dewantara. Selain yummy, harganya pun nyaman dikantong.

8. Dodol Betawi

Foto By @marthalytaridwan

Kalau selama ini kota yang terkenal dengan dodol yaitu Garut, maka kamu wajib mencoba dodol Betawi khas Cikarang saat sedang bertandang ke Bekasi atau sekitarnya.

Dodol khas Betawi ini memiliki citarasa yang cukup tinggi alasannya adalah tidak sembarang orang bisa membuatnya. Dibutuhkan kesabaran ekstra dan keahlian khusus, mengingat cara pembuatannya membutuhkan waktu yang sangat usang.

Namun untuk menemukannya bukanlah hal sulit sebab bisa dibeli di pusat oleh-oleh di sekitar kota Cikarang. Cukup merogoh kocek sebesar 35 ribu saja agar bisa membawa pulang sebungkusnya.

9. Kue Kembang Goyang

Foto By @ayukngemil_

Ada satu lagi nih, kuliner khas Cikarang yang cocok buat dijadikan oleh-oleh, namanya ialah Kue Kembang Goyang. Cemilan krispi ala Betawi ini bisa dibilang kesukaan semua orang, mulai dari yang muda hingga bau tanah.

Meski teksturnya terlihat agak sedikit keras namun sesungguhnya tidak. Untuk membuatnya dibutuhkan cetakan khusus berbentuk mirip bunga (kembang).

Kue Kembang Goyang juga sangat gampang untuk didapatkan di sejumlah toko buah tangan di sekitar kota Cikarang. Kisaran harganya pada umumnya dipatok hanya 25 ribuan saja.

10. Kue Telur Gabus

Pusat oleh khas cikarang pusat tempat bekasi
Foto By @ikha_gladys

Di Cikarang, bukan hanya gabus pucungnya aja yang populer, tapi telornya juga. Tunggu dulu, tapi yang dimaksud bukan telur sungguhan ya!

Melainkan makanan berwujud kudapan manis. Cemilan ini banyak ditemui di toko buah tangan di manapun di sekitar Cikarang maupun Bekasi, bahkan ada juga di kota-kota lain.

Kue yang sekarang sudah dimodifikasi dengan berbagai rasa ini warnanya agak kekuning-kuningan, rasanya gurih dan teksturnya seperti gabus. Maka alasannya itulah diberi nama demikian.

Demikian ulasan singkat ihwal buah tangan khas kota Cikarang yang mampu kamu temui dan bawa pulang. Makara jikalau bertandang ke sana, tak perlu bingung lagi ya mencarinya. Karena sejumlah daftar diatas bisa dijadikan tumpuan. Oke, selamat berbelanja!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni