10 Daftar Gunung Dengan Pemandangan Terindah Di Indonesia

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67701″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Terletak pada jalur “Ring Of Fire” membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai gunung berapi aktif terbanyak di dunia. Setidaknya jumlahnya ada ratusan dan tersebar merata hampir di seluruh tempat di Nusantara.

Dari sekian banyak jumlahnya, beberapa diantaranya ada yang menjadi tujuan favorit para pendaki alasannya adalah memiliki pemandangan spektakuler dan jalur pendakian cukup menantang.

Dan hampir setiap kawasan mempunyai gunung dengan pemandangan eksotis. Kalau ditanya, mana gunung paling indah di Indonesia, mungkin kita akan kesulitan menjawabnya.

Dan ini beliau sepuluh kumpulan gunung terindah di Indonesa yang telah berhasil JejakPiknik rangkum dari aneka macam sumber. Kira-kira apa saja namanya? Yuk kita cek satu per satu!

1. Gunung Rinjani

Foto By @yeon.wanderer

Selain menyuguhkan sejumlah pantai-pantai manis yang membuat orang malas pulang, Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat juga punya satu lagi spot primadona yang bisa bikin kau jatuh hati, namanya ialah Rinjani.

Dengan pesona panorama yang dimilikinya, Rinjani berhasil menduduki urutan no.1 sebagai gunung terindah di Indonesia. Jika kamu pernah melihatnya, pasti akan baiklah dengan pendapat tersebut.

Rinjani ini merupakan salah satu spot wisata yang komplit. Selain mempunyai padang savana anggun dengan tanaman edelweiss, ia juga menunjukkan pemandangan sunrise yang begitu menawan.

Dan dari semua spot miliknya, Danau Segara Anak di ketinggian 2000 meter ialah permata paling indah di Rinjani. Uniknya lagi, ditengah-tengah danau tersebut sebuah gunung kecil yang dikenal dengan Barujari Mountain.

2. Gunung Semeru

Foto By @myd_adventure

Semeru juga merupakan salah satu gunung terindah di Indonesia sekaligus tertinggi di Pulau Jawa. Ia bahkan sudah menjadi legenda sejak lama, sejak zaman Su Hok Gie sampai pendaki kekinian.

Keindahannya Semeru disebut-sebut tak pernah lekang oleh waktu, tidak heran bila banyak wisatawan dari luar Pulau Jawa bahkan sampai mancanegara rela datang jauh-jauh demi untuk melihat keindahan gunung satu ini.

Sama seperti Rinjani, permata manis Ranu Kumbolo ini juga cukup ramah untuk didaki. Selain memiliki danau di ketinggian 2.400, Semeru pun memiliki satu spot menarik yang ditumbuhi bunga lavender, namanya yakni Oro-oro Ombo.

3. Gunung Prau

Foto By @vianvz

Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo, Jawa Tengah populer memiliki bentang pegunungan yang sangat indah. Salah satu spot wisata terbaik yang wajib dikunjungi disana yaitu Prau Mountain.

Prau sendiri merupakan tanah tertinggi dalam daerah barisan Dataran Tinggi Dieng. Dari puncaknya, kau akan disuguhi view kegagahanMount Sindoro dan Sumbing.

Prau juga menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan sunrise di Dieng selain Puncak Sikunir. Tak heran, banyak wisatawan rela datang kesana hanya untuk berburu pesona matahari terbit dan mengabadikannya lewat gambar, foto-foto ataupun video HD.

Selain memiliki padang rumput luas, puncak berketinggian 2.565 mdpl ini juga menunjukkan trek pendakian yang cukup gampang untuk dilalui. Kaprikornus bila ke Dieng pastikan untuk mendaki spot manis Prau ya!

4. Gunung Merbabu

Foto By @spota.ke

Selain Prau, di Jawa Tengah masih ada satu lagi gunung yang memiliki pemandangan terindah, beliau dikenal dengan nama Merbabu Mountain. Letaknya berada di tempat perbatasan antara Magelang, Semarang dan Boyolali.

Tak hanya memiliki padang savana yang bisa kita nikmati dari lereng-lerengnya, Merbabu juga punya beberapa jalur pendakian dengan view begitu indah, salah satunya yaitu jalur Selo.

Bahkan Merbabu juga memiliki sabana yang ditumbuhi bunga-bunga Edelweiss. Kamu mampu menjadikannya sebagai latar untuk berburu poto-poto ataun gambar instagramable.

Hal istimewa dari spot ini adalah kita dapat melihat Mount Merapi di depan mata, pemadangannnya dari Merbabu tampak begitu anggun.

5. Gunung Gede Pangrango

Foto By @enjaz_bc

Mount Gede yakni salah satu spot wisata pegunungan paling laris di provinsi Jawa Barat. Dengan pesona panorama yang ditawarkan, tak heran bila ia masuk dalam daftar sebagai gunung terindah di Indonesia.

Sama mirip Merbabu, Mount Gede juga mempunyai beberapa spot manis yang ditumbuhi bunga-bunga Edelweiss, namanya adalah Alun-alun Surya Kencana dan Mandalawangi.

Namun dibalik keindahannya, Alun-alun Surya Kencana ini dikenal penuh dengan cerita-dongeng mistis. Secara administratif, letak gunung tersebut masih berada dalam daerah Taman Nasional Gede Pangrango.

6. Gunung Papandayan

Foto By @rindanisjunaida

Selain Gede Pangrango, masih ada satu lagi gunung di provinsi Jawa Barat yg memiliki keindahan serupa dan ditanami dengan bunga-bunga Edelweiss, ialah Mount Papandayan.

Sebagaimana Alun-alun Surya Kencana, Tegal Alun milik Papandayan ini juga merupakan satu kawasan terbaik untuk menikmati keindahan bunga awet ialah Edelweiss.

Papandayana sendiri terletak di kabupaten Garut. Bukan hanya mempunyai padang savana, dia juga ternyata memiliki beberapa kawah yang mampu dijumpai di sejumlah titik pendakian.

Beberapa kawah yang cukup populer milik Papandayan adalah Kawah Mas, Baru, Nangklak dan Manu. Dengan pesonanya, tak heran jikalau beliau masuk sebagai salah satu nominasi gunung terindah di Indonesia.

7. Gunung Bromo

Foto By @izzalmajdi

Bromo kini telah ditetapkan oleh pemerintah Jawa Timur sebagai destinasi wisata unggulan. Hal tersebut tentu saja sangat pantas, mengingat pesona pemandangan yang ditawarkan begitu indah dan layak buat dipromosikan secara luas.

Ia juga dikenal sebagai salah satu daerah terbaik untuk melihat keindahan sunrise maupun sunset. Letaknya berada di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Selain panorama sunrise, Bromo berketinggian 2.329 meter diatas permukaan bahari ini juga dikenal memiliki gumul pasir yang sangat luas dan juga sebuah kawah cantik.

8. Gunung Ijen

Foto By @kawahijenindonesia

Gunung lain di provinsi Jawa Timur yg disebut-sebut memiliki pemandangan terindah yakni Mount Ijen. Spot tersebut letaknya meliputi 3 wilayah kabupaten yakni Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

Ijen tidak dikategorikan tinggi, alasannya adalah puncaknya hanya hingga di 2.443 mdpl. Namun yang menjadikannya semakin istimewa ialah pemandangan blue fire-nya yang mampu kamu saksikan pada ketika dini hari.

Ya, Ijen memang terkenal alasannya adalah api birunya, sebab fenomena ini sangatlah langka dan hanya ada dua saja di dunia. Untuk bisa menikmatinya, kamu tentu harus rela mendaki malam hari.

9. Gunung Kelimutu

Foto By @martunanda

Tak hanya pulau Jawa, Kabupaten Ende di provinsi Nusa Tenggara Timur juga mempunyai satu spot wisata yang mempunyai panorama indah, ialah Mount Kalimutu. Puncaknya berada pada ketinggian sekitar 1.639 meter diatas permukaan maritim.

View berapi satu ini memang benar-benar menakjubkan, ditambah lagi di puncaknya terdapat 3 buah danau dengan warna yang berbeda-beda.

Selain menunjukkan pemandangan terindah, Kelimutu juga ternyata diselimuti oleh mitos-mitos. Konon katanya, jika hingga air danau Tiga Warna melebur menjadi satu maka itu menjadi membuktikan bahwa dunia akan kiamat.

10. Gunung Patuha

Foto By @travelxism

Satu lagi wisata pegunungan di Indonesia yang terkenal menyajikan pemandangan terindah ialah Mount Patuha. Nama objek ini mungkin masih terdengar sangat gila, tapi kalau disebut Kawah Putih, semua pasti tahu dimana spot tersebut berada.

Ya, Patuha adalah salah satu puncak menawan di kota Bandung, Jawa Barat dan Kawah Putih yang kerap dijadikan sebagai lokasi foto prawedding itu merupakan bab darinya.

Patuha sendiri mempunyai ketinggian sekitar 2.386 meter diatas permukaan laut. Dengan kehadiran Kawah Putih yang merupakan hasil letusannya pada periode ke-10, membuatnya layak disebut sebagai salah satu gunung terindah di Indonesia.

Nah, itu beliau 10 gunung terindah di Indonesia versi JejakPiknik. Apakah kau sudah pernah mendakinya? Atau punya rujukan lain? Yuk kasih tahu lewat kolom komentar dibawah!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni