10 Daftar Gunung Di Banyuwangi Dengan Pesona Indahnya

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66968″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Meski terletak di Pulau Jawa, mungkin masih banyak dari kita yang belum pernah menginjakkan kakinya di kota Banyuwangi. Padahal sudah berapa kali bolak-balik ke Surabaya, Malang, Jogja ataupun Bali. Tapi kurun tidak mampir ke sini?

Kota yang berada di provinsi Jawa Timur ini adalah jembatan penghubung antara Pulau Jawa dan Bali. Karena akrab dengan Pulau Dewata, tak heran bila beberapa tradisi serta kebudayaan kedua tempat tersebut mempunyai sedikit kemiripan.

Bukan hanya tradisinya, keindahan alam di kabupaten Banyuwangi pun layak disandingkan dengan Denpasar, Bali. Setidaknya, ketika ini ada beberapa destinasi wisatanya yang namanya sudah dikenal di dunia.

Maka sangat disayangkan kalau kita sebagai warga Indonesia belum pernah bertandang ke kawasan yang dijuluki The Sunrise of Java ini. Selain pantai, taman-taman dan gerojokan, wisata pegunungan di Banyuwangi juga menarik untuk dijelajahi.

Kalau kau cari di google mengenai gunung di Banyuwangi mungkin akan ada banyak muncul postingan terkait kata kunci mirip Bus Gunung Harta dan lain sebagainya. Maka dari itu, JejakPiknik ulas selengkapnya pada artikel ini.

Dan berikut yaitu 10 daftar gunung di sekitar Banyuwangi yang sangat terkenal. Layak buat dijadikan destinasi wisata, khususnya bagi kau para penggiat alam.

1. Gunung Ijen

Foto By @explore.bondowoso

Terletak di wilayah perbatasan antara kabupaten Banyuwangi – Bondowoso, gunung api aktif ini merupakan salah satu destinasi di Jawa Timur yang namanya sudah cukup populer di dunia, setelah Taman Nasional Baluran.

Ijen mempunyai ketinggian 2.386 mdpl dan letaknya berdampingan dengan Mount Merapi. Meletus terakhir yakni pada tahun 1999. Ia cukup populer karena ada satu fenomena alamnya yang sangat unik di puncaknya, yaitu blue fire atau api biru.

Tak sedikit wisatawan yang mengabadikannya lewat foto-foto keren. Dan untuk mempromosikan keindahan gunung berapi ini, pemerintah setempat kerapkali mengadakan beragam event-event menarik, mirip Jazz Ijen Banyuwangi misalnya.

Tak heran jika di sekitar kawah Ijen ini, berbagai ditemui hotel. Tak hanya itu, ada juga formasi toko yang jual banyak sekali perlengkapan naik gunung, dari mulai sepatu, jaket hingga jasa sewa sepeda. Makara kau tidak perlu beli jauh-jauh ke Jakarta.

2. Gunung Raung

Foto By @rizkydwiik

Memiliki ketinggian 3.260 mdpl, membuatnya menyandang predikat sebagai gunung tertinggi di Jawa Timur sehabis Semeru dan Arjuno. Secara administratif, kawasan dari Mount Raung ini masuk dalam 3 wilayah kabupaten adalah Banyuwangi, Jember serta Bondowoso.

Raung juga memiliki kaldera yang disebut-sebut sebagai kaldera kering terbesar di pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia. Letusannya berupa strombolian, kecil tapi terus-menerus mengeluarkan pijar.

Namun sayangnya, sama seperti Gunung Kukusan Magelang, kawasan hutan Raung ini juga pernah terbakar dan ketika kebakaran, beberapa pendaki sempat terjebak, untungnya berhasil dievakuasi.

3. Gunung Ranti

Foto By @eko.lavigne

Apakah kamu tahu jika Banyuwangi punya objek “negeri diatas awan”? Nah, coba deh datang ke puncak gunung Ranti, dijamin akan membuatmu jatuh cinta.

Mount Ranti menjadi salah satu puncak yang ada di kawasan pegunungan Ijen dan mempunyai ketinggian 2.601. Letaknya sendiri berada di perbatasan kabupaten Bondowoso-Banyuwangi.

Kerap dikenal dengan nama Meranti atau Rante, gunung ini juga menjadi salah satu kawasan favorit para pendaki dari pemula hingga professional. Bahkan tempat tersebut menjadi finish dalam ajang Tourism International Tour de Banyuwangi Ijen.

4. Gunung Gumitir

Foto By @milanta_tata_project

Berada diantara dua kabupaten yaitu Jember dan Banyuwangi, membuat Mount Gumitir yang terkenal dengan penuh misteri ini cukup ramai dilewati oleh aneka macam kendaraan.

Selain memiliki pesona indah, Mount Gumitir juga punya satu objek wisata masakan, namanya ialah Café and Resto Gumitir. Jadi sembari menikmati secangkir kopi dengan pemandangan menakjubkan, kau pun mampu bermain di area permainan yang disediakan.

5. Gunung Gamping

Foto By @explorekabkaranganyar

Bila di gunung sekitar pulau Dewata banyak ditemui pura, maka di Mount Gamping yang juga populer penuh misteri ini, kau akan menemukan sebuah makam kuno.

Dengan adanya makam kuno tersebut, pemerintah setempat pun menobatkan Mount Gamping sebagai salah satu destinasi wisata religi. Bukan hanya itu, gunung ini juga mempunyai pesona indah di atas puncaknya yang sangat sayang dilewatkan begitu saja.

6. Gunung Remuk

Foto By @nurongnurong

Berikutnya dikenal dengan nama Gunung Remuk. Letaknya berada di desa Ketapang, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Mount Remuk ini juga termasuk salah satu daerah favorit para pendaki di kota Banyuwangi. Pesona alamnya memang tak seindah Kawah Ijen namun kamu akan menemukan banyak keunikan di sekitarnya.

Selain hiking, kau juga bisa menyalurkan hobi offroad. Di Mount Remuk katanya ada sebuah goa yang dulu dipakai oleh penjajah Jepang lho.

7. Gunung Srawet

Foto By @sojbwi

Gunung Srawet ini yang dikabarkan telah dijual ke investor gila ini diketahui berlimpah potensi lho, dari mulai alamnya hingga kandungan mas-nya.

Dahulu, Srawet termasuk salah satu kawasan wisata populer di wilayah bab selatan Banyuwangi. Karena selain dipenuhi pepohonan rindang, para pengunjungya pun akan menemukan kawanan rusa dan kera.

Dari puncaknya yang berada pada ketinggian 500 mdpl, kamu mampu menyaksikan hamparan hijau persawahan dan maritim selatan. Tak sulit untuk sampai menuju puncak, karena mampu diakses dengan memakai kendaraan roda dua.

8. Gunung Suket

Foto By @anaktrip

Mount Suket termasuk dalam formasi pegunungan Ijen, sama seperti gunung Pendil, Raung, Rante, Remuk dan Merapi. Untuk menuju ke kawasannya, mampu lewat jalur Banyuwangi ataupun Bondowoso.

Keindahan pemandangan alam dari Suket ini sangat luar biasa menakjubkan. Tak sedikit pula kalangan pendaki yang menjadikannya sebagai daerah untuk hiking.

9. Kawah Wurung

Foto By [email protected]

Menjejakkan kaki ke Kawah Ijen, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke Kawah Wurung. Pasalnya, jarak keduanya hanya sekitar 9,8 km saja dari Paltuding. Jadi, sempatkanlah barang sebentar mampir ke bukit hijau ini.

Tak sedikit traveler yang menjadikannya daerah wisata alternatif dikala gagal mencapai puncak kawah Ijen. Disini, sepanjang mata memandang, kau hanya akan melihat area perbukitan yang dikelilingi oleh rerumputan hijau di sekitarnya.

10. Bukit Mondoleko

Foto By @yesy_sho

Baru-gres ini, ada satu area pegunungan di Banyuwangi yang sempat viral dan menjadi destinasi wisata para wisatawan, namanya yaitu Bukit Mondoleko. Pesona keindahan yang disajikan dari atas begitu eksotis.

Pemandangan hutan pinus pun terbentang luas kolam permadani. Jajaran sawah-sawah pun terlentang begitu indah menyempurnakan panorama Bukit Mondoleko. Tak hanya itu, kesejukan serta kesejukan udaranya pun sangat layak untuk dinikmati.

Nah, selain daftar diatas, Banyuwangi juga masih punya banyak lagi pesona menarik lainnya. Bahkan di tempat tersebut terdapat beberapa tempat yang dijuluki “Gunung Emas” mirip Tumpang Pitu di daerah Kucur dan Mount Salakan.

Dan bukan hanya itu saja, masih ada beberapa pegunungan lainnya yang bisa kamu jumpai di sekitar Banyuwangi, mirip Mount Piramida Bondowoso, Wongso, Kendil atau Pendil dan Gunung Sari Sumbergondo Glenmore.

Demikianlah ulasan wacana 10 gunung di sekitar Banyuwangi. Semoga mampu menjadi acuan buat kau yg sedang mencari acuan daerah untuk melepaskan kejenuhan.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni