10 Daftar Gunung Terindah Di Jawa Barat, Buruan Para Wisatawan

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66794″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Tanah Pasundan dianugrahi dengan begitu banyak keindahan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Lewat kehadiran sederet gunung berapi aktif ataupun non-aktif membawa keberkahan tersendiri bagi penduduk Jawa Barat.

Bukan hanya tanahnya saja yang subur, tapi keindahan serta kontur alam yang disajikan akibat dari dampat letusan sederet gunung berapi di Jawa Barat juga begitu mempesona.

Dengan banyaknya gunung bertebaran di sekitar Tanah Pasundan, tak heran bila provinsi Jawa Barat ini menjadi incaran para pendaki, dari yang pemula sampai professional.

Dan berikut ini yaitu beberapa gunung terindah di Jawa Barat yang menjadi buruan para pendaki.

1. Gunung Salak

Foto By @gnsalak2211mdpl

Bagi kamu para pendaki pemula, gunung Salak yang berada dalam wilayah Sukabumi dan kabupaten Bogor, Jawa Barat ini adalah destinasi paling pas untuk menyalurkan bakat mendakimu.

Pasalnya, ketinggian yang dimiliki hanya mencapai 2.211 meter diatas permukaan maritim dengan jalur pendakian cukup gampang dan kamu pun akan disuguhi pemandangan indah nan mempesona saat menanjakinya.

Banyak yang menduga alasan diberi nama demikian alasannya adalah berkaitan dengan tumbuhan salak, namun sebetulnya namanya diambil dari bahasa Sanskerta, adalah Salaka yang berarti “perak”.

2. Gunung Guntur

Foto By [email protected]

Bagi para pendaki pemula, Mount Guntur juga menjadi alternatif paling sempurna untuk mengasah hobimu, hanya saja kau harus memiliki fisik yang benar-benar fit.

Memiliki ketinggian 2.249 dan masih tipe aktif, namun Mount Guntur menyuguhkan pesona pemandangan yang akan menciptakan setiap pengunjungnya berdecak kagum alasannya adalah akan keindahan alamnya.

Keindahan alamnya yang ditawarkan beragam, dari mulai 2 kalderanya, keempat puncaknya, sabana hingga spot terbaik untuk menikmati sunrise di Garut.

Selain itu, di perjalanan kamu juga akan menemukan sebuah teladas bernama Curug Citis. Airnya begitu acuh taacuh dan sangat menyegarkan.

3. Gunung Malabar

Foto By @ab_bun

Lokasi gunung yang satu ini sangat bersahabat dengan daerah wisata Pengalengan dan memiliki ketinggian mencapai 2.343 meter diatas permukaan laut.

Konon katanya, pada zaman kolonial, di Mount Malabar ini terdapat stasiun radio yang digunakan untuk kepentingan siaran gosip penjajah Belanda. Namun kini sudah hancur dan hanya tinggal reruntuhan saja.

Memiliki pesona tersendiri, tak heran bila Malabar ini menjadi salah satu daerah pendakian favorit. Selain itu, medannya pun cukup akrab, membuatnya cocok buat para pemula.

Pesona alam serta pemandangan indah akan pribadi kau rasakan saat berada di puncaknya. Tipisnya kabut disekitarnya juga mengakibatkan Malabar menjadi alasan tepat untuk mereka para pendaki.

4. Gunung Patuha

Foto By @adityasuryap33

Sudah pernah berlibur ke Kawah Putih di kawasan Ciwidey? Tahu tidak darimana asalnya? Bagi yang belum tahu, itu merupakan bagian dari Gunung Patuha lho.

Awal terjadinya Kawah Putih, terjadi pada era ke-50 dikala Patuha pertama kali meletus. Dan sehabis letusan kedua, di kurun ke-13 dia pun melahirkan kawah dengan air berwarna putih.

Oleh alasannya itulah dinamakan Kawah Putih. Meskipun kalah pamor dari Pandayan dan Tangkuban Perahu namun Patuha mempunyai pesona tersendiri, buktinya kamu mampu melihat hutan tropisnya yang begitu sejuk.

Selain itu, dibagian lerengnya kamu juga akan menemukan sebuah danau bagus dan menawan yang dikenal dengan nama Situ Patenggang.

5. Gunung Papandayan

Foto By @lintaaanng

Mount Papandayan termasuk salah satu tempat wisata yang cukup populer terutama bagi kaum urban di Jakarta, Bogor, Bandung dan sekitarnya.

Terletak di kecamatan Cisurupan, Garut, Jawa Barat dan memiliki ketinggian 2.662 mdpl, gunung Papandayan ini hadir dengan menunjukkan beberapa kawah aktif mirip kawah Mas, Baru, Nangklak serta Manuk.

Papandayan ini masuk menjadi tempat wisata favorit sebab medan yang dilalui untuk menuju puncak terlalu curam. Saat kesana, menembus kabut hutan Mati disana mampu menjadi pengalaman paling berkesan.

Namun untuk menjelajahi setiap sudutnya kau butuh uang banyak alasannya adalah termasuk salah satu daerah wisata bertarif.

6. Gunung Cikuray

Foto By @hadiahafidz

Bagi yang sudah professional dan punya banyak pengalaman, maka gunung Cikuray di kawasan Dayeuhmanggung, kabupaten Garut ini wajib buat kau jajal.

Pasalnya, dengan ketinggian 2.821, Cikuray menjadi gunung tertinggi di Garut dan menduduki urutan ke-4 di Jawa barat, sehabis Gede mountain.

Sering dipilih para pendaki sebab letaknya tidak terlalu jauh dari kota besar dan memiliki bentuk unik menyerupai kerucut berukuran raksasa. Selain itu, jalurnya pun cukup terjal, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi mereka.

7. Gunung Pangarango

Foto By @yuanjinhuang

Nah, untuk gunung satu ini pilihan wisatanya bukan hanya untuk kaum pecinta tantangan saja, sebab ada banyak objek wisata family friendly yang ditawarkan.

Masuk dalam tempat TNGP, Pangrango membentang di tiga wilayah adalah Cianjur, Bogor dan Sukabumi. Makara wajar saja jika gunung ini mempunyai banyak kawasan wisata menarik.

Selain curug, Pangarango juga punya pilihan wisata berupa bumi perkemahan, trekking, outbond dan kelas-kelas training. Bagaimana, menarik kan?

8. Gunung Ciremai

Gunung terindah di jawa barat pemandangan wisata
Foto By @andariyand4

Berada di wilayah 3 kabupaten yaitu Cirebon, Kuningan dan Majalengka, spot yang masuk dalam tempat Taman Nasional Gunung Ciremai ini mempunyai ketinggian 3.078 mdpl.

Ciremai sendiri mempunyai dua buah kawah dan satu goa yang dikenal dengan nama Gowa Walet. Untuk mencapai puncaknya, ada 3 jalur yang mampu kamu jadikan pilihan, pertama dari Majalengka, kedua via Palutungan, kemudian jalur ketiga melalui Linggarjati.

Namun yang paling banyak dipilih oleh para pendaki yaitu jalur Linggarjati. Pasalnya medannya cukup berat, sehingga menjadi tantangan menarik bagi mereka.

9. Gunung Puntang

Foto By @rian_riyandi

Terletak di kawasan Pangalengan, kota Bandung dan memiliki ketinggian 2.224 meter diatas permukaan bahari, membat Mount Puntang ini menjadi salah satu kawasan alternatif buat menyalurkan hobi mendaki.

Banyak kegiatan alam mampu dilakukan disini darimulai hiking, camping sampai outbond. Namun untuk masuk ke bumi perkemahannya, kamu harus menempuh jarak sepanjang 1 kilometer.

Medan yang dilalui tidak terlalu berat meski tebing curam di sebelah kiri kanan. Dan untuk menuju puncaknya diperlukan waktu sekitar 3-5 jam. Gimana, tertarik mengunjunginya?

10. Gunung Gede

Foto By @sanandreas7

Yang terakhir ini juga masuk dalam gunung dengan pemandangan terindah di Jawa Barat. Berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, ia hadir dan berdiri tegak dengan ketinggian 2.958 mdpl.

Bagi para pemula, Mount Gede tidak disarankan sebab jalur pendakiannya cukup terjal dan menantang. Namun pesona dari spot ini bisa menciptakan siapa saja berdecak kagum.

Di sekitar Mount Gede ini terdapat pula sebuah spot menarik unik berjulukan Alun-alun Suryakencana, disini kamu mampu menemukan keindahan hamparan bunga edelweiss yang sedang bermekaran.

Demikianlah ulasan perihal 10 gunung dengan pemandangan terindah di Jawa Barat di puncaknya. Buat kamu yang ingin menambahkan informasi mengenai jalur atau apapun, silahkan ditambahkan lewat kolom komentar dibawah ya!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni