10 Daftar Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67890″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Pulau Jawa yaitu salah satu pulau di Indonesia yang memiliki berbagai gunung baik itu bertipe berapi aktif, mati ataupun pegunungan dengan ketinggian masing-masing yang berbeda-beda.

Sejumlah gunung di Pulau Jawa ini kerap dijadikan sebagai spot pendakian oleh para pecinta alam. Aktivitas muncak tersebut memang sangat diminati baik dari sampaumur sampai orang remaja.

Selain itu, kini ini puncak gunung kerap dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan banyak sekali hal mirip perayaan tahun baru, hari kemerdekaan dan ritual kebudayaan,

Bukan hanya sebab memiliki pemandangan indah, medannya yang cukup menantang dan ketinggiannya juga menjadi daya tarik kenapa sejumlah gunung di Pulau Jawa menarik untuk ditaklukkan.

Maka dari itulah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas wacana 10 daftar gunung tertinggi di Pulau Jawa yang mempunyai panorama indah dan menarik buat didaki.

1. Gunung Semeru

Foto By @frengkysanjaya_id

Memiliki nama lain yakni Sumeru. Ini yaitu gunung tertinggi urutan pertama di Pulau Jawa, Indonesia. Ketinggiannya sendiri berada di 3.676 meter diatas permukaan maritim.

Puncak dari Semeru ini dikenal dengan nama Mahameru dan berdasarkan catatan, dia adalah berapi paling tinggi ke-3 di Indonesia, sehabis Kerinci di Sumatera dan Rinjani di provinsi Nusa Tenggara Barat.

Selain memiliki keindahan panorama, Semeru juga mempunyai sebuah kawah di puncaknya yang dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

Secara administratif, Semeru ini letaknya mencakup 2 wilayah kabupaten di Jawa Timur, yaitu Lumajang dan Malang. Spot tersebut juga masuk dalam tempat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

2. Gunung Slamet

Foto By @pemburu.sunrise.sunset

Slamet mountain ini terletak di perbatasan antara kabupaten Brebes, Purbalingga, Banyumas, Tegal dan Pemalang, provinsi Jawa Tengah.

Mount Slamet termasuk salah satu tipe berapi yang memiliki ketinggian kurang lebih 3.428 meter diatas permukaan bahari dan berhasil menduduki sebagai puncak tertinggi kedua di Pulau Jawa.

Kawah IV ialah kawah terakhir milik Mount Slamet yang masih aktif sampai kini dan sempat berstatus level siaga medio-2009.

Slamet menjadi salah satu spot pendakian yang cukup populer meskipun medannya tergolong sedikit agak rumit. Hal menarik lainnya dari gunung ini selain panorama alamnya yang indah yaitu tempat wisata Baturraden-nya.

3. Gunung Sumbing

Foto By @kasman_ilyas

Menurut Brainly, Sumbing mountain adalah salah satu gunung api tertinggi di Pulau Jawa, dengan ketinggian mencapai 3.371 meter diatas permukaan maritim (mdpl).

Sumbing mountain sendiri terletak di 3 wilayah kabupaten di Jawa Tengah, yakni Temanggung, Magelang dan Wonosobo. Bersanding dengan Sindoro, kedua spot tersebut hadir membentuk bentang alam layaknya gunung kembar, seperti Merapi – Merbabu.

Celah antara keduanya biasanya dijuluki “Kledung Pass” dan merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Wonosobo dengan kabupaten Temanggung.

4. Gunung Arjuno

Foto By @dhan.holiday

Arjuna atau Arjuno Mountain ini merupakan salah satu gunung api bertipe stratovolcano. Spot berketinggian 3.339 meter diatas permukaan maritim tersebut berada dibawah pengelolaan Tahuran Raden Soerjo.

Arjuno sendiri disebut-sebut sebagai puncak tertinggi kedua di Jawa Timur dan urutan keempat di Pulau Jawa. Nama gunung tersebut diambil dari salah satu tokoh pewayangan Mahabrata, adalah Arjuna.

Spot yang terletak di sebelah barat kota Batu, Jawa Timur ini merupakan salah satu lokasi pendakian favorit. Pasalnya, selain mempunyai panorama indah, ia juga mempunyai beberapa daerah wisata menarik di sekitarnya, mirip Air Terjun Kakek Bodo misalnya.

Letaknya sendiri masih sangat akrab dengan Mount Welirang. Sehingga tak heran, kalau tak sedikit pendaki yang kerap mendaki keduanya secara sekaligus.

5. Gunung Raung

Foto By @yourtop.world

Mount Raung merupakan salah satu berapi bertipe kerucut yang letaknya berada di ujung timur Pulau Jawa. Secara administratif, kawasannya mencakup 3 wilayah kabupaten ialah Jember, Bondowoso dan Banyuwangi.

Sementara kalau secara geografis, Raung masuk dalam kawasan Pegunungan Ijen dan menjadi puncak tertinggi pada gugusan tersebut.

Spot setinggi 3.332 meter diatas permukaan maritim ini masuk sebagai urutan tertinggi kelima di Pulau Jawa dan ia memiliki sebuah kaldera yang tercatat sebagai kaldera terbesar di Indonesia setelah milik Tambora mountain di provinsi Nusa Tenggara Barat.

Selain kalderanya, Raung juga mempunyai 4 titik puncak, nama-namanya yakni Puncak 17, Bendera, Tusuk Gigi dan tertinggi yaitu Peak Sejati di ketinggian 3.344 meter diatas permukaan bahari.

6. Gunung Lawu

Foto By @adebagus12

Lawu mountain yang terletak di Pulau Jawa, tepatnya di perbatasan antara Jateng dan Jatim ini merupakan salah satu gunung api “istirahat”. Menurut catatan, ia terakhir kali menunjukkan acara vulkanik pada 28 November 1855.

Di lereng Lawu ini terdapat kepundan kecil yang masih aktif mengeluarkan asap dan welirang. Spot pendakian tersebut menjadi sumber wangsit penamaan kereta api Argo Lawu, jurusan Solo Balapan – Gambir.

Tak hanya mempunyai 3 puncak, Lawu juga punya sejumlah tempat wisata terkenal dari mulai candi-candi hingga pemakaman kerabat Praja Mangkunagaran. Ini juga menjadi salah satu spot paling pas untuk berburu gambar dan foto-foto kece.

7. Gunung Welirang

Foto By @nyom_marx

Berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Malang dan Mojokerto ini terletak satu punggung dengan Arjuno Mountain serta Gunung Kembar 1&2.

Welirang atau Walirang diambil dari bahasa Jawa yang artinya “sulfur”. Di sekujur lereng spot satu ini ditumbuhi oleh tumbuh-tanaman khas hutan Dipterokarp Bukit, Montane dan juga Ericaceous.

Sementara di bab puncaknya hidup tumbuhan endemic yang diberi nama rejo elok oleh warga setempat. Untuk menuju lokasinya, awal pendakian mampu dimulai dari desa Jubel, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

8. Gunung Sindoro

Foto By @widdiyalestari

Spot pendakian satu ini juga memiliki banyak nama lain, diantaranya Sindara dan Sundoro. Ketinggiannya sendiri mencapai 3.150 meter diatas permukaan laut.

Sindoro termasuk tipe volcano aktif dan masuk dalam jajaran puncak tertinggi di Pulau Jawa. Letaknya akrab dengan Temanggung, bisa dibilang lokasinya tidak jauh dari Sumbing Mountain.

Kawah besar dengan disertai jurang di sisi barat lautnya dikenal dengan nama Kembang. Dilansir dari Wikipedia, sejarah letusan Sindoro yang sudah pernah terjadi masih berjenis ringan dan sedang.

9. Gunung Merbabu

Foto By @camera.petualang

Secara administratif, gunung api bertipe stratovolcano ini terletak di 4 wilayah kabupaten yakni Magelang di barat, Boyolali di timur, Salatiga dan Semarang di sebelah utara.

Merbabu ini dikenal melalui naskah masa pra-islam. Dan di sekitar lerengnya terdapat sebuah pertapaan populer yang pernah disinggahi oleh Bujangga Manik di periode ke-15.

Merbabu pernah memperlihatkan aktivitas vulkanik dan kemudian meletus pertama kali pada tahun 1560. Dengan ketinggian 3.145 meter diatas permukaan maritim, membuatnya menjadi salah satu deretan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

10. Gunung Argopuro

Foto By @panjiagustians

Argapura atau Argapuro ini memiliki ketinggian 3.088 meter diatas permukaan bahari dan ia juga masuk dalam 10 kumpulan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Berapi bekas yang sudah tidak aktif ini merupakan bagian dari pegunungan Iyang di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Posisinya berada diantara Semeru dan Raung Mountain.

Argopuro punya puncak yang cukup terkenal, namanya yaitu Puncak Rengganis dan beberapa kawasan hutan. Letak dari spot tersebut tepatnya berada di beberapa wilayah adalah Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbundo.

Nah, itulah 10 list gunung tertinggi di Pulau Jawa. Dari daftar yang di sebutkan diatas, kira-kira mana paling menarik buat ditelusuri?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni