10 Daftar Kuliner Primadona Di London Yang Wajib Kamu Cobain

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66652″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Ketika berkunjung ke sebuah negara, salah satu hal yang dilarang dilewatkan adalah mencicipi masakan khasnya. Mengapa harus?

Pasalnya, masakan yang ditawarkan di daerah tersebut bisa saja berbeda dari kawasan lain dan mungkin tidak akan kau temui dimanapun. Sehingga semoga mendapat pengalaman baru, maka wajib hukumnya untuk merasakan kuliner khas dari kota yang kita kunjungi.

Terutama saat berpelesir ke luar negeri, masakan disana pun jelas berbeda dengan yang ada di Indonesia bukan? Seperti di London misalnya.

Selain memiliki sejarah unik dan sebagai salah satu negara maju di dunia, London juga memiliki segudang masakan dengan ciri khas tersendiri. Tak heran kalau kuliner khasnya kerap menjadi menu andalan di beberapa restoran di Indonesia.

Buat kau yang sedang berlibur ke kota Inggris ini, berikut kami sajikan 10 daftar kuliner khas London paling yummy yang wajib kau cicipi. Apa saja? Yuk simak artikel berikut!

1. Fish and Chips

Foto By @maysalesgastronomia

Makanan khas London pertama yang sangat direkomendasikan untuk kau cicipi yaitu fish and chips. Kalau dalam bahasa Indonesia, artinya ikan dan kentang goreng.

Sesuai namanya, sajian ini materi dasarnya terbuat dari daging ikan fillet yang dilapisi dengan tepung roti dan kemudian digoreng. Sementara kentangnya diiris tipis memanjang kemudian dimasak memakai metode deep frying.

Selain halal, makanan ringan ini juga termasuk hidangan khas London alasannya bisa ditemui di setiap sudut kotanya. Ada banyak restoran yang menunjukkan fish and chips lezat dalam list menunya misalnya adalah Golden Union, Poppies, Bonnie Gull dan lainnya.

2. Bubble and Squek

Foto By @bubbleand

Jangan mengartikan satu ini secara harafiah ya, alasannya adalah kau akan menemukan arti yang sama sekali tidak mempunyai relasi dengan resep atau bahan pembuatannya. Entah kenapa diberi nama Bubble and Squek, tapi yang jelas penganan tersebut rasanya sangat yummy.

Populer semenjak tahun 1800-an, bubble and squek ini terbuat dari kentang tumbuk rebus yang lalu dicampur dengan beragam sayuran seperti wortel, kol, kacang polong dan sebagainya.

Setelah matang, lalu diguyur saus mentega. Bahkan ada yang memberi suplemen daging, tergantung restorannya. Kamu harus hati-hati, alasannya jenis daging yang dipakai kadang tidak halal.

Sama seperti fish and chips, masakan ini juga mudah ditemui di berbagai restoran di London, Inggris. Seperti di Café Bianca, Chaiki atau Drunch.

3. Roast Meat

Foto By @chocolatebasil

Makanan khas London selanjutnya ini juga termasuk sajian halal, namanya ialah roast meat. Jika kamu belum pernah melihatnya, mungkin akan sulit membayangkan rasanya.

Tapi jika sudah melihatnya, kau akan mengatakan bahwa roast meat adalah daging sapi panggang. Ya, itu benar. Penganan ini bahkan menjadi ciri khas kuliner di Inggris dan terkadang dihubung-hubungkan dengan sebuah syair bertajuk “The Roast Beef of Old England“.

Dan sebab terkenalnya, Perancis sampai memberi julukan lain ke Inggris “Les Rosbifs”. Jadi bila berlibur ke London, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipinya ya!

4. Bangers and Mash

Foto By @brettcobley

Nah, bangers yang dimaksud disini merujuk pada istilah sosis yang muncul pada saat perang Dunia I. Karena kekurangan daging, mereka menjadikan sosis sebagai penggantinya.

Sementara mash merujuk pada kentang tumbuk. Sebagai embel-embel, kadang kala diberi guyuran saus bawang atau kacang polong diatasnya. Lalu, apakah sajian tersebut termasuk halal?

Jawabannya tergantung si pembuatnya, apakah menggunakan daging sapi atau babi. Kaprikornus buat sahabat-sahabat muslim, sebaiknya ditanya dulu ya bahannya sebelum menyantapnya!

5. Keju Cheddar

Foto By @cocoro__gram

Kalau penganan satu ini, kami yakin kau pasti kenal. Pasalnya mampu ditemui dengan mudah di minimarket ataupun supermarket. Tapi adakah yang tahu jikalau keju cheddar ini ialah makanan khas London?

Nama penganan ini diambil dari salah satu tempat di Somerset, Inggris. Joseph Harding yaitu orang yang berjasa dalam membuat keju cheddar. Ia bahkan dijuluki bapaknya sebab sudah berhasil memodernisasikan keju tersebut.

Selain bisa dimakan eksklusif, keju ini juga banyak dimanfaatkan sebagai campuran pembuatan masakan. Serat, karbohidrat, protein dan vitamin yaitu hal-hal terbaik yang terkandung dalam penganan tersebut. Kamu pun mampu membawanya sebagai buah tangan.

6. Lancashire Hotpot

Foto By @saturdayjamesmartin

London memang termasuk salah satu negara yang mempunyai iklim lebih cuek dibanding Indonesia. Sehingga untuk mengatasinya, masyarakat di sekitar membuat hidangan penghangat tubuh, namanya yakni Lancashire Hotpot.

Lancashire Hotpot adalah sejenis kuliner tradisional yang materi utamanya terbuat dari daging, kentang dan bawang merah. Memiliki rasa super enak, menciptakan banyak orang menggemari sajian sedap ini.

Cara membuat hidangan ini cukup gampang, semua materi utamanya dimasukkan ke dalam panci besar, kemudian dibakar selama seharian diatas api kecil. Lancashire kerap dihidangkan dalam hidangan pesta lantaran porsinya banyak dan harganya pun murah.

7. Haggis

Foto By @primemeat.ru

Kamu suka makan yang namanya jeroan kambing? Kalau ya, sepertinya kuliner tradisional khas London satu ini wajib buat dicicipin, Haggis namanya.

Cara membuat serta tampilannya haggis ini bisa dibilang sedikit ekstrim. Jadi, jantung, paru-paru dan hati kambing dicincang sampai halus. Setelah itu diberi bumbu pemanis yang terbuat dari oatmeal, lada, bawang bombai, tak ketinggalan garam sebagai penambah rasa.

Setelah adonan teksturnya kenyal, lalu dimasukkan ke dalam usus kambing dan direbus selama 3 jam. Sesudah matang, haggis diiris tipis memanjang kemudian disajikan diatas piring bersama kentang tumbuk serta saus sebagai pelengkap.

8. Scotch Egg

Foto By @letseatwild

Nah, Scotch Egg ini termasuk salah satu masakan legendaris lho di London, sebab sudah ada semenjak tahun 1700-an dan masyarakat disana seringkali membawanya ketika sedang piknik.

Kalau di Indonesia, scotch egg ini bahu-membahu hampir seperti dengan bakso, karena digoreng menggunakan tepung dan mempunyai ukuran yang sedikit lebih besar. Di bab dalamnya biasanya diisi telur rebus, biasanya semakin nikmat kalau disantap menggunakan saus.

Jika kau berkunjung ke London, ada satu penjual scotch egg terenak dan terkenal disana, namanya ialah Scothtails. Untuk harganya, tidak perlu sampai merogoh kocek dalam-dalam, sebab dijual dengan sangat terjangkau.

9. Lamb Sandwich

Foto By @auspitmasters

Kuliner khas satu ini mungkin akan sulit kamu temui di Indonesia, jadi ketika ada kesempatan bertandang ke kota London, jangan sampai tidak mencicipinya ya!

Lamb sandwich yaitu salah satu masakan terenak dan terunik alasannya adalah terdiri dari dua potong roti dengan isian daging domba empuk berbumbu khusus, keju, sayuran serta saus tomat di dalamnya.

Dari sekian banyaknya penjualnya, lamb sandwich di Sticky Beats ialah paling terkenal. Menikmatinya sembari ditemani minuman menyegarkan mampu menjadi cara paling tepat. Bagaimana, tertarik mencobanya?

10. Muffin

Makanan khas london yang halal makan resep ciri oleh cara membuat di tradisional inggris kota dan minuman sejarah
Foto By @lalscake

Terakhir ialah muffin, salah satu kuliner tradisional masyarakat London yang terbuat dari campuran tepung dan ragi. Penganan ini memiliki bentuk bundar. Namanya berasal dari bahasa Perancis Kuno adalah “moufflet”, artinya lembut.

Tidak hanya mantap dijadikan teman minuman hangat, muffin juga mampu kamu beli banyak sebagai buah tangan untuk orang di rumah.

Untuk mendapatkan muffin yang terkenal memiliki citarasa terbaik, Ben’s Cookies di 12 Kensington Arcade adalah tempatnya. Cukup dengan merogoh kocek 40 ribuan saja jikalau ingin memboyongnya pulang.

Itu beliau informasi menarik ihwal masakan khas London yang bisa kau cicipi saat bertandang kesana. Kaprikornus, dari sederet daftar kuliner diatas, mana sih favoritmu?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni