10 Daftar Wisata Gunung Di Jawa Barat Yang Menjanjikan Pemandangan Epic

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67930″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Jawa Barat yakni salah satu provinsi di Pulau Jawa Indonesia dan beribukotakan Bandung. Selain dianugerahi segudang objek wisata dan keindahan alam yang mempesona, wilayah tersebut juga menjadi penyumbang gunung aktif di Nusantara.

Dilewati sederet gunung berapi aktif ataupun non-aktif menjadi berkah tersendiri bagi warga Jawa Barat. Sebab tidak hanya tanahnya saja yang subur, keindahan serta kontur alam yang diakibatkan letusannya pun membuatnya semakin menarik.

Dengan banyaknya jumlah gunung yang bertebaran di sekitar wilayah Jawa Barat, menciptakan Tanah Pasundan ini kerap menjadi incaran para pendaki, baik itu pemula maupun professional.

Dan dibawah ini yakni 10 daftar gunung yang ada di Jawa Barat yang mampu didaki serta memiliki pemandangan cukup indah.

1. Gunung Ciremai

Foto By @irfantaufikh

Spot pendakian yang dikenal dengan nama Ciremai Mountain ini, menurut peta wilayah terletak di 3 kabupaten, yaitu Cirebon, Kuningan dan Majalengka. Ia pun masih merupakan bab dari Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Ketinggiannya sendiri berada pada 3.078 meter diatas permukaan bahari (mdpl). Ia pun masuk sebagai salah satu gunung paling tinggi urutan pertama di provinsi Jawa Barat dan termasuk dalam gugusan tertinggi di Pulau Jawa.

Gunung paling tinggi tersebut memiliki 2 buah kawah dan sebuah gowa terkenal berjulukan Gua Walet. Sementara untuk jalur pendakian terdapat 3 rute alternatif, adalah via Majalengka, Palutungan serta Linggarjati.

Tiap-tiap jalur memperlihatkan pesona tersendiri bagi para pendaki. Namun yang menjadi favorit dan banyak dilalui ialah via Linggarjati, karena menawarkan jalan terjal serta penuh tantangan.

2. Gunung Gede

Foto By @wisata_bogor

Gede Mountain merupakan salah satu gunung api bertipe stratovolcano yang ada di Jawa Barat dan masih masuk dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango.

Spot tersebut letaknya meliputi 2 daerah kabupaten yaitu Cianjur dan Sukabumi. Ia mempunyai ketinggian sekitar 2.958 meter diatas permukaan bahari. Pada malam hari, suhu di atas puncak Gede mountain ini bisa mencapai 5 derajat celcius.

Mount Gede memiliki karakteristik yang khas, menjadikannya sebagai salah satu bojek penelitian semenjak usang. Ia terakhir kali meletus pada Maret 1957 dan letusannya masih bertipe ringan, tidak sampai mengakibatkan petaka yang dahsyat.

3. Gunung Pangrango

Foto By @flashpackers_

Selain menjadi spot pendakian Pangrango juga mempunyai pesona alam yang tak kalah indah dari kawasan lainnya. Sama mirip Gede, beliau juga memiliki sebuah padang savanna luas yang ditanami bunga-bunga edelweiss, namanya yakni Lembah Mandalawangi.

So Hok Gie, seorang penggerak pada zaman orde baru dan pecinta alam pernah menimbulkan Lembah Manalawangi sebagai sumber ide pada salah satu karyanya.

Lokasi Lembang Mandalawangi ini berada sempurna dibawah puncak Pangrango. Untuk ketinggiannya ialah sekitar 3.019 meter diatas permukaan maritim dan beliau berhasil menyabet sebagai gunung paling tinggi kedua di provinsi Jawa Barat.

4. Gunung Papandayan

Foto By @siska_kusmayanti

Kalau Papandayan ini sangat populer akan pemandangan alamnya yang begitu indah. Tempat tersebut juga merupakan salah satu spot favorit para pendaki di Jawa Barat.

Letak dari Papandayan sendiri berada di kabupaten Garut dan memiliki beberapa kawah populer di sekitarnya mirip kawah Mas, Baru, Nangklak serta Manuk.

Sama seperti Gede dan Pangrango, Papandayan juga punya padang rumput yang luas dan menyajikan pemandangan indah akan hamparan bunga-bunga edelweiss. Spot tersebut dikenal dengan nama Tegal Alun.

Papandayan sendiri mempunyai ketinggian 2.665 meter diatas permukaan maritim. Selain menjadi kawasan elok untuk hunting foto-foto instagenic, dia juga menjadi lokasi terbaik buat pendaki pemula yang ingin mencoba mengasah skgill mendakinya.

5. Gunung Salak

Foto By @ayi_dara

Mendaki mount Salak ialah impian bagi mereka yg benar-benar memiliki jiwa pendaki sejati. Tempat ini cukup menantang karena sangat terkenal sebagai salah satu spot terangker dan terseram di Jawa Barat, jadi butuh nyali untuk mendakinya.

Mount Salak ini terletak di 2 wilayah yaitu kabupaten Sukabumi dan Bogor, Jawa Barat dan masih merupakan bab dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Nama dari spot tersebut berasal dari bahasa Sanskerta, yaknik Salaka yang artinya yaitu Perak.

Meski tidak terlalu tinggi, hanya berkisar 2.221 meter diatas permukaan bahari, namun jalur pendakian ke Salak Mountain ini cukup sulit karena medannya tidak ramah bagi para pendaki.

Salah satu jalur menuju puncaknya ialah melalui Cidahu, Sukabumi. Rute ini sedikit agak seram sama seperti Gunung Sunan Jati, karena melewati beberapa makam yang cukup keramat.

6. Gunung Tangkuban Perahu

Foto By @manarana_

Siapa tak kenal dengan wisata Tangkuban Perahu. Ini yaitu salah satu destinasi yang sangat terkenal di daerah Cikole, Lembang, Bandung. Berbicara tentang spot tersebut, tentu tidak lepas dari legenda Sangkuriang.

Namun terlepas dari sejarah asal-usulnya yang melegenda, Tangkuban Perahu ini juga menyimpan pemandangan alam indah. Ia pun menjadi salah satu objek wisata yang tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan.

Kawah Ratu, Upas dan Domas yakni beberapa kawah andalan, favorit para pengunjung Tangkuban Perahu. Tak hanya menyajikan pesona indah, spot tersebut juga dilengkapi dengan berbagai akomodasi memadai.

7. Gunung Guntur

Foto By @exploregunung_

Tak kalah mempesona dari Gunung Api Purba di Yogyakarat, Mount Guntur juga menjadi salah satu spot kesukaan para pendaki di provinsi Jawa Barat dan sekitarnya.

Mount Guntur ini memiliki ketinggian kurang lebih 2.249 meter diatas permukaan maritim dan beliau pun menyajikan pemandangan alam yang tak kalah indah.

Walau ketinggiannya tidak sampai 3.000 tapi sudah niscaya Guntur lebih baik untuk didaki dibanding gunung Pongkor Bogor yang populer sebagai penghasil emas di Jawa Barat.

8. Gunung Cikuray

Foto By @perempuantraveler

Spot yang terletak di kota Garut ini memiliki ketinggian sekitar 2.818 meter diatas permukaan maritim. Cikuray tersebut termasuk salah satu lokasi pendakian yg membutuhkan biaya banyak. Oleh alasannya adalah itu, menggunakan jasa ojek yaitu pilihan terbaik.

Meski butuh biaya mahal, tapi Cikuray termasuk salah satu spot populer di kalangan pendaki. Untuk jalur pendakiannya sendiri mampu dimulai dari Cikajang, Bayongbong atau Dayeuh Manggung.

Pemandangan serta suasana di Cikuray ini sangat sulit dideskripsikan dengan kata-kata. Dari puncaknya kau mampu melihat panorama kemegahan beberapa gunung lain di sekitarnya.

9. Gunung Puntang

Foto By @wisatakabupatenbandung

Puntang mountain yang berlokasi di kabupaten Bandung selatan ini menjadi salah satu spot yang wajib dimasukkan dalam daftar pendakian selanjutnya.

Puntang sendiri sudah dijadikan destinasi wisata semenjak lama oleh warga Jawa Barat dan sampai kini masih selalu ramai dikunjungi. Ia memiliki ketinggian kurang lebih 2.222 meter diatas permukaan laut.

Selain dijadikan spot pendakian, Puntang juga kerap menjadi lokasi perkemahan. Untuk jalurnya cukup gampang didaki, bagi pemula tak ada salahnya menaklukkannya sebelum beranjak ke Ciremai yang populer sebagai salah satu puncak tertinggi di Jawa Barat.

10. Gunung Malabar

Foto By @sibolangcantik

Malabar ini mempunyai ketinggian sekitar 2.341 meter diatas permukaan bahari dan dikenal sebab menyajikan jalur pendakian yang cukup erat.

Area puncaknya menyuguhkan pemandangan alam yang begitu indah. Bahkan bila cuaca sedang bersahabat, kamu bisa menikmati keindahan kota Bandung, Tangkuban Perahu dan Bukit Tunggul dari atas ketinggian.

Nah, itulah beberapa gunung di Jawa Barat yang menarik untuk didaki dan memiliki pemandangan alam indah. Semoga bisa menjadi referensi buat kamu yg ingin menjajal puncak indah di Tanah Pasundan. Yuk, segera agendakan jadwalmu!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni