10 Deretan Gunung Di Sumatera Yang Cocok Buat Spot Pendakian

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67803″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Indonesia yakni salah satu negara penyumbang jumlah gunung terbanyak di dunia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Tak heran jikalau negeri ini menjadi surga bagi mereka penggila ketinggian.

Tak hanya menjulang dengan gagah, sejumlah gunung di Indonesia juga menyimpan pesona alam yang luar biasa anggun, unik dan sangat indah.

Dan dalam artikel kali ini, kita akan membahas ihwal gunung yang ada di Sumatera, salah satu pulau terbesar di Indonesia sekaligus dunia.

Nah, sederet gunung di Sumatera ini selain puncaknya menguji adrenalin, keindahan alamnya di sepanjang perjalanan pun begitu mempesona. Menurut analisis, pulau tersebut bahkan menjadi tempat bersembunyinya sejumlah gunung api aktif di Indonesia.

Untuk menikmati keindahan pemandangannya, tentu diharapkan skill, fisik dan persiapan yang matang. Selain itu, informasi pelengkap juga dibutuhkan karena tidak semua gunung bisa didaki dengan aman.

Dan dibawah ini yakni 10 daftar gunung di Sumatera yang menjadi surga bagi para pendaki.

1. Gunung Kerinci

Foto By @piknikkerinci

Berada di perbatasan tempat antara Jambi dan Sumatera Barat, Kerinci ini mempunyai hutan yang dikelilingi oleh hutan lebat. Ia mempunyai tinggi sekitar 3.805 meter diatas permukaan maritim.

Dengan ketinggian dimilikinya, menciptakan spot yang sering masuk dalam soal TTS ini dijuluki sebagai gunung tertinggi di Pulau Sumatera dan berapi paling tinggi se-Asia Tenggara.

Untuk mencapai puncaknya yang dikenal dengan Indrapura, bisa melalui jalur pendakian Kersik Tuo di Kecamatan Kayu Aro. Pemandangan dari atas Kerinci ini sangat menakjubkan berupa samudera awan dan hamparan kota Padang, Jambi serta Bengkulu.

2. Gunung Leuser

Foto By @abdul_kholiiq

Berikutnya ini terletak di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Letaknya tidak jauh dari Kerinci dan masih merupakan bagian Taman Nasional Gunung Leuser.

Keberadaannya diapit oleh 2 area konservasi adalah Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan, salah satu situs warisan dunia milik dari Indonesia.

Leuser ini memiliki 3 buah puncak. Menurut kabarnya, spot tersebut menawarkan jalur pendakian paling ekstrim di Indonesia. Bukan alasannya adalah treknya terjal, melainkan hutannya merupakan habitat alami bagi binatang-binatang buas.

3. Gunung Dempo

Foto By @kampung4dempu

Dempo mountain ini terletak di perbatasan antara provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan, tepatnya di Pagaralam, sebuah kota cuek penghasil robusta terbaik di Indonesia, yang hanya berjarak sekitar 7 jam dari Palembang.

Setiap hari, Dempo ini selalu dijamah oleh manusia, entah itu wisatawan, pendaki ataupun warga sekitar yang sekedar mencari kayu bakar. Keistimewaanya yakni kamu akan menemui sumber air jernih di sepanjang perjalanan.

Hutan milik Dempo ini seperti dengan yang ada di Gede Pangrango, bertipe Montana, tenang dan juga sangat menyejukkan. Treknya memang sedikit terjal dan medannya dipenuhi oleh akar-akar pepohonan yang melintang.

4.Gunung Bandahara

Foto By @andreas3cahyadi

Terletak di Nanggroe Aceh Darussalam, Bandahara adalah gunung tertinggi kedua di provinsi tersebut sehabis Leuser. Letaknya berada sempurna di Kabupaten Gayo Lues, sekitar 35 km dari Kutacane.

Transportasi untuk menuju Bandahara tidaklah sulit, karena banyak sekali bus yang beroperasi di sekitar kawasan Gayo. Namun perlu diketahui, bila semua angkutan umum disana hanya beroperasi sampai jam 5 sore saja. Jadi, jangan hingga kelewatan ya!

Hal paling istimewa dari Bandahara ini adalah banyaknya ditemui tanaman kantong semar di sepanjang pinggiran jalur pendakian. Tak perlu takut, kamu mampu menyentuhnya dengan aman.

5. Gunung Talamau

Foto By @ziikkk273

Nah, jikalau Talamau ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera Barat. Tidak mirip Kerinci yang menyentuh beberapa kota, lokasinya seutuhnya berada di provinsi Sumbar. Ketinggiannya sendiri mencapai 2.912 meter diatas permukaan laut.

Kalau secara administratif, Talamau terletak di desa Pinagar, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Bisa dibilang, Talamau ini merupakan surga dunia di Pulau Sumatera. Sebab selain panoramanya indah, beliau juga mempunyai 13 telaga dan 1 penderasan anggun di ketinggian 109 meter yang dikenal dengan nama Puti Lenggo Geni.

Angkutan untuk menuju lokasi Talamau ini terbilang tidak sulit, kau mampu naik angkot dari kota Padang menuju Pasaman dengan biaya cuma 30 ribu.

6. Gunung Marapi

Foto By @pujaanugrahandika

Jika Jawa Tengah dan Jatim punya Merapi, maka di Sumatera ada Marapi. Gunung ini populer sebagai salah satu berapi paling aktif di pulau tersebut.

Bayangkan saja, semenjak selesai kala ke-18, Marapi sudah meletus sebanyak 50 kali. Secara administratif, spot pendakian satu ini terdapat di kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Letusan terakhir Marapi terjadi pada 26 Februari 2014 lalu, material yang dihembuskan yakni berupa tefra, abu vulkanik dan pasir panas. Selain populer akan keganasannya, beliau juga menjadi salah satu spot favorit bagi para pendaki di Pulau Sumatera.

7. Gunung Singgalang

Foto By @pulun_x

Selanjutnya ini merupakan berapi tidak aktif yang berada pada ketinggian 2.887 meter diatas permukaan maritim. Letaknya sendiri berada di perbatasan antara Kabupaten Agam dengan Tanah Datar, provinsi Sumatera Barat.

Lokasinya yang bersandingan dengan Tandikek dan Marapi, membuat ketiganya kerap disebut deretan Tri Arga. Meski memiliki pemandangan indah dengan Telaga Dewi di area puncaknya, namun Singgalang masih sangat jarang dijadikan destinasi oleh para pendaki.

Hal tersebut mungkin dikarenakan jalurnya, menciptakan pendaki berpikir ulang untuk menaklukkan puncaknya. Namun bagi pecinta tantangan, medan dengan komposisi tanjakan, akar pepohonan serta tanah licin pasti akan menjadi daya tarik tersendiri.

8. Gunung Perkison

Foto By @cut_mawarni20

Perkison ini terletak di wilayah Kabupaten Aceh Tenggara. Sementara puncaknya berada di sebelah timur Lembah Alas. Untuk mengawali perjalanan, kau mampu memulai dari daerah Lawe Harum.

Umumnya, untuk menggapai puncaknya diharapkan waktu sekitar 3 hari. Pasalnya, bukit hutan yang dilalui merupakan habitat berbagai macam hewan hombolis dan juga hewan primata.

Bukan hanya itu, kau pun akan melalui hutan lumut yang ditumbuhi oleh bunga raflesia dan flora magpie robin. Nah, bila sudah sampai di puncak, pemandangan yang disuguhkan ialah hamparan Kutacane serta Sungai Alas.

Jika cuaca cerah, kamu pun mampu menyaksikan kegagahan Bandahara mountain dan Bukit Barisan dari Perkison. Namun perlu diketahui, untuk menyusuri hutan belantaranya, disarankan menggunakan jasa pemandu yang sudah mengenal baik rute gunung tersebut.

9. Gunung Talang

Foto By @triyogialandraa

Gunung yang juga dikenal dengan nama Sulasi mountain ini terdapat di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Spot tersebut merupakan salah satu daerah pendakian alternatif terbaik setelah Singgalang dan Merapi.

Berapi aktif ini meletus terakhir kali pada tahun 2007 lalu. Dan berdasarkan catatan, hingga sekarang kawahnya masih rajin mengeluarkan asap belerang.

Jika ingin menelusurinya, terdapat 2 jalur pendakian yang mampu dijadikan alternatif. Pertama lewat Bukit Sileh di Lembang Jaya, Solok dan yang kedua melalui Ai Batumbuk.

10. Gunung Sinabung

Foto By @kalak_karo

Nama Sinabung memang sudah tidak abnormal lagi bagi banyak orang, baik wisatawan maupun pendaki. Terletak di dataran tinggi Tanah karo, gunung ini lokasinya bersanding dengan Sibayak mountain.

Memiliki ketinggian mencapai 2.475 meter diatas permukaan maritim, Sinabung berhasil meraih prestasi sebagai gunung tertinggi di provinsi Sumatera Utara. Tak sedikit wisatawan sengaja datang kesana untuk mengambil gambar atau foto-foto spot elok satu ini.

Sejak abad ke-16, tercatat bahwa dia sudah mati. Namun mendadak kembali menunjukkan kegiatan pada tahun 2010 lalu dan lalu meletus di 2013. Sampai saat artikel ini dibuat, gunung tersebut masih berstatus berapi aktif.

Itu dia 10 nama-nama gunung di Sumatera yang mampu didaki dengan sederet keanekaragaman pesonanya. Dari daftar yg di sebutkan diatas, mana nih paling menarik buat disambangi pertama kali menurut kau?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni