10 Formasi Gunung Di Malaysia Yang Selalu Diburu Pendaki

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67456″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Selain sungai, Malaysia juga punya formasi gunung indah dan tinggi. Bagi kamu yang mengaku pecinta alam, tentunya wajib untuk mencoba mendaki salah satunya.

Menjulang tinggi dan memiliki keindahan pemandangan begitu luar biasa, tak heran apabila banyak pendaki yang tertarik ingin menaklukkan puncak sejumlah gunung di Malaysia, ditambah lagi jalur trekkingnya cukup menantang.

Nah, kalau kau sudah puas mendaki puncak-puncak tinggi di Indonesia, tak ada salahnya dong mencoba menaklukkan gunung di Malaysia, apalagi jaraknya kan tidak terlalu jauh.

Daripada makin penasaran, berikut 10 daftar gunung di Malaysia yang panoramanya dilarang dianggap remeh dan wajib banget buat kau taklukin.

1. Gunung Kinabalu

Foto By @jack_fixie

Kalau ada pertanyaan “coba sebutkan gunung apa yang tertinggi di Malaysia” seperti pada situs brainly.com, mungkin banyak orang akan menjawab Kinabalu Mountain.

Yup, posisi gunung tertinggi pertama di Malaysia memang dipegang oleh Kinabalu. Ia memiliki ketinggian 4.095 meter diatas permukaan bahari. Itu berarti, tingginya mampu melebihi puncak tertinggi di Pulau Jawa adalah Semeru. Wow!

Dan menariknya, Kinabalu ini sebagian wilayahnya masih masuk pulau Kalimantan lho. Letaknya tepatnya di kawasan Sabah, bab dari negara Malaysia Timur yang akrab dengan Indonesia.

Dibalik pesonanya, Kinabalu juga menyimpan banyak dongeng serta dongeng-dongeng mistis. Masyarakat Kadazan Sabah meyakini bila gunung ini adalah tempat bersemedinya jiwa-jiwa yang telah meninggal.

2. Gunung Tambuyukon

Foto By @battaklallo

Nama gunung berikutnya di Malaysia yang juga cukup terkenal di kalangan wisatawan ialah Tambuyukon. Spot tersebut cukup terkenal alasannya adalah ia memiliki keindahan alam yang menarik buat kau sambangi.

Tambuyukon sendiri merupakan salah satu puncak yang terbentuk diatas pegunungan Crocer, sebuah dataran tinggi di negeri Sabah, Malaysia. Ketinggiannya mencapai 2.579 meter diatas permukaan maritim.

Kalau dilihat secara geografis, Tambuyukon terletak satu wilayah dan berada tepat di sebelah Kinabalu serta Trusmadi. Masuk dalam kompleks yang sama, ketiganya kerap disebut Kinabalu Park.

3. Gunung Murud

Foto By @arianna.lin

Tempat selanjutnya yang punya pesona alam indah dan wajib buat kamu jadikan spot hiking yakni Mount Murud. Gunung ini terletak di wilayah Serawak, dia juga mempunyai daya tarik yang menciptakan para pendaki ingin sekali menaklukkannya.

Murud atau biasa juga dikenal dengan nama Muru Mountain ini mempunyai puncaknya berada di 2.423 meter diatas permukaan maritim. Mempunyai bentuk cukup unik dan pemandangan indah, menjadi alasan berpengaruh buat kamu mendakinya.

Yang membuatnya semakin populer adalah alasannya kerikil lawinya dan di dalam hutannya terdapat beraneka macam buah-buahan segar. Makara, kalau kamu mencari spot hiking di Malaysia jangan lupakan Murud mountain ya!

4. Gunung Mulu

Foto By @syokz

Masih berada di wilayah yang sama dengan Murud Mountain, gunung berketinggian 2.376 mdpl ini terkenal karena mempunyai susunan watu-kerikil anggun yang menjulang tinggi sampai 700 meter.

Bukan hanya itu saja, Puncak Mulu juga terkenal alasannya adalah terdapat sejumlah goa-goa bersejarah di dalamnya. Bahkan areal Gunung Mulu National Park sendiri tercatat sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Tentunya buat para pendaki, jangan hingga tidak menyambanginya ya! Rasa puas dan senang akan kau dapatkan dikala berada di salah satu puncak tinggi di Malaysia.

5. Gunung Korbu

Foto By @fiqhakimi

Memiliki ketinggian sekitar 2.183 mdpl, Korbu mountain juga mampu dijadikan sebagai daerah hiking alternatif di Malaysia. Keindahan alamnya menjadi salah satu alasan sempurna buat kamu mengunjunginya.

Korbu sendiri seringkali disebut dengan nama “Titiwangsa”. Buat kamu para pemula yang ingin mencari pengalaman mendaki yang seru di luar negeri, pegunungan terpanjang di Malaysia ini juga bisa dijadikan destinasi lho, karena trekkingnya cukup gampang.

6. Gunung Trusmadi

Foto By @azreenyunus10

Berikutnya ini letaknya tidak jauh dari Kinabalu mountain dan tingginya sekitar 2.642 meter diatas permukaan laut. Sama mirip gunung lainnya, Trusmadi juga punya keunikan tersendiri yang menarik buat ditelisik.

Berbicara wacana keunikan Trusmadi, disini kau akan menjumpai berbagai ragam fauna. Dan selain itu, panorama alamnya yang hijau pun begitu menyegarkan.

Buat kamu yang punya fisik berpengaruh, jangan lewatkan kesempatan untuk menelusurinya ya. Hitung-hitung buat menambah pengalaman hiking. Namun ingat, selalu utamakan keselamatan dan pakailah sepatu yang nyaman bisa brand Eiger atau lainnya.

7. Gunung Tahan

Foto By @faroqpazli

Buat kamu yang punya hobi mendaki, Mount Tahan di Malaysia juga mampu dijadikan sebagai spot hiking pilihan. Tidak hanya populer akan keindahan alamnya, dia juga termasuk salah satu gunung tertinggi lho di Negeri Jiran.

Menurut catatan, Mount Tahan ini memiliki ketinggian kurang lebih 2.178 mdpl. Momen kenampakan matahari kembali ke upuk barat yakni hal yang selalu dinanti-nantikan disini. Banyak orang mengabadikan keindahan tersebut dalam bentuk gambar dan foto-foto.

8. Gunung Batu Lawi

Foto By @redhummingbird22

Tidak mirip sejumlah gunung api di Indonesia atau berapi Bombalai yang dicatat pernah meletus dan menjadi sebuah tragedi, Bukit Batu Lawi di Malaysia ini justru populer alasannya selalu kebanjiran pengunjung.

Bukit Batu Lawi yaitu sebuah puncak kembar di kawasan dataran tinggi Kelabit, Serawak yang konon katanya punya peranan penting dalam sejarah mitologi kuno maupun modern.

Menurut catatan, kedua puncak Batu Lawi ini punya ketinggian yang berbeda-beda, satu setinggi 2.046 mdpl dan satunya lagi sekitar 1.850 mdpl. Spot tersebut pun masuk dalam senarai gunung tertinggi di Serawak.

9. Gunung Gayong

Foto By @nemesisaweken

Sama seperti Mount Korbu, Gayong juga merupakan bab dari Pegunungan Titiwatsa. Ia bangun di ketinggian 7.129 kaki diatas permukaan maritim dan merupakan puncak tertinggi ke empat di Semananjung Malaysia.

Hanya pendaki professional saja yang berhasil mengunjungi puncaknya. Pasalnya, diharapkan waktu sekitar 4-5 hari pulang pergi untuk bisa hingga ke lokasi.

Memiliki jalur trek yang penuh dengan rintangan dan tantangan, banyak orang menganggapnya sebagai perjalanan langka. Kamu tertarik untuk menaklukkannya?

10. Gunung Chamah

Foto By @9w2snr

Puncak tertinggi keenam di Malaysia bagian barat ini dikenali sebagai G7. Ketinggiannya sendiri berada di 2.100 meter diatas permukaan maritim dan letaknya berdekatan dengan Sempadan Negeri Perak.

Chamah merupakan satu kawasan pegunungan yang memiliki wilayah cukup luas, namun sayangnya belum ada pengelolaan khusus bagi areal ini. Tak heran jika panoramanya masih begitu alami.

Memiliki jalur cukup menantang, para penggiat alam bebas biasanya menelusurinya dengan menggunakan jasa guide dari penduduk setempat.

Jadi gimana nih dengan pilihan wisata gunung di Malaysia, kamu sudah siap menaklukkannya? Semangat selalu dan selamat bereksplorasi ya!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni