10 Gunung Berpanorama Indah Di Dieng

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67358″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Terletak di kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, tempat Dataran Tinggi Dieng memang kerap dijadikan tempat rekreasi yang indah serta menyejukkan. Pasalnya, deretan gunung-gunung disana terlihat mirip sebuah negeri diatas awan di kisah dongeng.

Bukan hanya itu saja, suhu udara di Dieng pun cenderung sangat cuek mirip es. Menurut kisah, wisata pegunungan dataran tinggi ini pernah mengalami fenomena unik lho, yakni turunnya salju.

Bagi kau yang berencana ke dataran tinggi ini buat menikmati Festival Jazz Dieng 2020, jangan lewatkan kesempatan untuk main-main ke gunung yang ada di sana ya!

Tak perlu gundah, sebab Dieng tidak hanya memiliki segudang penginapan tapi juga punya sederet gunung yang mampu kamu sambangi, dari mulai yang pemula hingga level pendaki sejati.

Dan berikut yaitu 10 daftar gunung di Dieng yang menarik untuk kau kunjungi.

1. Bukit Sikunir

Foto By @dewsafitri_

Selain Candi Arjuna, salah satu obyek wisata Dieng yang seperti dengan cerita-cerita di negeri yaitu Bukit atau Puncak Sikunir. Hadir menunjukkan Golden Sunrise berwujud indah, membuat spot ini menjadi lokasi favorit para wisatawan ketika menjelang pagi.

Nah, buat kau yang tidak ingin melewatkan keindahan langit jingga dari Puncak Sikunir, datanglah saat subuh. Tak perlu memanjat trek-trek curam, cukup menaiki tangga saja untuk hingga ke bukit ini.

Meski sedikit lelah, namun semuanya akan hilang selepas hingga di puncak saat melihat keindahan langitnya. Belum lagi hamparan awannya tebal mirip karpet berbulu.

2. Gunung Prau

Foto By @prau_mountain

Jika yang pertama belum cukup untuk membayar waktu liburanmu, bagaimana kalau mendaki ke gunung Prau? Pasalnya, di sepanjang jalur pendakian, kau akan disuguhi keindahan yang menakjubkan.

Namun untuk mendaki sampai ke puncak, kamu perlu membawa peralatan lengkap, layaknya seorang pendaki sejati mirip perlengkapan camping dan lainnya.

Pasalnya, akan ada banyak rintangan di sepanjang perjalanan. Jika melakukan kesalahan, mungkin diperlukan waktu sekitar sehari dua hari semoga bisa sampai ke puncak.

Memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl, Prau mountain cocok untuk para pemula. Dan waktu paling tepat buat menikmati keindahan pemandangannya ialah dikala animo kemarau, karena kau akan disuguhkan panorama bak di negeri atas awan.

3. Gunung Sindoro

Foto By @pesona.sindoro

Kamu mungkin tidak akan pernah menyangka bila bekerjsama gunung berketinggian 3.163 mdpl yang dikenal dengan nama Sindoro mountain ini masuk dalam area Dataran Tinggi Dieng.

Ya, meski terletak di tempat perbatasan antara Wonosobo dengan Temanggung, namun pada kenyataannya lereng barat Sindoro masih termasuk bagian dari daerah Dieng.

Nama Sindoro juga cukup populer di kalangan para pendaki. Selain disebut-sebut sebagai kembaran dari Sumbing, dia juga sangat dikenal sebab di sepanjang jalan menuju puncaknya terdapat savana luas yang ditumbuhi oleh bunga-bunga kekal yakni Edelweiss.

Menurut catatan, Sindoro ini sudah meletus beberapa kali sejak tahun 1806 dan letusan gunung tersebut diketahui bertipe strombolian namun tidak berwujud gas beracun.

4. Gunung Arjuno

Foto By @arjuno.welirang

Arjuno atau Arjuna Mountain ini dikenal sebagai kawasan pertapaan di abad Majapahit. Dan sampai dikala ini masih banyak pertapa-petapa sakti yang datang kesini untuk bertapa ataupun untuk melakukan pemujaan.

Orang-orang di sekitar kawasan Dieng sering menyebutnya dengan nama Pasar Setan. Pasalnya di gunung Arjuno ini terdapat beberapa makam pendaki dan sarat akan kisah-kisah misteri.

Namun dibalik ceritanya yang penuh mistis, Mount Arjuno menyimpan sejuta pesona keindahan. Tak heran jikalau dia pun kerap dijadikan sebagai destinasi wisata oleh turis-turis lokal maupun aneh.

5. Gunung Pakuwaja

Foto By @mt.pakuwaja_official

Jika kamu mencari pengalaman mendaki yang seru, Mount Pakuwaja di sekitaran Dieng mampu menjadi solusinya. Meski tidak terlalu tinggi, namun tetap mampu memacu adrenalin karena rutenya cukup terjal dan dipenuhi dengan jurang di sisi kiri kanannya.

Salah satu daya tarik dari spot ini terletak pada batu vertikal raksasanya yang mana diyakini merupakan paku pulau Jawa.

Tak cukup hanya mempunyai keunikan, pesona keindahan yang ditawarkan Pakuwaja pun begitu menakjubkan dari mulai Telaga warnanya hingga barisan gunung di sekitarnya.

6. Gunung Bismo

Foto By @gunungbismo

Gunung yang berlokasi di desa Campursari dan Sikunang ini memang tidak sepopuler Mount Lawu. Namun kamu harus tahu, bila Bismo mountain juga punya panorama yang tak kalah indah.

Bisma atau kerap disebut Bismo masih berada dalam area Dataran Tinggi Dieng. Ketinggiannya sendiri mencapai 2.338 mdpl dan butuh waktu 2 sampai 4 jam untuk bisa sampai ke puncaknya.

Jalur trekkingnya pun terbilang unik, karena pada setiap pos pendakian kau akan disuguhi pesona indah dari mulai rute Dewa Brata hingga Terowongan Mesra.

7. Gunung Pangonan

Foto By @francisca__yo

Kalau kau ingin mendaki puncak tinggi dengan trek terjal, maka Mount Pangonan ialah destinasi yang cocok. Pasalnya, sejak Februari 2016 kemudian, pos pendakian setinggi 2.300 mdpl ini sudah dibuka untuk umum.

Berada di desa Karangtengah, Kec.Batur, Kab.Banjarnegara, Mount Pangonan ini hadir menyajikan pemandangan indah dengan diselimuti lembah luas yang seakan membentuk cekungan bekas danau yang telah mengering.

Bonus lain dari Pangonan yang mampu kau nikmati yaitu indahnya kompleks wisata Candi Arjuna, yang merupakan warisan dari umat Hindu.

8. Gunung Seroja

Foto By @diengexperience

Tahukah kau jika sekarang Bukit Seroja menjadi salah satu destinasi paling hits dikala ini di Dieng. Ya, cukup populer alasannya spot di perbukitan Telaga Menjer ini memiliki pemandangan yang begitu eksotis dengan latar Mount Kembang dan Sindoro.

Lokasi dari Seroja ini sendiri berada di desa Maron, Kecamatan Garung, Kab.Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk kini, harga tiket masuknya masih gratis, namun kedepannya mungkin akan dikenai biaya. Kaprikornus, buruan datang ya!

9. Gunung Sipandu

Foto By @sigemplong.id

Mount Sipandu ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Batang dengan Banjarnegara. Kamu yang pernah mendaki ke puncak Prau, niscaya akan melihatnya.

Untuk menuju lokasi Sipandu, harus melalui desa Pranten yang berbatasan langsung dengan Dieng. Dari basecamp, kau hanya butuh waktu 45 menit saja agar mampu sampai di puncak.

10. Gunung Jimat

Foto By @didipermadi1998

Nama spot satu ini memang terasa agak abnormal, baik bagi para pecinta alam maupun pendaki. Ya, memang sebab beliau merupakan hanya gunung tinggi biasa yang jarang dijadikan tempat pendakian dan hanya dikelilingi perkebunan kentang.

Namun mount Jimat ini masih masuk dalam tempat Dataran Tinggi Dieng sebelah utara, tepatnya di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kab.Banjarnegara.

Meski tidak terkenal namun pesonanya sungguh luar biasa, sebab dari puncaknya kau mampu melihat sederet gunung manis di sekitarnya dan sebuah kawah yang sudah berubah menjadi menjadi telaga bernama Dringo.

Nah, tertarik mendaki gunung diatas? Jangan lupa siapkan listnya dulu dan temukan satu per satu. Kalau sudah puas, ingat bawa oleh-oleh khas Dieng juga ya!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni