10 Gunung Di Garut Yang Siap Memanjakan Matamu

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67790″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Menurutmu, mengapa kota Garut dijuluki “Switzerland Van Java”? Nah, berdasarkan beberapa sumber, ada 2 alasan yang melatarbelakanginya disebutkan demikian.

Pertama, alasannya identik dengan dodol yang bentuknya seperti coklat dan kedua, disebabkan letaknya dikelilingi oleh gunung, sama seperti negara Swiss yang diliputi oleh pegunungan Alpen.

Setidaknya, ada beberapa gunung yang masuk dalam wilayah kabupaten Garut, Jawa Barat dan cukup populer bagi kalangan pendaki maupun wisatawan pecinta alam.

Dan hampir semuanya merupakan spot kesukaan para pendaki di Jawa Barat. Sehingga tak heran, jikalau sejumlah gunung disana tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan, terutama Papandayan Mountain yang terkenal dengan hutan mati serta Tegal Alunnya.

Dan berikut ini yaitu 10 daftar gunung di Garut yang siap untuk didaki lengkap dengan panorama indahnya.

1. Gunung Guntur

Foto By @silviafauziiah

Mount Guntur ialah salah satu objek wisata populer di Garut, Jawa Barat. Spot dengan ketinggian 2.249 meter diatas permukaan laut ini sudah tidak aktif lagi dan terakhir kali meletus yaitu pada tahun 1847 silam.

Pada tahun 1800an, Guntur termasuk salah satu berapi paling aktif di Pulau Jawa. Meski tidak terlalu tinggi, namun untuk naik ke puncak ini diharapkan persiapan fisik yang cukup matang.

Untuk menuju puncaknya, salah satu jalur alternatif yang bisa dipakai yakni via Citiis, ialah sebuah gerojokan di lereng Guntur. Menurut catatan, dia terakhir kali meletus yaitu pada tahun 2004 kemudian.

2. Gunung Cikuray

Foto By @hilalkh1209

Cikuray adalah puncak tertinggi keempat di provinsi Jawa Barat sehabis Ciremai, Pangrango dan Gede Mountain. Tinggi yang dimilikinya kurang lebih mencapai angka 2.821 meter diatas permukaan laut.

Cikuray sendiri sudah tidak aktif dan secara administratif, ia terletak dalam 3 wilayah kecamatan yaitu Cikajang, Dayeuh Manggung serta Bayongbong.

Terdapat 3 jalur pendakian untuk menuju puncak Cikuray yang populer angker ini dengan trek tentu berbeda-beda. Ketiganya adalah via Cikajang, Cilawu dan Bayongbong.

Yang paling umum digunakan para pendaki yakni Cilawu, alasannya treknya cukup erat. Menggunakan jalur ini, di sepanjang jalan kamu akan menemukan aneka macam pemancar televisi.

3. Gunung Papandayan

Foto By @afadzrin

Diantara beberapa gunung di kabupaten Garut, mungkin ini yakni paling populer. Lokasi dari tempat wisata tersebut terletak di Kecamatan Cisurupan dan mempunyai ketinggian sekitar 2.665 meter diatas permukaan maritim.

Papandayan sangat populer sebab memperlihatkan jalur pendakian yang ramah dan bersahabat untuk semua orang. Bukan hanya itu saja, ia juga menyuguhkan pemandangan indah hampir di setiap titiknya. Bahkan disana, terdapat sebuah kawah cantik di puncaknya.

Tegal Alun, daerah tumbuh bunga-bunga awet Edelweiss dan Hutan Mati yang dipenuhi dengan pohon-pohon cantigi adalah 2 titik paling populer di Papandayan Mountain ini. Buat yang suka camping, kau pun mampu menggelar tenda disini.

4. Gunung Piramid Sadahurip

Foto By @gunungindonesia

Kebanyakan orang Indonesia seringkali mengaitkan keganjilan suatu benda dengan hal-hal yang penuh mistis. Salah satu contoh adalah Mount Piramid Sadahurip di Desa Sukahurip, Pengatikan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Diberi nama demikian, karena bentuknya seperti dengan piramida dan dianggap menyimpan sejarah ihwal tingginya peradaban Sunda. Konon katanya, spot berbentuk lancip yang penuh misteri tersebut tak pernah longsor meskipun tidak ditumbuhi pohon.

Masyarakat di sekitar percaya, fenomena tersebut terjadi karena memang ada piramida bersemayam di dalamnya. Bukan hanya itu saja, aura kemistisan pun terpancar dengan adanya dongeng pendar cahaya terang yang muncul dari atas puncaknya.

5. Gunung Haruman

Foto By @wisata_garut

Berdasarkan peta, Haruman ini terletak dalam 1 wilayah kabupaten dan 2 kecamatan ialah Kadungora di sisi barat, lalu Cibiuk di sebelah timur.

Haruman terkenal karena pada puncaknya terdapat sebuah situs yang dikenal dengan nama “Batu Kuda”. Menurut kisah, ini yakni salah satu daerah yang sering dijadikan lokasi pesugihan oleh orang-orang tertentu.

Bukan hanya itu saja, bahkan disana pun terdapat beberapa makam yang dikeramatkan mirip Syekh Jaffar Siddiq, Nyai Fatimah dan Syekh Maulana Malik Ibrahim. Mereka dikenal sebagai penyebar agama islam di sekitar kabupaten Garut.

Selain itu, Haruman juga diselimuti dengan dongeng-dongeng mistis, beberapa pendaki dari luar kota bahkan kerap mengalami peristiwa-peristiwa asing disini. Sehingga tak heran kalau ia masuk sebagai salah satu spot angker di Garut.

6. Puncak Darajat Pass

Foto By @pikinikdong

Puncak Darajat Pass ialah salah satu objek wisata yang sedang naik daun dikala ini di Jawa Barat. Tempat tersebut bahkan cukup dikenal banyak wisatawan baik lokal maupun gila.

Letak dari puncak ini berada di dataran tinggi dan pemandangan yang disugukannya masih sangat asri. Ketinggian dari spot tersebut berada pada 1.920 meter diatas permukaan bahari.

Jika ingin menginap tak perlu khawatir, alasannya di bersahabat lokasi Darajat Pass sudah disediakan penginapan berupa hotel dengan tarif terjangkau. Suguhan sunrise adalah hal paling dinanti-nanti di spot ini.

7. Gunung Talaga Bodas

Foto By @queenellice5

Talaga Bodas yaitu salah satu gunung api renta di Garut. Menurut bahasa masyarakat setempat, nama kawasan tersebut berarti telaga putih. Hal ini berkaitan alasannya adalah pada puncaknya terdapat sebuah danau.

Meski agak sedikit berbau belerang, namun pemandangan di sekitar Talaga Bodas ini sangat indah, dengan kepulan asap yang begitu eksotis dan airnya pun cenderung hangat.

Rute menuju lokasi Talaga Bodas terbilang tidak sulit dan pemandangan di sepanjang jalan yang disajikan pun cukup indah. Di sebelah selatannya, kau bisa menyaksikan langsung kegagahan dari gunung Sadahurip yang bentuknya mirip piramida.

8. Gunung Calancang

Foto By @gosip.mapala

Meski berada di Sumedang, namun Calancang merupakan salah satu spot favorit para pendaki kota Garut. Tak heran kalau kawasan tersebut selalu ramai baik ketika weekend ataupun libur nasional.

Calancang populer mempunyai pesona alam yang begitu menakjubkan. Letaknya sendiri mencakup 2 wilayah kecamatan adalah Sumedang selatan dan Cibugel. Sementera puncaknya terletak pada ketinggian 1.667 meter diatas permukaan bahari.

Calancang juga memberikan beberapa puncak eksotik di sekitarnya seperti Sindulang, Pilar dan Pasir Haredong. Tak hanya itu, disana juga terdapat beberapa sungai yang bisa kau temui.

9. Gunung Kendang

Foto By @dewiseptiarani

Secara administratif, Mount Kendang ini terletak di Kecamatan Kertasari, Bandung dan desa Kendeng, Kabupaten Garut. Ia mulai terkenal dikala ada seorang pendaki yang ditemukan tewas disini.

Dan semenjak peristiwa itu, Kendang mulai dijadikan sebagai destinasi pendakian oleh warga di sekitar kota Garut. Untuk ketinggiannya sendiri, beliau bangun tegak di atas 2.617 meter diatas permukaan bahari.

Kerap dijadikan lokasi pendakian karena Kendang memiliki banyak pesona dari mulai hamparan perkebunan teh hingga savana yg siap memanjakan mata.

10. Gunung Cakrabuana

Foto By @erynotes

Berada pada ketinggian 1.721 meter diatas permukaan maritim, Cakrabuana Mountain juga disebut memiliki sejarah penting dalam peradaban Sunda. Konon katanya, ini merupakan tapal batas antara Kerajaan Galuh dan Pakuan Pajajaran.

Terlepas dari itu, Cakrabuana merupakan salah satu spot pendakian favorit bagi warga Garut dan sekitarnya. Gunung yg terletak di sebelah utara Kabupaten Tasikmalaya ini bahkan sudah dilengkapi dengan penginapan dan jalan menuju kesana pun sudah tidak gelap.

Demikian deretan gunung yang mempunyai pemandangan indah dan mampu didaki di Garut. Semoga berita ini mampu membantu buat para pendaki yg ingin mencicipi view indah dari atas ketinggian.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni