10 Gunung Di Lombok Yang Menyajikan Panorama Epic

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67579″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Setelah puas mengeksplor keindahan sederet bahari, lusinan teladas, sejumlah gili-gili eksotis, budaya serta aneka kulinernya, masih ada satu lagi objek wisata yang tak boleh dilewatkan dari pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, yakni gunungnya.

Akhir-final ini, pesona gunung di Lombok mulai diexplore oleh para wisatawan. Dari yang sebelumnya tidak dikenal banyak orang, kini semakin ramai diperbincangkan, terutama mereka para pecinta alam bebas.

Apalagi sederet gunung di Lombok punya keindahan yang khas dan bisa memukau setiap wisatawan yang datang mengunjunginya.

Selain itu, puncaknya pun masih sangat alami, mirip nirwana tersembunyi yang menunggu untuk dipersunting oleh para pengelana wisata alam.

Berikut adalah 10 daftar gunung di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat yang memiliki pesona memukau dan menarik buat didaki maupun dijelajahi.

1. Gunung Rinjani

Foto By @jerem__31

Siapa tak kenal dengan ikon dari Lombok bernama Bukit Rinjani. Ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia yang memiliki ketinggian sekitar 3.726 meter diatas permukaan laut.

Panorama Bukit Rinjani populer begitu eksotis dengan banyaknya garis kontur dari mulai hutan lebat, semak belukar hingga hamparan padang savana yang sangat luas.

Belum lagi kawah Segara Anak miliknya yang sangat terkenal akan keindahannya. Banyak pendaki lokal maupun ajaib tertarik mengakibatkan Rinjani sebagai target utama dalam pengalaman pendakian mereka.

Menurut sejarah, di tempat ini tercatat dua insiden penting. Waktu paling tepat untuk mengunjungi Bukit Rinjani yakni bulan Juli hingga Agustus, alasannya adalah pada ketika itu pemandangannya lebih eksotis.

2. Gunung Tunak

Foto By @wahidkurniadi

Meski tidak sepopuler kawasan lainnya, namun pesona spot satu ini dilarang dipandang sebelah mata. Objek yang lebih dikenal dengan nama Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak tersebut merupakan perpaduan antara pantai pasir Goang Sari dan hamparan perbukitan hijau.

Mount Tunak sendiri teletak di Jalan Raya Awang, desa Mertak. Secara geografis, masih masuk dalam wilayah kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Mount Tunak juga disebut sebagai sebuah hutan lindung yang menyimpan sejuta keindahan. Di sepanjang jalan penyusuran, kau akan disuguhi udara sejuk dan jika beruntung, bisa bertemu sarang burung Gosong serta segerombolan rusa timur.

3. Gunung Pengsong

Foto By @andrewluadj

Objek wisata yang menjadi idola para pelancong ini menyuguhkan pemandangan luar biasa indah. Disini, terdapat sebuah pura dimana bab belakangnya menampilkan siluet gunung Rinjani.

Letak Mount Pengsong ini tidak jauh dari kota Mataram, hanya sekitar 9 km saja. Kaprikornus mampu dijangkau dengan gampang dari hotel tempatmu menginap. Kamu pun bisa menyewa sepeda di toko-toko di sekitar penginapanmu untuk menuju lokasi gunung tersebut.

Mendaki Pengsong tidak perlu menyusuri hutan, cukup menaiki ratusan anak tangga saja untuk hingga ke puncaknya. Dari ketinggian 200 mdpl ini terlihat pemandangan yang begitu memukau, seperti Rinjani dan Gunung Agung di Bali.

4. Gunung Kondo

Foto By @gdheng_adventure

Gunung satu ini jangan hingga salah sebut nama ya, bukan kondom tapi Kondo. Spot yang kerap disapa sebagai bukit tersebut merupakan lokasi idaman para pendaki yang belum punya kesempatan mendaki Rinjani.

Lokasinya terletak di daerah Sembalun, tepatnya di bab timur Rinjani. Kondo sendiri termasuk salah satu lokasi trekking favorit para pendaki dengan ketinggian sekitar 1.900 mdpl.

Dengan jalur pendakian tidak terlalu curam, membuatnya cocok buat dikunjungi pendaki pemula ataupun wisatawan pecinta alam. Savananya yang membentang luas, menjadi lokasi paling pas untuk menggelar tenda.

5. Gunung Tambora

Foto By @ertwinz30

Merujuk dari banyak sekali sumber, Tambora ini pertama kali meletus pada tahun 1815 dan menjadi letusan terdahsyat di dunia. ketinggiannya sendiri mencapai 2.851 meter diatas permukaan bahari, sementara letaknya berada di daerah perbatasan antara Bima dengan Dompu.

Mendengar namanya, pasti sudah tidak asing lagi terutama bagi pendaki dan pecinta alam. Terbukti, sudah ada banyak foto-foto serta video di dunia maya yang mengulas perihal gunung Tambora ini.

Banyak pesona keindahan yang disuguhkan Tambora ini dari mulai kaldera terbesar di Indonesia, padang savana ala Afrika hingga flora bunga-bunga Edelweiss.

6. Gunung Samalas

Foto By @antaranewsntb

Meletusnya Samalas pada tahun 1257 juga diketahui merupakan salah satu letusan paling mematikan di dunia. Menurut kisah para korban gempa, acara erupsi yang terjadi menimbulkan banyak penduduk meninggal.

Nama spot satu ini mungkin kurang akrab di kalangan wisatawan, namun kalangan hebat gunung api sudah usang menaruh perhatian terhadap objek tersebut. Menurut mereka, Samalas memiliki misteri yang cukup menantang untuk diungkapkan.

Namun dibalik keganasan Samalas ini, tersimpan sebuah panorama unik adalah pantai Tebing yang melintang setinggi 20 meter. Kamu akan terkagum-kagum dibuatnya.

7. Gunung Sangkareang

Foto By @bond_diraksa

Puncak Sangkareang mempunyai ketinggian yang hampir sama dengan Rinjani dan keindahannya pun tak perlu diragukan lagi. Ini disebut-sebut sebagai surganya Edelweiss di dunia. Buat kamu penggila poto-poto instagenic, wajib untuk mengunjunginya.

Dibalik jalur trekkingnya yang penuh uji nyali, puncak Sangkareang menampilkan panorama sangat indah. Seluruh keindahan kawasan Rinjani, bisa tertangkap dengan terang dari spot ini.

8. Gunung Nanggi

Foto By @abdoel20

Spot yang lebih bersahabat disapa dengan bukit ini terletak di tempat timur Geopark National Rinjani, lebih tepatnya di desa Sembalun Bumbung, Lombok dan mempunyai ketinggian sekitar 2.300 mdpl.

Dikenal sebagai bukit tertinggi di Sembalun, sebab dari atas puncaknya kau akan disuguhi indahnya hamparan awan putih yang diselimuti warna jingga.

Pemandangan tersebut pun akan semakin lebih manis saat pagi menjelang sang surya terbit. Tak salah jika Nanggi dijuluki sebagai Negeri Diatas Awan.

9. Gunung Pergasingan

Foto By [email protected]

Objek wisata yang sedang naik daun ini memiliki pemandangan super epic dan tak kalah menakjubkan dari Bukit Merese. Meski tergolong baru, tapi namanya sudah cukup mahsyur di kalangan wisatawan.

Bagaimana tidak, dari puncak Pergasingan ini kamu bisa melihat keindahan daerah Sembalun. Hamparan sawah luas serta jajaran gunung di sekitarnya pun tertata begitu rapi membentuk harmoni lukisan alam yang mengagumkan.

Berada pada ketinggian 1.670 mdpl, membuat panoramanya menampilkan pemandangan yang seolah-olah membuatmu berada di negeri atas awan. Menjadikannya sebagai latar poto, dijamin kamu akan dapat banyak jempol di sosial media.

10. Gunung Selong

Foto By @evelina___

Bukit di Pusuk Sembalun ini juga mempunyai banyak daya tarik yang sayang kalau dilewatkan begitu saja. Keindahan panorama alamnya lewat lanskap Rinjani dan bentangan sawah berwarna berbeda-beda dijamin akan membuatmu jatuh cinta.

Selain untuk dinikmati, pesona lukisan alam gunung selong ini juga selalu dijadikan latar foto oleh para turis-turis. Kamu pun mampu memasang tenda disana kalau ingin menikmati lanskap panoramanya lebih lama.

Itu dia 10 gunung di Lombok dengan seluruh pesona keindahannya. Sudah punya daftar mana yang ingin dikunjungi?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni