10 Gunung Di Maluku Yang Terkenal Bagi Para Pendaki

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67554″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Pesona alam Indonesia tidak hanya berhenti di Lombok dan Bali saja. Masih ada banyak lagi mutiara tersembunyi yang mungkin belum diketahui, salah satu contohnya adalah Kepulauan Maluku.

Kepulauan Maluku yakni salah satu provinsi di Indonesia yang cukup populer di dunia Internasional dan dikenal dengan nama “Moluccas”. Menurut catatan sejarah, daerah tersebut merupakan daerah persinggahan kerajaan Timur Tengah pada zaman Firaun.

Pulau ini juga dikenal dengan rempah-rempah dan memiliki segudang pesona alam yang tak kalah indah dari Raja Ampat. Dari mulai lembah, bukit, sungai, dataran rendah sampai pantai-pantai elok mampu kamu temukan di Kepulauan Maluku tersebut.

Selain itu, Kepulauan Maluku juga memiliki sederet gunung elok yang tersebar di beberapa pulau. Tak heran jika provinsi beribukotakan Ambon ini kerap menjadi tujuan pendakian oleh para penggiat alam di Nusantara.

Lantas, apa aja sih nama-nama gunung yang ada dan populer di Maluku? Berikut daftar lengkapnya.

1. Gunung Binaiya

Foto By @theater_adventure

Puncak yang berada di Maluku Utara, tepatnya di pulau Seram ini memiliki ketinggian sekitar 3.055 meter diatas permukaan laut dan masuk sebagai salah satu daftar Seven Summits di Indonesia.

Binaiya ini masuk dalam daerah Taman Nasional Manusela. Jika ingin melaksanakan pendakian, biasanya hanya diperbolehkan hingga ketinggian 3.027 mdpl saja. Hal tersebut dikarenakan puncaknya merupakan areal konservasi.

Pendakian menuju Binaiya terbilang cukup sulit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk mendaki sampai ke puncaknya sendiri waktu sekitar 1-2 hari, jadi harus benar-benar punya fisik kuat.

2. Gunung Gamalama

Foto By @raditramadhian

Gamalama mampu dibilang sebagai sentra dari pulau Ternate dan merupakan gunung vulkanik tertinggi yang masih aktif sampai saat ini, dengan ketinggiannya ialah sekitar 1.715 meter diatas permukaan laut.

Meski termasuk acuan tipe berapi, namun beliau ditumbuhi oleh hutan lebat. Nama Gamalama sendiri diambil dari kata “Kie Gam Lamo” dimana artinya ialah negeri besar yang menjadi simbol pujian bagi penduduk Ternate.

Gamalama juga disebut-sebut sebagai salah satu spot pendakian favorit karena memiliki trek yang cukup menantang. Namun ada syarat jika ingin naik ke gunung ini, dimana jumlah pendaki dihentikan ganjil, karena mampu terkena musibah.

3. Gunung Ganapus

Foto By @agungtravel.id

Mount Ganapus ini memiliki ketinggian sekitar 658 mdpl dan terletak di Kepulauan Banda. Meski termasuk gunung api aktif, namun pemandangan alam yang ditawarkan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Ganapus ini mampu didaki selama 3 sampai 4 jam, tergantung fisik dari si pendaki. Pemandangan yang ditawarkan di sepanjang jalan sangat berbeda dengan Merapi di Jogja.

Selain menjadi habitat burung endemik yang cukup langka, Ganapus juga mempunyai kawah cantik di puncak yang mampu kau lihat dari Pulau Naira ataupun Banda Besar.

4. Gunung Dukono

Foto By @maluku_utara

Dukono tersebut terletak di Pulau Halmahera Utara dan merupakan gunung yang mempunyai beberapa kawah berapi aktif. Memiliki ketinggian mencapai 1.229 mdpl, puncak ini pernah mengalami erupsi pada tahun 1550 silam.

Sejak erupsi itu, Dukono hingga ketika ini masih sering memperlihatkan aktivitas letusan-letusan kecil. Dan pada tahun 2019 lalu, dia sempat mengeluarkan abu vulkanik setinggi 400 meter, sehingga mengakibatkan dua bandara di Maluku sempat ditutup sementara.

5. Gunung Ibu

Foto By @yandekrisna3

Selain Dukono, Halmahera juga mempunyai satu lagi berapi aktif lainnya, namanya yaitu Gunung Ibu. Tingginya sekitar 1.340 mdpl dan merupakan tipe stratovolcano.

Pada puncaknya diketahui terdapat sebuah kawah vulkanik selebar 1,2 km. Mount Ibu ini sendiri berdasarkan catatan sudah menawarkan kegiatan erupsi semenjak 15.000 tahun terakhir.

Letusan terakhir terjadi pada tahun 2019 lalu dan mengeluarkan bubuk vulkanik setinggi 800 meter. BNPB pun merekomendasikan masyarakat setempat untuk tidak melakukan kegiatan pendakian dengan radius 2 km.

6. Gunung Kie Matubu

Foto By @isdayanto_hengkeng

Kie Matubu merupakan salah satu gunung tertinggi di Maluku Utara, ketinggiannya mencapai 1.730 mdpl dan memiliki bentuk puncak yang cukup runcing.

Jika ingin mengabadikan momen diatas puncak mirip yang sedang isu terkini kini ini, Kie Matubu bisa menjadi solusi paling sempurna. Dari puncaknya, kamu bisa melihat sederet gunung di Maluku dengan begitu gampang.

Ada beberapa jalur yang mampu kau pilih untuk menuju lokasi Kie Matubu ini, salah satu pola adalah dari Gurabunga. Waktu normal sampai ke puncaknya yaitu sekitar 6-7 jam.

7. Gunung Gamkonora

Foto By @destinasipendaki

Memiliki ketinggian mencapai 1.560 meter diatas permukaan laut, Gamkonora juga masuk dalam daftar sebagai salah satu gunung api aktif tertinggi di pulau Halmahera dan menjadi tempat favorit para pendaki.

Bagi para pendaki yang belum pernah naik ke Gamkonora, ada baiknya menggunakan jasa pemandu dari masyarakat orisinil desa Ibu, Halmahera.

Estimasi waktu menuju puncaknya diperkirakan sekitar 5 sampai 6 jam. Untuk sampai ke desa Ibu, kamu mampu memakai transportasi darat.

8. Gunung Maitara

Foto By @astrellaastrella

Nah, bagi kau yang gres berguru mendaki, Maitara mampu dijadikan pilihan. Pasalnya, gunung ini hanya memiliki ketinggian sekitar 350 meter diatas permukaan bahari.

Berada diantara dua gunung terkenal, tak heran jikalau Maitara selalu dibanjiri oleh para pengunjung. Bagi para penggiat yang suka dengan acara alam bebas, tinggi rendahnya suatu puncak bukanlah masalah, sebab semuanya merupakan tantangan.

Dari puncak Maitara ini, kamu bisa menyaksikan keindahan pemandangan dari lanskap matahari terbenam dan juga hamparan rumah-rumah penduduk yang ada di kaki gunung Gamalama.

9. Gunung Karianga

Foto By @riodako_

Kalau puncak Kariangan ini letaknya berada di Tobelo, pulau Halmahera Utara. Ia juga cukup terkenal, namun tidak seperti gunung lainnya yang rutin dikunjungi.

Belum ada yang mengetahui berapa tinggi pastinya, namun berdasarkan warga sekitar lebih rendah dari Dukono dan merupakan salah satu gunung aktif. Sama seperti Gamkonora, untuk naik ke puncak Karianga juga sebaiknya memakai pemandu orisinil asal Tobelo.

Untuk menuju puncaknya sendiri diperkirakan sekitar 5 jam. Menariknya, Kariangan ini menawarkan keindahan lanskap sejumlah gunung di Halmahera kolam sebuah lukisan.

10. Gunung Kerbau

Foto By @williamsmauritz

Mount Kerbau di Pulau Moa ini merupakan salah satu dataran tinggi terpopuler di Nusantara. Terbukti, beliau telah berhasil meraih penghargaan API pada tahun 2019 kemudian dan sukses menyingkirkan 10 nominator lainnya mirip Batu Runcing di Sawahlunto.

Dinamakan demikian karena bentuknya seperti kerbau dan di sekitar hamparan padang rumput di kaki gunungnya terdapat aneka macam kawanan kerbau.

Nah, itulah 10 nama-nama gunung di provinsi Maluku yang populer dan cukup rekomendasi untuk disambangi. Selain daftar diatas, bantu-membantu masih ada sejumlah gunung api bawah maritim di sana yang juga menarik buat dikunjungi.

Jadi, dari beberapa list diatas, mana nih yang ingin kau kunjungi pertama kali?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni