10 Gunung Di Padang Yang Indah Dan Penuh Misteri

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66723″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Padang ialah salah satu kota yang ada di provinsi Sumatera Barat yang kaya akan keindahan alamnya, baik berupa danau, maritim, pulau bahkan gunung.

Untuk gunungnya saja, Padang punya sekitar 29 dan tersebar di 7 kabupaten. Beberapa diantaranya bahkan kerap dijadikan destinasi bagi para petualang yang senang mengeksplor alam bebas.

Berikut JejakPiknik sudah rangkum 10 gunung di sekitar kota Padang, dari yang masih aktif hingga non-aktif. Apa saja namanya? Yuk kita simak!

1. Gunung Marapi

Foto By @mountnesia

Pertama ada Gunung Marapi (dikenal juga dengan nama Merapi atau Berapi). Terletak di daerah administasi kabupaten Agam dan tergolong paling aktif di pulau Sumatra, sama seperti Bromo.

Marapi yang mempunyai ketinggian 2.891m ini sudah meletus sekitar 50 kali semenjak final abad 18. Kamu bisa melihat Merapi tersebut dari kota Padang panjang, Tanah Datar atau Bukitinggi.

Di sekitarannya terdapat sejumlah watu penguburan tegak yang menghadap ke Berapi tersebut, yang mana memberikan makna budaya disana.

2. Gunung Singgalang

Foto By @eksploresumaterabarat

Gunung Singgalang dengan ketinggian 2.887 meter ini sudah tidak aktif lagi. Dari bentuknya, mirip mirip Mount Merbabu yang ada di Jawa Tengah.

Mount Singgalang memiliki telaga bekas kawah di area puncaknya yang diberi nama telaga Dewi dan mempunyai tempat hutan gunung lembap dengan kandungan air cukup banyak.

Dalam pengembangan pariwisata di Padang, Singgalang ini juga dijadikan sebagai salah satu tempat wisata menarik, terutama bagi para pecinta alam. Terbukti dengan disediakannya jalur pendakian.

Memiliki jalur pendakian cukup terjal, sehingga sangat tidak disarankan bagi para pendaki pemula, hanya yang sudah professional saja. Dan bagi wanita, sebaiknya memikirkan ulang rencananya sebab ada cerita seorang pendaki perempuan pernah diperkosa disini.

3. Gunung Talamau

Foto By @nugrahiqbal

Mount Talamau atau Ophir juga termasuk yang tertinggi Padang dengan ketinggiannya yaitu 2.982 mdpl. Merujuk pada Wikipedia, gunung di kawasan Pasaman Barat ini sudah tidak aktif lagi.

Dibawah puncaknya, yaitu pada ketinggian 2.750m, terdapat 13 telaga yang namanya diambil berdasarkan dongeng legenda masyarakat di sekitar. Selain itu, Talamau juga punya penderasan setinggi 100 meter yang dikenal dengan nama curug Puti Lenggo Gani.

4. Gunung Talang

Foto By @wafi.aulia

Berikutnya ini memiliki nama lain Sulasi atau Salasi dan terletak sekitar 9 km dari kota Arosuka, Solok. Kalau dari Padang, jaraknya berkisar 40 km ke arah timur.

Salasi ini termasuk tipe aktif dan memiliki satu kawah yang diberi nama Danau Talang. Mount Sulasi pernah meletus berkali-kali sejak tahun 1883 hingga 2007.

Ada 4 kecamatan yang warganya bermukim di sekitarnya, diantaranya kec.Lembah Gumati, Gn.Talang, Lembang Jaya dan Danau Kembar dengan jumlah keseluruhan mencapai 160 ribu jiwa.

5. Gunung Tandikat

Foto By @putri_sr18

Gunung api yang bangun tegak di tempat Dataran Tinggi Minangkabau ini jaraknya sekitar 7,4 km dari tempat Padang Panjang dan di sisi selatannya berbatasan dengan Danau Maninjau.

Tandikat dikenal juga dengan nama Tandikek (bahasa Minangkabau) dan termasuk tipe stratovolcano serta memiliki 3 kawah.

Tandikat jarang sekali dijadikan tujuan pendakian lantaran hewan liar masih sering ditemui disini. Dan pula, keadaan jalannya tidak terang sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi pendaki.

Meski tidak terkenal, namun itulah yang menjadi nilai lebihnya. Masih jarang dijamah menyebabkan suasananya semakin terasa alami, sehingga tak heran kalau kerap dijadikan daerah wisata.

6. Gunung Kerinci

Foto By @panoramakerinci

Gunung satu ini juga dikenal dengan nama Gedang, Kerinchi, Berapi Kurinci, Puncak Indrapura atau Korinci dan termasuk salah satu puncak tertinggi di Indonesia, diluar dari Papua.

Meski terletak di jalur Bukit Barisan, provinsi Jambi namun masih berada erat dengan pantai barat dan hanya berjarak 130 km dari sebelah selatan kota Padang.

Selain sebagai habitat warak dan harimau Sumatra, juga dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat. Keindahannya pun membentang luas sampai ke Bengkulu.

Berada pada ketinggian 3.805 membuatnya menjadi spot sempurna untuk memandang keindahan Samudera Hindia dengan jelas. Kerinci sendiri termasuk tipe stratovulcano yang masih aktif.

7. Gunung Pasaman

Foto By @generasi_pasaman

Seperti namanya, gunung di sebelah Tamalau mountain ini terletak di kawasan Pasaman Barat dan termasuk tipe tidak aktif.

Mount Pasaman juga dikenal dengan sebutan Puncak Rajo Imbang Langik, yang diambil dari nama seorang raja yang pernah berkuasa di kawasan kawasan tersebut pada zaman dahulu.

Meski pengolahannya tidak semaksimal mungkin, namun Mount Pasaman dan Tamalau sudah usang dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

8. Gunung Mande Rabiah

Foto By @satrio.chan

Mande Rabiah ini juga termasuk salah satu gunung yang letaknya berada di pesisir selatan Sumatera Barat dan memiliki ketinggian 2430 mdpl.

Selain mempunyai pemandangan indah, Mande Rabiah juga menjadi tujuan para pendaki professional. Namun jikalau ingin mendaki, ada baiknya memakai jasa guide semoga tidak tersesat.

9. Gunung Tambin

Foto By @rizwan_dy

Berdiri tegak dengan ketinggian 2271 mdpl dan terletak di kabupaten Pasaman, Mount Tambin juga menjadi salah satu destinasi wisata di Padang.

Jika mempunyai dana lebih, kau mampu mendaki Tambin ini, entah itu untuk sekedar menikmati keindahan alamnya atau berpetualang menyalurkan hobi trekking-mu.

10. Gunung Kelabu

Foto By @rozaselvia93

Kemudian ada juga gunung Kelabu yang terkenal penuh dengan misteri. Menurut informasi yang beredar, baru-gres ini ada pendaki yang hilang disini dan hingga sekarang masih belum ditemukan.

Selain daftar diatas, sebetulnya masih ada banyak lagi gunung di sekitar kota Padang yang beberapa diantaranya bahkan belum dieksplore.

Jika kamu ketik di pencarian google ihwal “ gunung di Padang” mungkin akan ada banyak info berbeda-beda yang muncul dan kebanyakan ihwal situs pra-sejarah peninggalan peradaban kebudayaan meghalitikum di Cianjur.

Ya, di Cianjur juga ada satu situs penemuan bernama Gunung Padang yang menjadi bukti peninggalan budaya megalitikum pada zaman dulu dan dianggap penuh misteri menurut mata paranormal karena ada makam kuno serta sering terjadi penampakan.

Luasnya diperkirakan 10 kali lebih luas dari candi Borobudur. Selain penuh misteri, juga diyakini menyimpan harta karun. Bahkan saking sempat heboh, seorang penulis menuangkan ide kreatifnya dalam sebuah buku bertajuk “ Mimpi Emas Di Gunung Padang”.

Sejak terkenal dengan misteri piramida banyak wisatawan tertarik mengunjungi gunung yang diinggali seekor naga bernama Nagawiru ini. Saat menjenjakinya, kamu akan menemukan jejaring peternak China dan banyak penginapan di sekitarnya.

Gunung ini bahkan digadang-gadang sebagai situs tertua di bumi yang berhasil mengubah sejarah di dunia. Dalam pengembangan pariwisata situs meghalitikum, Komunitas kreatif pun turut mengambil peran.

Selain perihal situs inovasi, akan muncul juga artikel dengan tulisan rumah kontrakan di daerah gunung Pangilun atau keindahan padang pasir di dunia. Kamu tinggal pilih saja ulasan mana yang berkaitan dengan pencarianmu.

Demikianlah berita seputar gunung di Padang, Sumatera Barat. Semoga bermanfaat dan jangan lewatkan untuk membaca artikel terbaru lainnya dari JejakPiknik ya!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni