10 Gunung Di Sekitar Jakarta, Buat Kau Yang Hobi Mendaki

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66996″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Long weekend selalu menjadi dambaan setiap orang, terutama para pekerja di kota besar mirip di ibukota. Tak melulu harus nongkrong di kafetaria, tamat pekan juga dapat dimanfaatkan dengan refreshing ke gunung.

Kamu tak perlu mencari lokasi yang jauh dan butuh waktu lama, sebab di dekat kota Jakarta juga ada sejumlah wisata gunung yang mampu disinggahi baik untuk menyalurkan hobi mendaki ataupun sekedar refreshing menikmati pemandangan indahnya.

Bukan cuma memberikan pemandangan indah, lokasi wisata gunung di sekitar Jakarta ini juga menyimpan banyak bonus, seperti goa langka sampai hamparan luas danau.

Jika kamu cari di google, mungkin akan ada berbagai postingan terkait kata “gunung di Jakarta” seperti hotel dan penginapan di sekitar jl.Gunung Sahari Raya, nama toko peralatan yang jual beli atau sewa sepeda murah di Jakarta Selatan maupun Kemayoran, Jkt.Utara.

Lalu ada juga ihwal money changer Duta Gunung Kawi, toko kimia, official Agung Shop, agen bus pool Gunung Harta, Spa, reparasi tas, tukang gigi, pusat penyewaan, penjualan celana, rumah, perusahaan Gunung Antang, bengkel kendaraan beroda empat, hotel Capital.

Kemudian perihal bus Gunung Harta Kediri, Agen bus PO Mulia menuju Solo, Madura atau Madiun, restoran Gunung Mas di Jakarta Timur, tempat merakit sepeda, spot makan es krim, dll. Namun bukan itu yang akan kita bahas, melainkan objek wisata pegunungan.

Daripada ingin tau, berikut JejakPiknik sajikan 10 daftar gunung di sekitar kota Jakarta yang mampu kamu datangi ketika long weekend ini, siapa tahu kangen mendaki juga kan!

1. Gunung Pancar

Foto By @dekorasi_vintage

Gunung Pancar ialah salah satu pesona wisata di wilayah kota Bogor, Provinsi Jawa Barat yang bisa memanjakan mata setiap pengunjungnya lewat suasana dan nuansanya.

Saat weekend tiba, tak sedikit warga Jakarta yang datang mengunjunginya, bahkan wisatawan mancanegara pun tergoda meliriknya. Kira-kira apa sih daya tariknya?

Salah satu daya magisnya yang cukup menarik adalah pesona pemandian hangatnya dan wisata alamnya. Memiliki ketinggian sekitar 800 mdpl, membuat para komunitas pendaki tertarik menjadikannya sebagai kawasan untuk menyalurkan hobinya.

2. Gunung Salak

Foto By @salakmountain

Salah satu gunung berapi yang sangat terkenal di provinsi Jawa Barat dan selalu menjadi destinasi utama para pendaki dari DKI Jakarta ialah Mount Salak.

Nama Mount Salak cukup terkenal sebab memiliki trek daki cukup ekstrim, yang mana curam, terjal dan berlumut, sehingga menjadi tantagan tersendiri. Tapi soal keindahan, kau akan terkagum-kagum dibentuk hamparan hutan tropisnya yang begitu sejuk.

Merujuk pada Wikipedia, Mount Salak pernah meletus beberapa kali sejak tahun 1668 dan mempunyai sejumlah kawah aktif di bagian puncaknya.

3. Gunung Karang

Foto By @makymujahid

Kalau kamu mencari gunung tertinggi di sekitar Jabodetabek, maka Mount Karang di tempat Pandeglang, Banten adalah jawabannya. Pasalnya, spot ini mempunyai ketinggian mencapai 1.778 meter diatas permukaan bahari.

Selain menjadi tertinggi, Mount Karang juga kerap dijadikan sebagai tempat berwisata ziarah. Jika dari arah ibukota, kau bisa naik bus dari Kampung Rambutan di Ciracas, Jakarta Timur.

4. Gunung Gede Pangrango

Foto By @adityasuryap33

Buat yang niat mendaki, Gede Pangrango juga mampu dijadikan destinasi. Dikenal dengan kekayaaan alam tumbuhan dan fauna langka, gunung ini terbentang luas meliputi 3 wilayah kabupaten yakni Bogor, Cianjur serta Sukabumi.

Meski sering terjadi penampakan, namun pesonanya tak kalah indah dari gunung kembar Arjuno-Welirang. Jalan-jalan ke Gede Pangrango, singgahkan barang sebentar ke Lembah Mandalawangi dan Suryakencanaya ya, kawasan dimana bunga-bunga Edelweis tumbuh.

Dari Ibukota, kamu mampu berangkat naik bus dari terminal Kampung Rambutan tujuan kota Bogor. Setiba di Baranangsiang, tinggal pilih rute mana yang ingin dilalui, apa Cibodas atau Gunung Putri.

5. Gunung Munara

Foto By @riougen

Memiliki ketinggian sekitar 1119 mdpl, Mount Munara memiliki sejumlah spot yang menarik untuk ditelusuri. Selain memperlihatkan puncaknya, kau juga mampu mengunjungi ke beberapa goa-nya, salah satunya Gua Soekarno.

Kenapa diberi nama Gua Soekarno, karena disinilah toko proklamasi Indonesia tersebut melaksanakan semedi. Jika belum puas, kamu pun mampu foto-foto di bebatuan yang view-nya menghadap pribadi ke hamparan hutan tropis.

6. Gunung Batu

Foto By @kholilsubagja

Jangan pernah memandang sebelah mata daerah Jonggol di kota Bogor. Sebab disana kau mampu merasakan sensasi traveling ala Selandia Baru mirip setting film The Hobbit. Mau bukti? Datang aja ke Gunung Batu.

Sepanjang jalan menuju lokasi, akan terlihat sungai-sungai besar, hamparan sawah serta gugusan bukit-bukit hijau. Spot ini juga sangat ramah dengan para pendaki pemula, dalam waktu 45 menit sudah mampu mencapai puncaknya.

Jika berangkat dari Jabodetabek, ada 2 terusan yang bisa dilalui. Pertama melalui jalur Cibubur dan rute kedua lewat Cibinong.

7. Gunung Kapur

Foto By @bogorkotahijau

Letaknya berada di desa Cibadak, kota Bogor. Dari Jakarta, usang perjalanan cukup 2 jam saja. Soal keindahan, Mount Kapur tidak perlu diragukan lagi.

Terdiri dari bebatuan kapur yang tersusun sebab siklus alam menciptakan kamu bisa menikmati kesegaran udaranya sambil memandang keindahan kota Bogor. Kalau belum puas, Goa AC yang berjarak sekitar 30 menit dari lokasi juga bisa ditelusuri.

8. Gunung Sanggabuana

Foto By @ridha_ramadhan94

Meski terletak di 4 wilayah kabupaten ialah Purwakarta, Cianjur, Bogor dan Karawang, namun belum banyak wisatawan yang tahu soal keberadaan Mount Sanggabuana ini, terlebih posisinya diapit beberapa bukit.

Tiba disana, dijamin kau niscaya tidak ingin pulang. Karena disekitar daerah tersebut terdapat Curug Cigentis yang tak hanya indah tapi juga memperlihatkan sensasi air cuek.

Memiliki ketinggian 1.292 mdpl, Sanggabuana juga menyuguhkan hamparan hutan tropis yang cocok buat sekedar bersantai.

9. Gunung Lembu

Foto By @ganjarviboy

Ingin menikmati udara segar dengan view pemandangan waduk Jatiluhur? Cobalah tiba ke Mount Lembu di tempat Sukatani, Purwakarta. Dari Jakarta, jaraknya hanya 3 jam saja.

Soal trek memang sedikit agak sulit, alasannya didominasi dengan tanah merah serta formasi pohon bambu. Namun kalau fisik kamu sudah fit, Mount Lembu worth it banget lho untuk didaki.

10. Gunung Bongkok

Mount Bongkok juga termasuk salah satu wisata pegunungan terdekat dari Jakarta dan sangat direkomendasikan buat kau para pendaki pemula.

Untuk naik ke puncak hanya diperlukan waktu sekitar 2 jam saja. Jika dari Jakarta, sangat disarankan berangkat pagi hari sebab angkutan dari daerah Plered menuju Cikandang cukup sulit ditemui saat sore hari.

Nah, buat kamu yang berniat mengunjungi salah satu daftar wisata diatas, jangan lupa untuk membawa alat serta perlengkapan untuk mendaki ya seperti buku panduan dan ingat, gunakan alas kaki yang nyaman, mampu sepatu ataupun sandal merk Eiger atau Teva.

Selain daftar diatas, bantu-membantu masih ada banyak lagi gunung terdekat dari Jakarta yg mampu dikunjungi untuk melepas kejenuhan mirip Krakatau dan lain sebagainya.

Makara, long weekend ini sudah tahu mau pergi kemana?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni