10 Gunung Di Sekitar Semarang Yang Diburu Penggila Hiking

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67104″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Untuk mengisi waktu kosong di final pekan, tentunya kau membutuhkan kegiatan seru guna menghilangkan kejenuhan. Salah satu kegiatan yang mampu dilakukan ialah mendaki gunung atau hiking.

Kegiatan mendaki sekarang semakin mendapat tempat bagi kalangan anak muda sejak film 5cm mulai booming di awal tahun 2013 kemudian. Dan dari situlah popularitas acara naik gunung makin meningkat.

Berbicara tentang wisata pegunungan, sejumlah gunung yg ada di sekitar kota Semarang juga mampu kau jadikan sebagai tujuan hiking ataupun daerah sekedar melepas penat.

Saat mencari mungkin akan ada banyak muncul artikel terkait kata kunci seperti nama hotel, toko buku, jasa sewa atau jual beli sepeda polygon harga murah, biaya persalinan dan melahirkan di Rumah Sakit (RS) Gunung Sawo.

Lalu ada juga tentang apartemen yang dijual, BPR Gunung Rizki sampai sepatu gunung perempuan. Namun bukan itu yang akan kita bahas, melainkan mengenai obyek wisata pegunungan di kota Semarang.

Lantas, apa saja gunung terkenal di sekitar kota Semarang yang menarik buat dikunjungi? Tanpa basa-bau lagi, eksklusif aja yuk kita simak ulasan dibawah ini!

1. Gunung Ungaran

Foto By @haafidz13

Salah satu yang mampu dituju sebagai daerah pendakian di Semarang adalah Mount Ungaran. Ini adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah dan menjadi spot favorit para pendaki.

Ketinggiannya sekitar 2.050 meter diatas permukaan maritim. Meski mempunyai medan yang cukup ekstrim dan juga licin, namun Ungaran tetap ramah bagi para pendaki pemula.

Jadi buat yang ingin mendaki ke Ungaran, biar tidak terjadi kecelakaan, disarankan untuk berhati-hati. Pakailah sepatu anti slip atau mampu juga sandal Eiger. Lalu bawa juga peralatan serta perlengkapan naik gunung dalam tas-mu mirip jaket dan celana.

2. Gunung Telomoyo

Foto By @makbar_r

Berada pada ketinggian 1.894 meter diatas permukaan laut, Mount Telomoyo yang letaknya tidak jauh dari Andong Mountain ini masih relatif sepi, sehingga cocok buat kau pencari ketenangan.

Telemoyo sendiri letaknya meliputi 2 wilayah kabupaten yaitu Semarang dan Magelang, Jawa Tengah. Menurut catatan, gunung api berbentuk stratovolcano ini belum pernah meletus.

Keindahannya mampu kamu lihat dari Ambarawa, Salatiga, Magelang ataupun Secang. Memiliki pemandangan yang masih asri dan alami, membuat pendakian dengan berjalan kaki terasa lebih menyenangkan dibandingkan menggunakan motor atau sepeda.

3. Gunung Sumbing

Foto By @langlangbuana._

Dengan ketinggian 3.371 mdpl, Sumbing mountain berhasil menyandang peringkat sebagai tertinggi kedua di Jawa Tengah. Letaknya sendiri meliputi 3 wilayah adalah Wonosobo, Temanggung dan Magelang.

Memiliki posisi berhadapan langsung dengan Mount Sindoro dan sama-sama menantang, membuat Sumbing mountain menjadi salah satu destinasi favorit para pendaki di kota Semarang.

Meski treknya cukup menantang, namun bentangan keindahan alamnya tiada duanya. Sayangnya, menurut berita, beberapa waktu kemudian jalur pendakian ke puncak sempat ditutup alasannya kondisi cuaca yang tidak mendukung.

4. Gunung Sindoro

Foto By @jejakdigunung

Sindoro Mountain termasuk salah satu yang cukup populer di kalangan penggiat alam bebas di Semarang dan Jawa Tengah.

Selain menjadi tertinggi ketiga di provinsi Jawa Tengah, Sindoro juga cukup populer akan keindahannya yang begitu luar biasa. Letaknya sendiri berdekatan dengan Sumbing Mountain. Tinggi serta bentuk keduanya bahkan tidak jauh berbeda.

Tak heran bila keduanya sering disebut gunung kembar. Bahkan banyak yang menyampaikan kemiripinnya sulit dibedakan. Pendakian ke Sindoro akan sangat menyenangkan karena disana terdapat sabana yang ditumbuhi bunga edelweiss.

Tak hanya itu, dibagian puncaknya kamu pun akan menemukan sebuah kawah aktif yang mengeluarkan gas sulfutara (welirang) dan asap.

5. Gunung Andong

Foto By @andongviapendem

Kamu masih gres berguru mendaki? Nah, Mount Andong mampu jadi alternatifnya. Keindahannya pun tak kalah menarik dari gunung di sekitarnya seperti Merbabu atau Merapi.

Andong mountain biasanya menjadi kawasan perburuan sunrise, tak heran jika banyak pendaki yang tiba saat dini hari. Jalur pendakiannya bisa dibilang cukup ramah dan sudah ada banyak petunjuk arah, jadi kau tidak akan tersesat.

Andong Mountain mempunyai 4 puncak yang membentang dari barat hingga ke timur. Kelebihan dari obyek satu ini ialah kau bisa berselancar ria di social media hingga sepuasnya, alasannya adalah signal internet disini sangat kencang. Nah, makin seru kan?

6. Gunung Merbabu

Foto By @sofiaturohmah08

Gunung berapi bertipe strato ini secara administratif mencakup dalam 3 wilayah kabupaten adalah Magelang, Boyalali dan juga Semarang. Merbabu juga cukup terkenal sebagai kawasan kegiatan pendakian.

Treknya tidak terlalu berat, namun kabut tebal, udara cuek, hutan lebat serta ketiadaan sumber air menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki. Namun begitu, Merbabu mountain menyimpan banyak pesona alam yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Ada banyak rute yang mampu kau pilih untuk sampai ke lokasi Merbabu ini, diantaranya adalah dari jalur Kopeng Thekelan, Wekas, Kopeng Chuntel, Selo dan Suwanting,

7. Gunung Merapi

Foto By @khisarazor

Gunung berapi teraktif di Indonesia ini ketinggiannya mencapai 2.930 mdpl dan terletak dalam 4 wilayah kabupaten yakni Yogyakarta, Magelang, Boyolali serta Klaten.

Meski tercatat berbahaya dan sering mengalami erupsi, namun tak sedikit para penggiat alam yang tertarik mengunjunginya sebab alamnya yang mempesona, bahkan para pendaki asal Semarang pun tergoda menjejakinya.

Untuk menuju lokasi, ada beberapa jalur pilihan yang mampu dijadikan alternatif, pertama melalui desa Selo, Boyolali dan kedua melewati Kaliurang, Yogyakarta.

8. Gunung Prau

Foto By @novemlawalata

Buat para pemula yang baru berguru mendaki, Prau Mountain sangat rekomendasi untuk didaki. Ketinggiannya yakni sekitar 2.565 mdpl dan letaknya berada di perbatasan antara Wonosobo serta Kendal.

Untuk menuju puncak, diperlukan waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Berbagai keindahan alam yang begitu memukau siap memanjakan matamu dikala datang diatas gunung Prau, dari mulai Savana Bukit Teletubies hingga panorama indah bukit Dieng.

9. Gunung Lawu

Foto By @catatanflashpacker

Menurut tradisi orang Jawa, gunung Lawu bukan hanya sekedar fenomena vulkanik saja namun juga merupakan situs yang menjadi bagian dari ritual kehidupan serta sumber energi spiritual. Mereka bahkan menganggapnya sebagai simbol kecerdikan.

Menjulang ke langit dengan ketinggian mencapai 3.265 mdpl, Lawu menduduki 3 wilayah kabupaten yakni Ngawi, Magetan dan Karanganyar. Karena bukan tipe gunung aktif, membuatnya sangat nyaman untuk dijadikan sebagai destinasi wisata.

10. Gunung Kelir

Foto By @pesonagunungkelir_wng

Menikmati keindahan panorama obyek wisata Rawa Pening, ternyata bisa darimana saja, salah satunya dari puncak Gunung Kelir di dusun Gertas, Brongkol, Kec. Jambu, Kab.Semarang.

Meski tidak sepopuler nama Tangkuban Perahu atau Mount Agung, namun dari atas ketinggian Kelir ini kamu akan disuguhi pemandangan indah danau Rawa Pening. Banyak anak muda Semarang bahagia berburu foto-foto instagenic disini.

Nah, menarik semua kan? Dari daftar diatas, mana sih yang sudah pernah kau kunjungi?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni