10 Gunung Di Sulawesi Yang Punya Medan Cukup Menantang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67749″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Sama mirip Jawa dan Sumatera, Pulau Sulawesi juga menyimpan berbagai destinasi wisata menarik yang siap bikin wisatawan jatuh hati. Pesona keindahan yang disuguhkan masing-masing tempatnya benar-benar memanjakan mata.

Bukan hanya berkutat pada sederet pantai, bukit, lembah, sungai dan dataran rendah saja, Sulawesi juga memiliki objek wisata alam lainnya yang menarik buat disambangi, yaitu gunung.

Jenis kawasan wisata satu ini biasanya cukup terkenal di kalangan pendaki, alasannya keindahannya sangat menawan dan jalur pendakiannya pun beragam, ada yang menantang atau biasa saja.

Nah, makin ingin tau kan apa saja daftar gunung di pulau Sulawesi yang menantang untuk ditaklukin? Makanya, baca terus artikel ini sampai habis ya!

1. Gunung Soputan

Foto By @volcanian_oficial

Spot yang sekilas terlihat mirip merapi ini terletak di kawasan Tombatu, Minahasa Tenggara, provinsi Sulawesi Utara. Ia memiliki ketinggian sekitar 1.784 meter diatas permukaan laut.

Soputan juga termasuk salah satu berapi aktif di Pulau Sulawesi. Merujuk pada catatan Wikipedia, beliau sering erupsi dan hampir meletus setiap tahunnya namun dengan intensitas cukup kecil, sama mirip Anak Krakatau.

Spot yang letaknya berdekatan dengan Lokon Mountain ini juga populer alasannya memiliki kisah mistis. Untuk menuju puncaknya, terdapat beberapa jalur pendakian alternatif.

Tak hanya memiliki pemandangan indah, untuk menuju area puncaknya kau pun bisa memakai motor trail bersama dengan team adventure Mount Soputan.

2. Gunung Klabat

Foto By @eunik__

Buat kamu yang ngaku sebagai anak pecinta alam bebas, Mount Klabat di Pulau Sulawesi ini juga layak buat disambangi. Ia juga dikenal dengan nama gunung Tamporook oleh masyarakat Minahasa Utara.

Klabat sendiri memiliki ketinggian 2.100 meter diatas permukaan maritim dan merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Sulawesi. Nama spot tersebut diambil dari bahasa Minahasa adalah “Kalawat” yang artinya adalah satwa lokal.

Klabat termasuk gunung api yang sudah tidak aktif. Ia populer alasannya adalah mempunyai trek pendakian cukup menantang. Ditambah lagi panoramanya begitu indah, dengan pemandangan kota Manado dan pantai di sekelilingnya.

3. Gunung Latimojong

Foto By @waaaahid14

Puncak tertinggi di provinsi Sulawesi Selatan bernama Latimojong ini masuk sebagai salah satu daftar Summits of Indonesia. Walau populer begitu menyeramkan, namun tak sedikit pendaki yang tertantang untuk menelusurinya.

Puncak Latimojong sendiri berada pada ketinggian 3.478 meter diatas permukaan bahari dan area puncaknya dikenal dengan nama Rantemario. Memiliki tinggi diatas 3.000 membuatnya masuk menduduki gunung tertinggi urutan ke-5 di Indonesia.

Untuk menuju puncaknya, terdapat 3 jalur pilihan yakni Enrekang, Luwu dan Tana Toraja. Tak perlu bingung mencari mana trek yang ingin dilalui, karena semuanya menyuguhkan keindahan pemandangan dusun-dusun dari ketinggian.

4. Gunung Nona

Foto By @ekambingtangguh

Puncak Nona di daerah Enrekang ini berdasarkan para wisatawan termasuk salah satu objek unik. Pasalnya, gundukan-gundukan tanahnya bentuknya menyerupai kelamin wanita dan itulah alasan kenapa beliau diberi nama demikian.

Selain gunung Nona, masyarakat sekitar juga menyebutnya dengan sebutan Buttu Kabobong. Kenampakan pemandangan spot satu ini pun tak kalah indah. Hanya saja untuk menuju lokasi diperlukan waktu cukup usang, sekitar 6 jam kalau dari kota Makassar.

Udara di sekitar Mount Nona ini pun cenderung dingin. Namun tak perlu khawatir, alasannya adalah kau bisa menghangatkan badanmu dengan secangkir kopi di warung-warung yang ada di Enrekang sembari menikmati pemandangan gunung manis tersebut.

5. Gunung Mekongga

Foto By @aracelly88

Mekongga mountain ini yakni puncak tertinggi di provinsi Sulawesi Tenggara dengan ketinggian yaitu sekitar 2.790 meter diatas permukaan maritim.

Mekongga terletak diantara perbatasan Kolaka dan Kolaka Utara. Spot tersebut mempunyai puncak berupa batu-batuan karst. Untuk pendakiannya, terdapat sebanyak 8 pos.

Trek menuju puncak Mekongga terbilang cukup ekstrim alasannya adalah di sepanjang perjalanan, kamu akan menemui berbagai pacet (sejenis lintah) yang bisa kapan saja menempel di tubuhmu dan menghisap darahmu.

Nama Mekongga sendiri diambil dari cerita rakyat setempat yang mana mengisahkan tentang pertarungan seorang kesatria dengan seekor burung elang. Dan konon katanya, spot tersebut pada zaman dahulu dihuni oleh kongga, yaitu burung raksasa.

6. Gunung Gawalise

Foto By @andilalang_

Objek satu ini letaknya berada di sisi barat kota Palu, provinsi Sulawesi Tengah. Ia memiliki ketinggian kurang lebih 2.023 meter diatas permukaan maritim.

Sama mirip Mekongga, Gawalise juga mempunyai jalur yang cukup ekstrim. Meski begitu, ia menjadi salah satu spot pendakian favorit sebab jaraknya erat dengan kota Palu, tak heran kalau simpulan pekan tiba akan ada banyak pengunjung tiba kesini.

Gawalise didiami oleh suku Kaili Da’a. Dari puncaknya beliau menyuguhkan pemandangan eksotik dari lembah Palu. Bagaimana, tertarik mengunjunginya?

7. Gunung Sojol

Foto By @pecintaalam.sulteng

Berdasarkan data yg dihimpun, Sojol yakni puncak tertinggi di provinsi Sulawesi Tengah. Dari kota Parigi, jaraknya hanya sekitar 110 kilometer menuju arah utara.

Ini juga merupakan salah satu spot favorit para pendaki. Sojol sendiri memiliki cagar alam yang kerap dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar kota. Dikutip dari Wikipedia, puncaknya berada pada ketinggian 3.226 meter diatas permukaan bahari.

Selain kaya akan aneka tanaman dan fauna, kenampakan alam Sojol juga begitu mempesona, kamu mampu melihat keindahannya lewat video-video di youtube.

Untuk mencapai kawasan ini, mampu ditempuh dengan memakai kendaraan roda dua ataupun roda empat dari kota Palu sejauh kurang lebih 200 km. Sementara bila ingin masuk ke cagar alamnya, kau harus berjalan kaki selama kurang lebih 3 jam.

8. Gunung Gandang Dewata

Foto By @instamamasa

Gandang Dewata pada mulanya merupakan daratan rendah. Hal ini mampu dibuktikan lewat batu besar berbentuk bahtera yang konon katanya itu adalah milik puteri raja yang kandas di puncak gunung tersebut.

Namun kini, siapa sangka Gandang Dewata bermetamorfosis salah satu gunung tertinggi di provinsi Sulawesi Barat. Dan uniknya, disini kau masih bisa melihat sisa-sisa lautan.

Sama seperti puncak lainnya, Gandang Dewata juga diselimuti dengan mitos-mitos dimana jika seseorang masuk ke hutannya entah untuk tujuan apa, lalu terdengar suara gendang dari arah puncak, maka berarti orang tersebut telah meninggal.

9. Gunung Bawakaraeng

Foto By @pendakiindonesia.idn

Nama Bawakaraeng memang tidak sepopuler Soputan Mountain yang kerap masuk dalam soal-soal TTS. Namun, itu bukan berarti dia tidak layak untuk didaki, justru ini menjadi salah satu spot pendakian favorit di Sulawesi Selatan.

Lokasi dari Bawakaraeng sendiri terletak di Lembanna, kabupaten Gowa, lebih tepatnya di daerah Hutan Malinon. Kamu bisa mencapainya dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dari kota Makassar dengan menggunakan kendaraan roda empat.

10. Gunung Lompobattang

Foto By @pendaki__sulawesi

Terletak di kabupaten Bantaeng, Lompobattang ini lokasinya berdekatan dengan Mount Bawakareang. Ia cukup terkenal alasannya memiliki suhu sekitar 17-25 derajat celcius.

Lompobattang bertipe stratovolcano ini juga merupakan salah satu spot pendakian favorit. Untuk menuju puncaknya, kamu bisa memulai titik awalnya dari dusun Lembang Bune, Cikoro, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Selain mempunyai pemandangan indah, Lompobattang juga menjadi sasaran untuk melakukan ibadah haji oleh para penganut singkritisme ketika bulan Zulhijah datang.

Nah, itulah beberapa daftar gunung di Sulawesi dengan medan yang cukup menantang. Jadi, dari nama-nama yang di sebutkan di atas, mana nih paling menarik hati untuk ditaklukin?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni