10 Gunung Eksotis Di Sumatera Barat Yang Cocok Buat Spot Pendakian

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67498″
data-slug=””>

5
/
5
(
3

votes

)

Akhir-final ini, kegiatan mendaki sepertinya cukup nge-ekspresi dominan. Dalam beberapa bulan terakhir, di instagram juga banyak anak-anak muda yang posting foto lagi di gunung.

Nah, bila kamu termasuk salah satu yang suka banget sama aktivitas hiking? Mendaki ke sejumlah gunung di Sumatera Barat bisa nih dijadikan alternatif. Selain puncaknya mampu memacu adrenalin, keindahan di sepanjang jalannya juga begitu memukau.

Provinsi yang beribukotakan Padang ini bukan hanya populer karena rendangnya yang fenomenal, tapi juga memiliki sederet potensi wisata alam menarik, salah satu misalnya ialah gunung.

Buat kamu yang ingin melakukan pendakian di sekitar daerah Sumbar, beberapa daftar gunung di Sumatera Barat berikut mampu dijadikan pilihan. Kira-kira apa aja namanya? Yuk disimak!

1. Gunung Marapi

Foto By @pendakisumut_id

Jangan sampai salah sebut nama ya, gunung Marapi di Sumatera Barat ini pakai karakter “a”, beda dengan Merapi yang ada di Jogja. Spot tersebut memiliki ketinggian sekitar 2.891 meter diatas permukaan bahari dan letaknya berada di erat Singgalang Mountain.

Marapi ini sudah lama menjadi objek wisata dan termasuk salah satu spot favorit para pendaki ataupun pecinta alam. Yang datang kesini bukan hanya warga Sumbar saja, tapi juga turis-turis dari luar negeri.

Di puncak tertinggi di Sumbar ini terdapat sebuah kawah dan pemandangannya pun begitu luar biasa indahnya. Kamu bisa melihat keindahan kampung Tanah Minang dari ketinggian.

2. Gunung Singgalang

Foto By @sumbar_travelers

Puncak yang bersebelahan dengan Marapi ini sudah tidak asing lagi kan? Pasalnya, beliau juga kerap menjadi tanggapan soal TTS.

Singgalang sendiri memiliki ketinggian 2.887 dan diharapkan waktu sekitar 6 jam untuk bisa mencapai puncaknya. Soal jalur pendakiannya, ada 3 rute alternatif mampu kau lalui yakni melalui Toboh, Balingka serta Kota Baru.

Hal menarik dari Singgalang ini ialah tempat cadasnya. Kalau beruntung kau mampu melihat pribadi pemandangan indah Bukittinggi dan kota Padangpanjang. Selain itu, terdapat juga Telaga Dewi yang menjadi daya tarik tersendiri bagi gunung tersebut.

3. Gunung Talang

Foto By @srikurniaagusman

Meski tidak setinggi Singgalang atau Marapi, tapi pesona Mount Talang yang ada di Solok ini tak kalah menarik lho, apalagi buat kau para penggiat alam.

Dengan ketinggian 2.597 mdpl, kamu tidak hanya mampu menyaksikan keindahan “negeri diatas awan” tapi juga beberapa buah danau sekaligus yang terletak di bawah kaki gunung serta hamparan kebun teh yang menyejukkan.

Berbeda dengan Singgalang, Talang ini memiliki hutan eksotis akibat meletus tahun 2007 lalu serta jalur pendakian yang sangat menantang. Supaya tidak tersesat, kau mampu memakai jasa guide warga setempat.

4. Gunung Tandikek

Foto By @dioputra011

Tandikek mountain yang terletak di kota Padangpanjang ini termasuk salah satu gunung api di Sumatera Barat. Posisinya cukup strategis, terbentang dari selatan dan di bagian utaranya menyentuh 2 danau sekaligus ialah Singgalang serta Maninjau.

Tandikek atau kerap juga disebut Tandikat merupakan gunung bertipe stratovolcano yang memiliki ketinggian 2.438 mdpl. Lebatnya hutan alaminya, menciptakan banyak pendaki tertarik menjelajahi area spot satu ini.

Sama seperti beberapa spot sebelumnya, Tandikek juga punya pesona tersendiri. Dimana pada puncaknya terdapat sebuah kawah besar yang sudah tidak aktif lagi. Untuk menuju lokasi, jalur pendakian bisa dimulai dari Singgalang Gantiang.

5. Gunung Talamau

Foto By @rexilazuardiart

Talamau menjadi salah satu bukti kekayaan pesona alam Sumatera Barat. Tak heran jikalau beliau menjadi spot yang sering diburu oleh para wisatawan dikala hari libur datang, terutama mereka para penggila acara hiking.

Secara manajemen, Talamau atau kerap disebut Ofir (gunung emas) ini terletak di desa Pinaga, kec.Pinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar. Sama mirip spot sebelumnya, beliau juga punya beberapa kawasan menarik yang sayang jikalau tidak ditelusuri.

Selain jeram, Talamau juga disebut sebagai gudangnya telaga dan terdapat sebuah kubah masjid pada bagian puncaknya. Momen matahari terbenam juga menjadi hal paling dinanti-nantikan disini.

6. Gunung Kerinci

Foto By @mountainkerinci

Gunung yang terletak di antara perbatasan Sumatera Barat dengan Jambi ini punya banyak nama lain seperti Mount Gadang, Kurinci, Berapi, Korinci dan Puncak Indrapura.

Memiliki ketinggian mencapai 3.805, membuat Kerinci menjadi gunung berapi tertinggi di tempat Asia Tenggara. Pada tahun 2004, beliau bahkan ditetapkan sebagai tempat Asean Heritage Site dan World Heritage Site UNESCO.

Di Kerinci ini pun terdapat danau Gunung Tujuh yang berada pada ketinggian 1.996 mdpl dan telah dinobatkan sebagai danau vulkanik tertinggi di tempat Asia Tenggara.

7. Gunung Kulabu

Foto By [email protected]

Kulabu ini terletak di perbatasan Sumatera Barat dan Sumatra Utara, tepatnya di kecaman Dua Koto, Kab.Pasaman. Ketinggiannya sekitar 2.179 mdpl atau setara dengan 7.149 kaki diatas permukaan bahari.

Dataran tinggi satu ini memang belum begitu terekspos, karena minimnya aktivitas pendakian disana, padahal keindahannya sebenarnya tidak kalah menakjubkan jikalau dibanding dengan gunung Api Raksasa yang ditemukan di Perairan Barat Sumatra Palung Sunda.

Konon katanya, Kulabu juga mengandung potensi emas yang berlimpah, sehingga tak heran semenjak zaman dulu, ini menjadi rebutan bagi para pengusaha tambang.

8. Gunung Sago

Foto By @abuzhamer

Mount Sago merupakan salah satu spot favorit para pendaki yang kini tengah terkenal. Letaknya berada di kabupaten Lima puluh, Sumatera Barat dan keindahannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Selain karena keasriannya, Sago juga mempunyai jalur pendakian yang cukup gampang untuk dilalui dan hal tersebut menjadi alasan kuat mengapa banyak wisatawan bahagia mengunjunginya.

9. Gunung Mande Rabiah

Foto By @satrio.chan

Tidak banyak yang tahu perihal Mount Mande Rabiah di provinsi Sumatera Barat ini. Padahal pemandangan alamnya begitu asri dan masih sangat alami.

Karena belum terjamah dan masih jarang ada kegiatan pendakian, menciptakan jalur trekking-nya tidak begitu jelas, jadi diperlukan jasa guide jika ingin menelusurinya.

Mande Rabiah ini sendiri terletak di daerah pesisir Sumatera Barat dan mempunyai ketinggian sekitar 2.430 meter diatas permukaan laut.

10. Gunung Tambin

Foto By @rizwan_dy

Tidak jauh dari Tamalau, puncak berketinggian 2.271 mdpl (setara dengan 7.451 kaki) berjulukan Mount Tambin ini juga berlokasi di kawasan Pasaman. Ia merupakan gunung tertinggi ke-7 di provinsi Sumatera Barat.

Pemandangan alam dari puncak Tambin ini juga tak kalah mempesona. Kamu pun mampu menjadikannya sebagai salah satu spot pendakian alternatif dikala ingin menelusuri gunung di tempat Sumbar.

Demikian gosip seputar gunung di Sumatera Barat, semoga mampu membantu kamu yg punya planning mendaki dalam waktu dekat ini dan ingat selalu untuk menjaga kelestarian alam di sekitar ya, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Ok, Salam JejakPiknik!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni