10 Gunung Favorit Para Pendaki Di Sulawesi Selatan

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66896″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Provinsi Sulawesi Selatan menyimpan banyak sekali daerah wisata menarik yang siap untuk memanjakan para wisatawan. Pesona dan keindahannya yang disuguhkan tiap objeknya benar-benar menggoda, salah satu contohnya yaitu Pantai Losari.

Tapi perlu kamu ketahui, meskipun populer dengan keindahan bahari serta pulaunya, bukan berarti destinasi wisata di provinsi ini hanya berkutat di sekitar itu saja.

Sulawesi Selatan juga punya destinasi wisata alam berupa gunung. Jenis objek satu ini sangat terkenal di kalangan para pendaki alasannya adalah keindahan yang ditawarkan begitu mempesona.

Nah, berikut ini ialah 10 daftar gunung Di Sulawesi Selatan yang memiliki panorama begitu indah dan menjadi favorit para kalangan pendaki.

1. Gunung Kambuno

Foto By @sulfichant

Memiliki ketinggian mencapai 2.950 meter diatas permukaan maritim, Mount Kambuno menjadi salah satu daerah pendakian favorit di Sulawesi Selatan.

Perjalanan untuk mencapai puncak Kambuno ini bisa dibilang cukup menantang, namun ketika dalam perjalanan kau bisa bertemu dengan hewan endemic dari Sulawesi yakni Anoa.

Bukan hanya itu saja, kamu juga akan menemukan banyak sumber mata air. Medannya dibilang berat alasannya adalah sepanjang jalan didominasi jalur curam dan melandai. Namun saat hingga di puncak, lelahmu seketika akan terbayar dengan pemandangannya yang begitu menawan.

2. Gunung Bawakaraeng

Foto By @mhmmdsuparman

Nama Mount Bawakareang memang tidak sepopuler Bromo, namun begitu gunung ini kerap dijadikan sebagai tujuan pendakian oleh masyarakat di Sulawesi Selatan.

Lokasinya sendiri berada di kawasan Lembanna, Kabupaten Gowa, tepatnya di tempat Hutan Malinon. Untuk mencapai puncak Bawakaraeng tersebut, dari kota Makassar diperlukan waktu tempuh sekitar 3 jam jika menggunakan transportasi umum.

Saat menuju puncak, kamu akan menemukan 10 pos dan masing-masing posnya memiliki pemandangan asri dengan dikelilingi pepohonan rimbun. Untuk waktu perjalanannya sendiri butuh 2 hingga 3 jam.

3. Gunung Sesean

Foto By @jjs_makassar

Mount Sesean yang kerap menjadi soal TTS ini juga termasuk kawasan pendakian favorit masyarakat Sulawesi Selatan. Terletak di Tana Toraja tepatnya di Desa Sesean, sama mirip namanya.

Untuk menuju lokasi Mount Sesean yang menerima predikat gunung terindah di Sulawesi Selatan ini, dari Rantepao, Kab.Toraja Utara, kamu mampu memakai transportasi roda dua, lamanya perjalanan biasanya hanya sekitar 2 jam saja.

Sementara untuk naik ke puncak, diharapkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.100 mdpl. Untuk jalurnya mampu dibilang cukup gampang, dengan medan bebatuan yang bercampur tanah sehingga tidak terlalu licin.

4. Gunung Latimojong

Foto By @pendakisulawesi_id

Puncak tertinggi di provinsi Sulawesi Selatan ini masuk dalam salah satu daftar 7 Summit of Indonesia, namanya ialah Gunung Latimojong. Meski populer sebagai spot paling seram, namun tak sedikit pendaki yang tertarik mengunjunginya.

Mount Latimojong tersebut mempunyai ketinggian 3.478 meter diatas permukaan bahari yang disebut dengan Puncak Rantemario. Berdasarkan ketinggian tersebut, ia mendapat predikat sebagai gunung tertinggi ke-5 di Indonesia.

Di sepanjang perjalanan menuju ke puncak, kau mampu menyaksikan keindahan pemandangan dusun-dusun dari atas perbukitan. Terdapat 3 jalur yang bisa dijadikan alternatif untuk mendaki ke Rantemario ini, ialah melalui Enrekang, Tana Toraja dan Luwu.

5. Gunung Lompobattang

Foto By @like_makassar_

Lompobattang ini terletak di kabupaten Bantaeng. Lokasinya berdekatan dengan Mount Bawakaraeng dan mempunyai suhu minimum sekitar 17 hingga 25 derajat celcius.

Merupakan gunung berapi tidak aktif bertipe stratovolcano, Lompobattang sama mirip Bawakareang, selalu menjadi objek pendakian para wisatawan. Untuk jalurnya yaitu melalui dusun Lembang Bune di Cikoro, Kec.Tompobulu, Kab.Gowa.

Dari puncak gunung api ini kau bisa melihat keindahan Bawakareang. Mount Lompobattang juga menjadi salah satu target para penganut singkritisme yang ingin melakukan ibadah haji pada bulan Zulhijah.

6. Gunung Buntu Karua

Foto By @danx_utara

Gunung 8 atau lebih dikenal dengan nama Buntu Karua ini terletak di Pedalaman Tana Toraja, tepatnya di desa Balla, Kecamatan Bittuang, Sulawesi Selatan.

Buntu Karua tersebut mempunyai ketinggian mencapai 2.763 mdpl dan termasuk sebagai salah satu puncak yang masih jarang dijamah oleh para penggiat alam bebas.

Menurut dongeng, penamaan Buntu Karua bukan tanpa karena. Konon katanya, gunung ini pada zaman dulu memiliki ukuran yang begitu besar, namun saat meletus terbagi menjadi 8 bab kecil.

Keunikannya, selain jalurnya terbilang cukup sulit, kelestarian alamnya masih sangat terjaga. Terbukti, hampir 70 persen isi hutannya dipenuhi lumut. Disekitarnya terdapat pula tugu trigulasi setinggi 1 meter yang dibangun oleh Belanda.

7. Gunung Nona

Foto By @adhikagraha

Mount Nona di Enrekang disebut-sebut sebagai salah satu objek unik. Diberi nama demikian karena adanya gundukan-gundukan tanah berbentuk mirip Miss V atau kelamin wanita.

Warga sekitar juga kerap menyebutnya dengan Buttu Kabobong. Pemandangan di sekitar puncak Nona ini bisa dibilang tak kalah menarik dari Gunung Catur di pulau Dewata Bali. Untuk menuju lokasi, dari Makassar diperlukan waktu perjalanan sekitar 6 jam.

Udara di sekitarnya cukup dingin, namun kau tak perlu takut jika tidak membawa bekal. Sebab untuk menikmati pemandangan Mount Nona ini mampu disaksikan sambil minum kopi hangat di beberapa warung di desa Enrakang.

8. Gunung Balease

Foto By @wisatasulawesiselatan

Selain Sesean, ada mount Balease yang terkenal sebagai salah satu gunung terindah di Sulawesi Selatan. Berada pada ketinggian 2894 mdpl dan terletak di desa Bantimurung Bone-bone, kabupaten Luwu Utara.

Balease banyak yang bilang sebagai gunung tersulit di Sulsel, sebab harus melewati puncak Tolangi, dengan jalur pendakian curam yang dipenuhi vegetasi padat serta sulitnya sumber air.

9. Gunung Bulusaraung

Foto By @wonderful.sulsel

Mencari gunung api purba di Sulawesi Selatan tidak sesulit merapi, sebab ada banyak jumlahnya. Salah satu contohnya sebut saja Mount Bulusaraung.

Memiliki ketinggian mencapai 1.353 mdpl, Bulusaraung juga memiliki pesona indah. Tak sedikit pendaki yang menjadikannya sebagai destinasi untuk menyalurkan hobinya.

Sering dikunjungi karena letaknya akrab dengan kota Makassar dan memiliki lintasan medan yang tidak terlalu begitu rumit, hanya saja fisik harus tetap fit.

10. Gunung Kandora

Foto By @pejalanpagi150

Terakhir ada Mount Kandora. Terletak di desa Bambapuang, Kabupaten Enrekang dan memiliki ketinggian sekitar 1.021 meter diatas permukaan bahari. Gunung satu ini juga mempunyai panorama yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Memiliki bentuk ibarat tebing kerikil dan bisa didaki dalam waktu beberapa jam, Kandora kerap dijadikan tempat latihan mendaki bagi para pemula.

Itulah beberapa daftar gunung yang ada di Sulawesi Selatan. Bagaimana, menarik semua kan? Semoga gosip ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuanmu ya!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni