10 Gunung Favorit Para Pendaki Di Sumatera Utara

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67329″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Kamu ingin mencari ketenangan? Nah, berlibur ke gunung-gunung di Sumatera utara bisa jadi alternatifnya, khususnya bagi para pendaki. Selain mampu memacu adrenalin, keindahan alamnya juga begitu memanjakan mata di sepanjang perjalanan.

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai kekayaan alam berlimpah, tanah subur dan mempunyai beraneka ragam binatang.

Bukan hanya itu saja, Sumatera Utara juga menjadi kawasan bersemayamnya gunung api paling aktif di dunia. Untuk menikmati panoramanya, tentu butuh skill serta berita pemanis mengenai spot tujuan kita.

Pasalnya, tidak semua gunung di Sumut memiliki jalur pendakian yang aman untuk dilalui baik pendaki atau pecinta alam, bahkan beberapa diantaranya ada yang berbahaya.

Berikut JejakPiknik ulas 10 daftar nama gunung di Sumatera Utara yang menjadi destinasi favorit bagi para pendaki.

1. Gunung Sibayak

Foto By @dindaliah30

Penduduk Sumatera Utara khususnya tempat Tanah Karo niscaya sudah sangat kenal dengan Sibayak. Ya, gunung berketinggian 2.094 diatas permukaan bahari ini terletak di jalan Sempajaya, Kecamatan Brastagi, Kabupaten Karo.

Untuk hingga ke lokasi, dari Medan usang perjalanan sekitar 1,5 jam. Ini adalah objek wisata paling terkenal yang mudah dijangkau.

Sepanjang perjalanan menuju Puncak Sibayak, kau akan disuguhi pemandangan indah seperti Pemandian Lau Sidebuk-debuk, Puncak Takal Kuda, Kawah Aktif serta legenda “Suara Neraka”.

Waktu paling tepat untuk mendakinya yakni jam 2 dini hari, alasannya adalah pada dikala ini kau dapat melihat keindahan pemandangan matahari terbit pagi hari. Selain menikmati sunrise, kegiatan seru lainnya yang mampu dilakukan disana ialah berkemah.

2. Gunung Sinabung

Foto By @adventure_sumut

Berdekatan dengan Sibayak, Mount Sinabung yang kerap dijadikan soal TTS ini juga masih berada di daerah Tanah Karo. Ia merupakan salah satu gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian mencapai 2.451 mdpl.

Berada pada ketinggian tersebut, menciptakan Sinabung masuk dalam rekor sebagai gunung tertinggi di Sumatera Utara dan populer cukup ramah dengan para pendaki.

Namun sayangnya, sejak tahun 2010 Sinabung kembali meletus dan letusannya mengeluarkan abu vulkanik serta lahar panas, sehingga untuk sementara jalur pendakian sempat ditutup.

Tapi jangan khawatir, alasannya ada satu kawasan yang bisa kau datangi untuk menikmati pemandangannya, namanya yaitu Bukit Gundaling, letaknya di Brastagi.

3. Gunung Sibuatan

Foto By @lennisariharahap

Kamu suka ketinggian? Kalau ya, Mount Sibuatan wajib buat didatangi. Pasalnya, ini yaitu gunung tertinggi pertama yang ada di Sumatera Utara.

Objek tersebut memiliki ketinggian 2.457 mdpl dan membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 9 jam untuk mampu sampai ke puncaknya. Sibuatan sendiri terletak di kawasan perbatasana antara Karo dengan Kabupaten Dairi.

Namun untuk mendakinya, kau harus melewati trek yang cukup sulit alasannya adalah Sibuatan sendiri masih ditutupi pohon serta rerumputan liar. Meski begitu, rasa lelah akan terbayar seketika saat tiba di puncak.

Indahnya sinar matahari terbit dengan luasnya panorama danau toba akan membuatmu berdecak kagum dan tidak ingin pulang.

4. Gunung Sorik Marapi

Foto By @pendaki.cupu

Pernah dengar ucapan “Surga Dunia”? Mungkin itulah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan keindahan spot satu ini. Sorik Merapi Mountain ialah salah satu destinasi wisata ekstrim di Sumatera Utara.

Disini, kamu bisa melihat kawah biru Sorik Merapi yang terletak di desa Sibanggor Julu, Kabupaten Mandailing Natal. Namun, diharapkan waktu sekitar 10-11 jam untuk mampu menikmatinya dan itupun harus melewati zona-zona ekstrim.

Melelahkan? Pasti, namun begitu semua akan terbayar alasannya di sepanjang perjalanan ataupun di puncak kamu akan disuguhi pemandangan indah persawahan dan view beberapa kota mirip Sidempuan, Penyabungan serta Sibolga.

5. Gunung Lubuk Raya

Foto By @tua_adventure

Nah, Mount Lubuk Raya ini letaknya di Kabupaten Tapanuli Selatan. Gunung merapi yang sudah tidak aktif tersebut memiliki ketinggian sekitar 1.618 meter diatas permukaan bahari.

Meski tidak terlalu tinggi, namun gunung ini memiliki jalur pendakian yang cukup ekstrim. Dimana kau akan dihadapkan dengan hutan lebat, flora rotan berduri serta perdu. Untuk menuju puncak diharapkan waktu 3 jam melalui desa Lembah Lubuk Raya.

6. Gunung Sibual-Buali

Foto By @elgultom

Masih berada di tempat yang sama dengan Lubuk Raya, Mount Sibual-buali juga kerap menjadi destinasi para pendaki di Sumatera Utara.

Memiliki ketinggian mencapai 1.819 mdpl, daerah Sibuali-buali ini banyak ditumbuhi oleh tanaman kantong semar. Meski masih aktif, namun cukup nyaman untuk didaki.

Saat datang di puncak, kamu akan mendengar suara semburan udara panas yang bercampur dengan bunyi welirang serta air terjun Silima-Lima, salah satu keindahan luar biasa yang dimiliki oleh Mount Sibual-buali.

7. Pusuk Buhit

Foto By @seven_malau

Nah, dari atas Pusuk Buhit ini, kamu mampu menikmati keindahan pemandangan area persawahan serta bukit barisan yang menghijau dan juga bentangan luas Danau Toba yang sangat terkenal di dunia.

Meski rutenya cukup rumit dan harus memutari bukit namun kamu tak akan letih karena di sepanjang perjalanan pemandangannya begitu indah. Salah satu momen menarik yang dilarang dilewatkan di Pusuk Buhit ini yaitu dikala matahari terbit. Epic Banget!

8. Gunung Simpon

Foto By @pendakicupusumut

Objek wisata pegunungan lainnya yang juga cukup mempesona di Sumatera Utara, namanya ialah Simpon Mountain. Spot pendakian satu ini letaknya ada di Kabupaten Pakpak Barat.

Di Simpon ini, terdapat sebuah mata air yang begitu jernih. Kamu dapat mencuci muka menggunakan air segar tersebut. Tidak hanya itu saja, disini juga cukup banyak dijumpai aneka macam flora serta fauna langka.

9. Gunung Sipiso-Piso

Foto By @rony_d.manurung

Saat mendengar nama Sipiso-piso, mungkin pikiran kita akan pribadi tertuju pada air terjun yang ada di Sumatera Utara. Tapi, tahukah kamu bahwa tidak jauh dari spot itu terdapat sebuah gunung indah.

Ya, namanya gunung Sipiso-piso. Letaknya di kecamatan Merek, Kab.Karo dan memiliki ketinggian 1.990 mdpl. Ia pun kerap dijuluki Bukit Gundul, alasannya pohon-pohon disana hanya tumbuh di bab puncaknya saja.

Untuk pendakiannya terbilang cukup mudah dan tidak memerlukan energi banyak, kamu pun mampu mencapai puncaknya dengan menggunakan sepeda motor.

10. Gunung Pangulubao

Foto By @various_curious_stuff

Pangulubao adalah spot pendakian berikutnya yang juga cukup mudah untuk diakses dan memiliki trek ramah dengan para pendaki. Kota Parapat adalah pintu masuk menuju gunung tersebut.

Pangulubao juga kerap disebut “Bukit Manja”, letaknya sendiri berada di area konservasi “Taman Eden 100”. Usai mendaki, kamu juga mampu menikmati keindahan taman serta air terjun yang ada di sekitarnya.

Demikianlah ulasan mengenai 10 daftar gunung di Sumatera Utara, agar bermanfaat dan dapat menginspirasi pembaca setia JejakPiknik.com.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni