10 Gunung Terangker Di Indonesia

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67599″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Bagi kamu yang suka melihat keeksotisan alam pegunungan ataupun punya hobi mendaki gunung, tentu sudah mengetahui bahwa setiap tempat di banyak sekali bagian dunia memiliki sisi misteri masing-masing.

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sudah lama melanglang buana di dunia pendakian sering mengalami hal-hal abnormal dikala mencoba untuk berpetualang di alam liar.

Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyaknya negara yang mempunyai aneka macam barisan gunung berapi, baik yang masih aktif ataupun sudah pension. Bahkan beberapa gunung di Pulau Jawa menjadi favorit para pendaki.

Dari sekian banyaknya jumlahnya, beberapa diantaranya dikenal mempunyai sisi magis dan masyarakat sekitar ataupun wisatawan meyakini ada mahluk halus yang menghuninya.

Berikut adalah 10 daftar gunung terangker di Indonesia yang terkenal alasannya keangkerannya lengkap beserta mitosnya.

1. Gunung Salak

Foto By @zhidane14_

Urutan pertama yang menduduki posisi paling seram di Indonesia yaitu gunung Salak. Ini sudah cukup lama dikenal alasannya adalah keangkerannya.

Namun menjadi semakin populer alasannya adalah suatu insiden naas dimana jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet pada 9 Mei 2012 silam dan menewaskan semua penumpang berserta awak kapalnya.

Ceritanya yang mengatakan bahwa gunung ini mempunyai sisi mistis dan dihuni banyak mahluk kasat mata sudah bukan belakang layar lagi. Tidak hanya pesawat Sukhoi saja pernah jatuh disini, tapi ada beberapa lagi, bahkan pendaki pun banyak yang tewas.

2. Gunung Ciremai

Foto By @gunungciremai

Selain tinggi dan begitu eksotis, Ciremai juga masuk dalam daftar sebagai salah satu gunung terangker di Indonesia karena diselimuti dengan kisah-dongeng yang penuh mistis.

Spot pendakian favorit ini terkenal lewat lintasannya yang berjulukan Kuburan Kuda, yaitu sebuah jalur menuju puncak Cermai yang kerap memperdengarkan bunyi derap kuda, padahal pada kenyataannya tidak ada satupun hewan tersebut ditemui disana.

Menurut ceritanya, bunyi yang sering terdengar itu adalah arwah kuda prajurit Jepang yang tewas dikala masa penjajahan. Selain itu, spot ini juga punya misteri kasus pembunuhan seorang bapak tiri terhadap anaknya dan jasadnya dibuang di gunung Ciremai tersebut.

3. Gunung Halimun

Foto By @djohansuriani

Halimun Mountain ini dipercaya sebagai benteng dari kerajaan Prabu Siliwangi yang terkenal sakti. Dan alasannya adalah mitosnya itu, menjadikannya masuk dalam salah satu dari 10 urutan gunung paling seram di Indonesia.

Letaknya sendiri berdekatan dengan Mount Salak sehingga membuat Halimun kental akan aura yang penuh mistis.Bahkan kabarnya, ada satu kawasan di sini yang dilarang untuk dilewati, sebab cukup sacral dan jikalau melanggar bakal terkena bencana alam.

4. Gunung Lawu

Foto By @sanqucat_11

Misteri Mount Lawu yang sarat akan cerita menakutkan selalu menjadi pengiring bagi para pendaki disana. Namun sampai saat ini belum diketahui alasan mengapa gunung tersebut masuk dalam daftar spot terangker di Indonesia dan penuh akan kisah-dongeng mistis.

Namun menurut orang-orang, spot yang terletak di perbatasan antara Jatim dengan Jateng ini memiliki tingkat misteri tinggi dan tak kalah seram dari sederet tempat menyeramkan di pulau Jawa.

Sejumlah makam yang dipercaya merupakan makam kerajaan zaman kerajaan dulu menciptakan para pendaki tidak boleh melakukan pendakian sembarangan atau alhasil akan sangat fatal.

5. Gunung Merapi

Foto By [email protected]

Tak hanya dikenal akan bencana letusannya serta keindahannya, Merapi ini juga diketahui menyimpan banyak cerita misteri dan sebagian besar mitos itu masih dipercaya sampai kini.

Masyarakat sekitar menyampaikan bahwa Merapi ini merupakan istana para Lelembut yang mana mampu membuat pendaki tersesat, bahkan sampai meninggal kalau sampai melanggar aturannya.

Dan di Merapi ini katanya tedapat satu spot terangker yang dikenal dengan nama Pasar Bubrah, yakni kawasan berkumpulnya mahluk-mahluk tak kasat mata.

Dan ada juga cerita yang mengatakan bahwa Merapi ini memiliki relasi dekat dengan Keraton Mataram pada zaman dahulu.

6. Gunung Cikuray

Foto By @galerigarut_

Di Jawa Barat, terdapat sebuah gunung yang memiliki ketinggian 2.818 meter diatas permukaan maritim dan ini dipercaya sebagai salah satu spot terangker di Indonesia alasannya adalah dikeramatkan oleh penduduk sekitar.

Dianggap memiliki sisi mistis sebab di sana ditemukan makam sesepuh Cikuray. Dan bukan hanya itu saja, baik wisatawan maupun masyarakat sekitar kerap melihat penampakan sosok hantu perempuan dikala petang menjelang.

7. Gunung Arjuno

Foto By @pelvoux_outdoor

Bagi masyarakat di Jawa Timur, niscaya sudah sangat mengenal dengan keangkeran gunung berketinggian 3.339 meter diatas permukaan bahari bernama Arjuno ini.

Pasalnya, berbagai cerita mistis yang sering dialami para pendaki dikala mencoba menjelajahi gunung ini, mirip disapa seseorang tak dikenal, bertemu sosok abnormal sampai tersesat meskipun sudah hapal jalan.

Bahkan konon katanya, disana terdapat sejumlah petilasan zaman kerajaan Majapahit. Bukan hanya itu saja, ada juga 2 spot menyeramkan ditemui disini, namanya yakni Pasar Dieng dan Alas Lali Jiwo

8. Gunung Rinjani

Foto By @dame_untamed

Walaupun cantik dan menawan, namun spot satu ini juga masuk dalam daftar sebagai gunung terangker di Indonesia yang penuh dengan sisi mistis dan tak kalah menyeramkan dari sejumlah kawasan menyeramkan lainnya.

Dari ceritanya, namanya diambil dari nama seorang putrid berjulukan Dewi Anjani, yaitu penguasa Rinjani yang lahir dari seorang manusia dan jin.

Tidak hanya menjadi penguasa Rinjani, beliau juga menjadi ratu jin di sekitar kawasan tersebut. Untuk menghindari malapetaka, masyarakat sekitar biasanya melakukan sebuah ritual khusus disini.

9. Gunung Semeru

Foto By @mr.at03

Semakin terkenal lewat film “5 cm”, gunung tertinggi di Jawa ini merupakan salah satu destinasi yang sangat terkenal bagi para pendaki di Nusantara.

Meski populer dan selalu menjadi sasaran para pendaki, namun siapa sangka bila ternyata Semeru ini memiliki sisi mistis. Gunung tersebut bahkan dianggap sebagai tempat peristirahatan terakhir Shoe Hoek Gie, seorang penggagas Indonesia Tionghoa.

Tak sedikit pendaki sering dibuat tersesat disini sebab melanggar pantangan, terutama ketika berada di dataran lapang berjulukan Arcapada.

10. Gunung Agung

Gunung terangker di indonesia urutan dan ceritanya paling angker beserta mitosnya yang misteri
Foto By @bonheur_nomade

Jika kamu pernah bertandang ke Pulau Dewata Bali, tentu mengetahui jikalau disana terdapat sebuah gunung manis bernama Mount Agung.

Walau tidak terlalu diekspos dan bukan menjadi satu masalah bagi para pendaki, akan tetapi ada satu larangan yang tak boleh dilanggar saat mendaki gunung angker ini, ialah dilarangnya membawa masakan berbahan daging sapi.

Bukan hanya itu, pendaki juga tidak boleh naik saat hari besar agama Hindu dan bagi wanita yang sedang datang bulan tidak diperbolehkan mengenakan pakaian berwarna merah.

Itulah beberapa gunung terangker di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni