10 Gunung Tertinggi Di Kalimantan Yang Medannya Cukup Menantang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67613″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Julukan “Ring of Fire” tampaknya memang pantas disematkan kepada Indonesia. Pasalnya negara kita tercinta ini benar-benar dikelilingi oleh sejumlah gunung berapi aktif yang tersebar dari ujung Pulau Sumatera, Jawa hingga beberapa kawasan di wilayah timur.

Gunung berapi merupakan salah satu alasan mengapa Indonesia kerap dilanda gempa dahsyat yang bisa memancing potensi naiknya gelombang bahari. Hingga akibatnya membuatnya tidak ramah terhadap pendaki.

Nah, dari beberapa pulau di Indonesia, Kalimantan yakni satu-satunya yang memiliki resiko kecil terkena gempa, namun bukan berarti disana tidak ada gunung berapi ya.

Selain memiliki hutan hujan paling lebat dan sungai terpanjang, Pulau Kalimantan juga ternyata menyimpan formasi gunung yang mampu dijadikan bahan pertimbangan ketika ingin mendaki.

Lantas, apa saja daftar nama gunung tertinggi di Pulau Kalimantan yang menarik buat ditaklukkan para pendaki? Nah, ini dia JejakPiknik kasih bocoran infonya.

1. Gunung Bukit Raya

Foto By @sendaljepittanahrencong

Memiliki ketinggian mencapai 2.278 meter diatas permukaan maritim, Bukit Raya berhasil menduduki daftar sebagai gunung tertinggi pertama di Pulau Kalimantan.

Bukit Raya tersebut juga termasuk areal konservasi, letaknya sendiri berada di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Meskipun dikenal sebagai puncak tertinggi di Pulau Kalimantan, namun nama Bukit Raya masih terbilang ajaib di indera pendengaran para pendaki. Hal tersebut dikarenakan, medan yang dilalui cukup sulit.

Dimana awal pendakiannya di mulai dari Kalimantan Barat sementara puncaknya ada di Provinsi Kalteng. Dan kabarnya, biaya untuk mendakinya berada di urutan kedua sesudah puncak Jaya Wijaya. Itulah alasan mengapa banyak orang jarang naik ke sana.

2. Gunung Liangpran

Foto By ilmugeografi.com

Untuk urutan gunung tertinggi kedua, diduduki oleh Mount Liangpran, dengan ketinggian ialah sekitar 2.240 meter diatas permukaan maritim.

Liangpran terletak di Kecamatan Long Pahai, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Ia dikenal alasannya adalah memiliki hutan yang masih sangat asri dan jarang dijamah insan, bahkan para pendaki pun tidak banyak mengenalnya.

Liangpran disebut-sebut sebagai salah satu gunung api bau tanah di Indonesia. Dan sama mirip Bukit Raya, untuk menuju lokasinya juga dibutuhkan biaya cukup banyak, alasannya adalah itulah mengapa para pendaki enggan menaklukkannya.

3. Gunung Menyapa

Foto By gunung.id

Nama spot satu ini memang terdengar sangat unik. Namun terlepas dari keunikan tersebut, dengan mempunyai ketinggian mencapai 2.000 meter diatas permukaan laut, itu berhasil menghantarkannya masuk dalam daftar gunung tertinggi di Kalimantan.

Namun begitu, mirip namanya, gunung ini cukup ramah bagi para pendaki dan dia mempunyai pesona luar biasa indah lewat kawah lebar yang ada di puncaknya.

Kawah tersebut merupakan dampak dari letusannya yang terjadi di era lalu. Dan sampai kini, belum ada banyak info mengenai spot ini. Namun perlu kau ketahui kalau Mount Menyapa ialah salah satu surga tersembunyi di Kalimantan Timur.

4. Gunung Halau-Halau

Foto By @petualangsablenk

Menduduki urutan tertinggi berikutnya yaitu Gunung Halau-Halau di Kampung Kiyu, Ds.Hina Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai, Kalimantan Selatan.

Namanya memang terdengar sangat gila, namun begitu ia yakni salah satu puncak yang tidak boleh dianggap remeh alasannya adalah banyak pendaki yang mengatakan bahwa medannya mempunyai tingkat kesulitan cukup tinggi meskipun sudah tidak aktif lagi.

Halau-halau adalah salah satu spot pendakian yang cukup terkenal, mungkin kau sering mendengar namanya lewat soal-soal TTS. Sebenarnya letaknya meliputi 3 wilayah kabupaten yaitu Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan dan Tanah Bambu.

5.Gunung Latuk

Foto By @danirp_

Berikutnya yaitu Mount Latuk. Mendengar namanya mungkin masih sangat asing, namun apakah kau tahu jikalau puncak berketinggian1.850 mdpl ini berhasil menduduki peringkat dalam 10 daftar gunung tertinggi di Kalimantan.

Letaknya tepatnya di Long Bena, Pujungan, Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. Sayangnya isu mengenai Latuk sampai saat ini masih sangat minim, sehingga tidak banyak pendaki yang mengenalnya.

6. Gunung Kemul

Foto By superadventure.co.id

Nah, spot yang satu ini diketahui sangat berbeda dengan beberapa daftar sebelumnya jikalau dilihat dari daerahnya. Secara administratif, gunung berjulukan Kemul tersebut letaknya berada di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Kemul sendiri mempunyai ketinggian sekitar 1.847 meter diatas permukaan bahari. Ia cukup dikenal sebab merupakan salah satu daerah daerah berkumpulnya beberapa suku yang masih suka berperang.

Meski begitu, tak perlu khawatir karena kini Kemul sudah cukup kondusif, jadi kau mampu mendakinya dengan nyaman.

7. Gunung Batu Tiban

Foto By kanalkalimantan.com

Batu Tiban ini juga masuk dalam daftar sebagai salah satu gunung tertinggi di Pulau Kalimantan, dimana ketinggiannya tembus mencapai angka 2.050 meter diatas permukaan maritim.

Jalur pendakiannya juga cukup variatif, membuat para pendaki tertantang ingin menaklukkannya. Namun ada baiknya, jika ingin mendaki gunakan pemandu dari warga sekitar yang sudah mengenal medannya.

8. Gunung Batu Jumak

Foto By superadventure.co.id

Karena Batu Jumak merupakan gunung tertinggi pertama di Kalimantan Utara, jadi sangat masuk akal bila wilayahnya cukup luas. Bahkan hingga meliputi 3 tempat sekaligus, ialah Boh River, Agung Baru dan Kabupaten Malinau.

Batu Jumak juga menjadi salah satu spot yang cukup terkenal bagi kalangan pendaki ataupun pecinta alam. Hal tersebut dikarenakan jalur pendakiannya relatif penuh kejutan.

Disebut sebagai salah satu tertinggi alasannya puncaknya mempunyai ketinggian mencapai 2.250 meter diatas permukaan laut.

9. Gunung Kalambit

Foto By @andrerecardo_

Berada pada ketinggian 1.775 meter diatas permukaan laut, Kalambit yang termasuk sebagai gunung tertinggi di Kalimantan ini juga menjadi salah satu spot pendakian yang wajib buat kau taklukin.

Pasalnya, Kalambit termasuk salah satu yang tidak sulit didaki, treknya sendiri didominasi hutan lebat dan hutan hujan tropis. Meski sedikit agak menantang, namun cukup nyaman untuk dikunjungi.

10. Gunung Batutikung

Foto By @emhryskti_

Tidak berbeda jauh dengan Kalambit, Batutikung berketinggian 1.804 mdpl ini juga merupakan salah satu gunung tertinggi di Kalimantan yang mungkin layak dan cukup menantang buat ditaklukkan.

Jalur pendakiannya pun tidak begitu sulit, mampu dibilang cukup ramah bagi para pendaki baik pemula ataupun pecinta alam. Ditambah lagi panorama dari puncaknya terlihat sangat bagus. Jadi, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk mengunjunginya ya!

Nah, itulah beberapa bocoran isu gunung tertinggi di Kalimantan yang mampu JejakPiknik bagikan. Bagaimana, sudah punya list mana yang akan masuk dalam daftar pendakianmu di tahun 2020 ini?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni