10 Kuliner Dan Minuman Unik Ini, Jadi Bukti Laos Layak Dikunjungi

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66567″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Selama berjalan-jalan ke sejumlah kawasan wisata di Laos, jangan lewatkan untuk merasakan aneka masakan di sana. Pasalnya, negara bagian Asia Tenggara ini mempunyai bermacam-macam kuliner dengan citarasa menggugah selera.

Laos juga sangat identik dengan rempah-rempah, tak heran jikalau negara ini memiliki citarasa kuliner yang seperti mirip masakan khas Indonesia ataupun Thailand.

Ada juga penganan Laos yang seperti dengan kuliner ala Perancis, salah satu misalnya ialah roti baquette, cake berukuran panjang yang sering dijadikan sebagai menu sarapan dan banyak dijual di pinggir-pinggir jalan.

Nah, jika kamu ingin mengenal lebih akrab tentang kuliner Laos, salah satunya yaitu dengan merasakan citarasa ragam kuliner khasnya.

Dengan resep dan proses memasak yang dipengaruhi oleh kebudayaan lokal, aneka macam masakan khas Laos dibawah ini adalah kuliner paling wajib kau cobain ketika sedang berlibura ke sana.

1. Larb

Foto By @thekaibox

Makanan khas Laos pertama yang wajib buat kamu cobain, namanya ialah Larb, salah satu hidangan enak berupa salad daging cincang. Memakannya, mungkin mengingatkanmu dengan daerah wisata kuliner di Thailand.

Larb ini bahan dasarnya dibuat dari daging pilihan, entah itu daging belibis, ayam, ikan, sapi atau lain sebagainya. Kemudian ditambahkan dengan bagian jamur, lalu dibumbui menggunakan gabungan rempah-rempah segar, air perasan jeruk nipis serta saus ikan.

Larb sendiri biasanya disajikan bersama sayuran mentah yang segar atau beras ketan. Dan mampu dijadikan sebagai sajian sarapan, makan siang atau malam.

2. Khao Piak Sen

Foto By @cooking_is_a_journey

Khao Piak Sen bisa disantap kapan saja, baik itu sebagai menu sarapan pagi, makan siang atau ketika dinner time. Makanan tradisional khas Laos ini bentuknya berupa kaldu ayam, yang dituang ke atas mie beras.

Kalau melihat gambar, mungkin sepintas mirip mirip bubur ayam khas Indonesia. Untuk materi utama pembuatan kaldunya mampu memakai daging ayam atau sapi.

Sama mirip masakan tradisional di Vietnam atau Taiwan, menu kuliner satu ini juga mempunyai resep yang kaya akan bumbu. Mungkin sudah menjadi ciri khas Asia Tenggara memasak dengan menggunakan rempat-rempah berlimpah.

3. Khao Jee

Foto By @atelierdessaveursbymani

Negara serumpun dengan Indonesia ini juga terkenal memiliki segudang kuliner tradisional, sehingga menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan untuk datang ke Laos.

Nama makanan khas Laos lainnya yang wajib untuk kau cicipi ialah Khao Jee, salah satu hidangan kombinasi antara wortel, tomat, keju dan juga daging, baik itu daging ayam atau babi, bahkan bisa juga diganti dengan alpukat.

Citarasanya tentu berbeda-beda, tergantung daging pilihanmu. Meski agak gila tapi banyak wisatawan suka makan Khao Jee. Kamu mampu dengan gampang menemukannya, lantaran kuliner ini termasuk salah satu jenis street food.

Kamu mampu menikmati Khao Jee dengan berbagai macam topping, seperti saus sambal atau lainnya, tinggal pilih saja sesuai seleramu.

4. Ping Kai

Foto By @sw33tzbee

Masyarakat Laos termasuk meat lovers, jadi sangat masuk akal kalau ada banyak sajian tradisional mereka yang bahan utamanya terbuat dari daging, salah satu contohnya yaitu Ping Kai.

Ping Kai yaitu hidangan enak berbahan dasar daging ayam yang kemudian diberi lada hitam, akar ketumbar, bawang putih, saus ikan dan garam. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar diatas arang. Wah, tradisional banget ya cara buatnya.

Sajian berupa ayam bakar ini paling nikmat dikala disantap dengan sepiring nasi putih hangat dan sayuran segar. Sama seperti Indonesia, Laos juga suka yang namanya lalapan. Untuk mampu menikmatinya tidak sulit, alasannya banyak restoran menyajikannya.

5. Khao Niaw

Foto By @orlando.hyacinth

Khao Niaw ini bisa dibilang salah satu menu dessert, karena terbuat dari irisan buah mangga yang dicampur dengan ketan, kemudian diberi santan.

Ketika disantap, citarasanya beradu antara antara asam manisnya mangga dan gurihnya ketan serta santan, semua bercampur menjadi satu. Sensasinya mungkin akan membuatmu ketagihan.

Tak hanya di Laos, Khai Niaw juga bisa kau temui di Bangkok ataupun di Indonesia. Namun mungkin namanya tidak sama. Kalau di Nusantara, menu ini hampir seperti seperti es campur.

6. Mok Pa

Foto By @derrick_koch

Kalau kau melihat gambar diatas, mungkin kau akan menduga kalau masakan khas Laos satu ini yaitu pepes. Itu tak salah, sebab bentuknya sama namun untuk resep bumbunya sangat berbeda.

Mok Pa ini terbuat dari daging ikan yang sudah dibumbui dengan memakai daun bawang, sereh, cabai, terasi, kecap asin dan lain-lain. Setelah semua dicampur menjadi satu, kemudian dibungkus dalam daun pisang, untuk selanjutnya di kukus.

Bumbu dan proses memasaknya itulah yang menciptakan hidangan satu ini semakin lezat dan mempunyai aroma menggoda. Membayangkannya saja, kau pasti sudah ngiler kan?

7. Tam Mak Hoong

Foto By @kimjizll

Tak kalah menggiurkan, makanan khas Laos satu ini juga wajib untuk kamu cobain. Sajian berupa salad tersebut materi dasarnya terbuat dari irisan pepaya muda yang disajikan dengan tomat, kacang panjang dan kacang tanah.

Tidak lupa juga diberi siraman bumbu gula aren, cabe, perasan jeruk nipis, saus ikan serta fermentasi jus ikan khas negara Laos.

Hidangan segar satu ini mirip dengan salad pepaya khas Thailand. Ciri citarasanya ialah manis, asam dan asin, cocok untuk dinikmati saat cuaca sedang terik-teriknya. Kalau di Indonesia, mungkin mengingatkanmu akan asinan orang Betawi.

8. Nam Khao Tod

Foto By @soybeangrille

Nam khao tod ini kalau dilihat-lihat dari gambar, tampilannya hampir seperti dengan nasi goreng khas Indonesia. Namun sesungguhnya tidak.

Pasalnya, Nam khao tod dilengkapi taburan kacang tanah, kepingan sosis, perasan jeruk nipis, parutan kelapa dan saos fermentasi khas Laos. Rasanya pun sangat jauh berbeda, lebih unik kalau dibandingkan dengan nasi goreng di Indonesia.

Tak hanya rasanya yang unik, cara menikmatinya juga. Masyarakat di Laos mengkonsumsinya dengan selembar daun selada sebagai alas. Kemudian meletakkan Nam Khao Tod diatasnya, dibungkus lalu di makan dalam sekali suap. Nah, menarik hati banget kan?

9. Pad Khee Mao

Makan khas laos resep makanan di nama gambar dari negara ciri masakan dan minuman tradisional
Foto By @maxhoberman

Pilihan kuliner khas Laos lainnya yang wajib kamu cicipi, adalah Pad Khee Mao. Orang-orang disana juga kerap menyebutnya dengan nama “mie mabuk”.

Kuliner tradisional berbahan dasar mie ini cukup populer sebab memiliki citarasa begitu spicy. Kamu yang ngaku pecinta hidangan pedas, wajib mencoba Pad Khee Mao.

Ditumis dengan menggunakan aneka macam macam bumbu dan rempah, Pad Khee Mao termasuk salah satu kuliner khas Laos bercitarasa enak.

10. Lao-lao Whisky

Foto By @yujinpark

Selain aneka masakan, di Laos kamu juga wajib mencicipi aneka minuman khasnya, salah satu contohnya adalah Lao-lao whisky.

Lao-lao ini yakni sejenis wiski beras yang diproduksi secara lokal di salah satu desa di Laos yang letaknya tidak jauh dari kawasan Luang Prabang. Cara pembuatannya sendiri masih sangat tradisional, dimana dengan memfermentasi beras ketan.

Minuman ini rasanya sangat besar lengan berkuasa namun lezat dan harganya pun relatif terjangkau. Namun kau harus berhati-hati, sebab seringkali wiski beras dicampur dengan aneka macam adonan ekstrim mirip serangga ataupun ular.

Itulah beberapa menu kuliner ataupun minuman khas Laos yang memiliki citarasa menggoda dan menarik untuk dicicipi. Dari daftar diatas, mana sih yang menjadi favoritmu?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni