10 Kuliner Enak Khas Cikarang Yang Siap Menggoyang Lidahmu

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66606″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Setiap kawasan tentu mempunyai yang namanya ciri khas. Begitu pun dengan kota Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Jika kau kebetulan bertandang ke sana, jangan lewatkan untuk mencicipi aneka kulinernya.

Sama seperti kebudayaan, soal santapan di kota Cikarang di tempat perbatasan atau pinggiran ini juga masih dipengaruhi oleh budaya suku Betawi dan Sunda, sehingga sederet makanan khasnya hampir-hampir mirip.

Banyak sekali kuliner yummy yang bisa kamu coba disana. Jika masih galau kira-kira apa saja kuliner khas Cikarang yang harus dicicipi. Mungkin daftar dibawah ini mampu dijadikan acuan sebagai materi pertimbangan dalam hal mengisi perut.

1. Sayur Gabus Pucung

Foto By @humasdprdkotabekasi

Dalam jajaran kuliner khas Betawi, sayur gabus pucung yaitu hidangan yang paling top. Kalau di rumah makan Padang, ibarat rendangnya. Pokoknya, spesia banget deh!

Sesuai namanya, bahan utama dari sayur ini ialah ikan gabus goreng, yang kemudian diramu dengan memakai resep khusus, mirip rempah-rempah bernama kluwek contohnya.

Usut punya usut, kuah rawon hitam yang sangat populer itu, awalnya terinspirasi dari masakan khas Cikarang satu ini loh! Kalau kau udah nyobain sayur gabus pucung ini, dijamin pasti bakal ketagihan.

Jika kau ingin merasakan sayur gabus pucung yang enak, Rumah Makan Udin Kombo di Ujung Harapan Indah, kota Bekasi adalah daerah paling rekomendasi. Restoran ini yaitu spesialisnya kuliner khas Betawi.

2. Kue Sagon

Foto By @snackkusnackmu.id

Kue sagon adalah salah satu jajanan khas Cikarang berbahan dasar tepung beras ketan yang disangrai. Dan terkadang, ada yang mencampurkannya dengan kelapa parut.

Dan gabungan inilah yang menciptakan citarasa kue sagon semakin terasa gurih dan mempunyai kekhasannya tersendiri. Bentuknya sendiri bermacam-macam, ada persegi panjang, lingkaran pipih atau lonjong, tergantung cetakannya.

Kue sagon menjadi salah satu oleh-oleh yang kerap dibeli para wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas kota Cikarang. Kamu cukup menyediakan budget mulai 15 ribu saja untuk membeli sebungkusnya. Nah, masih sangat terjangkau bukan?

3. Bandeng Rorod

Foto By @cikarang.peoplefood

Cikarang juga memiliki satu ikon yang pas untuk dijadikan buah tangan. Kalau Semarang ada lumpia dan Jogja punya bakpia, maka kota di Bekasi punya bandeng rorod.

Penganan khas Cikarang satu ini berbeda dengan bandeng presto, sebab tidak memiliki duri sama sekali. Dibuat secara khusus dan racikan bumbu yang juga sangat khas, menciptakan masakan tersebut semakin terasa lebih nikmat.

Kalau kamu ingin membeli bandeng rorod dengan rasa juara, datang aja eksklusif ke produsennya di jalan Maluku Raya Blok C1 No.05, Perumnas 3, Aren Jaya, Bekasi. Jangan lupa beli yang banyak ya, agar bisa dijadikan oleh-oleh buat orang-orang terdekat.

4. Kue Rangi

Foto By @rezkykomaladewi

Masyarakat di kota Cikarang, rata-rata yaitu orang Sunda dan Betawi. Maka tak heran bila kuliner mereka semuanya hampir sama, demikian juga dengan kudapan manis rangi.

Kue kelapa lezat khas Betawi ini kini sudah semakin sulit ditemui, bahkan di kota Cikarang sendiri. Penganan tersebut materi dasarnya terbuat dari parutan kelapa dan tepung kanji.

Setelah diadon, kemudian dicetak memakai cetakan khusus. Selanjutnya dibakar, kemudian dibaluri saus gula merah. Rasanya, enak banget. Gurihnya kelapa dan manisnya gula berpadu menjadi satu.

Karena termasuk salah satu jajanan street food, harga kue rangi cenderung dibanderol murah. Kaprikornus kau tak perlu khawatir kantongmu sampai bocor. Cocok sebagai pengganjal perut sambil ditemani secangkir kopi hangat.

5. Rengginang

Foto By @_ekaismaya

Rengginang yaitu salah satu makanan ringan khas kota Cikarang yang bahan utamanya terbuat dari beras. Setelah dijemur dibawah matahari terik dan kering, beras kemudian digoreng sampai mengembang.

Selain mempunyai rasa gurih dan bikin nagih, rengginang juga termasuk salah satu kudapan yang mengenyangkan. Hal itu dikarenakan, materi dasar pembuatannya yakni beras.

Kamu pun mampu menimbulkan kue ini sebagai teman dalam perjalanan atau oleh-oleh untuk orang-orang di rumah. Tak sulit menemukannya, lantaran sudah banyak dijual di sejumlah pusat buah tangan di Cikarang dan harga perbungkusnya hanya berkisar 13 ribuan saja.

6. Wajik Ketan

Foto By @deasylo

Wajik juga termasuk salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari olahan beras ketan. Setiap tempat di Nusantara hampir memiliki kudapan ini dan tentunya dengan kekhasan masing-masing.

Tak terkecuali dengan kota Cikarang. Wajik disini kata orang-orang sana dibuat sebagai simbol perekat tali silaturahmi. Cemilan berupa kue berair ini komposisi utamanya terbuat dari adonan beras ketan, gula merah serta santan.

Cara pembuatannya tergolong gampang, cukup dengan dikukus saja sampai teksturnya empuk. Wajik ini termasuk cemilan bercitarasa elok yang disukai banyak orang. Kalau kamu berada di sekitar Cikarang, mampirlah ke toko buah tangan Mpok Nini untuk membelinya.

7. Dodol Betawi

Makanan khas cikarang selatan makan ringan apa sunda di bekasi kota ciri daerah
Foto By @dodolbeko

Kalau selama ini kau hanya kenal dengan dodol khas Garut, maka dikala ke Cikarang, dodol ala Betawi wajib harus dicobain dan jangan lupa membawanya pulang sebagai buah tangan ya!

Dodol betawi ini masakan bercitarasa tinggi loh, alasannya adalah bukan sembarang orang mampu membuatnya. Bahkan dalam proses pembuatannya saja, diperlukan keahlian khusus serta tingkat kesabaran yang tinggi.

Dodol betawi bisa menjadi masakan pilihan paling pas untuk dijadikan buah tangan. Bahkan di Cikarang sendiri, kudapan manis tersebut kerap dihidangkan saat perayaan hari-hari besar, seperti Idul Fitri misalnya.

Menemukannya juga tidak sulit, kamu tinggal tiba saja ke toko buah tangan di sekitar Cikarang atau Bekasi. Soal harga, relatif terjangkau.

8. Kue Kembang Goyang

Foto By @sucisanubari824

Ada banyak lagi kudapan khas Cikarang yang layak buat kamu jadikan buah tangan, salah satu misalnya adalah kue kembang goyang.

Kue kembang goyang ini menjadi cemilan crispy kesukaan banyak orang, dari orang muda hingga bau tanah. Meski teksturnya terlihat seperti keras, tapi bergotong-royong tidak, justru sangat renyah.

Untuk membuatnya, kau perlu cetakan khusus berbentuk kembang atau bunga dan pada dikala penggorengan, harus digoyang-goyang. Itulah asal-seruan kenapa cemilan khas Cikarang satu ini dinamakan demikian.

Sebagai salah satu jenis cemilan abadi dan mampu tahan usang, kamu wajib membawanya pulang sebagai buah tangan. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membelinya, alasannya adalah pada umumnya harganya dibanderol dengan cukup ekonomis.

9. Kue Biji Ketapang

Foto By @sis.kitchen57

Pada zama dulu, banyak tumbuh pohon ketapang di pinggiran wilayah Jakarta. Pohon ini mempunyai buah berbentuk lonjong. Di dalamnya terdapat biji dengan ujung agak pipih, bentuknya seperti bola rugby.

Terinsipirasi dari biji itu, orang-orang pun mulai tertarik menciptakan kue dengan bentuk serupa. Maka jadilah camilan berjulukan biji ketapang mirip sekarang ini.

Meski diharapkan sedikit tenaga ketika menggigitnya alasannya teksturnya lumayan keras, namun akan terbayar lunas dengan kenikmatan citarasanya. Penasaran kan ingin mencicipinya? Gampang, tinggal beli aja ke toko oleh-oleh di sekitar kota Cikarang.

10. Kue Akar Kelapa

Foto By @nostalgia.jajanan

Siapa sih tak kenal dengan camilan satu ini? Ya, kudapan manis akar kelapa juga termasuk makanan khas orang Cikarang yang wajib ada di meja ruang tamunya.

Karena rasanya sangat lezat menciptakan kudapan manis satu ini sering dijadikan sajian untuk para tamu. Diberi nama demikian karena bentuknya mirip akar pohon kelapa, panjang dengan gerigi di sekelilingnya.

Rasanya gurih, sedikit asin namun cenderung anggun. Sekali cicip, kau bakal ketagihan dibuatnya. Kue akar kelapa juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Makara jika mampir ke Cikarang jangan sampai lupa membelinya ya! Tidak sulit mendapatkannya alasannya tersedia hampir di semua toko oleh-oleh disana, dari mulai wilayah utara hingga selatan.

Itulah 10 kuliner khas kota Cikarang yang bisa kau jadikan sebagai pilihan untuk mengisi perut. Nah, dari daftar diatas, mana nih paling menarik hati hatimu?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni