10 Kuliner Khas Ambarawa Yang Maknyusnya Bikin Nagih

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66637″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Pada artikel kali ini, JejakPiknik akan mengulas tentang makanan khas kota Ambarawa. Mengapa kita harus membahasnya? Pasalnya, kurang lengkap rasanya jikalau kita berkunjung kesana cuma untuk menikmati tempat wisatanya tanpa mencicipi kulinernya.

Ambarawa ialah salah satu kecamatan di kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang mempunyai sederet tempat wisata menarik, dari mulai alam, edukasi, sejarah sampai aneka kulinernya.

Nah, bila kau kebetulan sedang bertandang ke kawasan Ambarawa, tak perlu bingung mencari dimana kuliner yang enak dan cocok untuk memanjakan perut.

Pasalnya, ada berbagai makanan khas Ambarawa yang layak buat dicobain saat menjejakkan kaki disana. Dan berikut kami sajikan 10 pilihan terbaik yang wajib kau cicipi kenikmatannya. Penasaran apa saja? Mari kita simak ulasannya!

1. Gudeg Merakmati

Foto By @ny.rempong

Makanan khas Ambarawa pertama yang kami rekomendasikan buat kau cicipi ialah gudeg Merakmati. Kalau dilihat sekilas, penampilannya sama seperti gudeg di Jogja, ada nangka, daun singkong dan telur.

Perbedaannya hanya terletak pada rasanya saja. Gudeg Merakmati diklaim memiliki rasa lebih khas. Penganan ini juga sangat spesial karena disajikan dengan tendon sapi atau koyor yang sudah direbus hingga empuk.

Untuk menikmati kelezatan gudeg Merakmati ini, kamu coba datang saja ke tempat terminal bus Bawen. Letak depotnya ada di sebelah utara dari jalur Intan Semarang menuju Solo, jaraknya hanya sekitar 2 km saja.

Memang terlihat sangat sederhana, tapi alasannya mempunyai citarasa luar biasa, banyak pelanggan yang rela mengantre demi untuk mampu menikmatinya.

2. Tahu Serasi

Foto By @budi_ambong

Bila dilihat dari segi teksturnya, penganan khas kota Ambarawa ini memang hampir sama saja dengan tahu pada umumnya. Padahal sebetulnya berbeda jauh.

Pasalnya, tahu harmonis ini dibentuk tanpa materi pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi. Warnanya putih, teksturnya lembut dan sedikit kenyal dikala digigit. Rasanya pun sangat gurih, pokoknya mantap deh!

Siapapun bakal ketagihan dibuatnya, apalagi aromanya menarik hati. Tahu harmonis ini dijual dengan harga relatif murah, cukup sediakan budget Rp.12.000 saja untuk membawa pulang sebungkusnya dengan isi 8 potong. Ke Ambarawa jangan ragu membelinya ya!

3. Serabi Ngampin

Foto By @leinana__

Kuliner khas Ambarawa berikutnya yang menjadi andalan yakni serabi ngampin. Kamu bakal nyesal kalau sampai tidak mencicipinya.

Seperti namanya, serabi ini aslinya berasal dari tempat Ngampin. Namun begitu, tak perlu jauh-jauh ke sana untuk mencobanya, sebab di kota Ambarawa sendiri sudah banyak dijual surabi lezat.

Kamu coba saja datang ke jalan Ambarawa-Magelang, letaknya tidak jauh dari terminal bus menuju Yogyakarta. Selain serabi, di tempat ini juga masih ada banyak lagi pilihan kuliner khas desa Ngampin yang layak buat dicicipi mirip jenang, opak atau peyek.

Serabi Ngampin ini kehigienisannya dan kualitas rasanya mampu dijamin. Karena dalam proses pembuatannya selalu diperhatikan aspek kebersihan, sehingga kondusif untuk dikonsumsi.

4. Sate Kelinci Bandungan

Foto By @foodgrafer

Di sekitar tempat Bandungan, ada sejumlah pedagang yang menjajakan masakan khas Ambarawa ialah hidangan sate kelinci lezat. Letaknya sempurna di jalan raya Bandungan-Sumowono.

Sate kelinci ini memiliki rasa sangat yummy dan tekstur dagingnya pun begitu lembut. Tidak sulit menemukannya, karena para penjaja kuliner tersebut ada di pinggiran tembok objek wisata Bandungan.

Sate kelinci tersebut dijual dengan harga yang cukup ramah dikantong, hanya Rp.12.000 saja per porsi. Tak hanya itu, kamu juga mampu menikmati sate ayam disini, harganya cuma 10 ribuan seporsinya.

5. Pecel Mbok Kami

Foto By @jajanmiaw

Menu kuliner khas Ambarawa berikutnya yang wajib kau makan ialah pecel Mbok Kami. Penganan ini memang terlihat biasa saja, tapi tidak akan ada yang menyangka bila rasanya yummy dan menarik hati, bahkan sudah banyak orang terpikat alhasil.

Rasa nikmat pecel Mbok Kami ini terletak pada bumbu kacangnya. Saat ke Ambarawa, jangan hingga lewatkan untuk mencicipinya, biar kau tahu bagaimana kenikmatannya.

Tidak sulit untuk menemukan warung pecel Mbok Kami, alasannya letaknya akrab terminal bus Ambarawa, tepatnya di jalan Goa Maria Kerep. Harganya pun sangat erat, cukup dengan merogoh kocek 10 ribu saja buat menikmati seporsinya.

6. Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari

Foto By @jesuslove_jack

Kuliner satu ini sekilas hampir sama dengan tengkleng solo dan rasanya pun tak kalah lezat. Sehingga ketika berkunjung ke Ambarawa, jangan lewatkan untuk mencicipinya!

Harganya pun tergolong murah, karena hanya perlu merogoh kocek 10 saja kau sudah mampu makan gecko Ibu Siti ini. Kelezatannya sudah tidak perlu diragukan lagi, buktinya hampir semua kalangan menyukainya.

Meskipun warungnya kecil dan sederhana, tapi pengunjungnya selalu saja ramai. Bahkan banyak orang rela mengantre panjang demi untuk mencicipinya.

Seperti namanya, lapak Ibu Siti ini berada di desa Tlogo, Tuntang, Kab.Semarang, Jawa Tengah. Letaknya memang agak jauh dari sentra kota, namun kamu tak akan menyesal tiba ke sini demi untuk menikmati sepiring gecok.

7. Sate Pak Kempleng

Foto By @_jalan_jalan

Rekomendasi masakan berikutnya yang juga layak buat kamu jajal yakni sate Pak Kempleng. Letak depotnya sendiri ada di jalan Diponegoro nomor 265, Ungaran. Mereka biasanya mulai beroperasi dari pukul 09.00-21.00 WIB.

Keunggulan dari sate Pak Kempleng ini yakni daging yang disajikan berotot namun mempunyai tekstur lembut ketika di makan dan bahkan tidak berlemak.

Menariknya lagi, materi baku satenya direndam terlebih dahulu memakai aren, sehingga rasanya semakin begitu khas. Namun untuk menikmati sensasi kenikmatannya, kau perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.27.000 per porsinya.

8. Gemblong

Foto By @sihitammanis_2el

Pernah mendengar gemblong? Nah, masakan khas Ambarawa satu ini yakni sejenis cemilan ringan berbahan dasar singkong rebus yang lalu dihaluskan dan selanjutnya digoreng kemudian dilapisi gula merah.

Di bagian tengahnya biasanya diisi gula pasir dan bentuknya lonjong. Meski tampak biasa saja, namun cemilan ringan ini cukup digemari semua kalangan.

Untuk menemukannya juga cukup mudah, alasannya banyak dijajakan di pinggiran jalan. Dan harganya pun sangat nyaman dikantong, cuma perlu Rp.1.000 saja kamu sudah mampu menikmati kelezatan gemblong ini.

9. Sate Keong

Makanan khas ambarawa semarang makan kota daerah di ringan bandungan jawa tengah
Foto By @foodagogy

Rawa Pening, Ambarawa tak hanya dikenal dengan keindahan panoramanya, namun juga kulinernya. Salah satu makanan yang wajib kamu santap saat berkunjung kesana yaitu sate keong.

Selain rendah kolestrol, masyarakat setempat juga meyakini sate keong ini mampu mengobati berbagai penyakit seperti rematik, asam urat, asma dan darah tinggi. Sehingga tak heran bila masakan tersebut mempunyai banyak penggemar.

Meski terlihat agak menjijikkan, namun rasanya lezat dan tidak perlu diragukan kehigienisannya. Untuk mencicipinya, tak harus merogoh kocek dalam-dalam, sebab harganya hanya Rp.1.000 per tusuk.

10. Brownies Ndeso Kris-Kris

Foto By @browniesndeso_kris2

Kamu doyan makan brownies? Para pecinta coklat dan kue-kuean biasanya akan pribadi mengangguk dengan antusias tanpa ada keraguan lagi.

Kalau dibuat dengan menggunakan tepung sebagai bahan utama mungkin sudah biasa, namun bagaimana kalau terbuat dari buah-buahan atau sayuran, kamu sudah pernah coba?

Jika belum, kamu wajib datang ke Ambarawa, sebab hanya disana saja bisa ditemukan brownies unik ini. Alamat tepatnya ialah di jalan Pereng Kuning 100, Tegaron Wetan, Kebumen Banyubiru.

Untuk varian rasanya bermacam-macam dan paling favorit yakni rasa durian, strawberry, apel, dll. Kamu pun mampu membawanya sebagai oleh-oleh khas dari Ambarawa lho.

Demikianlah beberapa kuliner Ambarawa yang menggugah selera dan wajib kamu cobain sembari mengunjungi sejumlah tempat wisata disana. Semoga artikel ini mampu menambah informasimu perihal kuliner di Nusantara ya!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni