10 Kuliner Khas Ngawi Yang Bikin Kau Minta Nambah Terus

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”38349″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Kota Ngawi adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal memiliki banyak sekali kawasan wisata menarik dan sangat anggun untuk dikunjungi.

Namun, tidak hanya tempat wisatanya saja yang populer, segudang kuliner lezat khas Ngawi ini juga harus Sahabat JejakPiknik coba dikala bertandang ke kabupaten tersebut.

Selain untuk sekedar mengisi perut, sejumlah makanan dan minuman khas Ngawi ini juga mantap buat dijadikan sebagai oleh-oleh lho.

Lantas, apa saja kuliner yang menjadi ciri khas dari kawasan Ngawi dan paling wajib buat dicoba? Berikut ialah listnya.

1. Tepo Tahu

Foto By idntimes.com

Sebagian Sahabat JejakPiknik niscaya sudah pernah dengar tepo tahu. Karena di beberapa kawasan di Jawa Timur memang menjadikan kuliner ini sebagai menu andalan, termasuk di Kab.Ngawi.

Makanan unik khas Ngawi ini bahan dasarnya terbuat dari tepo, salah satu jenis penganan mirip lontong namun dengan bentuk berbeda dan teksturnya lebih lembut.

Selain tepo, materi utama dari sajian tradisional satu ini yakni tahu telur yang lalu disiram kuah dengan racikan bumbu sederhana menggunakan kecap, air asam dan lainnya.

Bila ingin mencicipinya, satu kawasan terbaik yaitu Tepo Tahu Mbah Nem di Jln.Dr,Sutomo, Ngawi. Warung tersebut buka mulai pukul 17.00-21.00. Soal harganya, kita hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp.12.000 saja per porsinya.

2. Lethok

Foto By cookpad.com

Meskipun namanya terdengar gila tapi bekerjsama kuliner yang juga disebut dengan sambal tumpang ini rasanya sangat enak lho.

Berdasarkan resep, lethok tersebut terbuat dari tempe semangit yang kemudian dicampur dengan bumbu dapur sehingga memiliki rasa sangat nikmat.

Tempe semangit sendiri adalah tempe yang sudah dibusukkan terlebih dahulu sebelum lalu dijadikan sebagai lothek. Makanan tersebut biasanya dihidangkan dengan rasa pedas.

Nah, bagi yang ingin mencicipinya, warung Lethok Pecel Mbah Jan di Jln.Trunojoyo, ds.Ngadirejo, yaitu tempatnya. Lapak ini buka mulai pukul 06.00-12 siang dan untuk satu porsi lethoknya hanya dipatok sekitar 3 ribuan saja.

3. Kripik Tempe

Foto By azzamaviero.com

Melihat gambar atau foto penganan satu ini mungkin sudah bukan menjadi kuliner aneh lagi bagi kita ya. Pasalnya, jajanan tradisional tersebut hampir ditemukan di setiap daerah di Indonesia.

Namun dari segi rasa, kripik tempe khas Ngawi ini sedikit berbeda dimana tak hanya gurih tapi juga pedas alasannya diberi bumbu istimewa seperti jeruk, kencur serta cabe.

Nah, bila ingin berburu cemilan ringan ini, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke Kripik Tempe Prima Rasa di Jln.M.Duriyat, Gg.Cendrawasih No.33, Grudo. Di toko tersebut, harga jajanan keripiki sangat terjangkau hanya 12 ribuan saja.

4. Nasi Pecel

Foto By azzamaviero.com

Nasi Pecel yaitu salah satu kuliner tradisional paling terkenal di Indonesia. Hampir setiap daerah menyebabkan sajian tersebut sebagai menu andalannya.

Namun yang di Ngawi ini cukup berbeda alasannya disajikan dalam pohon pisang berbentuk segitiga. Selain itu, nasinya juga begitu lembut lalu bumbu kacangnya disengaja tidak terlalu halus semoga rasa gurihnya terasa.

Nah, penasaran citarasanya? Bagi yang ingin mencoba, satu kawasan terbaik adalah Nasi Pecel Lethok Mbah Jan di Jln.Trunojoyo, Ngadirejo ya. Tak hanya yummy, harga juga murah meriah hanya 3 hingga 6 ribuan saja. Bagaimana, siap meluncur?

5. Ledre

Foto By abaut-ngawi.blogspot.com

Sebenarnya ledre merupakan makanan tradisional Bojonegoro namun di Ngawi penganan tersebut juga disebut sebagai kuliner khasnya, tentunya dengan menyuguhkan citarasa tersendiri.

Ledre di Ngawi tampilan dan rasanya cukup berbeda dengan yang ada di Bojonegoro. Ditambah lagi, di daerah tersebut penganan ini telah dimodifikasi menjadi beberapa rasa.

Nah, Jika penasaran akan rasanya, silahkan membelinya di toko Ledre Super Pisang Raja di Jln.Gajah Mada. Di daerah ini, kita hanya menyiapkan budget sekitar Rp.4.000-Rp25.000 saja untuk dapat satu bungkusnya.

6. Wedang Cemue

Foto By cookpad.com

Wedang Cemue ini yakni sejenis kuliner berwujud minuman yang rasanya seperti dengan sekoteng dan ronde. Hidangan tersebut sangat cocok diminum ketika cuaca sedang cuek guna untuk menghangatkan tubuh.

Wedang Cemue sendiri bahan dasarnya terbuat dari jahe dan juga susu. Menu tersebut biasanya paling nikmat kalau ditemani sepotong roti ataupun masakan pendamping lainnya.

Dan menu tersebut banyak dijual disekitar Alun-alun kota Ngawi. Di daerah ini berjejer sederet pedagang wedang lezat dengan harga rata-rata 5 ribuan per porsinya.

7. Sate Gule

Foto By satengawi.blogspot.com

Meski masakan berikutnya ini gampang ditemukan di kota-kota lain namun sate gule khas kabupaten Ngawi tersebut mampu dibilang sedikit berbeda alasannya hanya diberi sedikit kecap saja.

Bagi Sahabat JejakPiknik yang tidak suka akan makanan bercitarasa bagus, mungkin sate gule yakni menu paling pas buat disantap dikala tengah berkunjung ke Ngawi.

Dan satu kawasan paling populer akan kuliner ini yaitu Sate Gule Pak Lancur di Jln.Ahmad Yani No. 46. Bertandang ke warung tersebut, Sahabat JejakPiknik hanya perlu menyiapkan budget 30 ribu saja untuk mampu menikmati satu porsi satenya.

8. Rawon

Foto By cookpad.com

Tak hanya di Pasuruan saja, masakan berjulukan rawon yang terbuat dari daging pilihan dan tauge ini juga ternyata menjadi salah satu makanan khas di Ngawi. Tentunya dengan citarasa tersendiri ya.

Nah, bila Sahabat JejakPiknik ingin tau bagaimana rasa rawon khas Ngawi, ada satu daerah paling sempurna buat dikunjungi yakni Warung Rawon di jln.Trunojoyo no.17, Kretek, Ngawi. Disini, untuk harga satu porsinya hanya dibanderol kisaran 25 ribuan saja.

9. Tongseng Kambing

Foto By planktontour.com

Meskipun cukup mudah ditemukan di tempat lain namun tongseng kambing khas Ngawi ini bisa dikatakan rasanya sedikit berbeda alasannya memberi sensasi rasa sangat pedas.

Menu masakan satu ini sangat mudah ditemukan di warung-warung makan di Ngawi dan salah satu pola yang paling terkenal ialah Sate Gule di jln.Ahmad Yani No.46, Beran. Selain enak, harganya juga murah hanya 20 ribuan.

10. Cokelat Tempe

Foto By tokopedia.com

Cemilan ringan yang merupakan perpaduan tempe dan cokelat ini yaitu salah satu penganan khas tempat Mantingan, Ngawi. Kudapan tersebut sangat cocok buat dijadikan sebagai buah tangan.

Nah, jikalau ingin mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik silahkan tiba ke rumah produksi di daerah Danguk, Karangjati ya. Selain yummy, harga cemilan tersebut juga sangat akrab hanya 10 ribuan saja per bijinya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni