10 Kuliner Lezat Yang Banyak Diburu Di Cepu

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66621″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Cepu adalah salah satu kecamatan di kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kota ini merupakan perbatasan antara Jawa Timur dan provinsi Jateng, sehingga sering cukup sering dilintasi orang-orang, baik untuk sekedar lalu-lalang atau berlibur.

Jika kamu sedang berkunjung ke Cepu, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk merasakan kuliner khas dari daerah tersebut.

Pasalnya, selain mempunyai sejumlah wisata unggulan, Cepu juga didukung bermacam-macam makanan, minuman hingga jajanan tradisional dengan ciri khasnya sendiri. Citarasanya pun sangat memanjakan pengecap dan bisa bikin siapapun yang menyantapnya ketagihan.

Selain itu, Cepu juga terkenal sebagai ladang minyak terbesar di Indonesia. Bahkan masuk menjadi tempat penghasil jati terbaik.

Terlepas dari julukan ladangnya minyak Indonesia, kira-kira apa saja sih masakan khas Cepu yang layak buat dicoba? Langsung aja yuk kita cek satu per satu!

1. Serabi Bakar

Foto By @ipoto_

Serabi merupakan salah satu kuliner khas yang gampang ditemui di berbagai kawasan di Indonesia dan mempunyai nama berbeda-beda, ada yang menyebutnya dengan surabi, ebda atau serabeh.

Nah, jika di Cepu sendiri, namanya dikenal dengan serabi. Makanan ini bahan utamanya terbuat dari adonan tepung dan santan kelapa yang kemudian dipanggang.

Penjual serabi biasanya membuatnya saat ada pembeli yang datang memesan, jadi kau mampu menikmatinya saat dalam keadaan panas. Saat dipanggang, aromanya dapat membuat perutmu semakin lapar.

Serabi cocok dijadikan sebagai sajian sarapan alasannya banyak dijual ketika pagi-pagi. Harganya pun sangat murah, hanya Rp.500 per bijinya. Kamu mampu mampir ke pasar tradisional untuk membelinya.

2. Pecel Kangkung

Foto By @ichaa_bie25

Tidak semua yang namanya pecel memakai kangkung dalam adonan sayurannya. Seperti di Surabaya, disana mereka hanya memakai rumput semanggi.

Tapi di Cepu, kau bisa menikmati pecel dengan adonan sayur kangkung. Rasanya pun sangat yummy, anggun, gurih dan pedas berpadu menjadi satu. Kalau kamu pecinta masakan pedas, wajib mencoba makanan khas satu ini.

Cukup gampang untuk menemukannya, karena banyak penjual di pinggiran jalan Cepu yang menjualnya. Cara penyajiannya pun masih sangat tradisional, dimana diberi daun jati sebagai alasnya, sehingga aromanya semakin menambah selera.

3. Utri Manis

Foto By @dianfaizin17

Makanan khas Cepu satu ini juga tergolong unik. Ya, alasannya utri cantik yaitu salah satu makanan ringan yummy berbahan dasar gabungan parutan singkong dan gula merah, yang sebelum dikukus, dibungkus terlebih dahulu memakai daun pisang.

Utri elok punya ciri khas berwarna kecoklatan sebab efek gula merah di dalamnya mencair. Kudapan ini biasanya disajikan dengan taburan parutan kelapa diatasnya, sehingga rasanya menjadi manis juga gurih.

Makanan ini biasanya dijajakan pada pagi hari dan cocok dijadikan sebagai hidangan sarapan alasannya adalah mengandung banyak karbohidrat, sehingga mampu menjadi pengganti nasi.

4. Egg Roll Waluh

Foto By @browniesmama_

Egg roll waluh menjadi salah satu masakan khas Cepu yang cocok buat kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Kudapan nikmat berwujud kue semprong ini bahan utamanya terbuat dari telur.

Rasanya sendiri renyah diluar dan empuk di dalam, sangat pas dijadikan sahabat menikmati secangkir kopi di dikala kalem sore hari bersama keluarga. Tak hanya enak, egg roll ini juga diyakini memiliki banyak manfaat alasannya adalah mengandung vitamin A dan C.

Kamu mampu datang ke sentra produksi Egg Roll Ngudi Roso di Jln.Giyanti RT.03 RW.01, Kelurahan Ngroto, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah untuk membelinya. Cukup sediakan Rp.13.000-Rp.15.000 saja buat bawa pulang sebungkusnya.

5. Sirup Lidah Buaya

Foto By @yossi_isoy

Selain masakan, Cepu juga punya minuman khas yang layak buat kau coba dikala bertandang ke daerah Blora ini, namanya yakni sirup pengecap buaya.

Sirup lidah buaya ini dipercaya sebagai minuman yang menyehatkan sebab terdapat kandungan alami di dalamnya. Bahkan sudah mendapatkan sertifikat dari Dinas Kesehatan terkait, jadi tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Kamu pun bisa membawanya pulang sebagai buah tangan. Cukup dengan merogoh kocek Rp.15.000 saja, sebotol sirup lidah buaya berukuran 600 ml siap untuk dijadikan bingkisan buat orang-orang di rumah. Selain menyehatkan, harganya murah juga ya!

6. Stick Waluh

Foto By www.inibaru.id

Ada banyak lagi referensi kuliner khas Cepu yang layak masuk dalam acara kulineranmu dan patut buat dicicipi. rekomendasi selanjutnya ialah stick waluh.

Stick waluh termasuk sebagai salah satu jajanan tradisional. Cemilan tersebut terbuat dari labu kuning dan mempunyai bentuk persegi panjang. Selain mampu dijadikan pengganjal perut, kamu juga mampu membawanya pulang untuk dijadikan buah tangan, karena umumnya sudah dikemas rapi.

Stick waluh yang cukup terkenal dari Cepu yaitu cap Mekar Sari. Harganya hanya kisaran 7 ribu saja per bungkus dengan berat 200 gr. Borong banyak untuk dibagikan ke rekan sekantor atau tetangga, tentu menjadi hal menyenangkan bukan?

7. Sego Pecel Mbah Ribut

Foto By @fajarhaninda

Di Cepu, menemukan tukang pecel itu yaitu hal paling mudah dan pilihannya pun beragam. Namun dari sekian banyaknya, yang paling laris ialah sego pecel Mbah Ribut.

Ini adalah salah satu pecel terlaris dan terkenal disana. Bumbunya beda dari yang lain, gurih dengan didominasi rasa pedas alasannya jahenya dibuat banyak. Selain itu, pilihan lauknya pun beragam, ada empal, perkedel, paru, telur sampai semur ayam.

Penasaran bagaimana rasanya? Yuk meluncur langsung ke lapak Mbah Ribut di jalan Taman Bahagia. Kamu cukup merogoh kocek 15 ribu saja untuk menyantap seporsinya. Biasanya beliau buka dari pukul 6 pagi sampai pukul 2 siang.

8. Lontong Opor Pak Pangat

Makanan khas cepu jawa tengah ciri dari blora daerah kota
Foto By @rachovich

Nah, lontong opor Pak Pangat ini adalah paling juara dari semua masakan khas Cepu. Saking ramainya, kamu tidak akan dilayani makan disana kalau belum dipesan terlebih dahulu.

Aroma kuah opor Pak Pangat populer menggugah selera. Perpaduan antara aneka rempah dan taburan bawang serta cabe rawit menghasilkan rasa gurih, elok, pedas di lidah. Semakin nikmat karena diberi bagian daging ayam kampung besar di dalamnya.

Satu keunggulan dari opor ayamnya yaitu dagingnya sangat empuk, teksturnya pun lunak, bahkan tulangnya bisa hancur dengan sekali gigit saja. Kalau kamu penasaran, tiba aja pribadi ke warungnya ya, tapi ingat harus pesan terlebih dahulu.

9. Kopi Klotok

Foto By @thecoffeelifestyle

Kopi klotok ialah salah satu alternatif untuk menikmati secangkir kopi. Berbeda dari yang biasanya, minuman ini diseduh dengan cara direbus bersama air sekaligus dalam panci. Hasilnya, kental dan pahit di pengecap.

Aromanya pun sangat berpengaruh namun rasanya begitu istimewa. Diberi nama demikian alasannya kopi itu pertama kali dipopulerkan di kampung Klotok, adalah salah satu desa di kecamatan Cepu.

Terlepas dari asal-ajakan namanya, kopi ini memang memiliki citarasa sangat nikmat. Apalagi harganya murah, hanya 5 ribuan saja per gelas. Untuk mencicipinya, kau mampu mengunjungi warkop-warkop yang tersebar di Cepu.

10. Wingko

Foto By @ocha_cuphid

Sebagai salah satu kecamatan di Blora, Cepu juga mempunyai wingko sebagai kuliner khasnya. Memang camilan ini mampu ditemui di beberapa kawasan di Indonesia, namun wingko asal kawasan penghasil jati tersebut sedikit berbeda.

Bentuknya bulat dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan orang dewasa. Wingko juga gampang di dapat. Coba saja tiba ke tempat stasiun Cepu, disanalah sentra pembuatannya.

Salah satu wingko yang cukup populer yaitu cap ‘Spoor Lokomotif”. Selain enak, harganya pun sangat ramah dikantong. Kamu juga mampu menjadikannya sebagai buah tangan, alasannya kudapan ini bisa tahan lama.

Demikian ulasan kami ihwal masakan khas Cepu. Semoga bisa menjadi referensi dan jangan lupa untuk membeli yang banyak ya, biar kau bisa makan sepuasnya. Oke? Selamat berburu kuliner yummy!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni