10 Makanan Khas Hungaria Yang Siap Menggoyang Lidahmu

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”38531″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Meskipun tidak terlalu dikenal banyak orang, tapi Hungaria ialah salah satu negara tertua sekaligus daerah wisata terbaik di benua Eropa khususnya bab timur.

Selain menyuguhkan gedung-gedung berdesain unik, negara beribukota Budhapest ini juga ternyata memiliki sejumlah kuliner tradisional yang sangat lezat.

Berkunjung ke Hungaria, sangat disayangkan rasanya jikalau Sahabat JejakPiknik tiba ke negara ini tanpa mencicipi kuliner khasnya yang konon katanya mampu menciptakan kita ketagihan.

Dan berikut ini ada beberapa daftar kuliner khas Hungaria yang patut untuk Sahabat JejakPiknik coba saat bertandang ke negara tersebut.

1. Goulash

Foto By superadventure.co.id

Nama kuliner khas Hungaria pertama  ialah goulash, salah satu kuliner nikmat berbentuk sup berbahan dasar varian daging, kentang, paprika serta wortel. Dan tentunya tidak lupa, sentuhan bumbu rempah khusus.

Goulash sendiri merupakan salah satu simbol negara yang namanya diambil dari bahasa Hungaria adalah “gulyas” dengan artinya yakni penggembala.

Nah, penasaran akan citarasanya? bagi yang ingin menikmatinya, Great market hall yakni destinasi terbaik. Selain yummy, harga goulash di daerah modern ini hanya dibanderol sekitar 40 sampai 50 ribu seporsinya.

2. Langos

Foto By gotravelly.com

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang doyan makanan ringan berwujud kue, maka makanan khas Hungaria berjulukan langos ini adalah salah satu penganan paling wajib dicoba.

Langos sendiri terbuat dari tepung terigu, ragi, susu, gula serta garam. Kue ini bentuknya pipih dan biasanya digoreng secara deep fried.

Rasanya terdiri dari dua varian ada bagus juga asin dengan aneka topping pilihan bisa daging, keju parut, krim asam, kacang ataupun cokelat.

Untuk mendapatkannya tidaklah sulit, Sahabat JejakPiknik juga mampu menemukannya di Great Market Hall di Budapest, Vamhaz 1-3, Hongaria. Disini harga langos dibanderol berkisar 500 HUF(Rp.24.000) saja per bijinya.

3. Retes (Strudel)

Foto By vienapastry.blogspot.com

Makanan yang berikutnya ini yakni salah satu jenis penganan yang paling gampang ditemukan di benua Eropa termasuk di negara Hungaria.

Kue berjulukan retes atau strudel ini biasanya diisi dengan beraneka macam bahan mampu apel, ceri, keju ataupun lainnya. Di Indonesia sendiri masakan tersebut  juga sudah mulai dijajakan dibeberapa kota contohnya di Malang.

Retes atau strudel juga banyak dijual di Great Market Hall di Budapest, Vamhaz 1-3, Hongaria. Soal harganya, budget yang diperlukan hanya berkisar  230HUF(Rp.11.000)per bijinya.

4. Gelarto Rosa

Foto By tripadvisor.co.id

Makanan khas Hungaria selanjutnya ialah Gelarto, semacam dessert atau menu penutup yang bentuknya mirip es krim dan biasanya disajikan dengan bentuk cukup unik semoga menarik.

Gelato sendiri disediakan dengan banyak sekali macam varian rasa dan tampilan paling sering disajikan yaitu gelato berbentuk bunga ekar.

Dan salah satu daerah yang menyuguhkan citarasa gelato terbaik mampu ditemukan toko es di depan St.Stephen Basilica di Budapest, Szent Isvant Ter 1, Hongaria. Di kawasan terkenal ini harganya dikenai sekitar 600 HUF(Rp.29.000) saja.

5. Halaszle

Foto By idntimes.com

Berikutnya ada halaszle, salah satu hidangan menonjol seperti gulai yang dimasak dalam ceret diatas api dengan materi utama terbuat dari ikan sungai serta paprika.

Sup ikan bernama Halazzle ini ada banyak variasinya, bisa dari gurame dengan pasta tebal atau juga aneka macam ikan.

Penasaran ingin mencicipinya? Nah, Sahabat JejakPiknik silahkan saja datang ke Duna Garden di bersahabat sungai Dunabe tepatnya di Vizisport utca 12-18, Budapest. Untuk harganya, tak peru khawatir sebab masih ramah dikantong.

6. Fozelek

Foto By nutsandwalnuts.com

Fozelek yaitu hidangan khas Hungaria yang tidak hanya unik dan sehat namun juga mudah serta sangat mudah dibentuk karena bahannya sendiri hanya terdiri dari sayuran saja.

Bahan utama dari salah satu sajian rumahan ini biasanya terbuat dari kentang, kacang polong, lentil serta wortel yang kemudian dicampur dengan tepung serta krim asam untuk mendapatkan kuah kental.

Bagi yang ingin merasakan citarasa terbaiknya, Fozelekfalo Etelbar di Nagymezo ucta 18, Budapest adalah tempatnya. mengenai harga, hanya berkisar 380HUF(Rp.18.000) per porsinya. Murah kan?

7. Somloi Galuska

Foto By gotravelly.com

Makanan epilog yang lezat dan tidak bercacat serta berbentuk bulat ini dikenal dengan nama Somloi Galuska, salah satu jenis kudapan manis bolu dilapisi krim cokelat, kernel kenari, rum dan krim kocok.

Berkunjung ke Hungaria, somloi galuska yaitu salah satu penganan paling wajib dicoba. Pasalnya, kudapan manis ini pernah dinobatkan sebagai masakan terbaik di acara penghargaan Pameran Dunia Brussel.

Dan salah satu kawasan terbaik yang menyajikan somloi galuska terlezat yaitu Gundel restaurant di Allatkerti Ut 2, Budapest. Untuk harganya kita hanya perlu merogoh kocek sekitar 500HUF atau 24 ribuan saja per porsinya.

8. Porkolt

Foto By kaskus.co.id

Porkolt yakni sejenis masakan khas Hungaria yang seperti dengan rendang, hanya saja kuliner satu ini tidak diberi cabai sama sekali melainkan paprika abu dan pasta tomat.

Sekilas, porkolt ini juga tidak jauh beda dengan goulash. Teskstur dagingnya yang begitu empuk dan rasanya pun begitu menggoda menjadikannya sebagai salah satu menu favorit warga Hungaria.

Bila ingin mencicipinya, bisa datang ke Nancsi Neni Vendegloje di Ordogarok U.80, kota Budapest. Di tempat bernuansa otentik ini harga porkolt seporsi hanya berkisar 190 ribuan saja.

9. Dobos Torte

Foto By idntimes.com

Dobos torte merupakan salah satu sajian khas Hungaria yang terbuat dari kudapan manis bolu dengan lapisan cokelat buttercream dan dilumuri oleh karamel.

Kue glamor yang diperkenalkan oleh Jozsef C.Dobos ini rasanya sangat luar biasa dan terkenal sebagai hidangan penutup paling enak di Hungaria.

Dan Zila Coffee House and Restaurant di Ulloi Ut 452, Budapest ialah kawasan terbaik untuk kita menikmatinya. Untuk harganya, jangan khawatir masih sangat dekat.

10. Kurtos Kalacs

Foto By alowisata.com

Terakhir, ada Kurtos Kalacs yakni salah satu penganan khas Hungaria berbahan dasar adonan ragi yang dipanggang diatas arang dan biasanya dilapisi dengan gula, debu kayu anggun atau kacang.

Kue jajanan ini mampu Sahabat JejakPiknik temukan di Kurtoskalacs Kavezo di Vaci Ucta 31, Budapest dan mengenai harganya biasanya berkisar 1000-1500HUF(Rp.48.000-Rp.73.000) per kuenya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni