10 Makanan Khas Tuban, Nomor 1 Terbuat Dari Tanah Liat Lho, Mau Coba?

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”36259″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Kabupaten Tuban ialah salah satu kota yang terletak di pesisir Utara provinsi Jawa Timur. Karena letaknya cukup strategis, membuat daerah ini mempunyai beraneka ragam destinasi wisata elok dan pastinya akan sangat anggun untuk tujuan liburan.

Selain keanekaragaman objek wisatanya, Tuban juga menjadi salah satu destinasi berburu masakan terbaik di Jatim. Banyak makanan dan minuman khas yang enak buat dicicipi dari kawasan tersebut.

Nah, ingin tau apa saja nama masakan khas Tuban yang kelezatannya cukup populer? Langsung saja kita simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Ampo

foto by dzargon.com

Kudapan satu ini termasuk salah satu makanan Khas Tuban yang cukup unik dan mungkin tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Ampo ialah salah satu jenis makanan ringan ringan yang unik karena terbuat dari tanah liat dan termasuk makanan tradisional menyehatkan bagi masyarakat Tuban.

Cemilan tersebut sudah disukai secara turun temurun oleh masyarakat Tuban dan biasanya dijadikan sebagai makanan pendamping sembari menikmati kopi atau teh anggun.

Nah, kira-kira rasanya bagaimana ya? Oke, bagi yang ingin tertarik mencicipinya, kuliner ini banyak dijual di pasar dan harganya pun relatif murah hanya Rp.5.000.kg. Tertarik ingin mencoba?

2. Dumbek

foto by yonozz.blogspot.com

Jajanan tradisional satu ini mungkin tidak diketahui banyak anak muda sekarang. Ya, alasannya adalah karena sudah sangat langka dan jarang ditemui.

Dumbek merupakan salah satu penganan bertekstur lembut yang dibungkus memakai daun lontar dan memiliki bentuk lonjong panjang mirip terompet tetapi beraroma sangat harum.

Adapun bahan utama dari Dumbek ini terbuat dari tepung beras, gula merah, daun pandan, garam, santan serta parutan kelapa dan dililit menggunakan daun siwalan.

Kudapan yang kerap dijadikan sebagai buah tangan ini banyak dijual di pasar tradisional dengan harga cukup bervariasi mulai dari Rp.1.500-Rp.2.000/bijinya.

3. Garang Asem

foto by pegimakan.id

Makanan khas Tuban selanjutnya adalah Garang asem, salah satu kuliner tradisional berbahan dasar ayam berkuah bening dan dibungkus menggunakan daun pisang saat memasaknya.

Bagi yang ingin menikmati citarasa kuliner ini, Rumah Makan Rahayu di jalan Basuki Rahmat No.135 yaitu tempat paling tepat. Disini, harga kuliner tersebut hanya dibanderol sekitar 10 ribu saja per porsinya.

4. Rajungan

foto by gotravelly.com

Terletak di tempat pesisir membuat kab.Bantul mempunyai berbagai makanan khas yang identik dengan seafood, salah satu misalnya adalah Rajungan, hewan bahari seperti kepiting.

Nah, di kawasan Tuban sendiri hewan bahari ini dijadikan sebagai kuliner khas yang diolah dengan menggunakan resep bumbu rempah pilihan sehingga menghasilkan Rajungan Kuah Kari Manunggal.

Karena terkenal akan kelezatannya, kuliner ini pun gampang ditemukan di banyak sekali daerah di Tuban dan salah satunya yang paling terkenal yaitu Kari Rajungan Manunggal Jaya di jln. Manunggal No. 100.

Tempat tersebut buka mulai pukul 08.00-20.00 dan berbicara tentang harga, disini kita hanya perlu merogoh kocek sekitar 100 ribu saja untuk satu porsinya.

5. Bebek Menthok

foto by pegimakan.id

Makanan khas berikutnya ini merupakan masakan tradisional berbahan dasar angsa yang dimasak dengan kuah kental dan diberi bumbu khas sehingga citarasanya pun cukup istimewa di verbal.

Adapun resep untuk bumbu kuliner ini terdiri dari merica, jintan, bawang merah dan putih, mesoyi serta rempah-rempah lainnya.

Bagi yang ingin mencicipinya tak perlu khawatir alasannya adalah di Tuban sendiri banyak kedai makan hadir menyajikan menu ini dan daerah paling terkenal diantaranya adalah Becek Menthok Mastrip.

Warung makan ini berlokasi di Jln.Mastrip No.04, Sidorejo, Tuban dan buka mulai pukul 08.00-16.00. Untuk harganya hanya dikenai sekitar Rp.30.000/porsinya.

6. Belut Pedas

foto by selerasa.com

Mendengar nama masakan ini mungkin tidak abnormal lagi, meski terdengar menggelikan tapi binatang tersebut mempunyai kandungan protein sangat tinggi lho. Tak heran, banyak diolah menjadi aneka macam macam makanan.

Sesuai nama kulinernya, menu masakan berbahan dasar belut ini dimasak menggunakan bumbu racikan khas Tuban bercitarasa pedas.

Tertarik ingin mencobanya? Nah, silahkan tiba ke Warung Cemplon Bu Marni di desa Kedungsari, kec.Merakurak, Kab.Tuban. Selain yummy, harga sajian Belut Pedas juga murah meriah hanya Rp.7.000 dan kalau lengkap dengan nasi berkisar 17 ribu saja per porsinya.

7. Cumi-Cumi Hitam

foto by fimela.com

Cumi-cumi hitam yakni salah satu masakan khas Tuban yang paling banyak dicari oleh wisatawan baik itu lokal maupun gila.

Kuliner tersebut biasanya dihidangkan diatas daun jati dan disandingkan dengan nasi putih hangat, pulen serta sayur cumi.

Untuk menikmati kuliner ini, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke RM.Kurnia Dewi di Jln.Tuban-Babat Km.01, Widengan, Gedongombo, Semanding. Dan soal harga hanya dibanderol sekitar 25-100 ribuan per porsinya.

8. Serabeh Selong

foto by 5makananhitsdituban.blogspot.com

Kuliner selanjutnya ini jika dilihat dari gambar seperti kue serabi khas Bandung, hanya saja bedanya terletak pada bumbu serta cara penyajiannya.

Penganan berbahan dasar tepung beras tersebut dihidangkan memakai santan kelapa yang kental sehingga memiliki rasa cukup gurih.

Penasaran ingin mencicipinya, pribadi aja ya tiba ke Gg.Ikhlas di jalan Lukman Hakim, Tuban. Disini, harga penganan ini hanya berkisar sekitar Rp.1.000 saja per bijinya.

9. Gemblong

foto by travelingyuk.com

Gemblong yaitu sejenis kudapan manis tradisional berbahan dasar campuran tepung beras ketan putih yang diuleni sampai kalis dan kemudian dibuat bulat ibarat bola. Setelah itu, digoreng hingga matang lalu dilapisi gula aren.

Nah, ingin tau ingin mencobanya? Silahkan datang ke desa Compreng di Kec.Widang. Di tempat tersebut harga gemblong biasanya dibanderol sekitar Rp.1.000/bijinya.

10. Es Bubur Sumsum

foto by asyiknyaberkuliner.blogspot.com

Nah, Es bubur sumsum ini yakni salah satu kuliner yang sangat cocok buat dijadikan sebagai sajian penutup sesudah sebelumnya merasakan makanan diatas.

Bubur sumsum tersebut teksturnya sangat lembut sehingga gampang untuk ditelan dan citarasanya pun begitu menyegarkan. Hidangan ini cocok diminum ketika cuaca sedang panas.

Bagi yang ingin menikmatinya, silahkan ke lapak Es bubur sumsum di jalan Pemuda ya. Di tempat ini harga satu porsi minuman tersebut hanya dibanderol sekitar Rp.6.000-Rp.10.000 saja.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni