10 Masakan Khas Demak Yang Paling Enak Dan Tinggi Protein

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”38375″
data-slug=””>

5
/
5
(
3

votes

)

Tak hanya terkenal sebagai kota sejarah dan masjidnya yang agung, kota Demak di Jawa Tengah ini juga cukup terkenal alasannya adalah memiliki banyak sekali aneka masakan khas yummy serta patut buat dinikmati.

Mulai dari makanan ringan hingga berat yang tidak bisa ditemukan di daerah lain ada di tempat ini, sehingga tak heran jikalau kota wali tersebut banyak dirindukan oleh wisatawan pecinta masakan.

Nah, apa saja sih nama masakan lezat yang menjadi ciri khas dari kota Kerajaan Demak tersebut? Tanpa menunggu usang-lama, mari kita simak daftar lengkap berikut ini.

1. Nasi Kropokhan

Foto By travel.kompas.com

Berkunjung ke Demak, akan kurang lengkap rasanya jikalau kita tidak merasakan menu masakan berjulukan Nasi Kropokhan ini. Konon katanya, masakan tersebut merupakan hidangan favorit para raja.

Kuliner tersebut materi dasarnya terbuat dari daging kerbau yang dipadukan dengan labu putih lalu diberi bumbu rempah khusus mirip helaian daun kedondong.

Disamping cara membuatnya cukup mudah, nasi kropokhan ini sangat ramah untuk semua umur alasannya adalah dagingnya sangat empuk dan rasanya juga tidak terlalu pedas.

Bagi Sahabat JejakPiknik yang penasaran ingin mencicipi masakan ini, datang saja ke rumah makan Pawon Wolu di Jln.Sultan Hadiwijaya No.40, Mangunwijaya, Demak.

Seporsi nasi kropokhan disini hanya dibanderol sekitar 15 ribuan saja. Murah bukan?

Foto By masakandapurku.com

2. Kerupuk Udang Tambak

Oleh-oleh khas Demak ini kalau dilihat dari gambar ataupun foto, bentuknya berwujud kerupuk yang sangat renyah dimana bahan dasarnya terbuat dari udang segar.

Bentuknya kotak persegi dan biasanya disajikan sebagai makanan pendamping di warung-warung makan, tak hanya di Demak namun juga hampir di aneka macam daerah.

Bagi yang ingin berburu cemilan ringan tersebut, Sahabat JejakPiknik mampu datang ke Kerupuk Udang Ibu Imroh di Jln.Tambak Gojoyo, Wedung, Kab.Demak. Di toko tersebut harga penganan ini biasanya dijual seharga Rp.10.000/bungkusnya.

3. Nasi Brongkos

Foto By perpus.jatengprov.go.id

Makanan khas Kabupaten Demak Selanjutnya yang paling banyak diminati dan biasanya kerap disantap saat sarapan pagi hari oleh warga adalah Nasi Brongkos.

Dimana satu porsi nasi brongkos ini biasanya disajikan dengan kentang, buncis, kacang merah, tahu, tempe serta diberi siraman berbagai bumbu rempah khusus.

Untuk menikmati kuliner ini tidaklah sulit alasannya adalah hampir ditemukan di setiap warung makan di sekitaran Demak dan harganya pun cukup murah hanya berkisar Rp.10.000/porsinya.

4. Wingko Salem

Foto By wingkowagal.business.site

Nah, selain kerupuk udang, Wingko salem juga menjadi salah satu buah tangan yang bisa dibawa pulang buat keluarga atau rekan tercinta.

Wingko salem sendiri bahan utamanya terbuat dari tepung ketan yang dipadukan dengan kelapa, gula serta garam. Penganan tersebut mempunyai tekstur cukup lembut dan manis sehingga rasanya sangat nikmat ketika disantap.

Disamping rasanya yang nikmat, cara membuatnya juga masih sangat tradisional dimana dipanggang menggunakan oven dan kemudian dibakar diatas tungku.

Untuk menikmati penganan ini, Sahabat JejakPiknik hanya perlu merogoh kocek sekitar 20 ribuan saja dan kudapan manis tersebut banyak dijual oleh pedangang keliling di sekitar Demak.

5. Nasi Ndoreng

Foto By pubinfo.id

Kalau sebelumnya kita sudah membahas menu para raja, kini saatnya untuk menyimak kuliner kesukaan masyarakat Demak setempat, yakni Nasi Ndoreng.

Kalau dilihat dari gambar, masakan ini seperti mirip nasi brongkos hanya saja hidangan tersebut materi utamanya memakai nasi hangat yang dicampur dengan botok super yummy dan bumbu kelapa.

Bagi yang ingin mencicipinya, sajian tersebut banyak ditemui ketika pagi hari di warung-warung makan dan hanya dijual seharga Rp.10.000/porsinya.

6. Brayo

Foto By mangrovemagz.com

Mendengar nama masakan satu ini mungkin masih sangat asing ditelinga kita, namun jika dilihat dari gambar ataupun foto, Sahabat JejakPiknik niscaya akan langsung tahu.

Yup, Brayo yakni sejenis keripik yang bahan dasarnya terbuat dari sayur bayam dan mempunyai rasa gurih serta sedikit asin namun begitu nikmat.

Cemilan ringan ini pun banyak dijual di toko buah tangan di sekitar kota Wali dan untuk harganya hanya berkisar Rp.3.000/bungkusnya.

7. Botok Telur Asin

Foto By sajiansedap.grid.id

Untuk makanan khas Demak selanjutnya ini, bahan yang diperlukan hanya terdiri dari telur asin, tahu, parutan kelapa, cabai, daun pisang dan daun salam saja.

Sedangkan untuk resep bumbunya sendiri hanya diperlukan bawang merah, lengkuas, kencur, bawang putih serta sedikit garam. Kuliner ini biasanya paling lezat disantap bersama nasi hangat dan saat cuaca sedang hambar.

Dan sajian botok telur asin sendiri banyak ditemui di warung-warung makan di sekitar tempat Demak dengan harga untuk satu porsinya, kita hanya perlu membayar 5 hingga 7 ribuan saja.

8. Kerupuk Catak

Foto By sajiansedap.grid.id

Selain kerupuk udang tambak, penganan khas Demak berikutnya ini juga rasanya begitu nikmat, akan sangat cocok kalau dijadikan sebagai cemilan sembari menyeruput minuman segar.

Kerupuk catak sendiri terbuat dari paru-paru ikan besar mirip patin ataupun manyung yang kemudian dijemur hingga kering kemudian digoreng tanpa memakai tepung sama sekali.

Karena mengandung tingkat protein yang tinggi, cemilan tersebut pun harganya sangat mahal yakni hampir ratusan ribu per bungkusnya dan mampu Sahabat JejakPiknik dapatkan di sejumlah toko buah tangan di sekitar kota Demak.

9. Sop Balungan

Foto By cookpad.com

Nah, sajian selanjutnya ini bahan dasarnya terbuat dari tulang sapi segar yang dimasak bersamaan dengan wortel, kol, kentang dan juga kacang merah.

Bagi yang ingin mencicipinya, satu tempat paling terkenal buat dikunjungi adalah RM.Cipto Roso di Jln.Raya Jepara-Kudus KM.03, Sekaran, Mranak, Kab.Demak.

Disini harga satu porsi sopnya hanya dibanderol sekitar Rp.22.000/porsi dan buka mulai pukul 10.00-21.00 malam.

10. Kue Rangin

Foto By fimela.com

Nah, buat Sahabat yang resah ingin berburu kuliner apa untuk dibawa pulang sebagai buah tangan mungkin kue rangin mampu dijadikan sebagai pilihan.

Kue rangin ini rasanya sangat gurih menggoda karena bahan dasarnya terbuat dari serutan kelapa muda dan tepung beras.

Di Demak, kudapan manis ini banyak dijual di toko buah tangan dan biasanya hanya dibanderol sekitar 20 ribuan saja per kotaknya. Cukup terjangkau lah ya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni