10 Masakan Khas Mojokerto Ini Siap Menepis Rasa Lapar

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”36263″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Mojokerto yaitu nama salah satu kabupaten terkenal di provinsi Jawa Timur yang letaknya berada di sebelah barat daya kota Surabaya dan termasuk sebagai daerah penyangga utama di Jatim.

Meski kota kecil tapi Mojokerto termasuk salah satu wilayah yang mengalami perkembangan cukup pesat dibanding kawasan lainnya di Jawa Timur.

Selain dikenal akan tempat wisatanya, Mojokerto juga banyak diserbu oleh kalangan wisatawan yang ingin berburu kuliner serta minuman lezat khas dari kawasan tersebut.

Nah, ingin tau apa saja daftar kuliner khas Mojokerto yang menggugah selera dan wajib buat dicoba dikala berkunjung ke kota kecil tersebut? Berikut ulasannya.

1. Sate Keong

foto by gotravelly.com

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, mendengar nama kuliner khas Mojokerto pertama ini mungkin sangat ajaib ya, sebab yang kita tahu bahan utama sate biasanya yaitu daging sapi atau ayam.

Namun berbeda dengan Mojokerto, di daerah tersebut bahan utama satenya terbuat dari keong, salah satu jenis binatang bercangkang yang hidup di persawahan.

Menurut resep, cara memasak kuliner ini sangat gampang dimana rebus keong terlebih dahulu lalu keluarkan dari cangkang kemudian baluri bumbu khusus dan selanjutnya ditusuk sehabis itu bakar diatas bara api.

Satu tempat paling terkenal akan kuliner tersebut yakni Sate Keong Sekolah Menengah kejuruan Brawijaya di Jln. Benteng Pancasila No.242, Balongsari, Mojokerto. Disini harga satenya dibanderol mulai dari Rp.10.000-Rp.20.000/porsi.

2. Sambal Wader

foto by masakandapurku.com

Selain sate keong, hidangan kedua ini juga merupakan salah satu masakan khas Pacet Mojokerto yang rasanya tak kalah nikmat sebab materi dasarnya sendiri terbuat dari jenis ikan air tawar.

Untuk menciptakan kuliner ini cukup mudah, pertama bersihkan ikan wader lalu campur bawang dan cabai lalu goreng sampai matang, sesudah itu haluskan dan selanjutnya sajikan bersama nasi.

Bila ingin menikmatinya, ada satu kawasan paling tepat yakni warung Wader Bu Tin di jln.Pendopo Agung, Kec.Trowulan. Di kedai legendaris ini, sambal wader lengkap dengan nasi hanya dibanderol sekitar Rp.15.000/porsinya.

3. Kerupuk Upil

foto by masakandapurku.com

Makanan lain yang menjadi ciri khas kota Mojokerto ialah Kerupuk Upil, salah satu jajanan ringan paling pas buat menemani makan siang.

Meski namanya terdengar ajaib tapi penganan ini bergotong-royong tidak terbuat dari upil tapi tepung dan kerupuk tersebut cukup unik alasannya adalah digoreng tidak memakai minyak melainkan pasir.

Kerupuk ini hampir ditemukan di setiap toko-toko di sekitar Mojokerto dan biasanya harganya hanya berkisar Rp.5.000/bungkusnya.

4. Kerupuk Rambak

foto by tokomesin.com

Selain menjadi cemilan, jajanan tradisional ini juga patut buat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga ataupun rekan. Dilihat dari gambar, bentuk camilan tersebut tak jauh beda dengan kerupuk upil.

Kerupuk rambak ialah salah satu jenis jajanan tradisional berbahan dasarnya kulit sapi, ikan, udang atau ketela pohon yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Penganan satu ini paling banyak ditemukan di desa Doas, kec.Trowulan. Soal harga, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp.40.000-Rp.50.000 untuk perkilonya.

5. Onde-Onde

foto by masakandapurku.com

Onde-onde yaitu salah satu jenis makanan yang mungkin tidak cukup istimewa bagi Sahabat JejakPiknik alasannya mampu ditemukan di kota manapun, terlebih di tempat Jawa.

Namun, onde-onde khas Mojokerto ini bisa dibilang berbeda dan tentunya lebih enak. Menurut resep, makanan ringan berbahan dasarnya tepung terigu yang dibuat ibarat bola-bola dan ditaburi wijen tersebut paling pas dinikmati saat masih dalam keadaan hangat.

Kudapan tersebut banyak dijual di pasar tradisional dan toko oleh-oleh, salah satunya ialah Onde-onde Bo Liem di Jln.Empu Nala No.43. Disini, harga penganan ini hanya dibanderol sekitar 40 ribu saja perkotak dengan isi 10 biji.

6. Kerupuk Memble

foto by idntimes.com

Tidak hanya mempunyai nama yang unik, proses pembuatan kerupuk memble ini juga cukup aneh sebab membutuhkan dua wajan sekaligus untuk menggoreng.

Selain cantik untuk menjadi cemilan, penganan satu ini juga mantap buat dijadikan oleh-oleh sebagai tanda Sahabat JejakPiknik menginjakkan kaki di Mojokerto.

Kerupuk ini banyak ditemui di pasar tradisional dan juga toko buah tangan. Mengenai harganya dijamin tidak akan membuat kantong kita semakin tipis.

7. Gulai Menthok

foto by cookpad.com

Gulai Menthok yaitu salah satu masakan khas Ngoro Mojokerto yang paling wajib buat dicicipi, hal ini dikarenak masakan tersebut tergolong menu favorit masyarakat sekitar.

Kuliner ini bahan dasarnya terbuat dari daging menthok atau itik yang lalu diolah dengan banyak sekali bumbu rempah khas Mojokerto.

Bagi yang ingin mencicipinya, ada satu daerah makan legendaris paling recommended buat dituju ialah lesehan Paulina di Jln.Residen Pamuji No.99.

Warung tersebut buka mulai pukul 5 sore hingga 3 dini hari dan untuk satu porsi gulai menthoknya hanya berkisar Rp.10.000 saja. Murah bukan?

8. Botok Tempe

foto by tribunnews.com

Botok tempe ini materi dasarnya terbuat dari sarinya ampas kelapa yang lalu diberi bumbu kemudian dicampur tahu, udang, teri serta tempe. Kuliner tersebut biasanya disajikan bersama nasi jagung.

Dan satu Botok tempe paling terkenal di Mojokerto yaitu Botoh Mbah Parti di erat Alun-alun kota tepatnya di depan masjid Al-Fatah. Warung tersebut buka mulai pukul 18.00-23.00. Soal harga, satu porsinya hanya dikenai sekitar Rp.5.000 saja.

9. Sate Bangil

foto by gotravelly.com

Sate Bangil ialah salah satu masakan berbahan dasar daging atau jeroan kambing yang biasanya disajikan bersama bumbu kacang, irisan bawang merah dan sambal.

Nah, bagi yang penasaran akan rasanya, Kedai Bang Soleh di Jln.Majapahit No.248 yaitu daerah terbaik. Warung tersebut buka mulai pukul 09.00-22.00 dan harganya hanya sekitar 25 ribu saja sudah lengkap dengan nasi.

10. Bubur Srunthu

foto by resepharian.com

 

Nah, kuliner terakhir ini bahan utamanya terbuat dari tepung sagu yang diolah menjadi srunthul kemudian diberi santan kental. Hidangan tersebut juga termasuk masakan favorit masyarakat Mojokerto.

Bila ingin menikmatinya, ada satu kawasan paling pas buat dituju ialah Bubur Srunthul Bu Saudah di Jln.Mayjen Sungkono. Selain rasanya cukup legit dan enak, harganya juga sangat murah hanya 4 ribu saja per porsinya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni