10 Masakan Khas Ungaran Yang Wajib Kau Jajal Rasanya

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66686″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Ragam masakan dan jajanan di banyak sekali kota semakin hari terus mencuat. Beberapa ulasan baik melalui media sosial atau medsos makin memudahkan masyarakat mengenali berbagai ciri khas masakan yang ada di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia.

Dengan hal tersebut, menciptakan masakan di banyak sekali potongan dunia semakin dikenal banyak orang, bahkan sekalipun itu dari tempat pelosok.

Begitu pun dikala kau berlibur atau melintas di sepanjang tempat Ungaran yang mengarah ke Jogja atau Solo, akan ada banyak sekali jenis kuliner yang layak buat dicicipi.

Daerah yang terletak di sebelah selatan Semarang ini, bahkan dikenal dengan julukan “Kota Seribu Rumah Makan”, hal tersebut tentu tidak lepas dari banyaknya jumlah restoran di sepanjang pinggir jalan kawasan Ungaran.

Buat kamu yang masih galau memilih mana kuliner paling cocok untuk disantap, 10 daftar kuliner khas Ungaran berikut mungkin bisa dijadikan referensi.

1. Tahu Bakso Bu Pudji

Foto By @henytag

Di sepanjang jalan Ungaran, kau akan melihat sederet rumah makan yang menjajakan tahu bakso. Kuliner ini pertama kali diperkenalkan oleh Bu Pudji, nama aslinya adalah Sri Lestari.

Kata orang-orang, ke Ungaran kurang afdol bila belum merasakan tahu bakso Bu Pudji. Apalagi jikalau hingga tidak membawanya sebagai oleh-oleh, mungkin akan menjadi penyesalan terberat.

Pasalnya, dari sekian banyaknya penjual tahu bakso, cap Bu Pudji yakni paling legendaris dan soal rasanya pun tak perlu diragukan lagi. Tak heran, jikalau warung satu ini selalu ramai setiap harinya.

Selain lezat, lokasinya pun strategis sehingga mudah untuk dijangkau. Dan yang paling penting itu, harganya sangat terjangkau, kau tak perlu merogoh kocek dalam-dalam buat membawa pulang sekotaknya, cukup sediakan uang Rp.20.000-Rp.22.000 saja.

2. Pecel Keong “Mbak Toen” Banyubiru

Foto By @mas_wier

Ke daerah Ungaran juga katanya kurang lengkap bila belum menyambangi warung sederhana bernama “Mbak Toen” yang ada di Jalan Brawijaya KM.5, Banyubiru, Semarang. Mengapa begitu?

Pasalnya, warung makan ini punya satu sajian Istimewa khas Ungaran dengan citarasa begitu menggoda, yang mungkin akan sulit kau temui di restoran manapun, pecel keong namanya.

Meski tampilannya biasa saja, namun rasanya sungguh menggugah selera dan tektsur daging keongnya itu lebih kenyal. Untuk satu porsinya, hanya dihargai sekitar Rp.11.000 saja. Murah kan?

Selain pecel keong, masih ada banyak lagi kuliner khas Ungaran yang bisa kamu cicipi di warung Mbak Toen ini seperti kolak ketan dan sate belut.

3. Tumpi

Foto By @zaleha.olpin

Bagi kamu yang sedang mencari makanan kering khas Ungaran untuk dijadikan oleh-oleh, maka memilih tumpi mampu jadi solusi paling sempurna.

Tumpi yakni salah satu cemilan ringan berbentuk peyek dengan topping kacang hijau yang memiliki rasa gurih, renyah dan lezat. Hanya dengan bermodalkan budget sebesar Rp.11.000 saja, kamu sudah mampu membawa pulang sebungkus jajanan enak ini.

Salah satu kawasan paling pas didatangi untuk mendapatkan tumpi bercitarasa jempolan adalah kawasan Karangbolo, di desa Lerep, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Cemilan ini juga termasuk masakan kekal lho, jadi tahan bila disimpan dengan baik.

4. Tahu Serasi

Foto By @indrisuparno

Kalau dilihat sekilas dari teksturnya, kuliner khas daerah Ungaran ini tampaknya tidak ada bedanya dengan tahu pada umumnya yang banyak dijual di pasaran, namun sebetulnya perbedaannya cukup mencolok.

Dari segi pembuatannya saja, tahu serasi ini dibentuk tanpa menggunakan materi pengawet sehingga cukup aman untuk dikonsumsi. Sementara warnanya putih dan teksturnya pun sangat lembut, dikala digigit memang sedikit agak kenyal.

Rasanya pun sangat gurih, kamu bakal dibikin ketagihan, ditambah lagi aromanya sungguh menarik hati. Tahu serasi ini juga dijual dengan harga yang relatif murah, cuma 12 ribuan saja per bungkus dengan isi 8 potong.

5. Gudeg Merakmati

Foto By @agus.amk123

Makanan khas Ungaran berikutnya yang cukup recommended buat dicicipi adalah gudeg Merakmati. Memang penampilannya hampir sama seperti gudeg Jogja, tapi sebenarnya cukup berbeda.

Perbedaannya ialah terletak pada rasanya. Banyak yang bilang bila Gudeg Merakmati ini rasanya lebih khas. Selain itu juga cukup Istimewa karena disajikan bersama tendon sapi dan koyor empuk.

Jika ingin menikmati kelezatannya, kau tiba saja ke warung Gudeg Merakmati di kawasan terminal bus Bawen. Jaraknya hanya sekitar 2 km menuju sebelah utara dari jalur Intan Semarang-Solo,

Memang warung ini terlihat sangat sederhana, tapi soal citarasa sangat luar biasa. Kamu tidak akan percaya jikalau banyak pelanggan yang rela mengantre setiap harinya disana.

6. Sate Kelinci Bandungan

Foto By @foodgrafer

Berpelisir ke sekitar daerah Bandungan, kau akan menemui sejumlah warung yang menjajakan menu sate kelinci khas Ungaran. Letaknya itu sempurna di jalan raya Bandungan menuju Sumowono.

Sate kelinci di sekitar sini terkenal memiliki rasa sangat yummy dengan tekstur daging begitu lembut. Para penjaja kuliner cukup gampang ditemukan alasannya berada di pinggiran tembok objek wisata Bandungan.

Selain lezat, harganya pun cukup ramah dikantong, cuma Rp.12.000 saja per porsi. Bukan hanya sate kelinci, kau juga mampu menikmati sate ayam dengan bermodalkan 10 ribuan di daerah ini.

7. Serabi Ngampin

Foto By @petitelovediary

Kuliner khas Ungaran selanjutnya yang paling banyak diburu oleh para wisatawan Ambarawa adalah serabi ngampin. Dijamin nyesal bila belum sampai mencobanya!

Sesuai dengan namanya, serabi ini awalnya berasal dari kawasan Ngampin. Dan saking enaknya, kuliner tersebut pun semakin banyak dijajakan di berbagai wilayah Ungaran, termasuk di Ambarawa. Makara tidak sulit untuk mendapatkan surabi enak.

Tidak jauh dari terminal bus yang menuju ke Jogja, tepatnya di jalan Ambarawa-Magelang, kamu mampu menikmati serabi lezat dan sejumlah masakan khas Ungaran lainnya seperti opak, jenang atau peyek.

8. Sate Pak Kempleng

Foto By @mikegunner

Dari sederet masakan di Ungaran, kuliner khas yang paling wajib untuk kamu jajal yaitu sate Pak Kempleng di jalan Diponegoro nomor 265. Warung ini biasanya mulai buka dari pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.

Keunggulan sate Pak Kempleng ini, meski daging yang disodorkan itu berotot namun teksturnya sangat empuk dan dagingnya pun tidak berlemak.

Yang membuatnya semakin lezat ialah bahan baku satenya itu direndam terlebih dahulu dengan aren, sehingga rasanya semakin khas. Untuk menikmati kelezatannya, kau hanya perlu bayar Rp.27.000 saja per porsinya.

9. Pecel Mbok Kami

Makanan khas ungaran semarang daerah di kota
Foto By @manganbro

Kuliner khas Ungaran berikutnya yang juga wajib dijajal yaitu pecel Mbok Kami. Memang tampak seperti biasa saja, tapi kamu tidak akan menyangka jika rasanya begitu menggoda, bahkan banyak wisatawan terpikat balasannya.

Rasa nikmat pecel ini terletak pada bumbu kacangnya. Kamu tidak akan bisa membayangkannya jika belum mencicipinya. Jadi ketika ke tempat Ungaran, sempatkan untuk mencobanya ya!

Warung pecel Mbok Kami cukup mudah ditemui alasannya letaknya dekat dengan terminal bus Ambarawa, lokasi tepatnya ialah di jalan Goa Maria Kerep. Harganya pun, Cuma 10 ribu saja seporsinya.

10. Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari

Foto By @ekasupraptaputra

Kuliner berikutnya ini sekilas tampak sama dengan tengkleng solo, rasanya juga tidak kalah nikmat. Sehingga, dikala berwisata kuliner ke Ungaran, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipinya ya!

Harganya tergolong murah, cuma modal 10 ribu saja kau sudah bisa menikmati seporsi gecko Ibu Siti ini. Kelezatannya tidak perlu dipertanyakan lagi, buktinya banyak orang terpengaruhi dibuatnya.

Meskipun warungnya sederhana, tapi pengunjungnya selalu ramai setiap harinya. Tak sedikit orang yang rela mengantre panjang demi untuk bisa mencicipinya. Sama seperti namanya, lapak tersebut berada di daerah Tlogo, Tuntang, Kab.Semarang, Jawa Tengah.

Nah, itu dia beberapa daftar makanan khas Ungaran yang bagus untuk kamu jadikan rujukan ketika berwisata kuliner disana. Bagaimana, sudah punya list mana yang ingin dicobain pertama kali?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni