10 Minuman Khas Cirebon Yang Menyegarkan

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”68073″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Dijuluki dengan sebutan “Kota Udang”, ternyata Cirebon memiliki banyak sekali macam kuliner lezat yang dilarang dilewatkan begitu saja. Selagi berkunjung kesana, tak ada salahnya untuk mencicipinya.

Selain rasanya membuat ketagihan, harganya pun relatif terjangkau. Bukan cuma makanan saja, Cirebon juga punya bermacam-macam minuman yang tak kalah yummy. Ada yang disajikan secara hambar ataupun hangat, dan semuanya terasa sangat menyegarkan.

Dan inilah 10 minuman asli khas Cirebon yang wajib kamu cicipi saat bertandang ke Kota Udang!

1. Jeniper

Foto By @iyusrikifam

Penamaan yang cukup unik, seakan membuat minuman menyegarkan satu ini berasal dari luar negeri. Jeniper, seperti nama seorang public figure internasional yg cukup terkenal di kalangan masyarakat luas.

Namun damai saja, meski dinamakan demikian, hidangan satu ini bukanlah minuman keras atau miras yang mengandung alkohol.

Sebenarnya, nama Jeniper merupakan akronim dari Jeruk Nipis Peras. Minuman rasa tradisional ini diketahui mengandung vitamin B1 dan C yang berkhasiat untuk mengobati flu, batuk serta melangsingkan tubuh.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa tiba ke Toko Oleh-oleh Mami di jalan Siliwangi No.126, Cirebon, Jawa Barat. Tak perlu khawatir soal harga, karena hanya dibanderol sekitar 35 ribuan per botolnya. Nah, masih sangat terjangkau bukan?

2. Sirup Tjampolay

Minuman khas cirebon beserta cara pembuatannya adalah jawa barat tradisional keras alkohol dingin dan macam
Foto By @benz_d_jihan

Kamu ingin menunjukkan oleh-oleh buat tetangga atau kerabat saat bertandang ke kota Cirebon? Nah, selain Jeniper, sirup Tjampolay ini juga bisa dijadikan alternatif.

Sirup Tjampolay ini adalah salah satu kekayaan masakan Cirebon yang sudah diproduksi sejak tahun 1936 silam dan memiliki aneka macam macam varian rasa, adalah asam jeruk, rozen rose, pisang susu, nanas, leci, melon, mangga, serta kopi moka.

Kamu pun bisa membelinya di toko buah tangan Mami yang ada di Jln.Siliwangi No.126, Cirebon, Jawa Barat. Cukup dengan merogoh kocek sekitar Rp.29.500 saja untuk membawa pulang satu botolnya.

3. Teh Poci

Foto By @kokiungu

Minuman khas satu ini sekilas dilihat hampir sama saja dengan teh yang berasal dari daerah lain. Perbedaannya hanya terletak bahan dasarnya dimana terbuat dari teh hijau melati dan disajikan memakai teko poci berbahan tanah liat.

Karena disajikan dengan memakai poci, membuat rasa yang ditawarkan semakin terasa khas. Karena kepopulerannya, minuman tersebut pun pernah dijadikan lirik dalam sebuah lagu.

Teh Poci ini cocok diseduh ketika pagi hari sembari menikmati keindahan matahari terbit dengan udara khas Cirebon yang cuek. Tidak sulit untuk mendapatkannya, kamu mampu datang ke sentra kuliner di Jalan Kanoman, Cirebon.

Kamu cuma perlu merogoh kocek sekitar 17 ribuan saja untuk mampu membawa pulang satu kemasan Teh Poci berukuran 125 gram.

4. Es Campur

Foto By @diksay_mv

Kamu sudah pernah belum mencoba minuman tradisional khas Cirebon bernama Es Campur? Nah, rasanya pastinya sangat menyegarkan kan?

Bagaimana tidak, sajian segar ini berisi pecahan-penggalan supaya-agar putih, kemudian diberi serutan es yang sudah dicampur dengan limpahan timun suri, kelapa muda, alpukat, nangka serta bubur mutiara.

Selain menyegarkan, es campur ini juga mengenyangkan. Untuk mendapatkannya juga sangat mudah, kau bisa ke jalan Pamitran atau ke depan Kinderfield School di Cirebon. Soal harga, masih sangat terjangkau.

5. Es Cuing

Foto By @pojokrebon_bfest

Mendengar nama sajian menyegarkan satu ini mungkin masih sangat terdengar ajaib. Es Cuing sendiri merupakan minuman khas Cirebon yang terbuat dari cincau dan kemudian disajikan dengan bumbur sumsum hijau berbahan dasar tepung beras.

Agar semakin yummy, biasanya diberi suplemen berupa es serut, lalu disiram santan dan kemudian ditambah gula merah sebagai komplemen. Nama Cuing diambil dari bahasa Cirebon, yang artinya ialah cincau.

Dari sekian banyaknya pedagangnya, Es Cuing di Jalan Kartini, Cirebon ialah yang paling terkenal enak. Untuk seporsinya, biasanya dibanderol hanya sekitar 5 ribuan saja. Udah enak, murah, mengenyangkan lagi!

6. Es Kopyor 4848

Foto By @shantiserad_food

Bertandang ke Cirebon, jangan berburu nasi jamblang melulu. Kamu juga wajib mencoba minuman menyegarkan berjulukan Es Kopyor khas kota Udang satu ini.

Es ini materi utamanya terbuat dari kelapa kopyor susu kental dan sirup merah, yang lalu disajikan dalam sebuah gelas besar. Minuman tersebut sangat cocok untuk melepas dahaga ketika teriknya matahari.

Dan daerah terbaik untuk menikmati segelasnya, nama tempatnya yakni Es Kopyor 4848 yang terletak di Jln. Sukalila Utara, Kejaksan. Selain mampu diminum di daerah, kau pun mampu membawanya pulang.

Cuma dengan modal 30.000 rupiah saja untuk kau bisa menikmati sepuasnya minuman segar khas Kota Udang ini. Bagaimana, masih cukup ramah dengan kantong kan?

7. Es Tape Ketan Bakung

Foto By mncupdate.com

Seperti namanya, menu menyegarkan satu ini berasal dari desa Bakung, Kabupaten Cirebon, provinsi Jawa Barat. Minuman tersebut dibuat menggunakan bahan dasar ketan hasil fermentasi yang kemudian diberi air gabungan daun katuk sebagai pewarna alami.

Rasa anggun berpadu dengan asam dari ketan fermentasi, membuat citarasa minuman ini makin terasa menyegarkan. Es Tape tersebut biasanya paling banyak diburu warga Cirebon dikala ingin berbuka puasa.

Kamu bisa menemukannya di pedagang Es Tape yang ada di pinggir jalan. Untuk harganya, cukup dengan uang 3 ribuan saja.

8. Es Tawuran

Es Tawuran, gambar By @gudegmanggar

Bukan hanya namanya yang unik, rasanya pun sangat segar, cocok untuk dinikmati saat ingin melaksanakan perjalanan pulang kampung.

Kalau dilihat dari komposisi serta cara pembuatannya, tidak berbeda jauh dengan es campur. Ada irisan alpukat, melon, timun suri dengan kuah perpaduan antara santan kental serta es kerikil.

Perbedaannya hanya terletak pada irisan jelly serta nata de coco,yang kemudian disajikan dalam batok kelapa. Salah satu warung yg menyediakannya mampu kau jumpai di Jln.Ir.H.Juanda No.24, Battembat, Kec.Tani Tengah, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Tak perlu takut kantong bocor, alasannya adalah es tawuran disini dijual dengan sangat terjangkau, hanya kisaran Rp.10.000 saja per gelasnya.

9. Sekoteng

Foto By @soloculinary

Meskipun berasal dari Jawa Tengah, namun sekoteng juga cukup populer di aneka macam kalangan masyarakat di Cirebon. Buktinya, kau mampu menemukan pedagangnya dengan mudah di setiap sudut pemukiman di kota Udang tersebut.

Namun yang paling populer yakni Sekoteng “Ade” di jalan Kartini, tepat di depan hotel Kharisma. Disini, seporsi sekotengnya dijual hanya kisaran 4 ribuan saja. Murah banget kan?

10. Es Cendol

Foto By @lemburkuringmedan

Memiliki suhu udara dengan rata-rata 30-33 derajat celcius, menciptakan minuman hambar mirip es cendol sangat digemari di kota Cirebon, apalagi saat matahari sedang terik.

Untuk menikmati citarasa paling yummy, Es Cendol Dinosaurus di jalan Pangeran Cakrabuana, Kel.Kemantren, Kec.Sumber, Kab.Cirebon ialah yang terbaik.

Disini, harga segelas es cendolnya hanya dibanderol sekitar Rp.5.000. Jika ingin diberi komplemen irisan buah nangka atau kelapa, cukup dengan membayar Rp.6.000 saja.

Menyegarkan semua kan minuman khas Cirebon? Makara, kamu paling suka yang mana nih?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni