10 Minuman Khas Italia Yang Recommended Buat Dicoba

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”68098″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Tak hanya pizza dan pasta, masih ada banyak sekali masakan yummy lainnya yang mampu kamu coba kurun mengunjungi Negara Italia. Dan bukan cuma aneka kulinernya saja, bahkan deretan minumannya pun sangat bermacam-macam.

Selain kopi, masih ada banyak lagi minuman khas Italia yang nikmat dan wajib buat kau cobain, dari mulai granita, grappa dengan tingkat alkohol tinggi ataupun frappe, sejenis ice bland.

Nah, agar kamu tidak makin gundah, berikut JejakPiknik sudah siapkan beberapa daftar minuman rekomendasi khas Italia yang siap memanjakan lidahmu.

1. Granita

Selain kopi, ada satu minuman khas Italia yang memiliki citarasa tak kalah lezat. Sajian tersebut dikenal dengan nama Granita. Popularitasnya sudah sangat mendunia dan banyak dilirik oleh para pecinta kuliner.

Granita ini tampilannya mirip slushee ice, sementara untuk teksturnya seperti es serut, dimana dibentuk dengan cara es diblender bersama bahan lainnya. Tingkat keasamannya sama kayak sorbet tapi kandungan gulanya lebih sedikit.

Minuman dingin satu ini pas untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang tinggal di kawasan tropis. Untuk menemukannya pun cukup mudah, alasannya adalah merupakan salah satu jajanan kaki lima. Soal harga, relatif terjangkau.

2. Aperetivo

Foto By @aperetivo_alwaysisagoodidea

Italia memang sangat kaya akan masakan enak yang sangat sayang bila tidak di cicipi. Maka dari itu, jangan sampai lewatkan untuk merasakan aneka makanan maupun minuman khasnya.

Salah satu contohnya ialah aperetivo, ini yaitu sejenis minuman yang disajikan dalam koktail dan biasanya dinikmati sebelum makan malam.

Untuk mencicipinya, kamu bisa tiba ke Turin, sebuah kota penuh bar yang menyajikan aperetivo. Disana ada satu tempat nongkrong bernama Caffe San Carlo. Letaknya tepat di Piazza San Carlo No.156. Soal harganya, biasanya dibanderol diatas 200 ribuan.

3. Caffe Freddo

Foto By @caffefreddoph

Caffe Freddo ialah sejenis minuman berbahan dasar kopi yang disajikan dalam keadaan cuek. Ini sangat cocok untuk dinikmati kala santai atau sebagai sahabat dalam menyelesaikan pekerjaan kantor.

Caffe Freddo ini terbuat dari espresso yang sudah didinginkan terlebih dahulu. Rasanya tidak pahit, sebab dicampur dengan susu dan gula.

Sejauh ini, Caffe Freddo masih sangat jarang diketahui orang di luar negara Italia. Meskipun begitu, rasanya tidak kalah nikmat dibanding minuman kopi lainnya.

Apabila kau punya kesempatan berkunjung ke Italia, jangan lewatkan untuk mencicipi Caffe Freddo di kedai-kedai kopi atau restoran yang ada disana ya! Harganya per gelas cukup bervariasi, biasanya mulai 21 ribuan.

4. Negroni

Foto By @houseofnegroni

Koktail klasik khas Italia ini variasinya memang ada banyak dan semuanya dijamin enak. Minuman tersebut pertama kali muncul yakni sekitar tahun 1920.

Minuman tersebut merupakan racikan salah seorang aristocrat berjulukan Camillo Negroni. Ini biasanya diminum untuk membangkitkan selera makan malam.

Negroni sendiri umumnya disajikan dalam gelas berukuran kecil dengan hiasan kulit jeruk dan diberi adonan gin serta red vermounth. Rasanya yang besar lengan berkuasa namun bagus menjadi sensasi tersendiri bagi para penikmatnya.

Negroni juga mampu ditemui dengan mudah di restoran-restoran dan harganya biasanya dibanderol mulai 10,66 euro atau sekitar Rp.177.648.

5. Maraschino

Foto By @maraschino_craft_bar

Minuman yang dikenal dengan nama Maraschino ini bergotong-royong hidangan kopi asal Maroko. Namun sangat disukai oleh masyarakat Milan.

Jika dilihat berdasarkan resep, Maraschino ini merupakan sejenis minuman turunan espresso yang kemudian diberi busa susu panas serta taburan coklat.

Maraschino sangat disukai banyak orang karena rasanya yang nikmat sangat cocok untuk mengawali kegiatan di pagi hari. Untuk penyajiannya, biasanya memakai cangkir kecil.

Kamu bisa menjumpainya dengan mudah di kedai-kedai kopi di Italia. Untuk harganya, sangat variatif dan rasa yg disajikan pun unik, tergantung racikan pembuatnya.

6. Macchiato

Foto By @macchiato_antwerpen

Kopi Macchiato ini namanya sudah sangat mendunia. Bahkan di Indonesia sendiri, minuman tersebut telah memiliki banyak penggemar.

Kopi asal negara Italia ini perkembangannya sangat pesat, hampir sama seperti espresso dan cappuccino. Bahan utama pembuatannya sendiri ialah espresso yang lalu ditambahkan dengan buih susu di atasnya.

Rasa macchioato ini lebih pahit dibanding cappuccino. Jika ingin menerima citarasa yg lebih soft dan manis, varian latte atau caramel mungkin mampu jadi pilihan.

Macchiato juga banyak disajikan di kedai-kedai kopi di Italia dan harganya biasanya dibanderol mulai 1,10-1,30 euro atau sekitar Rp.18.331 hingga Rp.21.000 per gelasnya.

7. Vanila Latte

Minuman khas italia tts yang mudah dibuat dari espresso dan susu adalah nama resep daftar kopi alkohol yg keras negara
Foto By guratgarut.com

Vanila Latte khas Italia ini sangat digemari di seluruh penjuru dunia. Bisa disajikan dalam keadaan panas ataupun acuh taacuh, maka tak heran jikalau banyak orang menyukainya.

Vanila Latte ini mampu disajikan dalam keadaan panas bila ekspresi dominan cuek ataupun sebaliknya. Soal citarasanya, cenderung ke rasa milky.

Untuk membuatnya, pertama kamu harus steaming susu dengan tepat dan harus memakai temperature yang pas semoga menghasilkan micro foam.

Sama seperti Macchiato atau Maraschino, Vanila Latte juga selalu menjadi salah satu menu sajian di kedai-kedai kopi di Italy dan harganya dibanderol dari mulai 1.10-1.30 euro.

8. Strega

Foto By @premiostrega

Berbicara tentang minuman keras khas Italia, kamu bisa sesekali mencoba Strega. Ini citarasanya sangat unik dengan ciri berwarna kuning dan di dalamnya biasanya diberi perhiasan beberapa materi mirip saffron, mint serta juniper berries.

Minuman legendaris ini sudah dikenal sejak tahun 1860. Strega adalah sejenis sajian herbal sebab ada bahan kunyit dengan rasa cenderung lembut dan sedikit manis.

Tampilannya mirip dengan Galliano. Orang Italia biasanya menjadikannya sebagai minuman aksesori ketika makan bersama.

Strega adalah salah satu minuman yg sangat gampang ditemui di toko-toko wine di Itali dan harganya dibanderol kisaran 480 ribuan per botolnya.

9. Lacryma Christi

Foto By @cantina_del_vesuvio_winery

Minuman yang dikenal dengan nama Lacryma Christi ini, berdasarkan resep materi dasarnya terbuat dari anggur orisinil yg tumbuh di lereng gunung Vesuvius dan sudah diproduksi semenjak zaman romawi kuno.

Tak hanya populer di Italia, namun juga di beberapa mancanegara. Ciri khasnya yakni berwarna merah ruby dengan aroma buah ceri serta plum. Citarasanya agak pedas, alasannya diberi sedikit lada dan cengkeh di dalamnya.

Jika kamu ingin mencicipi bagaimana rasanya, mampu membelinya di Italvinus dengan harga kisaran 179 ribuan per botolnya.

10. Ristretto

Foto By @rrpdx

Kopi khas Italia yang sangat populer memang espresso, namun begitu tak ada salahnya untuk mencoba saudaranya, ialah ristretto. Dijamin, kau bisa ketagihan dibuatnya.

Ristretto ini merupakan espresso versi mini, alasannya adalah jumlah debu kopinya sama namun airnya setengah dari espresso. Rasanya pahit namun dengan aroma cukup strong.

Kopi berwarna cokelat gelap ini kandungan kafeinnya lebih rendah dibanding espresso. Kamu yang tidak suka dengan kopi dan hanya ingin sekedar cicip, ristretto tampaknya mampu dijadikan pilihan.

Ristretto juga banyak dijumpai di kedai-kedai kopi di Italy dan harganya cukup bervariasi, tergantung tempat kau menikmatinya.

Demikianlah minuman khas Italia yang mampu JejakPiknik sajikan untuk kamu. Semoga berita ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni