10 Minuman Khas Kalimantan Barat Yang Pas Buat Melepas Dahagamu

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”68207″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Provinsi Kalimantan Barat yang beribukotakan Pontianak dikenal juga sebagai kota Khatulistiwa. Efek dari letak geografis tersebut, menciptakan suhu udara disana cukup panas. Apalagi saat siang hari, suhunya mampu mencapai 35 derajat celcius.

Tak ayal, jika provinsi yang dilalui sungai Kapuas ini memiliki bermacam-macam minuman segar yang cocok untuk melepaskan dahaga alasannya adalah panas teriknya matahari.

Ya, tidak hanya terkenal dengan buah jeruknya, provinsi Kalimantan Barat ini memang mempunyai bermacam-macam minuman segar, dari mulai es krim sampai es jagung.

Kaprikornus makin ingin tau kan apa saja minuman khas Kalimantan Barat yang segarnya tiada tandingannya? Langsung aja yuk kita cari tahu dari ulasan JejakPiknik dibawah ini!

1. Es Lidah Buaya

Foto By @theekultur

Daun pengecap buaya atau aloevera terkenal memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Dari mulai antioksidan, hingga kaya akan mineral serta vitamin yang cantik untuk tubuh.

Tak heran jika pengecap buaya banyak dijadikan dalam banyak sekali macam produk, mulai dari kecantikan, masakan hingga yang paling simpel ialah minuman.

Salah satu contohnya yakni es pengecap buaya. Minuman khas Kalimantan Barat ini sangat digemari orang-orang disana. Selain bisa dijadikan pelepas dahaga, kerap juga dijadikan menu buka puasa.

Tidak sulit untuk menemukannya, karena sudah tersedia di gerai-gerai masakan di pinggir jalan ataupun supermarket di Kalimantan Barat. Tenang, harganya masih sangat terjangkau kok, cuma 6 ribuan aja per gelasnya.

2. Es Jeruk

Foto By [email protected]

Siapa tak kenal dengan jeruk khas Pontianak? Ini merupakan salah satu jenis jeruk siam yang mempunyai ciri kulit tipis mengkilap. Buah tersebut termasuk produk unggulan alasannya banyak orang sudah mengakui kenikmatannnya.

Selain dimakan langsung, jeruk ini juga disajikan dalam bentuk minuman yang diberi embel-embel es watu. Sungguh kenikmatan yang tidak boleh kau lewatkan dikala berkunjung ke kota Khatulistiwa ini.

Sama seperti Es pengecap buaya, es jeruk juga banyak disajikan di kedai-kedai makanan ataupun gerai di pinggir jalan. Untuk satu gelasnya dibanderol dengan sangat murah, hanya kisaran 3 hingga 4 ribuan saja.

3. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah, gambar By @bolu_pandan_original

Jika biasanya disajikan dalam bentuk bubur, maka di tempat Kalimantan Barat, kacang merah dijadikan materi minuman sebagai obat rasa haus karena panasnya kota Khatulistiwa.

Es kacang merah ini ialah salah satu minuman khas masyarakat Tionghoa di Pontianak. Kamu pun mampu menemukannya dengan mudah baik di restoran, lapak di tepi jalan atau kawasan makan lainnya dengan harga yang sangat terjangkau.

Rasanya Istimewa sebab dibuat dengan menggunakan resep khusus. Untuk cara membuatnya pun cukup gampang, dimana kacang merah direbus hingga lembut lalu diberi tambahan gula dan bab atasnya ditambahkan topping berupa cincau serta semoga-supaya.

4. Es Sari Kacang Hijau

Foto By @susanhenry81

Lazimnya, kacang hijau diolah menjadi bubur. Namun di Kalimantan Barat, justru menjadi bahan pembuatan minuman segar, namanya ialah es sari kacang hijau.

Untuk membuatnya cukup gampang, kacang hijau yang sudah direbus terlebih dahulu lalu diblender sampai halus. Setelah itu, dicampur dengan gula ataupun susu kental manis.

Es sari kacang hijau ini memiliki tekstur cukup lembut. Selain segar, juga sangat menyehatkan. Kamu pun bisa mendapatkannya di gerai masakan di pinggir jalan dengan harga cukup terjangkau tentunya.

5. Es Teler

Foto By @wewcooking

Minuman khas Kalimantan Barat satu ini rasanya sangat nikmat jika diteguk dikala cuaca sedang panas. Apalagi kalau kamu hoby makan buah, maka es teler mampu dijadikan pilihan.

Tidak hanya menyegarkan, es teler juga sangat menyehatkan lantaran terbuat dari materi-bahan alami pilihan yang masih fresh.

Sama mirip beberapa minuman sebelumnya, es teler juga sangat gampang didapatkan karena sudah tersedia di banyak sekali gerai kuliner ataupun restoran. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmatinya, sebab harganya dijual terjangkau.

6. Ce Hun Tiao

Foto By @iluvnomnom

Jika dilihat dari gambar, tak salah jikalau minuman khas Kalimantan Barat ini kerap disebut es campur ala Pontianak. Karena isiannya ada kacang merah, jelly bening panjang, ketan hitam, cincau yang dipotong mirip dadu kecil serta sepotong bongko.

Bongko sendiri merupakan salah satu penganan berupa kudapan manis berwarna hijau dengan pandan atau daun suji sebagai pewarna alami. Semua materi ditumpuk dengan es serut, lalu disiram kuah santan encer. Nah, kebayangkan bagaimana segarnya Ce Hun Tiao ini?

Ce Hun Tiao ini banyak dijajakan di sepanjang jalan W.R Supratman atau biasa dikenal dengan nama jln.Waru, kota Pontianak. Umumnya, harganya dijual sekitar 9 ribuan per porsinya.

7. Es Tebu

Foto By @iswarakirty

Nah, minuman satu ini juga menjadi primadona masyarakat Kalimantan Barat di kurun haus melanda. Jika kau sedang bertandang ke kota Pontianak, maka akan terlihat ada berbagai jejeran pedagang es tebu di sepanjang jalan.

Harga yang ditawarkan untuk per gelasnya pun sangat murah, kisaran 3 hingga 4 ribuan saja. Selain menyegarkan, es tebu ini juga memiliki banyak manfaat buat kesehatan badan.

Dari mulai menurunkan resiko penyakit ginjal, melawan kehilangan cairan tubuh, pemasok energi, mencegah bengkak lambung, bahkan hingga menjaga kesehatan kulit.

8. Es Jagung

Foto By @tresia_paulin

Jagung memang sudah biasa dijadikan sebagai bahan masakan, kemudian apa akibatnya kalau diolah menjadi minuman? Nah, di Kalimantan Barat kau akan menemukan keunikan tersebut.

Disana kamu akan menemukan satu minuman khas yang terbuat dari jagung, namanya yakni es jagung. Rasanya sangat nikmat dan begitu menyegarkan, apalagi alasannya diberi pelengkap gula serta susu kental manis.

Satu porsi minuman ini biasanya dihargai sekitar 10 ribuan saja dan banyak dijumpai di gerai-gerai masakan di pinggir jalan.

9. Liang Teh

Minuman khas kalimantan barat daerah resep apa gambar provinsi
Foto By @lisa_homemade.id

Ini juga termasuk salah satu yang sangat digemari oleh masyarakat Kalimantan Barat dikala siang terik. Kaprikornus jangan heran, kalau kamu akan menemukan berbagai penjualnya di tepi-tepi jalan di kota Pontianak.

Nama Liang atau Liong memiliki arti acuh taacuh. Teh ini bekerjsama merupakan hasil rebusan atau seduhan banyak sekali herbal mirip daun mint, kumis kucing, andong-andong kerang serta lainnya.

Dan minuman tersebut dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, mirip meredakan serta menghilangkan panas dalam. Selain bermanfaat, harganya juga cukup terjangkau.

10. Kopi Asiang

Foto By @bhanjoe_boemi

Buat kamu para coffee lovers, kopi yang disajikan oleh warkop legendaris di Kalimantan Barat ini kudu wajib buat dicicipi. Pasalnya, selain enak, unik juga alasannya merupakan kopi jenis Hainan Style.

Uniknya lagi, kopinya disajikan memakai cangkir kecil dan pisin keramik. Meski sedikit agak berminyak tapi rasanya mampu bikin kamu ketagihan.

Untuk menikmatinya, kamu bisa datang ke Jalan Merapi, Benua Melayu Darat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Dan harganya, cukup dengan merogoh kocek 5 hingga 7 ribu saja.

Nah, itu dia 10 minuman khas Kalimantan Barat yang kenikmatannya tiada duanya. Makara jikalau kamu punya kesempatan menjejakkan kaki di kota Khatulistiwa ini, pastikan untuk mencicipinya ya. Terima kasih dan selamat mencoba!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni