10 Minuman Khas Kalimantan Tengah Yang Wajib Kau Cobain

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”68195″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Sebagai kota Khatulistiwa, tak heran bila Kalimantan Tengah mempunyai cuaca yang cukup panas. Pada ketika siang hari saja, suhu udaranya mampu mencapai 35 derajat celcius.

Dengan suhu yang cukup panas, tentu menikmati aneka minuman khas Kalimantan Tengah akan sangat nikmat untuk menghilangkan rasa panas di kota ini.

Nah, jikalau kau masih galau mau minum apa, 10 daftar minuman khas Kalimantan Tengah dibawah ini mungkin bisa dijadikan pilihan.

1. Es Coklat Aren

Foto By @ikacoklat_arenmbahuti

Minuman khas Kalimantan Tengah yang pertama ini dikenal dengan nama Es Coklat Aren. Sajian segar tersebut termasuk salah satu jenis minuman cuek kekinian.

Bila pada umumnya air nira aren diminum tanpa ada sentuhan. Maka di tangan para hebat, materi tersebut diolah menjadi sebuah menu istimewa yang sangat menarik hati. Rasanya sangat lezat dan menyegarkan, apalagi sebab disajikan dalam keadaan acuh taacuh.

Es coklat aren ini mampu kau nikmati di Caffe Azzahra yang terletak di jalan Pangkalan Muntai Kilometer 6, Kolam, Sukamara, Kotawaringin, Kalimantan Tengah.

Di rumah makan ini, kamu cukup merogoh kocek sekitar 10 ribuan saja untuk menikmati seporsi es coklat arennya yang terkenal yummy. Bagaimana, murah kan?

2. Tuak/Baram

Foto By @eatineraryid

Tidak perlu ke Jepang untuk menikmati sake, alasannya suku Dayak di Lamandau, Kalimantan Tengah punya minuman yang sejenis, namanya adalah tuak.

Tuak khas Kalimantan Tengah ini berbeda dengan yang kamu temui di kawasan-tempat lain, karena tidak terbuat dari air nira, melainkan hasil fermentasi beras ketan.

Ini termasuk salah satu minuman tradisional dan merupakan budaya turun-temurun suku Dayak. Bahkan mereka menganggapnya sebagai simbol kebersamaan. Dimana jikalau diminum secara bantu-membantu, dikatakan dapat mempererat tali persaudaraan.

Tuak khas Lamandau ini rasanya ada dua ialah bagus dan pedas. Untuk harga per liternya biasanya dijual Rp.15.000. Kamu mampu dengan mudah menemukannya di setiap sudut kota di Kalimantan Tengah.

3. Mango Lassi

Mango Lassi, gambar By @thecrispycutlet

Mango Lassi ini bekerjsama asalnya dari India, namun sudah cukup populer di aneka macam kota di mancanegara, termasuk di provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia.

Mango lassi tersebut rasanya elok dan menyegarkan alasannya dibuat dengan memakai resep Istimewa. Seperti namanya, materi utamanya terbuat dari buah mangga.

Tampilannya serupa dengan jus mangga, tapi kalau soal rasa berbeda alasannya adalah diberi materi-bahan perhiasan mirip yoghurt, garam, merica serta rempah-rempah lainnya.

Mango lassi ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Namun sayangnya, cukup sulit untuk ditemui. Kaprikornus jikalau ketemu, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk mencicipinya ya!

4. Es Gula Asam

Foto By @henisartikanoviani

Panasnya cuaca di Kalimantan Tengah, menciptakan rasa haus akan semakin menjadi. Oleh alasannya adalah itulah kau butuh minuman segar dan es gula asam yakni salah satu pilihan yang sangat pas untuk menghilangkan dahagamu.

Berdasarkan resep, minuman satu ini bahan dasarnya terbuat dari asam jawa, daun pandan, gula jawa, air teh celup dan es watu. Untuk cara pembuatannya cukup mudah, kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Di Kalimantan Tengah sendiri, es gula asam juga termasuk salah satu menu yang gampang ditemukan dan harganya sangat terjangkau, pastinya tidak akan sampai menciptakan kantongmu bolong.

5. Es Lidah Buaya

Foto By @nasicampuracong46

Kamu niscaya tak mengira jikalau tanaman pengecap buaya atau aloevera ini bakalan jadi salah satu minuman yang cukup terkenal di Kalimantan Tengah.

Ya, ternyata tanaman yang diyakini cantik untuk rambut ini bisa dijadikan minuman segar dan nikmat, salah satu risikonya adalah es pengecap buaya. Sajian tersebut sangat pas untuk diteguk di tengah panasnya cuaca kota Kalimantan.

Dan untuk menambah kenikmatan rasanya serta kesegarannya, biasanya diberi suplemen cuilan atau irisan lemon. Selain menyegarkan, manfaatnya juga cukup cantik buat kesehatan.

Es pengecap buaya ini mampu dijumpai di kedai-kedai atau café-café dan untuk harganya, umumnya dijual sekitar Rp.6.000 per gelasnya.

6. Ce Hun Tiau

Foto By @wendythefoodaddict

Ce Hun Tiau yakni salah satu minuman khas kota Pontianak, yang juga sangat terkenal di Kalimantan Tengah. Dalam bahasa Tio Ciu, Che itu artinya ubi, Hun adalah tepung sementara Tiau berarti balok memanjang.

Ce Hun Tiau ini bisa dibilang semacam cendol Jawa. Teksturnya kenyal dan agak seperti dengan bihun namun lebih besar. Sebagai adonan penunjang, orang-orang di Kalimantan biasanya menambahkan kacang merah berukuran kecil.

Kemudian dipadukan dengan santan. Lalu ada juga cacahan cincau serta ketan hitam. Ce Hun Tiau ini termasuk masakan langka sebab tidak banyak pedagang yang menjajakannya.

Ce Hun Tiau biasanya dijajakan dengan menggunakan gerobak di pinggir-pinggir jalan. Namun begitu, minuman ini harganya sangat terjangkau.

7. Es Teler

Foto By @kulinerlegend

Ketika siang hari panas terik, menyegarkan tenggorokan dengan segelas es teler bisa jadi solusi paling tepat. Sama mirip minuman lainnya, khas Kalimantan ini juga terdiri dari aneka buah, sirup, krimmer serta serutan es batu.

Kehadiran es teler memang bisa menciptakan siapa saja ketagihan. Selain menyegarkan tenggorokan, juga cukup mengenyangkan.

Untuk menerima es teler bukanlah satu hal sulit, alasannya adalah ini adalah salah satu minuman tradisional yang cukup terkenal di aneka macam tempat di Indonesia, termasuk di setiap sudut kota Kalimantan Tengah dan harganya pun terbilang irit.

8. Es Tebu Kalimantan

Foto By @jajanfivefeet

Minuman khas satu ini juga selalu menjadi primadona bagi masyarakat Kalimantan Tengah. Kamu pun bisa menjumpainya dengan gampang dimana-mana. Harga yang ditawarkan sangat murah, kisaran 3 hingga 4 ribuan saja.

Disamping menyegarkan, es tebu juga ternyata mempunyai banyak khasiat buat kesehatan tubuh, dari mulai melawan kanker, kehilangan cairan tubuh, menurunkan resiko penyakit ginjal serta lainnya.

9. Es Jagung

Foto By @queenfood_24

Jika di daerah-daerah lain jagung diolah menjadi bahan kuliner, maka di Kalimantan Tengah buah ini justru dijadikan sebagai komposisi minuman.

Namanya yakni es jagung. Rasanya sangat unik, alasannya terbuat dari jagung yang masih muda. Untuk penyajiannya biasanya ditambahkan es kerikil, sedikit gula serta susu.

Es jagung juga mudah didapatkan di kedai minuman atau gerobak pinggir jalan dan harganya hanya berkisar 10 ribuan saja per gelasnya.

10. Es Kacang Merah

Minuman khas kalimantan tengah 5 dayak daerah tradisional dingin nama
Foto By @fridajoincoffee

Es kacang merah ini ialah salah satu minuman khas orang-orang Tionghoa di Kalimantan. Meski gampang ditemui di kawasan lain, namun tak ada salahnya untuk mencobanya dikala bertandang ke kota Khatulistiwa tersebut.

Seperti namanya, minuman ini bahan dasarnya terbuat dari kacang merah yang direbus kemudian diberi pemanis gula, cincau hitam serta supaya-biar agar rasanya semakin khas dan nikmat.

Es kacang merah ini juga bisa dengan mudah kamu dapatkan dan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati seporsinya, alasannya adalah harganya sangat dekat.

Itu dia 10 minuman khas Kalimantan Tengah yang cukup recommended buat dicicipin. Kamu sudah pernah mencobanya?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni