10 Minuman Khas Lombok Yang Mampu Bikin Tenggorokanmu Plong

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”68110″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Lombok ialah salah satu pulau di daerah Indonesia bab timur yang punya beragam potensi wisata. Daerah tersebut juga selalu menjadi jujugan baik bagi para wisatawan lokal ataupun mancanegara yang ingin mencari pantai bagus dengan panorama mempesona.

Tak hanya terkenal akan pantainya dan aneka masakan menggoda, Lombok juga memiliki aneka macam macam minuman khas yang mungkin tidak akan kau temui di tempat lain.

Identik dengan cuaca yang panas terik, menciptakan minuman khas Lombok ini sangat pas untuk di konsumsi. Selain sebagai pelepas dahaga, diyakini juga memberi manfaat lain pada tubuh.

Dan pada artikel kali ini, JejakPiknik akan membahas beberapa daftar minuman khas Lombok yang wajib banget buat kau cobain. Penasaran? Langsung aja yuk kita intip ulasan selengkapnya!

1. Tuak Manis

Minuman khas lombok timur ntb daerah resep tradisional tengah adalah keras alkohol brem atau barat beralkohol contoh kuliner macam tuak pulau serbat segar
Foto By @aisake

Apa yang ada dalam pikiranmu dikala mendengar kata “tuak”? Pasti kau akan membayangkan minuman tradisional yg dapat memabukkan kan?

Itu tidaklah sepenuhnya salah, tapi tuak bagus khas Lombok ini berbeda lho, tak akan membuatmu mabuk. Kamu yang terbiasa mengkonsumsi jenis beralkohol atau minuman keras pun mampu menikmati hidangan segar tersebut.

Tuak tersebut terbuat dari pohon aren yang sudah disadap untuk menerima air berwarna putih dengan tekstur kental. Seperti namanya, rasanya cantik juga menyegarkan. Sayangnya, tidak boleh disimpan usang-lama alasannya akan berubah menjadi alkohol.

Tuak anggun ini banyak ditemui di sekitar hutan Pusuk di Gili Trawangan dan harga satu botolnya biasanya dijual sekitar 7 sampai 12 ribuan saja.

2. Bubur Reket Bereng

Foto By @melatiyusmarelda

Sebenarnya sajian seperti ini mampu kamu temui di berbagai kawasan di Indonesia. Namun begitu, tak ada salahnya untuk tetap mencoba Bubur Reket Bereng khas Lombok Tengah, dikala sedang berkunjung ke kota di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.

Berdasarkan resep pembuatannya, materi utama dari hidangan ini adalah beras ketan hitam yang sudah direbus lalu diberi kuah santan serta gula merah cair. Agar semakin menyegarkan, biasanya ditambah dengan es batu.

Bubur Reket Bereng ini biasanya banyak dijual pagi hari sebagai menu sarapan dan harganya pun sangat dekat dengan kantong.

3. Serbat Jahe

Foto By @sari.kd

Jenis minuman khas Lombok tidak hanya menyegarkan saja, tapi ada juga yang bisa untuk menghangatkan tubuh, apalagi jikalau dikonsumsi dikala malam hari.

Namanya yakni serbat jahe. Menurut resep, minuman tersebut materi utamanya terbuat dari adonan abu jahe serta gula merah. Biasanya dijual dalam bentuk kemasan yang siap untuk diseduh.

Kamu mampu menemukannya di aneka macam toko buah tangan atau minimarket dan harganya hanya kisaran 12 ribuan saja per box dengan isi 6 pieces.

4. Es Tape

Es Tape, gambar By @gembulfoodie

Poteng isi atau es tape ini juga merupakan minuman khas yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tidak mirip pada umumnya, hidangan tersebut sedikit agak berbeda sebab sudah mengalami modifikasi semoga semakin nikmat.

Jika awalnya hanya berisi tape dan santan atau susu kental, kini sudah diberi aksesori es kerikil agar semakin menyegarkan.

Es Tape juga banyak dijajakan, baik di pasar tradisional ataupun di pinggir-pinggir jalan dan harganya pun cukup terjangkau.

5. Es Sarang Burung

Foto By @mrs.viriya

Es sarang burung ini yaitu salah satu hidangan menyegarkan yang paling banyak diburu oleh para wisatawan untuk menyegarkan tubuh di siang hari terik.

Nah, awalnya materi utama sajian ini terbuat dari sarang burung walet. Namun alasannya adalah harganya mahal, warga Lombok pun menggantinya dengan agar-semoga. Soal rasanya, sangat yummy dan juga menyegarkan pastinya, apalagi ditambah es.

Es sarang burung juga termasuk minuman yang gampang ditemukan di pinggir-pinggir jalan Pulau Lombok dan selain itu, harganya pun sangat erat dengan kantong.

6. Brem

Foto By @bremaslikhaslombok

Sama mirip tuak cantik, banyak juga orang yang menyangka kalau brem ini minuman beralkohol. Padahal bahu-membahu, tidak mengandung alkohol.

Pasalnya, brem sendiri terbuat dari ketan yang sudah difermentasi. Hanya saja, proses fermentasi bisa membuatnya memiliki kadar alkohol.

Kaprikornus jikalau tidak ingin mengkonsumsi brem beralkohol, pilihlah yang proses fermentasinya singkat. Bila dulu minuman tersebut kerap disajikan pada acara adat, kini justru cukup mudah ditemui di warung-warung kaki lima di Lombok.

Soal harga, tak perlu khawatir alasannya brem khas Lombok ini dijual dengan harga yang cukup hemat dan terjangkau.

7. Madu Sumbawa

Foto By @madusumbawabimaasli

Kalau kamu tengah berkunjung ke Pulau Lombok, sempatkanlah untuk membeli madu khas Sumbawa. Sebagaimana diketahui, madu ini kualitasnya sangat baik.

Meski diproduksi di Sumbawa, namun madu ini banyak dijual di Lombok. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan dicampur air agar tidak terlalu cantik atau acuh taacuh. Tenggorokanmu dijamin segar ketika meminumnya.

Madu Sumbawa ini mampu kamu beli di toko oleh-oleh yang ada di Lombok. Untuk membawa pulang 1 botolnya, cukup merogoh kocek mulai 80 ribuan saja.

8. Susu Kuda Liar

Foto By @emakshop__

Susu kuda liar ini diyakini sebagai salah satu minuman yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan mirip pola yakni untuk meningkatkan stamina dan daya tahan badan.

Susu asal Sumbawa ini populer dengan keawetannya dan dipercaya bisa bertahan sampai satu tahun tanpa perlu dipasteurisasi.

Tidak sulit kok mendapatkannya, alasannya banyak dijajakan di pusat buah tangan dan harga per botolnya dibanderol mulai dari 20 ribuan saja.

9. Kopi Lombok

Foto By @buburinas

Kopi sudah menjadi kebutuhan pokok yang sangat melekat di kehidupan masyarakat Lombok, apalagi kopi lokal asal desa Prabe, Lombok Barat.

Bubuk kopi ini diambil dari biji yang diolah dengan cara alami dan memakai racikan khas masyarakat suku Sasak. Sekilas memang tampak biasa saja, tapi saat menyeruputnya rasa pahit dengan aroma strong akan langsung terasa.

Selain mampu dinikmati di warung kopi, kau pun bisa membelinya di sentra oleh-oleh. Untuk harganya cukup bervariasi, mulai dari 50 ribuan saja.

10. Es Wedang Lombok

Foto By @belanga.id

Buat kau yang suka minuman pedas tapi menyegarkan, es wedang khas pulau Lombok ini tidak boleh diacuhkan. Karena rasanya sangat yummy, tenggorokanmu seketika akan pribadi plong ketika meneguknya.

Es wedang ini diracik dengan menggunakan rempah-rempah khas Jawa seperti jahe, merica, kayu cantik, cabai serta serei. Dengan materi-materi tersebut, membuatnya menjadi minuman yang pas untuk menghangatkan tubuh.

Untuk menemukannya juga tidak sulit, karena banyak dijajakan di warung-warung kaki lima dan harganya pun tergolong sangat murah.

Nah bagaimana, apakah kamu tertarik ingin mencoba sejumlah minuman khas Lombok diatas? Lantas, mana nih yang kira-kira pengen banget dicicipin pertama kali?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni