10 Minuman Khas Malang Yang Menyegarkan

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”68122″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Selain dikenal sebagai destinasi daerah pariwisata dan kawasan berburu masakan, Malang, Jawa Timur juga terkenal dengan sederet minuman khasnya yang tak kalah menyegarkan serta memancing rasa ingin tau seseorang.

Disamping memperlihatkan masakan yummy mirip bakso dan cwie mie, minuman khas kota Malang juga memiliki citarasa unik. Bahkan sangat cocok untuk melepas dahaga. Jenisnya pun ada bermacam-macam, dari yang tersaji dingin sampai dalam keadaan hangat.

Berikut merupakan 10 pola minuman khas kota Malang yang harus kamu ketahui dan wajib buat dicoba periode berkunjung ke sana.

1. Es Santan Ketan Hitam

Es santan ketan hitam ini termasuk salah satu jenis minuman khas kota Apel yang murah meriah dan populer bisa mengusir dahaga di siang hari.

Berdasarkan resep, materi utama pembuatan minuman ini sama mirip namanya ialah ada ketan hitam, santan yang sudah dibekukan jadi es, dawet merah serta sirup sebagai penambah rasa segar.

Minuman murah meriah ini hanya dibanderol sekitar Rp.2.500 saja per porsi dan hanya perlu menambah 1000 rupiah untuk sepotong roti.

Untuk merasakan es santan ketan hitam bercitarasa juara, kamu mampu datang ke jalan Tanimbar, tepatnya di samping SMKN4 atau di depan lapangan jalan Sempu.

2. Es Tawon

Foto By @katalogmalang

Jangan berpikir jika minuman satu ini dibentuk dari tawon ya! Dinamakan demikian sebab banyaknya lebah yang mengelilingi gula pembuatan hidangan tersebut.

Es tawon sendiri merupakan satu hidangan berupa es campur yang berisi cincau, kacang hijau, blewah, mutiara dan siraman sirup.

Es Tawon juga termasuk salah satu minuman tradisional yang cukup legendaris, karena sudah ada semenjak tahun 1955, bahkan masih eksis sampai kini.

Untuk menikmati citarasa terbaik, lapak Es Tawon Kidul Dalam di jalan Zainul Arifin No.15, Sukoharjo, Kecamatan Klojen, kota Malang, Jawa Timur yaitu tempatnya. Cukup dengan budget Rp.8.000 saja buat menikmati seporsinya.

3. Es Teler Dempo No.07

Foto By @jastipkuliner_malang

Bagi kamu pecinta buah durian, wajib datang nih kesini. Es Teler satu ini juga termasuk salah satu minuman legendaris sebab sudah ada sejak tahun 1978 silam.

Lapak es teller ini mampu kamu temui di jalan Gede, kota Malang, Jawa Timur. Berbeda dari biasanya, disini minuman tersebut disajikan dengan aneka macam macam jenis buah, mirip durian, alpukat, nangka serta degan, gula alamo dan juga sus kental elok.

Untuk harganya sendiri relatif terjangkau dan masih ada banyak lagi jenis minuman lainnya yang bisa kau cobain di sini.

4. Es Alpukat Moka

Foto By @echiebundaalfadh

Kawasan kuliner di jalan Gede, Malang kerap disebut dengan nama Dempo. Area tersebut sangat diminati oleh semua kalangan di kota Apel. Pasalnya, ada banyak deretan pedagang yang melekat di Sekolah Menengah kejuruan Albertus yang menjual banyak sekali macam jenis minuman segar.

Salah satu yang paling Istimewa dari tempat tersebut yaitu es alpukat moka. Seperti namanya, hidangan ini materi utamanya terbuat dari buah alpukat, lalu diberi es serut, susu serta moka.

Rasa bagus dan segar sangat pas untuk menemani teriknya cuaca di siang hari. Cukup merogoh kocek Rp.6.000 saja buat menikmati seporsinya.

5. Fosco

Foto By @depot.hoklay.mlg

Nama minuman satu ini memang terdengar cukup unik, sama seperti rasanya. Bahannya sendiri terbuat dari susu. Meski demikian ia tidak anggun namun cukup gurih.

Selain rasanya, cara pengemasannya pun cukup unik alasannya adalah dibuat di dalam botol minuman bersoda. Walau terlihat seperti susu coklat, namun rasa gurih yaitu nilai tambah dari Fosco ini.

Untuk mencicipinya, kau mampu tiba ke toko lumpia Hok Lay yg terletak di jalan Agus Salim. Soal harga tak perlu khawatir, cukup dengan biaya 8 ribu saja bila ingin menikmati sebotolnya. Bagaimana, tertarik ingin mencobanya?

6. STMJ

Foto By @kulinertulungagung

Selain minuman hambar yang pas untuk menghalau cuaca panas, kota Apel Malang juga punya beberapa sajian yg cocok buat menemanimu di abad hawa sedang masbodoh, salah satu contohnya ialah STMJ.

STMJ ini sendiri merupakan kependekan dari resep komposisinya adalah susu, telur, madu serta jahe. Campuran yang luar biasa pada minuman tradisional tersebut diyakini dapat memberi rasa hangat dan kenyang seusai meneguknya.

Beberapa warung STMJ yang cukup terkenal di kota Malang yakni milik Pak Sentot di Bareng Kulon yg telah buka semenjak tahun 1970-an dan STMJ 29 di jalan Trunojoyo. Untuk harganya, kisaran 13 ribuan saja per porsinya.

7. Angsle

Foto By @andhikazrt

Angsle ini merupakan salah satu minuman hangat atau wedang khas Malang yang kerap dijual bersama ronde. Rasanya sangat khas, alasannya adalah terbuat dari santan dengan isian roti, kacang tanah, petulo, mutiara dan kacang hijau.

Perpaduan antara isian dengan kuah dalam seporsi angsle memberi rasa hangat di perut dan elok di verbal. Untuk daerah terbaik mencicipinya, kau bisa tiba ke warung Titoni di jalan Zainul Arifin.

Cukup dengan merogoh kocek sekitar 8 ribuan saja, kau sudah mampu menikmati seporsi sajian hangat khas Malang satu ini.

8. Ronde

Foto By @rondetidar.malang

Selain Angsle, Kota Apel juga masih punya banyak lagi minuman hangat yang bisa kau cicipi untuk menghalau cuaca cuek. Salah satu pola lainnya yaitu ronde.

Rasa ronde ini sendiri pedas dan cantik, akan sangat nikmat jikalau disantap saat dalam keadaan panas. Untuk bahannya, hampir sama mirip STMJ, ada jahe lalu kacang serta bola-bola kacang berisi gula merah.

Tempat terbaik untuk menikmati ronde yummy di Malang yakni warung Akor di jalan Sempu No.10, kota Batu. Lapak ini sudah sangat terkenal, kau cuma perlu uang 7 ribu saja buat meneguk segelas rondenya.

9. Tahwa

Minuman khas malang jawa timur beralkohol keras apel hangat kota batu sari resep angsle buah dan es jahe tradisional
Foto By @amazingmalangeats

Kuah jahe memang selalu menjadi pilihan sempurna untuk melenyapkan hawa acuh taacuh. Hal itulah yg menimbulkan tahwa menjadi salah satu minuman paling pas buat dikonsumsi.

Tahwa sendiri merupakan campuran dari gula merah dan kuah jahe yang lalu diberi pelengkap tahu lembut. Pedagang hidangan satu ini juga cukup mudah ditemui di Malang atau kota Batu sekitarnya.

Namun satu yang paling terkenal yakni Tahwa Mas Agus di jalan Aris Munandar, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Menu ini bisa kau nikmati hanya dengan uang Rp.4.000 saja.

10. Sari Buah Apel

Foto By @jastip_ajah

Meski tampilannya tampak seperti minuman beralkohol, namun pada kenyataannya sajian satu ini bebas dari kandungan alkohol. Seperti namanya, bahan utamanya sendiri terbuat dari sari buah apel segar pilihan.

Tidak sulit untuk mendapatkannya, namun kau harus berilmu-akil menentukan karena aneka macam produsen yang menjual sari buah apel dengan komplemen buatan ataupun materi pengawet. Soal harga, mulai 8 ribuan saja per botolnya.

Itulah beberapa teladan minuman yummy khas kota Malang yang wajib kau cicipin ketika berkunjung kesana. Semoga mampu menjadi acuan kulinermu dan selamat mencoba!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni