10 Minuman Menyegarkan Khas India Yang Wajib Kamu Coba

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”68085″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Berbicara tentang minuman khas, India bahu-membahu punya beraneka macam sajian. Namun masyarakat Indonesia mungkin sedikit kurang familiar dengan hal tersebut.

Negara Bollywood yang terkenal dengan tarian dan nyanyian ini mempunyai cuaca cukup panas. Maka dari itu, menikmati minuman khas India, wajib untuk kamu coba dikala sedang berkunjung ke sana.

Ada berbagai macam minuman khas India yang tak hanya lezat, tapi juga sangat menyegarkan, bahkan beberapa diantaranya memiliki citarasa unik.

Bagi kamu yang penasaran apa saja minuman khas India, JejakPiknik sudah menyiapkan daftarnya pada artikel berikut ini. Yuk langsung disimak aja!

1. Masala Chai

Minuman khas india yang memabukan resep nama lassi keras teh segar negara cara membuat gambar macam
Foto By @drinksimplychai

Jika kamu termasuk salah satu penikmat teh, maka sajian teh milik warga Bollywood yang unik dan berbeda ini wajib buat dicicipi.

Pasalnya, minuman tersebut dibentuk dengan adonan banyak sekali rempah-rempah mirip kayu manis, cengkeh, lada hitam dan lain-lain. Untuk menemukannya juga tidak sulit, alasannya hampir setiap rumah makan di sana menyajikannya.

Menurut kabarnya, Masala Chai paling enak itu yaitu yang dijual oleh pedagang di dalam kereta api. Namun bila belum sempat ke India, kamu mampu membelinya dari online shop seperti Tokopedia dengan harga Rp.55.000 per 130 gram.

2. Lassi

Foto By @globalfoodjourney4u

Minuman segar asli Punjab ini ialah salah satu hidangan tradisional yang terbuat dari gula, buah-buahan dan daun mint. Meski bahan dasarnya selalu sama, namun rasanya cukup bervariasi, tergantung daerah pembuatnya.

Lassi ini katanya salah satu jenis minuman keras yang dapat memberi imbas memabukkan seperti kecanduan ganja dan warga disana biasanya meminumnya saat demam isu panas.

Lassi juga menjadi salah satu sajian yang kerap ditemui dikala perayaan Holy. Tak hanya di India, minuman tersebut juga sangat terkenal di negara Pakistan.

Untuk menemukannya juga tidak sulit, karena banyak pedagang lassi berjejer di pinggir jalan India dan harganya pun masih sangat terjangkau.

3. Thandai

Foto By @foodaholicroma

Thandai atau dikenal juga dengan Sardai merupakan salah satu minuman khas India yang kerap disajikan pada ketika perayaan hari raya besar mirip Shivaratri atau Holy.

Menurut resep, Thandai dibuat dengan menggunakan materi dasar susu dengan adonan biji adas, biji semangka, saffron, kelopak mawar, kacang almond dan lainnya.

Selain hambar dan menyegarkan, Thandai juga memiliki citarasa unik. Konon katanya, ini yakni kesukaan Dewa Siwa. Minuman tersebut mampu dengan gampang ditemui di minimarket ataupun supermarket.

Jika kau sangat ingin mencobanya, bisa juga dipesan secara online. Untuk harganya biasanya dijual kisaran 100 ribuan per botolnya.

4. Sharbat

Foto By @chompingchampion

Sharbat ini merupakan menu perpaduan budaya masyarakat Turki dan Persia. Biasanya minuman tersebut digunakan sebagai pengganti cairan badan yang habis terkuras balasan cuaca ekstrim di India.

Sharbat sendiri terbuat dari adonan sirup gula, air dan bermacam-macam buah. Terkadang, ada pula yang menambahkan kelopak bunga serta rempah-rempah untuk memperkaya citarasanya.

Kamu bisa menemukan sharbat di sepanjang jalan wilayah Tamil Nadu atau Keralla. Harganya sekitar 8 hingga 13 rupee per gelas, atau setara dengan Rp.1.500-Rp.3.000.

5. Kaju Shake

Foto By @hry21

Sesuai namanya, minuman yummy khas India satu ini terbuat dari kaju atau kacang mete, dengan adonan gula, susu serta aneka macam buah-buahan segar. Jika dilihat sekilas dari gambar, tampilannya hampir mirip Lassi.

Perbedaan keduanya hanya terletak pada materi pembuatannya saja. Jika lassi memakai yoghurt, maka Kaju Shake menggunakan susu murni sebagai komposisi utamanya.

Kamu mampu membeli Kaju Shake dengan gampang di toko atau minimarket manapun di India. Untuk harganya, cuma 80 rupee saja per liternya atau setara dengan Rp.15.478.

6. Falooda

Foto By @drinkchoiceofmumbai

Falooda ini yaitu milkshake ala Negara Bollywood yang tak hanya terkenal di India, namun juga di aneka macam mancanegara seperti Persia, Pakistan dan Asia Selatan.

Cara menciptakan Falooda ini juga cukup gampang. Menurut resep, bahan baku pembuatannya adalah mie yang terbuat dari pati beras. Di India, biasanya dikenal dengan nama Falooda Sev.

Ciri khas Falooda ini terletak pada sirupnya yang terbuat dari adonan bunga mawar dan gula pasir yg dididihkan secara bersamaan.

Sirup ala Bollywood tersebut bisa dengan mudah ditemui di pusat buah tangan yang menjual penganan khas India atau Asia Selatan. Satu daerah paling populer yakni Baba Falooda di Bell View Building, Mumbai. Untuk harganya biasanya kisaran 50 rupee per gelas.

7. Chaas

Foto By today.line.me

Minuman ini materi dasarnya terbuat dari yoghurt, yang kemudian dikocok dengan air cuek menggunakan pot. Untuk pengocokannya sendiri menggunakan alat genggam whipper atau madhani.

Bisa diminum polos begitu saja tanpa campuran ataupun dengan diberi berbagai bumbu. Namun jika kau ingin mengetahui bagaimana rasa sebetulnya, minumlah yang original.

Chaas ini memiliki citarasa elok meski tanpa diberi gula dan tentunya sangat menyegarkan alasannya dicampur dengan air hambar. Selain banyak dijual di minimarket, juga dapat dibeli dari aneka macam online shop. Harganya biasanya kisaran Rs.12 atau sekitar 2 ribuan.

8. Haldi Doodh

Haldi Doodh, gambar By @barbaardxb

Haldi Doodh ini tidak hanya bisa menghilangkan dahaga saja, namun juga dipercaya dapat mengobati rasa sakit pada tenggorokan, flu ataupun bisul lainnya.

Selain itu, Haldi Doodh juga diyakini dapat menunjukkan rasa lega setelah pulih dari cidera fisik dan mampu membantu pemulihan. Hal tersebut dikarenakan bahan dasarnya terbuat dari susu serta kunyit.

Tak hanya populer di India, Haldi Doodh juga terkenal hingga ke negeri Paman Sam. Kamu pun mampu menjumpainya di berbagai minimarket atau supermarket. Untuk harganya, umumnya dijual kisaran 30 rupee atau setara dengan Rp.5.804.

9. Shol Kad

Foto By guratgarut.com

Sama seperti Haldi Doodh, Shol Kad ini juga tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki banyak khasiat. Kalau dilihat dari gambar, tampilannya sangat cantik dan menawan kan?

Hal tersebut dikarenakan, bahan dasarnya terbuat dari buah kokum (sejenis manggis) serta gabungan air kelapa. Soal citarasa, minuman khas Konkan ini memiliki rasa yang sangat menakjubkan. Kamu mungkin bakal ketagihan!

Untuk mendapatkannya pun cukup gampang dan yang paling penting, harganya tidak menciptakan kantongmu sampai bocor.

10. Jigarthanda

Foto By @jigar.thanda

Jigarthanda ini sangat terkenal di India. Minuman tersebut materi dasarnya terbuat susu orisinil khas Madurai yang kemudian dipadukan dengan es krim, sirup sarsaparilla, gula dan almond.

Jigartandha ini biasanya banyak ditemui ketika animo panas dan pada umumnya dijual di pinggir-pinggir jalan. Untuk harganya, mampu dibilang murah meriah.

Itulah beberapa daftar minuman khas India yang lezat dan juga menyegarkan. Kamu niscaya makin ingin tau kan bagaimana rasa bantu-membantu? Makara pastikan untuk mencobanya ya dikala berkunjung ke sana. Selamat Mencoba!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni