10 Minuman Yang Khas Dari Kalimantan Utara

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”68220″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Kalimantan Utara merupakan satu provinsi yang tergolong gres di Indonesia. Diresmikan pada tanggal 25 Oktober 2012 kemudian dan mempunyai ibukota yakni Kota Tarakan. Letaknya daerahnya sendiri berbatasan dengan bab Sabah serta Serawak, Malaysia.

Mayoritas etnis yang di provinsi Kalimantan Utara ini yaitu 40% suku Jawa, Dayak, Banjar, Bulungan, Kutai, Tidung dan asal Sulawesi Selatan.

Keanekaragaman etnis di provinsi ini tentu memberi pengaruh pada aneka kuliner khasnya, begitu pun dengan jenis minumannya.

Memiliki cuaca yang cukup panas alasannya adalah merupakan kota Khatulistiwa, menikmati minuman khas Kalimantan Utara untuk mengobati rasa dahaga bisa menjadi pilihan paling tepat.

Dan 10 minuman khas Kalimantan Utara dibawah ini mungkin bisa dijadikan alternatif.

1. Kopi Arab

Foto By @mrocoffee

Well, mirip namanya, kopi satu ini bergotong-royong bukan minuman khas provinsi Kalimantan Utara melainkan diimpor dari Arab. Namun begitu, cukup populer di kota Tanjung Selor.

Kopi Arab ini dilengkapi dengan aneka rempah-rempah yang berkhasiat mengembalikan kesegaran badan. Wah, cocok nih dinikmati setelah seharian keliling-keliling di sekitar wilayah Kalimantan Utara.

Oh ya, kopi Arab sekarang sudah ada dalam bentuk kemasan loh. Kaprikornus selain mampu diminum di warung-warung kopi, kamu mampu borong sebanyak-banyaknya untuk dijadikan oleh-oleh. Tenang, harganya terjangkau kok, pastinya tidak sampai menciptakan kantongmu bolong.

2. Kopi Malinau

Foto By @tabokopi

Coffee lovers, Kalimantan Utara juga punya satu jenis kopi yang sangat populer dan disukai banyak orang, namanya ialah kopi Malinau. Cirinya, hitam pekat, kental namun tidak memiliki aroma khas seperti pada umumnya.

Namun saat diteguk, rasanya sangat gurih. Diberi nama demikian, alasannya asalnya memang dari daerah Malinau, salah satu kota di Kalimantan Utara.

Percaya atau tidak, kopi ini mempunyai banyak manfaat lho. Untuk mendapatkannya cukup mudah, sebab sudah disajikan di sejumlah warkop-warkop di sekitar daerah Malinau dan harganya pun sangat erat.

3. Ranam

Foto By tokopedia.com

Kamu ingin minuman segar yang sekaligus menyehatkan? Nah, Ranam khas Kalimantan Utara ini bisa dijadikan pilihan. Dikatakan sehat, alasannya terbuat dari bahan-materi herbal alami.

Nama Ranam diambil dari bahasa Tidung, yang artinya yaitu rempah. Berbagai macam rempah dalam pembuatan minuman tradisional ini diantaranya ada cengkeh, kapulaga, bunga lawang, teh serta sedikit gula sebagai tambahan.

Selain segar dan nikmat, Ranam juga sangat menyehatkan. Umumnya, minuman tersebut sudah dijual dengan memakai kemasan.

Jadi kau pun bisa membawanya pulang sebagai buah tangan. Untuk harganya sendiri, dibanderol sekitar 57 ribuan per box dengan isi 10 sachet.

4. Kopi Rempah

Foto By @desytariyem

Bukan hanya yang diimpor dari Arab dan khas Malinau saja, Kalimantan Utara juga punya jenis kopi orisinil asal kota Tarakan, namanya yaitu kopi rempah.

Seperti namanya, kopi ini terbuat dari adonan aneka rempah-rempah khas Tarakan. Makara sangat kondusif untuk dikonsumsi. Selain nikmat, juga dipercaya cukup menyehatkan bagi tubuh.

Jenis kopi yang dipakai pada minuman ini sendiri yaitu robusta, sementara untuk rempahnya yakni buah pala. Tak hanya populer di Tarakan, tapi juga sudah sangat dikenal di luar negeri.

Selain dapat diseduh ditempat, minuman yang lezat disajikan dalam keadaan hangat ini juga sudah dikemas dengan baik. Makara kamu mampu beli banyak untuk dijadikan oleh-oleh. Harganya sendiri masih tergolong standar, bisa dibilang cukup murah malah.

5. Teh Bunga Telang

Teh Bunga Telang, gambar By @trxhop.id

Manfaat teh bunga telang memang sangat dikenal dari mulai Asia Tenggara sampai benua Eropa. Minuman tersebut materi dasarnya terbuat dari bunga dengan nama latin yaitu Clitoria Ternatea.

Ada yang unik dari teh ini, dimana warnanya biru saat diseduh. Selain menyegarkan, minuman tersebut juga sangat menyehatkan. Bahkan dipercaya berkhasiat untuk menurunkan berat badan, detoksifikasi tubuh serta bagus buat mata.

Teh bunga telang ini juga sangat gampang ditemui di Kalimantan Utara dan untuk harganya diketahui cukup terjangkau.

6. Es Nangka Selasih

Foto By @dapoersikoko

Yang satu ini bekerjsama asalnya dari kota Banjar, namun cukup banyak ditemui di Kalimantan Utara. Resep minuman menyegarkan tersebut kerapkali dipakai sebagai menu berbuka puasa.

Campuran nangka, jeruk nipis dan biji selasih yang menyegarkan tentu sangat nikmat dikonsumsi di tengah panasnya cuaca kota Kalimantan Utara.

Es Nangka Selasih ini mampu kau temui di beberapa gerai minuman di sekitar kota Kaltara. Untuk harganya sendiri, masih terbilang cukup irit.

7. Ce Hun Tiao

Minuman khas kalimantan utara resep daerah segar tradisional tengan 5 banjar apa gambar dayak nama hangat kota keras provinsi panas
Foto By @razan_tata

Ce Hun Tiao ini bukanlah jenis minuman keras, melainkan salah satu sajian segar yang menyehatkan dan kerap dijuluki sebagai es campurnya masyarakat Pontianak.

Meski aslinya berasal dari Pontianak, namun Ce Hun Tiao juga banyak ditemui di kota-kota sekitar Kalimantan Utara. Jika dlihat dari gambar, isiannya hampir sama dengan es campur, ada cincau, kacang merah, jelly panjang, ketan hitam dan sepotong bongko.

Ce Hun Tiau paling banyak dijajakan di jalan Waru, Kota Pontianak. Namun begitu, tak sulit juga untuk menemukannya di wilayah Kaltara. Harganya? Tenang, masih terjangkau kok.

8. Es Lidah Buaya

Foto By @icenonaperky

Lazimnya lidah buaya yakni untuk materi-materi kecantikan. Lantas apa kesudahannya bila dibuat menjadi sebuah minuman? Kamu sudah pernah mencobanya?

Nah, di kota Khatulistiwa, lidah buaya dibuat menjadi satu minuman enak yang menyegarkan, namanya yakni es pengecap buaya. Masyarakat di sekitar tempat tersebut sangat menyukainya, apalagi di saat cuaca sedang panas-panasnya.

Dicampur dengan siraman sirup dan es kerikil, tentu membuatnya semakin menyegarkan. Es lidah buaya ini juga cukup gampang ditemui, alasannya adalah banyak dijajakan di gerai minuman di pinggir jalan. Harganya pun tergolong murah meriah.

9. Es Jagung

Foto By @es_jagung.hawai

Sama seperti es lidah buaya, minuman satu ini juga cukup digemari di Kalimantan Utara. Dan sesuai namanya, bahan utamanya adalah jagung. Meski terlihat biasa saja, namun rasanya bakal bikin kamu ketagihan.

Untuk penyajiannya, sari jagung bagus diberi gabungan es kerikil, sedikit gula serta susu kental bagus. Segarnya esnya dan lembutnya sarinya, bakal memanjakan lidahmu, apalagi jikalau disantap dikala panas terik.

Es jagung juga gampang ditemui alasannya adalah banyak jejeran pedagang yang menjajakannya di pinggir-pinggir jalan. Kamu pun tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk meneguknya.

10. Es Jeruk

Foto By @warungstasiun

Nah, buat kamu yang tengah bertandang ke Kalimantan Utara, tak ada salahnya untuk menikmati segelas es jeruk khas dari kota Khatulistiwa tersebut.

Pasalnya, minuman orisinil kota Pontianak ini juga banyak dijajakan di daerah-tempat Kalimantan Utara. Pembuatannya sama seperti es jeruk pada umumnya, namun soal rasa, kamu mungkin bakal ketagihan.

Es Jeruk bukanlah minuman yang sulit didapatkan sebab tersedia di berbagai restoran, rumah makan ataupun gerai-gerai kuliner lain di Kalimantan Utara. Untuk harganya, cukup bervariasi.

Gimana, semuanya tampak menarik hati kan? Kaprikornus, minuman khas mana nih yang ingin kau cicipi dikala bertandang ke Kalimantan Utara?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni