10 Objek Wisata Gunung Di Wonosobo Yang Punya Pesona Luar Biasa

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67343″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Indonesia memiliki berbagai gunung dengan pemandangan begitu indah dari Sabang sampai Merauke. Di Pulau Jawa sendiri jumlahnya mencapai ratusan dan tersebar hampir di setiap wilayahnya, termasuk di kabupaten Wonosobo.

Tak sedikit orang yang sengaja mengunjunginya hanya untuk menikmati keindahannya dari atas puncaknya, meski harus membutuhkan tenaga serta fisik yang cukup fit.

Tidak sedikit pula orang yang punya hobi mendaki gunung. Hamparan awan putih luas serta sambutan mentari indah menjadi alasan sempurna untuk mengunjungi wisata pegunungan.

Dan Wonosobo setidaknya memiliki 10 daftar gunung yang memiliki pemandangan indah nan mempesona. Berikut JejakPiknik sajikan ulasan selengkapnya dari berbagai sumber.

1. Gunung Sindoro

Foto By @tumpill.ij

Gunung mempesona pertama yang dimiliki oleh kabupaten Wonosobo ialah Sindoro. Memiliki ketinggian mencapai 3.153 mdpl, membuatnya masuk dalam daftar tertinggi ketiga di Jawa Tengah.

Karena begitu terkenal, tak heran jikalau Sindoro selalu ramai didatangi pengunjung. Tawaran keindahan di atas puncak dengan trek yang cukup panjang dan menantang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Letaknya sendiri akrab dengan Sumbing mountain. Memiliki bentuk serta ketinggian yang tak berbeda jauh menciptakan keduanya kerap disebut “gunung kembar”. Hal menarik lainnya dari Sindoro ini adalah adanya hamparan bunga Edelweiss dan Kawah aktif di puncaknya.

Ada beberapa jalur pendakian yang bisa kamu pilih untuk mampu sampai ke puncak gunung bertipe stratovolcano ini yaitu via Sigedang, Bansari, Kledung dan Ndoro Arum.

2. Gunung Sumbing

Foto By @gunung.sumbing

Seperti dikatakan sebelumnya, Sindoro dan Sumbing kerap dijuluki dengan nama “Gunung Kembar”. Keduanya termasuk spot yang bisa kamu jadikan daerah pendakian.

Nah, kalau Sindoro terletak di kawasan perbatasan, maka Sumbing mountain ini keberadaannya meliputi ke dalam 3 wilayah kabupaten adalah Wonosobo, Temanggung dan Magelang.

Sumbing mountain sendiri memiliki ketinggian 3.371 meter diatas permukaan maritim dan dikenal menyuguhkan trek cukup menantang. Buat kamu yang hobi menjelajahi wisata ekstrim, wajib mengunjunginya.

Salah satu pesona Mount Sumbing ini yakni adanya sebuah kawah aktif yang dapat disaksikan langsung dari puncaknya ataupun dengan turun ke bawahnya.

3. Gunung Prau

Foto By @garnisayu_

Kamu sedang mencari kawasan wisata dengan view mempesona di sekitar tempat Wonosobo? Gunung Prau ialah jawabannya.

Terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Prau mountain menjadi pembatas antara 3 kabupaten adalah Wonosobo, Kendal dan Batang. Berada di area yang cukup populer serta mempunyai trek ringan membuat spot tersebut selalu kebanjiran pengunjung.

Cukup terkenal dikalangan wisatawan karena beliau memiliki satu momen istimewa yang dikenal dengan nama “The Golden Hour”, waktu dimana sang mentari muncul ke permukaan dan memperlihatkan kegagahan sederet gunung indah di sekitar Prau Mountain tersebut.

4. Gunung Bismo

Foto By @gavi.an

Nama spot pendakian satu ini memang belum begitu dikenal. Namun untuk para penggiat alam, Gunung Bismo layak buat dijejaki. Pasalnya, hamparan hutannya masih tampak alami sebab belum ada sentuhan tangan insan.

Uniknya lagi, di setiap pos pendakian, kau akan selalu disuguhi spot-spot menarik mirip terowongan mesra, trek Dewa Brata sampai hamparan padang ilalang. Dengan ketinggian 2.635 mdpl, bagi para pendaki tentu bukan sebuah dilema.

Saat tiba di puncak, hamparan kota Wonosobo terlihat jelas. Jika cuaca mendukung, kamu pun mampu menikmati keindahan dari sunrise dari spot ini.

5. Gunung Sipandu

Foto By @kepen_abimanyu19

Ada lagi spot pegunungan lainnya yang juga tak kalah mempesona di kota Wonosobo, namanya yakni Sipandu Mountain. Letaknya berada di perbatasan antara kabupaten Banjarnegara dan Batang, namun masih termasuk daerah Datarang Tinggi Dieng.

Letak dari gunung satu ini tidak jauh dari Prau Mountain, jadi mampu dipastikan kalau pernah mengunjungi Prau niscaya pernah melihat Sipandu.

Untuk menuju lokasi Sipandu, kamu bisa menentukan jalur via Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kab.Batang, Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan tempat Dataran Tinggi Dieng.

6. Gunung Lanang

Foto By @gununglanangwonosobo

Meski hanya memiliki ketinggian sekitar 600 meter diatas permukaan bahari, namun warga Wonosobo menganggap spot yang terletak di desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang ini ialah sebuah gunung.

Konon katanya, Mount Lanang ini dipercaya penuh akan dongeng misteri. Meski tidak sepopuler Sindoro atau Sumbing, namun dia masuk sebagai salah satu objek wisata favorit di Wonosobo.

Aksesnya pun terbilang cukup mudah alasannya sudah diaspal, hanya butuh waktu sekitar 45 menit saja untuk sampai ke puncaknya. Namun begitu kau harus tetap menyiapkan badan yang fit, sebab diperlukan perjuangan buat melewati setiap treknya.

7. Gunung Pakuwaja

Foto By @basecamp_gunung_pakuwaja

Diberi nama demikian, sebab di sekitar gunung berketinggian 2.421 mdpl ini terdapat sebuah kerikil vertikal setinggi 50 meter yang mana diyakini sebagai paku pulau Jawa.

Selain keunikan tersebut, Pakuwaja juga menyajikan panorama keindahan alam yang memukau dari ketinggian. Lokasi dari spot ini sendiri berada berada di daerah Dataran Tinggi Dieng.

Telaga Warna, Barisan gunung tertinggi di Jawa Tengah, kompleks Candi Arjuna ialah keindahan lainnya yang disajikan Pakuwaja untuk kau.

8. Gunung Kembang

Foto By @kembangmountain

Kembang Mountain ini terletak di Dukuh Blembem Kaliurip, Ds.Damarkasihan, Kec.Kretek, Kab.Wonosobo. Ketinggiannya terbilang masih pendek, yakni sekitar 2.320 dan dipercaya akan semakin bertambah.

Hal ini dikarenakan letaknya berada di sebelah Sindoro, yang notabene dikenal sebagai gunung berapi aktif dan diyakini setiap aktivitas vulkanik yang keluar akan ditumpahkan ke Kembang mountain.

Meski dikenal sebagai sikecil-kecil cabai rawit, namun Mount Kembang tidak bisa dianggap sepele sebab trek yang ada disana terbilang cukup curam. Naik sepeda pun sangat tidak dianjurkan.

9. Puncak Sikunir

Foto By @ryand4429

Semua orang pasti sudah tidak aneh lagi dengan objek wisata bernama Puncak Sikunir ini. Ya, bukit hits di Dieng tersebut memang menjadi salah satu pilihan destinasi paling setuju di Jawa Tengah.

Berada pada ketinggian 2.306 mdpl, membuat keindahan golden sunrise dengan hamparan awan dari Puncak Sikunir ini selalu dinanti-nantikan para wisatawan di Wonosobo. Cuma butuh waktu 1 jam saja untuk trekking menuju puncaknya.

10. Gunung Pangonan

Foto By @pesonabanjarnegara

Meski tidak terlalu tinggi dan mudah untuk didaki, namun kau tetap harus membawa peralatan lengkap ketika mendaki Pangonan Mountain ini, karena disana kau tak akan menemukan toko yang menjual perlengkapan buat hiking.

Gunung Pangonan sendiri mampu kau daki dalam waktu 20 menit saja. Puncaknya sangat identik dengan padang savana yang hijau. Jika ingin melihat panorama sunrise dan sunset sekaligus, cobalah sesekali datang ke spot ini.

Bagaimana, mempesona semua kan gunung-gunung di Wonosobo? Kamu sudah punya pilihan belum mana yang ingin didaki liburan final tahun nanti?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni