10 Oleh-Oleh Khas Cepu, Elok Buat Dibawa Pulang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66460″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Cepu merupakan salah satu kota kecil di kabupaten Blora yang letaknya berbatasan pribadi dengan Jawa Timur. Daerah ini juga terkenal sebagai ladang minyak terbesar di Indonesia.

Tak hanya sebagai ladangnya minyak, Cepu juga menjadi salah satu penghasil jati terbaik di pulau Jawa. Maka tak heran bila, kota kecil ini sering dilalui para pengguna jalan yang hendak melintas dari Jateng ke Jatim atau sebaliknya.

Kini, tempat wisata di kota Cepu juga semakin berkembang. Jika belum sempat menikmati aneka masakan ontentik dari kawasan ini, tidak perlu khawatir. Sebab kau boleh membeli buah tangan khasnya.

Tidak hanya dalam bentuk kuliner, tapi ada juga berupa barang-barang unik. Dan berikut yakni 10 oleh-oleh yang mampu kamu beli untuk dibawa pulang sebagai buah tangan buat orang-orang di rumah.

1. Egg Roll

Foto By @browniesmama_

Buah tangan pertama asal Cepu yang anggun dan wajib buat kau bawa pulang, namanya yakni Egg Roll. Kudapan berwujud mirip kudapan manis semprong ini materi utamanya terbuat dari telur.

Rasanya renyah diluar namun empuk di dalam, sangat cocok dijadikan sobat sembari menikmati secangkir teh hangat di sore hari. Selain yummy, egg roll ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat lantaran kaya akan vitamin A dan C.

Untuk membelinya, kamu bisa tiba ke Toko Oleh-oleh Bu Alim di jalan Aryo Jipang Gang V B/39, Balun Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Atau ke sentra produksi Egg Roll Ngudi Roso di Jln.Giyanti RT.03 RW.01, Kelurahan Ngroto.

Untuk harga satu kotaknya cuma dibanderol dari mulai Rp.13.500-Rp.20.000 saja. Nah, masih sangat terjangkau bukan?

2. Serabi

Foto By @blawongblora

Kalau di kawasan lain kau akan menjumpai kudapan manis serabi dengan berbagai topping, maka di Cepu hanya ada serabi yang bab atasnya hanya diberi parutan kelapa.

Selain rasanya sangat gurih, kue ini juga ditawarkan dengan harga yang cukup ramah dikantong. Cuma merogoh kocek mulai Rp.2.000 saja, maka serabi sudah bisa kamu nikmati.

Buat yang tinggal tidak jauh dari Cepu, tak ada salahnya menjadikan serabi sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Jangan lupa beli banyak ya!

3. Utri Manis

Foto By @jmeriana

Makanan tradisonal khas Cepu satu ini bisa dibilang cukup unik.Ya, utra anggun adalah jajanan yummy yang terbuat dari parutan singkong.

Parutan singkong direbus terlebih dahulu kemudian nantinya diberi gula merah semoga rasanya cantik dan selanjutnya dikukus dengan menggunakan daun pisang. Kudapan ini biasanya diberi taburan parutan kelapa diatasnya, sehingga rasanya tak hanya manis tapi juga gurih.

Selain cocok dijadikan sarapan pagi, Utri juga cocok dijadikan oleh-oleh. Tidak sulit untuk menemukannya karena banyak dijual di sekitar kota Cepu. Harganya pun sangat terjangkau, jadi tak ada salahnya membelinya dalam jumlah banyak.

4. Sirup Lidah Buaya

Foto By @restafrozen

Selain kudapan, Cepu juga punya banyak lagi jenis buah tangan yang cantik untuk kau bawa pulang. Salah satu misalnya yakni Sirup Lidah Buaya.

Seperti namanya, sirup ini materi utamanya memakai daun pengecap buaya. Minuman tersebut dipercaya cukup menyehatkan karena kandungannya yang alami dan sudah menerima akta dari Dinas Kesehatan setempat.

Kamu mampu menemukannya dengan mudah di berbagai toko buah tangan di sekitar Cepu. Untuk ukuran kemasan 600ml, harganya dibanderol kisaran Rp.15.000 saja per botol. Bagaimana, tertarik membelinya?

5. Stick Waluh

Foto By @nababan_lena

Masih ada banyak lagi makanan ringan khas Cepu yang recommended untuk kau boyong pulang, selain sirup, stick waluh juga wajib buat dijadikan buah tangan.

Stick waluh ini adalah salah satu camilan dengan materi dasar buah labu. Bentuknya persegi panjang dan biasanya sudah dikemas rapi, jadi kamu tinggal beli. Bisa jadi oleh-oleh atau cemilan selama perjalanan.

Stick waluh khas Cepu yang menjadi favorit para wisatawan adalah Mekar Sari. Harga untuk per bungkus dengan berat 200 gram biasanya dibanderol kisaran Rp.7.000 saja.

6. Keripik Pisang

Foto By @cemilan.medan

Untuk cemilan ringan satu ini memang sudah sangat umum dan mudah ditemui dimana-mana. Namun tak ada salahnya menjadikannya sebagai oleh-oleh yang khas dari kota Cepu.

Pasalnya, cemilan berbahan dasar pisang asal Cepu ini memiliki 2 varian rasa pilihan yaitu bagus dan asin. Tidak hanya enak, keripik tersebut bahkan sudah mendapat sertifikat dari Dinas Kesehatan setempat.

Kaprikornus dikala kamu melintas atau sedang bertandang ke Cepu jangan lupa beli keripik pisang ini untuk menemani perjalananmu atau sebagai buah tangan ya! Harganya murah kok, hanya kisaran 8 ribu saja per 200 gramnya.

7. Wingko

Foto By @hayurangjajan

Meski Wingko kerap menjadi buah tangan khas dari kabupaten Blora, namun kuliner ini juga banyak ditemui di kawasan kota Cepu.

Daerah penghasil jati terbaik ini punya wingko dengan karakteristik berbentuk bundar besar, ukurannya kira-kira sebesar telapak tangan orang sampaumur.

Cukup gampang untuk mendapatkannya. Datang saja ke daerah di sekitar stasiun Cepu, disanalah pusat pembuatan wingko terbaik. Ada banyak penjual yang akan kamu temui disana, salah satu paling terkenal yakni Wingko Babat Cap “Spoor Lokomotif” di jalan Depo, Doro.

8. Sirup Jambu Biji

Foto By @ganahan.makan

Tak hanya daun pengecap buaya saja, masyarakat Cepu juga sangat kreatif mengelola jambu biji dalam bentuk sirup. Minuman ini sangat menyegarkan dan dipercaya memiliki banyak manfaat buat kesehatan.

Sirup yang terbuat dari jambu biji orisinil ini juga telah mendapat akta dari Dinas Kesehatan, jadi tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Kamu bisa membelinya di sejumlah toko buah tangan di Cepu hanya dengan merogoh kocek Rp.20.000 saja untuk per botolnya.

9. Jenang Tomat

Foto By @phoenixfood_online

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki yang namanya dodol, namun tentunya dengan versi berbeda-beda. Dan kota kecil di kabupaten Blora ini pun tak mau kalah.

Dodol punya Cepu ini tidak seperti pada umumnya yang menggunakan ketan. Tomat yaitu bahan dasar pembuatan jenangnya. Sehingga tak heran bila rasanya sedikit unik dan hampir disukai semua kalangan usia.

Keunikan lainnya, yaitu warnanya merah tidak seperti dodol biasanya. Untuk harganya hanya berkisar Rp.7.500 per karton dengan isi 10 biji dodol. Kamu bisa mendapatkannya di toko buah tangan manapun di Cepu.

10. Selai Rosella

Oleh khas cepu blora oleh-oleh kota
Foto By @thuliink_

Masyarakat di kota kecil Kabupaten Blora ini memang tidak pernah habis logika, bukan hanya daun lidah buaya atau jambu saja yang diolah, kawasan penghasil jati terbaik tersebut juga cukup kreatif dalam mengolah dasar bunga rosella.

Kalau kau bertandang ke sana, maka akan menemukan selai yang terbuat dari bunga rosella. Ini pun sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Harganya cukup ramah dikantong, hanya berkisar 8 hingga 12 ribuan saja.

Itulah beberapa masakan khas Cepu yang bagus buat kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah informasimu wacana buah tangan khas di Nusantara.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni