10 Oleh Oleh Khas Rusia Yang Cocok Wajib Diboyong Pulang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66383″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Melancong ke negeri orang, kurang lengkap rasanya jika tidak membawa pulang buah tangan untuk keluarga di rumah, tetangga, kerabat ataupun sahabat.

Saat bepergian ke Rusia, ada banyak rekomendasi oleh-oleh yang bisa kau bawa pulang sebagai oleh-oleh alternatif untuk diberikan kepada orang-orang terdekat.

Mau tahu apa saja jenisnya? Berikut terdapat beberapa buah tangan khas Rusia yang bisa dijadikan sebagai cendramata, diantaranya yakni:

1. Selai Kerucut Pinus

Foto By @hikaritabuchi

Rusia dikenal sebagai gudangnya banyak sekali selai. Beberapa diantaranya mungkin masih sangat gila kau dengar, apalagi mencicipinya. Dari sekian banyaknya variannya, yang paling eksotis yaitu selai berbahan dasar kerucut pinus.

Kerucut pinus diklaim memiliki banyak khasiat. Orang-orang Rusia biasanya akan mengumpulkannya pada ekspresi dominan semi dan memakannya di saat trend gugur.

Bila ekspresi dominan masbodoh tiba, mereka akan mengkonsumsinya sebagai penawar lelah, kurang tidur, paru-paru lembap dan obat sakit tenggorokan. Selai (Varenye dalam bahasa Rusia) bisa dibeli di semua sentra-pusat perbelanjaan atau pasar tradisional.

Kalau kau berkunjung ke pasar swalayan AzbukaVkusa, disana pun ada dijual. Untuk harganya berkisar 298 Rubel atau sekitar 67 ribu per stoples.

2. Kaviar

Foto By @saldi.kiev.ua

Kaviar yakni salah satu penganan yang cukup terkenal di Rusia. Disana, harga kuliner ini dijual murah, entah itu jenis kaviar hitam atau merah.

Kamu pun bisa menemukannya dengan gampang di swalayan manapun di Rusia. Meski begitu ada batasan jumlah kalau ingin dibawa ke luar dari wilayahnya. 250 gram untuk kaviar hitam dan 5 kg buat yang merah.

Bukan hanya itu saja, setiap orang yang ingin membawanya keluar harus menyiapkan berkas tertentu terlebih dahulu mirip struk pembelian, sertifikat, deklarasi dan beberapa dokumen lainnya.

Tanpa dokumen, petugas bea cukai menganggapnya sebagai aksi penyelundupan. Untuk menerima semua persyaratan, sebaiknya kau mendatangi toko kaviar khusus yang bisa menangani semua urusan birokrasi.

3. Cokelat

Foto By @debsmiddy

Coklat batangan Alyonka kerap dianggap sebagai simbolnya negara Rusia. Bahkan makanan ringan ini mempunyai toko khusus yang juga menjual beraneka macam manisan enak mirip Maska, Belokcha, Lastochka, Kedrovy Grilyazh dan Mishka Kosolapiy.

Semua yang ditawarkan merupakan bab dari abad kecil orang Rusia yang tak terlupakan. Tapi untuk cokelat ini, kau mampu menemukannya dengan mudah di pasar swalayan manapun disana.

Di kawasan Pytareochka contohnya, disini kamu akan menemukan cokelat khas Rusia yang terjangkau hanya dengan seharga 79 Rubel atau sekitar 17 ribu.

4. Madu

Foto By @taigaorganica

Banyak negara-negara di banyak sekali belahan dunia yang terkenal sebagai penghasil madu, Indonesia juga termasuk. Namun, Rusia mempunyai banyak varian unik sebab hanya diproduksi di tempat-kawasan tertentu.

Contohnya mirip madu bunga dari Altai dan madu kapur asal Bashkiria. Semua jenisnya mampu dengan gampang kau dapatkan di toko-toko. Ada yang dijual dalam stoples beling biasa ataupun tuesk (wadah kecil yang terbuat dari kulit pohon birch).

5. Grechka

Foto By @mayakoyorganikfirin

Kalau dilihat sekilas, mungkin kamu akan mengiranya beras merah, padahal bukan. Grechka memang cukup terkenal, bukan hanya di Rusia tapi di beberapa negara.

Sama seperti cokelat, di Rusia, kau juga bisa menemukan Grechka di dalam toko-toko atau pasar swalayan. Harganya bisa dibilang masih relatif terjangkau.

6. Oblepikha

Foto By @painderoute

Nah, untuk buah tangan satu ini jenisnya yaitu berupa buah. Oblepikha segar biasanya banyak dijual di pasar-pasar pada final bulan Oktober ataupun ketika ada perayaan.

Di Rusia dan beberapa negara bekas potongan Soviet, Oblepikha dipercaya kaya akan vitamin A. Bila musih gugur datang, buah ini biasanya diolah menjadi selai, teh dan sorbet. Kamu cukup menyediakan sekitar 173 rubel (28 ribu) untuk bisa membawanya pulang.

7. Pryanik Tula

Foto By @shruks

Terkenal sebagai kue rempah yang cukup populer di Rusia, membuat Pryanik Tula dijual dimana-mana, dari mulai toko buah tangan sampai pasar-pasar swalayan.

Dahulu era, roti jahe raksasa dengan taburan gula ini diklaim sebagai makanan ringan terenak oleh pemimpin Soviet, Nikita Khrushchev. Dan sekarang sudah mulai diberi inovasi.

Susu kental elok atau selai seringkali dijadikan sebagai isian Pryanik Tula. Selain sebagai teman perjalanan, roti ini juga kerap disandingkan dengan secangkir teh. Bahkan tak sedikit yang menjadikannya kado alternatif.

9. Daging Rusa

Foto By @carolinemeatandfishco

Daging rusa ini yakni penganan khas negeri Siberia dan termasuk sebagai salah satu masakan yang cukup terkenal bagi mereka penggemar gourmet.

Bentuk olahannya beragam, ada berupa cemilan, sosis, kerupuk, carpaccio ataupun stroganoff. Dan jenis daging yang paling laris adalah dalam varian kering.

Penganan ini paling cocok sebagai sahabat minum bir. Harga per 35 gram biasanya dibanderol sekitar 300 rubel atau setara dengan 67 ribu rupiah.

9. Salo

Foto By id.rbth.com

Jenis oleh-oleh satu ini tidak direkomendasikan untuk sobat-sahabat muslim ya! Karena Salo adalah masakan khas Rusia yang terbuat dari lemak babi beku.

Makanan ini memang tidak terlalu terkenal di negara-negara eks soviet, tapi tak ada salahnya kamu menjadikannya sebagai oleh-oleh. Di Rusia, salo biasanya diolah dengan cara diasap, diasinkan, digoreng atau dijadikan makanan ringan pendamping roti borodinsky.

Kamu bisa mendapatkannya di pasar-pasar swalayan. Namun saat membelinya, perhatikan warnanya. Salo berkualitas tidak mempunyai warna keabu-abuan atau kekuningan.

10. Marshmallow Belyovsky

Oleh khas rusia oleh-oleh dari
Foto By @marco_grande_arbitro

Makanan khas Rusia terakhir yang mampu kamu jadikan buah tangan alternatif untuk orang-orang di rumah, namanya yaitu Marsmallow Belyovsky.

Namun sebelum membawanya pulang, tak ada salahnya untuk mencicipinya. Itu akan menjadi pengalaman tak terlupakan, apalagi dengan suasana yang sangat mengesankan.

Enaknya lagi, masakan ini tidak menggunakan bahan pengawet sehingga menjadi penganan sehat yang patut untuk dicoba dan diboyong pulang. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membelinya, alasannya adalah harganya dipatok dengan sangat terjangkau.

Itulah beberapa masakan khas Rusia yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh menarik. Kamu tinggal pilih saja sesuai selera dan budgetmu. Melihat orang terdekat terlihat bahagia, tentu memberi kepuasan tersendiri bukan?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni