10 Wisata Gunung Di Jogja Yang Punya Panorama Epic

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67140″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Berbicara tentang pesona Jogja, tidak akan pernah ada habisnya. Pasalnya, Kota Gudeg ini terkenal memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang berhasil dilirik banyak orang.

Selain pantai, goa dan gerojokan, Yogyakarta juga mempunyai beberapa obyek wisata yang cocok untuk dijadikan kawasan pendakian.

Untuk kau yang hobi mendaki, jangan sampai lewatkan keindahan di atas puncak gunung yang ada di Jogja. Selain Merapi, masih ada banyak lagi spot pendakian menarik di kota Gudeg ini.

Nah, buat kau yang mau atau lagi di Jogja dan punya planning mau mendaki, yuk kenalan sama 10 gunung yang ada di sekitar Yogyakarta dibawah ini. Apa saja namanya? Mari kita simak!

1. Puncak Surolyo Pass

Foto By @jogjaku

Suroloyo Pass termasuk sebagai salah satu objek wisata yang cocok untuk didaki. Memiliki udara cenderung sejuk, membuat puncak tersebut wajib buat didatangi. Letaknya sendiri berada di sisi barat kota Jogja.

Lokasi tepatnya yakni di Pegunungan Menoreh, desa Kalibawang, Kulon Progo. Destinasi satu ini mempunyai ketinggian 2.000 meter diatas permukaan bahari. Dari atas puncaknya, kamu dapat pemandangan Mount Merapi, Merbabu, Sindoro sampai Sumbing.

Ada dua rute perjalanan yang mampu kamu pilih untuk hingga menuju lokasi Suroloyo Pass. Dan kalau ingin ke puncaknya, harus menaiki sekitar 290 anak tangga. Meski letih, namun semua akan terbayar lunas dengan suguhan keindahan alamnya.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran

Foto By @explorejogja

Destinasi wisata berikutnya di Jogja yang cocok untuk dijadikan spot pendakian ialah Gunung Api Purba Nglanggeran. Tempat ini juga wajib dikunjungi buat kau pemburu panorama indah.

Sesuai namanya, lokasinya berada di desa Nglanggeran, Patuk, Kab.Gunung Kidul. Untuk menuju kesana, kamu mampu memakai roda dua dari kawasan Wonosari.

Selain bentang alamnya begitu, satu hal menarik dari spot ini ialah ketinggiannya sangat cocok untuk para pendaki pemula. Tingginya hanya sekitar 700 meter diatas permukaan laut. Waktu tempuh menuju puncak cuma 1 jam saja.

3. Puncak Becici

Foto By @jogjascenery

Destinasi wisata gunung berikutnya yang juga cocok untuk kamu datangi di Jogja yakni Puncak Becici. Spot tersebut masuk dalam Resort Pengelolaan Hutan Mangunan.

Letaknya ada di Dusun Gung Cilik, Dlingo, Kab.Bantul. Untuk mampu hingga ke lokasi, dari kota Yogyakarta kamu mampu melewati rute Imogiri Timur menuju Mangunan.

Saat dalam perjalanan melewati hutan Pinus Mangunan, akan ada banyak petunjuk jalan menuju puncak Becici. Dan ketika sudah tiba diatas, pemandangan alam indah dengan udara cenderung sejuk siap untuk memanjakanmu.

Aroma hutan pinus bakal membuatmu betah berlama-lama disana. Panorama di pagi hari yang diselimuti oleh kabut menambah indahnya pemandangan Puncak Becici.

4. Gunung Andong

Foto By @gunungandong

Spot satu ini memiliki ketinggian 1.731 meter diatas permukaan laut dan masih berada di sekitaran kota Jogja, tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Magelang, Salatiga serta Semarang.

Untuk mendakinya, kau bisa melewati rute jalan Sawit ataupun Pendem. Dalam perjalanan menuju pos 2, disana tersedia beberapa toilet serta warung. Begitupun di area puncak, jadi tak perlu khawatir kalau tidak membawa bekal.

5. Gunung Mongkrang

Foto By @berlianverlino

Mongkrang mountain ini memiliki ketinggian 2.194 meter diatas permukaan bahari. Meski lebih tinggi dari Andong, namun jalur menuju puncaknya tidak terlalu ekstrim dan cukup landai.

Hanya butuh waktu 2 jam saja untuk hingga ke puncak dan hampir setiap pos pendakian di Mongkrang terdapat warung yang menjajakan berbagai makanan serta minuman.

Meski terletak di selatan Lawu mountain, Karanganyar, Jawa Tengah, namun masih cukup bersahabat dengan kota Jogja. Ketika musim penghujan tiba, daerah tersebut akan ditumbuhi rumput ilalang yang indah dan sangat cocok untuk dijadikan latar foto.

6. Gunung Telemoyo

Foto By @apriandino

Berada pada ketinggian 1.894 mdpl dan bersahabat dengan tempat Magelang, membuat objek wisata unik satu ini kerap dijadikan destinasi oleh para pendaki pemula. Kamu mampu berjalan kaki atau naik motor untuk menuju lokasi.

Hanya butuh waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai ke puncaknya. Berbeda dengan Mongkrang atau Andong, di Telemoyo ini tidak ditemukan warung yang jual kuliner.

Kaprikornus kau harus persiapkan semua peralatan penting dalam tas, entah itu sandal, sepatu, celana, buku panduan, jam tangan dan sebisa mungkin, hindari untuk membawa pemanis mas ya! Kan jika hilang, bakal kerepotan sendiri.

7. Gunung Gentong

Foto By @objek_wisata_jogja

Memiliki nama lain yakni Puncak 4G, Mount Gentong yang berada di Padukuhan, Manggung, Desa Ngalang, Kecamatan Gendangsari, Kabupaten Gunung Kidul ini juga menjadi destinasi favorit para pendaki, khususnya mereka yang gres berguru mendaki.

Tingginya hanya sekitar 520 mdpl saja namun pesonanya tak kalah bagus dari Mount Agung atau sederet pantai2 di dekatnya. Konon katanya, Gentong mountain ini sempat dijadikan petilasan Prabu Brawijaya, alasannya adalah itulah kawasan tersebut sarat akan sejarah.

8. Gunung Ireng

Foto By @debrianacynthiaputrii

Ireng Mountain ini terletak di dusun Srumbung, Desa Pengok, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gn.Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota, hanya butuh waktu 1,5 jam saja untuk bisa hingga di lokasi.

Letaknya berada sempurna dibelakang pemukiman penduduk, bentuknya sendiri hanya berupa gundukan. Dengan menempuh perjalanan selama 10 menit saja dari area parkir, kau sudah datang di puncak.

Ireng Mountain ini terkenal menyajikan pemandangan sunrise terindah di Jogja. Dan untuk harga tiket masuknya cukup murah, hanya 5 ribu saja per orang.

9. Gunung Jaran

Foto By @berandajogja

Letak dari Mount Jaran ini tepatnya berada di desa Nglinggo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, Kota Jogja. Cuma butuh waktu 1,5 jam saja agar mampu tiba disana.

Dengan ketinggian sekitar 800 mdpl, Mount Jaran memiliki trek yang cukup gampang untuk dilalui, bahkan tidak butuh waktu hingga 1 jam kamu akan tiba di puncaknya. Selain memiliki pemandangan bagus, tiket masuknya pun relatif murah.

10. Gunung Merapi

Foto By @ramawj

Berada pada ketinggian 2.930 mdpl, Mount Merapi yang berada dalam 3 wilayah kabupaten ini yakni salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia.

Menurut catatan, Merapi sudah meletus sebanyak 64 kali semenjak tahun 1548 dan baru-gres ini juga seringkali mengalami erupsi. Namun begitu, keindahannya tak kalah mempesona dari objek wisata Gumuk Pasir di Jogja.

Jika ingin menginap, di sekitar Merapi ini kau juga mampu dengan mudah menemukan hotel atau aneka macam jenis penginapan lainnya.

Itu ia 10 daftar wisata gunung yang ada di sekitar kota Jogja. Bagaimana, siap untuk mendaki?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni