10 Wisata Gunung Di Kediri, Cocok Buat Kau Para Petualang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66737″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Kediri yaitu salah satu daerah di Jawa Timur yang terletak sekitar 130 km di sebelah barat daya kota Surabaya dan memiliki luas 63,40 km persegi.

Menurut jumlah penduduknya, Kediri merupakan kota terbesar ketiga setelah Surabaya dan Malang. Dikenal pula sebagai kawasan yang mempunyai segudang daerah wisata dengan panorama yang begitu memukau.

Jika kamu ingin berlibur ke suatu tempat, Kediri mampu menjadi destinasi paling pas. Dijamin tidak akan mengecewakan, apalagi jikalau datang bersama keluarga atau teman-sobat terdekat, liburanmu niscaya akan sangat menyenangkan.

Selain pantai, gerojokan dan gua, sederet gunung di Kediri juga cocok untuk dijadikan sebagai destinasi liburanmu, apalagi buat kau yang bahagia dengan petualangan di alam bebas.

Dan berikut adalah 10 gunung di kota Kediri, Jawa Timur yang menarik buat kamu telusuri bersama sobat-sobat petualangmu!

1. Gunung Kelud

Foto By @ekobudisn

Ini ialah salah satu dari beberapa gunung berapi di Jawa Timur yang terkenal mempunyai panorama menakjubkan. Tak heran, kalau Mount Kelud pun menduduki peringkat ketiga sebagai kawasan wisata favorit di wilayah Jatim.

Memiliki keindahan panorama yang seperti tidak ada habisnya, membuat liburan ke spot ini tak pernah membosankan. Tak hanya dimanjakan oleh pesona gerojokan, lembah dan hutan hijau, kamu pun akan disuguhi aneka makanan serta minuman di warung-warung sekitarnya.

Menurut sejarah yang ada, gunung Kelud ini pernah meletus beberapa kali dan yang terakhir terjadi pada tahun 2014 kemudian.

2. Gunung Klotok

Foto By @davidbaihaqi

Gunung Klotok juga termasuk salah satu destinasi wisata alam di Kediri yang selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Spot tersebut juga mempunyai keindahan alam begitu mempesona, cocok buat kamu yang ingin menghilangkan kejenuhan dari aktifitas sehari-hari.

Lokasinya sendiri berada di desa Pojok, Kec.Mojoroto, Kab.Kediri, Jawa Timur. Selain menikmati keindahan alam, kamu pun akan disuguhkan banyak sekali wahana, hiburan serta akomodasi memadai di sekitar spot ini.

Nama Klotok diambil dari kata “kolo” yang berarti ancaman dan “tok” sendiri artinya saja. Makara kalau dipadukan maka menjadi gunung berbahaya.

3. Gunung Wilis

Foto By @amazing.kediri

Berikutnya ini termasuk gunung non-aktif di Jawa Timur dan bisa dibilang salah satu objek wisata terindah. Ketinggiannya sekitar 2169 mdpl dengan mencakup sebanyak 6 kabupaten yaitu Madiun, Kediri, Ponorogo, Tulungagung, Nganjuk serta Trenggalek.

Tak hanya memiliki sederet teladas dengan panorama memukau, di kawasan lereng Mount Wilis ini juga terdapat Gereja dan Gua Maria Posarang.

Bahkan kamu juga bisa berwisata masakan di Wow Café yang terletak di lereng gunung Wilis. Menu masakan yang di jual terbilang standar, namun cukup untuk menjadi modal mengeksplore keindahan di sekitarnya. Soal harga jangan ditanya, murah banget.

4. Gunung Maskumambang

Foto By @cintakediriku

Jika kau mencari destinasi wisata murah di Kediri, maka gunung Maskumambang ini bisa menjadi pilihan paling tepat.

Dengan dikelilingi pohon-pohon rimbun, membuat udara di sekitar spot ini cenderung sejuk. Karena tidak terlalu tinggi, banyak pengunjung yang senang melakukan acara trekking disini.

Tempat wisata satu ini termasuk salah satu destinasi liburan yang memilik kemudahan cukup lengkap dari mulai area parkir, penginapan dan lain sebagainya.

5. Gunung Gajah Mungkur

Foto By @manyaran.wonogiri

Kamu ingin berlibur ke suatu daerah tapi masih galau mau kemana? Coba deh ke daerah wisata satu ini, ialah Gunung Gajahmungkur. Objek wisata tersebut letaknya berdekatan dengan Mount Kelud.

Spot ini terkenal mempunyai gardu pandang dengan pesona yang sangat menarik untuk dijejaki. Tak heran kalau di hari-hari biasa ataupun dikala weekend, daerah tersebut selalu ramai dikunjungi.

Gardu pandang Gajah Mungkur ini termasuk titik tertinggi yang mampu dicapai para pengunjung demi untuk bisa menikmati keindahan gunung Kelud. Dan buat mencapainya, kau harus mendaki sekitar 600 anak tangga yang memiliki kemiringan cukup tajam.

6. Gunung Liman

Foto By @griawan1

Spot satu ini juga kerap dikenal dengan nama gunung Ngliman dan masih termasuk tipe aktif. Secara administratif, masuk dalam dua kabupaten yakni Ponorogo serta Nganjuk. Namun begitu, puncaknya juga mampu diakses dari kota Kediri.

Mount Liman yang memiliki ketinggian 2.563 meter diatas permukaan bahari (atau setara dengan 8.410 kaki) ini juga masih satu kluster dengan pegunungan Wilis.

Tak hanya Liman, di daerah pegunungan Wilis sendiri juga terdapat beberapa gunung lainnya, diantaranya yakni Djeding, Dorowati, Dudo, Gayungan, Kembar, Tugel dan Tumpakcandu.

7. Gunung Gede Puncu

Foto By @ikajava

Liburan sekolah memang menjadi waktu paling sempurna untuk mencoba destinasi wisata satu ini. Namanya yakni Gunung Ghede. Letaknya ada di Dusun Laharpang, Desa Puncu. Jika dari Simpang Lima Gumul Kediri, jaraknya sekitar 27 km ke arah timur.

Untuk menjangkau lokasi wisata ini, kamu bisa berjalan kaki atau dengan naik sepeda. Namun ingat, dikala mendaki jangan lupa gunakan sandal yang nyaman, seperti eiger contohnya.

Satu hal menarik dari lokasi puncak ini Mount Gedhe ini yakni kamu akan melihat keindahan gunung Kelud dari sisi berbeda. Jangan lewatkan untuk mengambil gambar foto yang kece dari spot tersebut ya!

8. Gunung Pegat

Foto By @ary_rahardjo

Untuk yang hobi berpetualang, kau juga mampu menelusuri petilasan pertapaan Dewi Kilisuci di Gunung Pegat, Blitar. Jaraknya hanya sekitar 1,5 jam saja dari kota Kediri.

Tempat bersejarah ini termasuk salah satu spot favorit bagi para wisatawan, terutama mereka penggila wisata budaya. Selain memiliki keindahan menakjubkan, disini kamu juga akan menemui candi peninggalan kerajaan Kahuripan.

Untuk mencapai puncak tidak perlu bersusah payah, alasannya daerah tersebut telah dikembangkan secara baik dan dilengkapi dengan aneka macam fasilitas memadai.

9. Gunung Gedang

Foto By @sam_iem

Selain Pegat, kamu juga mampu mengunjungi Mount Gedang yang ada di Blitar. Pasalnya, disana ada satu tempat wisata menarik yang gres saja dibuka, namanya yakni Air Merambat.

Lokasinya berada sempurna di belakang Gunung Gedang. Diberi nama demikian alasannya airnya mengalir merambat ke Kali Putih, salah satu pemikiran sungai lahar dari Kelud.

10. Gunung Bolo

Gunung di kediri meletus yang ada kelud pare gambar wisata penginapan harga sandal eiger jual sepeda bekas jawa timur klotok
Foto By @tulungagungsparkling

Berpelisir ke kota Kediri, tak melulu harus mengunjungi Kampung Inggris Pare, kau juga bisa berpetualang sejenak ke gunung Bolo yang ada di daerah sebelah, yaitu Tulungagung.

Bila selama ini dikenal sebagai salah satu bekas lokalisasi kelas teri, namun kini daerah tersebut telah bermetamorfosis menjadi lokasi wisata yang bagus.

Meski menjadi area pemakaman dan hanya mempunyai tinggi 200 meter, namun spot tersebut dikelilingi dengan pemandangan indah. Di kawasan ini terdapat sejumlah gardu pandang yang cocok untuk menikmati keindahannya sekaligus spot buat mengambil gambar kece.

Itulah sederet tempat wisata gunung di kota Kediri dan sekitarnya yang cukup populer dan manis untuk kau kunjungi. Semoga mampu menambah informasimu tentang keindahan alam di Indonesia ya!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni