11 Daerah Wisata Bintan, Keindahan Alam Di Tanah Leluhur Sastra Melayu

Jajaran daerah wisata Bintan, pastinya sudah tidak gila lagi di pendengaran para pecinta wisata. Pulau Bintan yang merupakan pulau tempat Kota Tanjungpinang berada ini memang punya pesona luar biasa yang membuat pengunjung terkagum-kagum.

Jajaran tempat wisata Bintan, pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta wisata.
Tempat Wisata Bintan. Image via: frominfogue

Sekilas Soal Bintan

Bintan yakni pulau terbesar di Kepulauan Riau, yang terdiri dari hampir 3.000 pulau besar dan kecil. Terbentang di sebrang Singapura dan Johor Baru, Malaysia. Pulau ini melebar dari Malaka ke Laut Cina Selatan.

Tanjungpinang merupakan ibu kota provinsi ini, terletak di pantai barat selatan Bintan. Secara strategis terletak di semenanjung selatan Malaysia di mulut Selat Malaka, kepulauan Riau, dahulu pada kurun pertama masehi, merupakan kawasan favorit bagi kapal dagang India dan Cina.

Pulau Bintan adalah salah satu pilar perkembangan kebudayaan sastra Melayu. Salah satu yang sangat khas adalah pantun. Pulau Bintan sangat populer dengan seni pantun. Bahkan budaya berpantun masih dijaga sampai kini terutama dalam acara pernikahan.

Kebanyakan orang masuk Bintan lewat Singapura, meskipun untuk WNI. Ini sebab ada kapal cepat yang cantik antara Singapura dan Bintan. Makara walau WNI, perlu membawa Paspor dikala berkunjung ke Pulau Bintan. Opsi yang kedua untuk ke Bintan ialah dengan terbang ke bandara di Tanjung Pinang.

 11 Tempat Wisata Bintan

  1. Teluk Lagoi

Pengunjung tempat wisata Bintan ini bisa mendapatkan pengalaman berlibur yang seru di Lagoi Bay atau Teluk Lagoi
Teluk Lagoi. Image via: wiratourbintan.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Pati

Pengunjung daerah wisata Bintan ini bisa mendapatkan pengalaman berlibur yang seru di Lagoi Bay atau Teluk Lagoi. Di sini merupakan kawasan berkumpulnya resort glamor. Banyak yang menyampaikan bahwa Teluk Lagoi merupakan miniatur Singapura.

Di lokasi kawasan wisata BIntan ini, berbagai kemudahan dan keindahan yang ditawarkan di Teluk Lagoi menciptakan pengunjung nyaman. Misalnya, banyak resort dan hotel mewah di pantai berpasir putih layaknya di Marina Bay, Singapura.

Objek wisatanya di kawasan wisata BIntan ini tidak kalah anggun. Ada hutan bakau dan Sungai Sebong. Selama menyusuri Sungai Sebong, Pengunjung akan disuguhi pemandangan alam dengan aneka macam macam flora, mirip bakau dan pohon nipah serta binatang liar yang hidup di tepi sungai.

Pengunjung tempat wisata Bintan ini juga mampu memancing di muara Sungai Sebong. Setelah menerima ikan, wisatawan bisa membakarnya sembari melepas lelah.

Lokasi: kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, provinsi Kepulauan Riau

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Gunung Bintan

Gunung tempat wisata BIntan ini berhiaskan rimbun pepohonan. Waktu yang paling baik untuk berkunjung ke tempat ini yaitu pada saat musim durian.
Gunung Bintan. Image via: dananwahyu.com

Gunung Bintan adalah puncak tertinggi di Pulau Bintan. Gunung tempat wisata BIntan ini berhiaskan rimbun pepohonan. Waktu yang paling baik untuk berkunjung ke tempat ini ialah pada dikala isu terkini durian. Di sini ada banyak pohon durian. Pengunjung dapat menikmatinya sehabis mendaki.

Di sepanjang rute menuju gunung BIntan, pengunjung dapat menyaksikan panorama keindahan alam Gunung Bintan secara tepat.  Suasananya yang masih eksotis tampak berbeda di sepanjang jalur. Perjalanan itu sendiri sudah merupakan sebuah aktivitas wisata,

Tak hanya keindahan dari luar Gunung Bintan saja yang mempersona. Gunung Tempat wisata BIntan ini memilki beberapa  objek wisata lain yaitu gerojokan, area untuk berkemah, tracking dan olahraga alam lainnya. Telah ada peta petunjuk di sisi kanan pintu masuk sebagai anutan untuk menuju ke area wisata yang diinginkan.

Dari kaki gunung menuju ke area puncak, diperlukan waktu sekitar 1 sampai 2 jam lamanya. Sepnajnag jalur pendakian di daerah wisata BIntan ini tersedia kemudahan penunjang menuju ke beberapa area wisata yang diinginkan. Seperti ke gerojokan yang telah ada tangga yang nyaman untuk dilintasi.

Lokasi: Kampung Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, provinsi Kepulauan Riau

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Crystal Lagoon

. Di kolam raksasa tempat wisata BIntan ini tersedia berbagai macam wahana, olahraga air, atraksi, dan aktivitas hiburan air lainnya.
Crystal Lagoon. Image via: pesona.travel

Simak juga: 11 kawasan wisata Sumba

Crystal Lagoon salah satu kemudahan dan daerah rekreasi di dalam Treasure Bay, kota resort tepi pantai terpadu yang dibangun dengan luas 338 hektar di Pulau Bintan. Di bak raksasa kawasan wisata BIntan ini tersedia berbagai macam wahana, olahraga air, atraksi, dan acara hiburan air lainnya.

Berukuran 800 meter dari satu ujung ke ujung lainnya, danau ini merupakan danau buatan pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Bentuknya memanjang dengan airnya yang biru jernih mirip kristal. Di bak sebesar  ini, berbagai water activities yang mampu dilakukan.

Ketika berenang di kolam tempat wisata BIntan ini, rasanya seperti berenang di pantai sebenarnya. Airnya asin. Bedanya, di bak ini tidak ada binatang-hewan laut. Dasar bak terbuat dari bahan semacam fiber yang aman untuk kaki. Jadi dijamin keamanannya dan tidak perlu takut berenang.

Selain berenang , bebrbagai wahana air tersedia di kolam ini. Di antaranya, stand-up paddle, kayak, waterboats, sports waterpark, bohol wakefest, shotover canyon Swing, dan water ZOVB. Selain itu ada atraksi dan olahraga yang agak ekstrim seperti cable ski, indoor electric Go-Kart, dan bungee jumping.

Lokasi: kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, provinsi Kepulauan Riau

Tiket: 100.000

jam Buka: 24 jam

  1. Bintan Mangrove

Pengunjung tempat wisata BIntan ini dapat melihat monyet, kingfisher, berang-berang, ular pohon dan bahkan ribuan kunang-kunang .
Bintan Mangrove. Image via: epochtimes.today

Terletak di selatan barat kawasan wisata Bintan Resorts yang luas, tepat di perbatasannya. Hutan mangrove Bintan terbelah oleh sungai Sebong yang berkelok-kelok. Sungai sepanjang 6,8 km ini memiliki sumber air di danau di lereng bukit yang perairannya dikumpulkan dari hujan dan bukan dari tanah.

Hutan bakau ini dulunya pernah ditebang oleh penduduk setempat untuk mendapatkan kayu untuk bahan arang dan bangunan. Sekarang tempat wisata Bintan itu dibiarkan berkembang alami  sampai kembali ke keadaan semula.

Pengunjung bisa naik perahu tepat ke sumber Sungai Sebong, dan menikmati perjalanan mendebarkan ke dalam dunia mangrove tropis. Pengunjung tempat wisata BIntan ini mampu melihat simpanse, kingfisher, berang-berang, ular pohon dan bahkan ribuan kunang-kunang .

Sepnajang perjalnan itu, pengunjung tempat wisata bintan ini dapat melihat dan mempelajari keanekaragaman tumbuhan dan fauna yang masih terjaga di sekitar Hutan Mangrove Sungai Sebong. Aktifitas lainnya yang menarik yakni menangkap ikan.

Pengunjung mampu mengamati bagaimana nelayan setempat menangkap ikan dengan peralatan tradisional mirip bubu, tangkul dan jalan. Penggunaaan peralatan tradisional dimaksudkan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Untuk menambah pengalaman, pengunjung mampu mencoba menangkap ikan dengan peralatan tradisional yang tersedia

Lokasi: Desa Sebong,Lagoi,Sei Kecil,Kabupaten Bintan,Kepulauan Riau.

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Trikora

Tempat wisata Bintan ini Panjangnya mencapai 25 kilometer.
Pantai Trikora. Image via: dastansabastyan

Simak juga: 11 kawasan wisata Banjarnegara

Pantai trikor amerupakan pantai terpanjang di Pulu Bintan. Tempat wisata Bintan ini Panjangnya mencapai 25 kilometer. Karena panjangnya, hingga terbagi dalam empat bab. yaitu Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3 dan Trikora 4.

Di bab awal Pantai Trikora tak berhias hotel atau fasilitas sejenisnya. Sehingga melihat pantai ini terasa lepas, tak ada penghalang. Namun, di Pantai Trikora 3 dan Trikora 4, di tepian pantai sudah berjejer hotel. Umumnya juga lebih higienis alasannya pantai dikelola pihak manajemen hotel.

Di Pantai Trikora 3 dan Trikora 4, pantai juga banyak berhias batu granit berukuran besar. Bahkan jenis kerikil ini ada yang berada jauh ke tengah laut. Membuat hasil jepretan foto pun menjadi terlihat lebih indah.

Bagi yang menginap di kemudahan yang berada di Pantai Trikora 3 dan Trikora 4, menikmati pagi, sarapan sampai makan malam pun bisa sembari mendengar bunyi debur ombak. Pengunjung mampu menikmati Pantai Trikora sembari bermain banana boat atau duduk di di restoran yang menjorok ke laut.

Bagi pengunjung daerah wisata Bintan ini yang tidak ingin berlibur dengan mengeluarkan dana besar, mampu memancing di tepian. Atau sekedar duduk di gazebo seperti yang ada di Pantai Trikora 1 dan Trikora 2. Sembari menikmati semilir angin. Di sepanjang pantai berpasir putih ini memang berjajar pohon kelapa.

Lokasi: Tlk. Bakau, Gn. Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

Tiket: 5.000

jam Buka: 24 Jam

  1. Pulau Penyusuk

Untuk bisa masuk ke pulau tempat wisata Bintan ini, butuh berlayar selama 40 menit dari pantai Trikora yang terdapat di Pulau Bintan.
Pantai Pulau Penyusuk. Image via: kebabelyuk.com

Wisata Pulau Penyusuk adalah pulau tropis yang sangat eksotis hanya saja hingga ketika ini masih belum dikembangkan sebagai destinasi wisata komersil. Untuk bisa masuk ke pulau daerah wisata Bintan ini, butuh berlayar selama 40 menit dari pantai Trikora yang terdapat di Pulau Bintan.

Memang tidak banyak yang tahu mengenai tempat wisata yang satu ini. Karena memang pulau yang menyimpan banyak keindahan alam ini belum dikelola secara resmi. Namun di sini banyak tersedia pesona wisata yang berbeda dari daerah-daerah yang lainnya yang ada di wilayah pulau Bintan ini.

Pada pulau tempat wisata Bintan ini, sebab letak geografisnya yang strategis, yang menjadi daya tarik utama dari pulau ini yakni pesona wisata snorkeling. Wisata menyusuri keindahan kehidupan bawah maritim. Dengan ombaknya yang hening, sudah tentu wisata snorkeling menjadi lebih maksimal.

Pada pulau ini Anda dapat bersantai menikmati suasana lautan dan bebatuan yang menghadang ombak besar dari lautan sehingga ombak yang hingga ke pantai menjadi damai. Suasana inilah yang sangat cocok untuk melaksanakan permainan snorkeling menikmati keindahan bawah laut seperti terumbu karang, binatang-hewan bahari dan lain sebagainya.

Lokasi: Pulau Penyusuk, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Tiket: 100.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Bukit Pasir Busung

dikawasan tempat wisata Bintan ini terdapat hamparan pasir yang bercampur bebatuan kecil mirip menyerupai gurun atau padang pasir.
Bukit Pasir Busung. Image via: ekaaprilya.com

Simak juga: 11 tempat wisata Brebes

Bukit pasir BIntan menyuguhkan pemandangan yang langka dan tidak mirip biasanya. Bukit Pasir Busung sendiri dijuluki sebagai Gurun Pasirnya Bintan. Hal itu karena di kawasan daerah wisata Bintan ini terdapat hamparan pasir yang bercampur bebatuan kecil mirip menyerupai gurun atau padang pasir.

Wisata bukit pasir Bintan ini merupakan bekas penggalian tambang Bauksit yang sudah tidak dipakai lagi. Di daerah Kepulauan Riau sendiri khususnya Batam dan Bintan banyak sekali galian-galian yang sudah tidak dioperasikan atau dimanfaatkan lagi.

Semakin ngehitsnya kawasan ini kini sudah banyak berdiri spot-spot foto buatan mirip unta-untaan, goresan pena unik atau bentuk bentuk yang menarik dengan berlatar belakang padang pasir. Pengunjung yang ingin berfoto dengan latar belakang tersebut penggunjung dikenaan tarif 5000-10.000 tergantung bentuk spot foto yang dipilih.

Saat berfoto dengan latar belakang spot Unta di padang pasir tempat wisata Bintanini, foto yang dihasilkan angat mirip berada di padang pasir di Arab. Toilet umum juga sudah tersedia disini dan sudah banyak warung-warung yang menjajakan jualanya disini jadi kalian gak perlu khawatir soal masakan.

Lokasi: Jl. Raya Busung, Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

Tiket: –

jam Buka: 24 Jam

  1. Telaga Biru Bintan

Telaga tempat wisata Bintan ini merupakan eks pertambangan pasir tersebut, pada akhirnya secara alami terbentuk menjadi sebuah telaga.
Telaga Biru Bintan. Image via: hipwee.com

Masih di daerah eks pertambangan pasir yang kini dikenal sebagai Gurun Pasir Busung , terdapat juga Telaga Biru. Telaga tempat wisata Bintan ini merupakan eks pertambangan pasir tersebut, pada akibatnya secara alami terbentuk menjadi sebuah telaga.

Berawal dari sebuah kubangan yang tergenang air hujan, dan juga air dari sungai hutan mangrove, perlahan membentuk danau dan menjadi sebuah telaga berwarna biru. Warna biru tersebut disebabkan oleh jernihnya air dari sungai mangrove. Air jernih itu memantulkan birunya langit Bintan.

Telaga Biru tersebut memang berada di daerah hutan mangrove. Setidaknya ada lima telaga di daerah itu. Namun, hanya ada dua telaga dengan kepekatan air berwarna biru langit. Selebihnya, berwarna jernih kehijauan.

Tempat wisata Bintan telaga biru mampu ditempuh dalam waktu 45 menit dari Kota Tanjung Pinang. Posisinya berada di Desa Busung, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, tidak jauh dari kawasan wisata Lagoi.

Lokasi: Jl. Raya Busung, Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

Tiket: –

jam Buka: 24 Jam

  1. Senggarang

Kawasan tempat wisata Bintan ini dikenal sebagai kawasan Tionghua ala budaya China di Tanjungpinang.
Senggarang. Image via: kumparan.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Gresik

Ingin menikmati suasana seperti di negara China, tanpa harus terbang ke negara tirai bambu tersebut, BIntan menyediakan tempatnya.  Senggarang menjadi jawaban yang sempurna untuk menikmati suasana liburan di Kota Sanghai tanpa jauh-jauh ke negara China.

Kawasan kawasan wisata Bintan ini dikenal sebagai daerah Tionghua ala budaya China di Tanjungpinang. Masyarakat meyakini bahwa di Senggaran ini, menjadi tempat pertama disinggahi dan ditinggal oleh para imigran asal China di Kepulauan Riau, sebelum mereka menyebar ke pulau-pulau lainnya di Kepulaaun Riau.

Berbekal peninggalan sejarah tersebut, dengan memanfaatkan potensi yang ada, kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Senggarang menghadirkan paket wisata yang memperlihatkan pengalaman seperti berada di China.

Diantara paket yang dihadirkan, yang paling menarik yakni paket wisata CECE (Chinese Dress Experience). Pengunjung kawasan wisata Bintan ini dapat mengenakan baju ala-ala Chinese dan Korea serta bebas berfoto sekitar vihara di Klenteng Dharma Sanana, budget seharga Rp30 Ribu selama 15 sampai 30 menit.

Lokasi: kelurahan Senggarang, kecamatan Tanjung Pinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau,

Tiket: 30.000

Jam Buka: 15.00-17.00

  1. Pulau Beralas Pasir

Pulau tempat wisata bintan ini selalu di singgahi para pengunjung dari resort resort pulau bintan.
Pulau Beralas Pasir. Image via: netz.id

Pulau Beralas Pasir atau di sebut juga dengan White Sands Island ini merupakan sebuah pulau Kecil nan eksotis. Pulau di kelola secara profesional sebagai daerah wisata. Terdapat aneka macam fasilitas di dalamnya yang mampu memanjakan aktifitas berlibur bagi pengunjung di daerah wisata Bintan ini.

Pulau daerah wisata bintan ini selalu di singgahi para pengunjung dari resort resort pulau bintan. Umumnya mereka melakukan aktivitas Srokeling dan diving yang biasanya di lakukan di sekitar perairan pulau ini atau di akrab Pulau Nikoi, Pulau Mapur yang letaknya tidak jauh dari White Sands Island ini.

White Sands Island merupakan daerah yang cocok mencari ketenangan dikala liburan. Dengan nenginap di penginapan yang ada, ketika pagi hari akan dapat melihat sunrise dan saat senja anda mampu menyaksikan sunset.

Jika anda beruntung pada malam hari dapat menyaksikan penyu bertelur. Penyu akan mencari pantai bersih yang memiliki pasir dengan tekstur lembut tidak kasar sehingga gampang untuk di gali kemudian menimbunnya kembali dengan pasir.

Lokasi: desa Teluk Bakau, Gunung Kijang Bintan di daerah Provinsi Kepulauan Riau Indonesia

Tiket: 100.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pulau Penyengat

Pulau tempat wisata Bintan ini menjadi salah satu kebanggaan Tanjungpinang. Pulau ini kaya situs bersejarah peninggalan Kerajaan Riau.
Pulau Penyengat. Image via: beritagar.id

Simak juga: 11 kawasan wisata Ponorogo

Rasanya tidak sah mengunjungi Tanjungpinang, Kepulauan Riau, bila tidak menyebrang ke Pulau Penyengat. Pulau daerah wisata Bintan ini menjadi salah satu pujian Tanjungpinang. Pulau ini kaya situs bersejarah peninggalan Kerajaan Riau.

Di pulau ini peninggalan Masjid Sultan Riau. Masjid kuno ini didominasi warna kuning dengan aksen hijau. Masjid ini berdiri semenjak 1832. Konon, masjid tersebut dibangun dengan gabungan putih telur. Meski nampak megah di luar dan punya halaman sangat luas, namun interior masjid terlihat begitu sederhana.

Terdapat komplek makam Yang Dipertuan Muda Riau VII Raja Abdurrahman. Makam raja terletak di depan pintu gerbang. Di komplek ini, terdapat sekitar 50 makam lain yang terdiri dari anggota keluarga sampai penasihat kerajaan selama ia berjaya.

Di pulau daerah wisata Bintan ini, ada juga bangunan megah Istana Kantor. Bangunan ini dulunya merupakan istana daerah tinggal Raja Ali (1844-1857). Istana ini juga kerap disebut Marhum Kantor. Luas istana kantor beserta halamannya sekitar satu hektar.

Lokasi: 2 km lepas pantai Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Tiket: 7.000

Jam Buka: 08.00-18.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni