11 Daerah Wisata Di Bangkok Yang Wajib Masuk Daftar Kunjungan

Sebagai ibu kota negara, daerah wisata di Bangkok berjumlah cukup banyak. Banyaknya objek wisata menimbulkan ibu kota dari Thailand ini bisa menarik banyak wisatawan Asia maupun mancanegara.

Banyaknya tempat wisata di bangkok menjadikan ibu kota dari Thailand ini mampu menarik banyak wisatawan Asia maupun mancanegara
Tempat Wisata di Bangkok. Image via: https://www.blibli.com/friends/blog/destinasi-wisata-di-bangkok/

Simak juga: Tempat wisata di Thailand.

11 Tempat Wisata di Bangkok

Bangkok yaitu salah satu kota dengan perkembangan terpesat, dengan ekonomi yang dinamis dan kemasyarakatan yang progresif di Asia Tenggara. Kaya akan situs-situs budaya menciptakan Bangkok sebagai salah satu tujuan wisata terpopuler di dunia.

Ada berbagai jenis kawasan wisata di Bangkok yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata budaya, destinasi berbelanja, hingga street food yang unik akan mudah kau temui. Berikut ini adalah 11 rekomendasi daerah wisata di bangkok yang menjadi tujuan wajib para pengunjung.

  1. Royal Grand Palace

Tempat wisata di bangkok Royal Grand Palace merupakan kediaman raja-raja Thailand
Grand Palace. Image via: wisatamuda.com

Grand Palace merupakan kompleks bangunan bersejarah yang menjadi objek wisata utama di Bangkok. Di dalam tempat wisata di Thailand ini, terdapat Royal Grand Palace yang merupakan kediaman raja-raja Thailand. Meskipun tertutup untuk umum, istana ini tetap menjadi spot yang wajib dikunjungi wisatawan untuk sekadar berfoto di depan halamannya.

Rancang berdiri Istana Raja dengan cermat mengikuti acuan istana di Ayutthaya. Denah kompleks istana berbentuk persegi panjang dengan sisi barat menghadap sungai, sedangkan kuil kerajaan terletak di sisi timur. Semua bangunan menghadap ke utara. Istana ini sendiri terbagi atas tiga bab: kawasan luar, kawasan tengah, dan tempat dalam.

Tempat wisata di Thailand ini buka setiap hari, pukul 08:30 – 16:00. Jika ingin masuk ke kompleks istana, kamu harus bayar tiket masuk sebesar 500 THB. Pagi hari yaitu waktu terbaik mengunjungi Grand Palace sebab kamu tak akan berdesak-desakan dengan wisatawan lain. Saat berkunjung, pastikan kau mengenakan pakaian yang sopan.

  1. Wat Phra Kaew

tempat wisata di bangkok yang berbau religius inimasih berada di lingkungan grand palace
Wat Phra Kaew. Image via: panduanwisata.id

Simak juga: daerah wisata di Phuket

Wat Phra Kaew masih berada di dalam kompleks Grand Palace. Kuil paling suci di Thailand ini tampil megah dan glamor alasannya adalah bangunannya dilapisi warna emas. Di kawasan wisata di bangkok ini, pengunjung juga bisa melihat patung Buddha paling suci di Thailand, adalah Emerald Buddha.

Konon sekitar selesai tahun 1800an, Raja Chulalongkorn dari Thailand berkunjung ke Hindia Belanda dan meminta puluhan relief serta beberapa arca dari Borobudur dan Prambanan. Sebagai gantinya, Raja Chulalongkorn memperlihatkan satu patung gajah yang sekarang dipasang di Museum Nasional.

Di tempat wisata di Bangkok ini terdapat aneka macam lukisan atau gambar ihwal Hanoman. Bahkan beberapa dari mereka mempunyai kesamaan dongeng seperti Ramayana versi Indonesia. Setiap detail dari bangunan yang ada di sana mempunyai kisah masing-masing. Menariknya, di sini juga terdapat replika Angkor Wat Kamboja.

Kuil suci ini Buka jam 08:30 – 12:00 dan 13:00 – 15:30. Unutk masuk dikenakan pungutan tiket 125 baht.

  1. Wat Pho

wat-pho tempatmw isata di bangkok yang iconikd engankeberadaan patung budhha tidur sepanjang 43 m
Wat Pho. Image via: yourthaiguide.com

Daya tarik utama kuil Wat Pho yakni patung Buddha tidur atau Reclining Buddha yang berukuran tinggi 15 meter dan panjang 46 meter. Patung Buddha terpanjang di Thailand ini juga dilapisi emas, sehingga membuatnya tampak megah.

Selain wisata religius, disini ada pelatihan pijat tradisional Thailand. Jika Anda belum pernah mencoba pijat tradisional Thailand, Wat Pho yakni daerah yang baik untuk mencobanya. Ini cukup berbeda dengan kebanyakan bentuk lain dari terapi pijat.

Pijak di daerah wisata di Bangkok ini cenderung menyegarkan daripada kalem. Menggabungkan gaya postur yoga untuk menghilangkan stres dan meningkatkan sirkulasi darah. Biaya ialah sekitar 120 baht untuk setengah jam atau 200 baht per jam.

Dengan membayar 100 THB, pengunjung sudah bisa berkeliling Wat Pho dan mendapatkan air mineral gratis. Semua pengunjung boleh masuk ke kuil dan berfoto dengan latar patung Buddha. Perlu dicatat dikala mengunjungi tempat wisata di Bangkok ini pengunjung harus berpakaian sopan. dan melepas ganjal kaki.

  1. Sungai Chao Phraya

sungai Chao Phraya menajdi salah satu tempat wisata di bangkok yang banyak dikujungi dengankegiatan susur sugainya
Sungai Chao Phraya. Image via: 108jakarta.com

Simak juga: daerah wisata di Kuching

Sungai Chao Phraya yakni sebuah sungai besar yang membelah Thailand. Sungai ini mengalir melalui Bangkok sampai ke Teluk Thailand. Wilayah-wilayah yang berada di sepanjang sungai Chao Phraya dari utara ke selatan meliputi Nakhon Sawan, Bangkok, dan Samut Prakan.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan kemewahan berlayar di sungai Chao Phraya, tersedia layanan Chao Phraya Princess Cruise. Perahu ini merupakan perahu mewah dengan ukuran panjang 41 m dan lebar 10 m.

Perahu yang beroperasi pukul 19.30 sampai 21.45 akan membawa pengunjung menikmati pemandangan malam hari sepnjang daerah wisata di bangkok ini. Di atas perahu, pengunjung akan dijamu dengan makan malam glamor diiringi musik dan tarian.

Dari atas perahu mewah Chao Phraya Princess Cruise, pengunjung mampu melihat candi-candi di tepian sungai dan juga Grand Palace yang menjadi landmark Thailand. Untuk layanan glamor dengan perahu ini, tarif yang dikenakan sekitar 800 Baht. Perahu dengan daya tampung 120 orang ini mampu menjadi alternatif kalau Anda ingin menikmati malam yang berkesan di sungai tempat wisata di bangkok ini.

  1. Taman Lumpini

tempat wisata di bangkok ini memebrikank esejukan diantara panasnya kota
Taman Lumpini. Image via: en.wikipedia.org

Pada tahun 1920an, raja Rama VI memperlihatkan taman ini sebagai hadiah bagi rakyat Bangkok. Tujuannya yakni untuk melestarikan bunga Thailand dan kerajinan khas Thailand. Namun, kini fungsi taman ini berubah menjadi sentra aktivitas luar-rangan.

Di taman yang dinamai seperti tempat kelahiran budha ini, terdapat danau yang cukup luas dimana pengunjung dapat melakukan olahraga air. Banyak warga Bangkok maupun turis datang ke tempat wisata di bangkok ini untuk bersantai di bawah pohon rindang sambil menikmati suasana alam.

Sebagai taman utama di kota Bangkok, tentu saja Lumpini Park menawarkan pengalaman yang tidak bisa diberikan oleh taman-taman lain. Taman kawasan wisata di bangkok  memiliki biawak. Reptil melata berukuran cukup besar ini mampu sangat gampang ditemukan berkeliaran di seluruh penjuru Lumpini Park.

Taman dibuka mulai jam 04.30 sampai 21.00. Taman Lumpini mampu dinikmati secara gratis.

  1. Bangkok Art anda Culture Centre

tempat wisata di bangkok yang mewadahi kesenian trasional dan modernberpadu apik dalam 1 persembahan
Bangkok Art anda Culture Centre. Image via: takemetour.com

Simak juga: tempat wisata di Melaka

Berlokasi di pusat kota bangkok, daerah wisata di Bangkok ini memiliki arsitektur yang cukup mencolok. Di bab luar gedung duduk sebuah patung wanita futuristik, berwarna putih putih setinggi hampir 20 kaki.

Berbeda dengan galeri seni yang lain, Bangkok Art and Cultural Center menyuguhkan karya seni yang mampu diajak berinteraksi oleh pengunjung. Bentuknya yang kreatif, menciptakan sebagian besar karya disini mampu disentuh dan dijadikan mainan.

Dengan mengintegrasikan seni kontemporer dan tradisional, galeri seni ini berhasil mengabadikan kaya seni di luar batas-batas umum. Membuat Thailand semakin penuh akan karya yang luar biasa, dan tidak terbayangkan sebelumnya di mata seniman.

Galeri daerah wisata di Thailand yang dibuka pada tahun 2008, menyimpan sedikitnya 300 koleksi karya seni dari 300 seniman, baik dari Thailand maupun seniman ajaib. Dibuka hari Selasa hingga ahad, galeri seni ini memamerkan patung-patung, film, fotografi dan teater.

Jam Buka galeri mulai jam 10:00 sampai 22:00. Tiket Masuk : gratis, kecuali bila ingin melihat pertunjukan.

  1. Museum Of Counterfelt Goods

tempat wisata di bangkok yang mneyajika perbedaan antara barang asli dan barang palsu
Museum Of Counterfelt Goods. Image via: azuratraveltour.com

Museum selalu identik dengan barang-barang bersejarah, namun berbeda dengan Museum of Counterfeit Goods. Di sini, kau justru akan menemukan ribuan barang bermerek tiruan alias palsu! Meski begitu, seluruh koleksi museum unik ini didapatkan dari barang bukti sitaan sejumlah perusahaan yang melanggar hak cipta dan merek dagang.

Untuk pemajangan, beberapa barang palsu disini ada yang disandingkan dengan barang aslinya. Sehingga, pengunjung bisa menemukan dimana letak perbedaannya. Hal ini, dimaksudkan untuk mengedukasi warga dan pengunjung perihal pentingnya membeli produk yang orisinil, karena perbedaan kualitas maupun perbedaan-perbedaan lainnya.

Total barang koleksi disini ada di tempat wisata di bangkok ini sedikitnya 3500 buah dan dibagi menjadi 20 kategori. Ada kategori pakaian, alas kaki, jam dan kacamata, aksesoris, kosmetik dan parfum, produk masakan dan rumah tangga, obat-obatan, alkohol dan rokok. Saking banyaknya, barang-barang disini mengalami rotasi empat bulan sekali.

Museum kawasan wisata di Bangkok ini hari senin-Jumat pukul 10.00 sampai 16.00.Untuk mengunjungi tempat ini, pengunjung tidak akan dikenakan biaya.

  1. Sea Life Bangkok Ocean World

tempa wisata di bangkok yag sajian utamanya berupa terowongan bawah aquarium deng melalui habitat hiu raksasa
Bangkok Ocean World. Image via: lapaktrip.com

Simak juga: daerah wisata di Johor Bahru

Sea Life Bangkok Ocean World yakni akuarium terbesar di Asia Tenggara yang memiliki luas sekitar 10.000 meter persegi. Pengunjung mampu eksplorasi santai di Rocky Hideout, di mana kepiting laba-keuntungan raksasa dan gurita Pasifik raksasa mampu ditemukan.

Selanjutnya menuju ke Shark Walk dan lihat lima jenis hiu dikala pengunjung berjalan menyusuri pembatas yang tembus pandang.

Favorit pengunjung yakni Rockpool, di mana pengunjung akan menemukan bintang laut di Pop Up Tank, Crawl Through Tank, dan Secret Cave Tank.The Tropical Ocean menampilkan spesies karang dan ikan di akuarium setinggi delapan meter. Area ini, bersama dengan area Ocean Tunnel, yaitu area yang paling banyak difoto di Sea Life Bangkok.

Tempat wisata di bangkok ini buka Setiap hari mulai jam 10.00 hingga jam 21.00. Untuk mampu menikmatinya, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar 990 Bath dan 790 Bath untuk bawah umur di atas 3 tahun.

  1. Dinosaurus Planet

tempat wisata di bangkok yang mengajak anak anak utnuk bersenangs enang di dunia jurasic
Dinosaurus Planet. Image via: khaosodenglish.com

Dinosaur Planet Bangkok merupakan sebuah taman wisata atau taman hiburan dengan tema prasejarah yang menawarkan sensasi bertualang bersama binatang-binatang purba. Di kawasan ini pengunjung bisa mencicipi sensasi hidup di zaman prasejarah seperti dalam film Jurrasic Park yang tentu saja akan ditemani oleh binatang purba yang populer, ialah dinosaurus.

Tempat wisata di Bangkok ini terbagi menjadi tujuh area. Pengunjung bisa belajar ihwal dinosaurus melalui teknologi multimedia di Dinosaurus District, menonton telur menetas di Lab Dino, hingga melihat kerangka dinosaurus. Kerangka yang ada mencakup Brachiosaurus, Triceratops, dan Stegosaurus di Big Bone Gallery.

Di Dinosaur Planet Bangkok, pengunjung dibawa untuk mendapatkan wisata yang informatif melalui dongeng periode-era prasejarah. Melalui daerah ini pengunjung dapat menyaksikan kehidupan dinosaurus dari dekat dan merasakan sensasi dengan dinosaurus, mirip melarikan diri dari Velociraptors yang gesit.

Tidak hanya itu, pengunjung juga mampu menikmati pertunjukan dinosaurus dalam The Great Volcano & The Extinction Show.

Tiket masuk ke tempat wisata di bangkok ini yakni 600 Bath untuk orang cukup umur.

  1. Pickadaily English Town

tempat wisata di bangkok, yang menyediakan suasana khas pedesaan ingris
English Town. Image via: https://blogunik.com/destinasi-wisata-favorit-di-thailand/

Simak juga: kawasan wisata di Singapura

Pickadaily English Town yaitu desa wisata bergaya Inggris kuno. Mal yang berada di kawasan Sukhumvit 77 ini menunjukkan pengalaman berbelanja menarik dan berbeda dibandingkan mal lainnya. Pengunjung akan disambut dengan bangunan-bangunan bergaya klasik yang cocok untuk menjadi latar berfoto.

Setelah puas berbelanja dan berfoto, pengunjung mampu nongkrong di puluhan bar yang unik atau bersantai di sekitar tempat wisata di bangkok ini yang bergaya Eropa. Di Pickadiky Bangkok pengunjung bisa mencicipi aneka macam hidangan yang berkelas.

Di sini ada Kafe Retro dimana pengunjung bisa menyesap kopi dengan banyak sekali pilihan yang dilabel harga mulai 50-70 Baht atau sekitar Rp 20-30 ribuan. Berbagai hidangan camilan ringan juga pantang dilewatkan, dihargai mulai 45 Baht (setara Rp 19 ribuan).

Ada juga restoran Red 14 untuk makan malam. Menu-menunya pas buat penikmat daging sejati, dengan membayar sekitar 450 Baht (Rp 190 ribuan) maka Travelers dijamin kenyang perut sekaligus kenyang mata alasannya apiknya suasana.

Tempat wisata di bangkok ini buka mulai pukul 10.00 sampai tutup pukul 22.00.

  1. Asiatique

tempat wisata di bangkok yang menawarkan kepuasanberbelanja dneganbanyaknya pilihan barang
Asiatique. Image via: junaidaastina

Asiatique ialah tempat wisata belanja yang unik dimana kita bisa belanja sambil menikmati secangkir kopi ataupun menikmati makanan-kuliner khas Thailand, selain itu kita juga bisa memandangi ornamen-ornamen daerah ini yang dikelilingi dengan hiasan-hiasan unik seperti taman.

Berfoto di kawasan wisata di bangkok ini pada malam hari maupun siang akan sama asiknya. Berfoto di siang hari ada aneka macam spot yang mampu kita jadikan latar, mulai gedung, taman maupun arsitektur bangunan. Selfie malam hari pun sama indahnya, yang jadi incaran sudah terperinci adalah bianglala.

Setelah lelah berbelanja, pengunjung mampu bersantai dan menikmati aneka hidangan enak  yang disempurnakan dengan pemandangan Sungai Chao Phraya yang indah. Tak hanya itu, Asiatique The Riverfront juga mempunyai tempat hiburan yang menarik, mirip bianglala Bangkok Eyes, Juliet Love Garden, sampai pertunjukan Calypso Ladyboy Cabare.

Tempat wisata di bangkok ini buka setiap hari mulai jam 17.00 sampai 23.30. Mengenai tiket masuk, lokasi ini Gratis.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni