11 Daerah Wisata Di India, Memukaunya Tanah Bharata

Berbagai daerah wisata di India layak dipertimbangkan. India merupakan Negara terbesar ketujuh di dunia oleh tempat dan kedua terbesar dari segi populasi. India memperlihatkan warisan yang kaya dari hasil berabad-abad dari berbagai budaya dan agama-agama yang ditinggalkan.

Berbagai tempat wisata di India layak dipertimbangkan. . India menawarkan warisan yang kaya dari hasil berabad-abad dari berbagai budaya dan agama-agama yang ditinggalkan.
Tempat Wisata di India. Image via: independent.co.uk

Sekilas Soal India

Republik India yakni sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa, dan ialah negara terbesar ketujuh menurut ukuran wilayah geografis.

India mempunyai beberapa sungai besar seperti Sungai Gangga, Brahmaputra, Yamuna, Godavari, dan Krishna. Sungai-sungai tersebutlah yang menyebabkan suburnya hamparan-hamparan di sebelah utara India sehingga cocok untuk ditanam.

Cuaca India beragam, dari cuaca tropis di selatan sampai ke cuaca menengah di utara. Sebagian dari India yang terletak di pegunungan Himalaya mempunyai cuaca tundra. India memperolehi hujannya dari monsun.

Transportasi di India memang tidak bisa dikatakan baik apalagi teratur secara umum. Tapi pemerintah India sedang berusaha mengubah fenomena ini. Transportasi umum di dalam kota sangat murah. Di New Delhi pengunjung mampu berlanggangan Bus Pass selama 1 bulan dengan harga Rs. 100. Di Hyderabad harganya yaitu Rs. 350 untuk 3 bulan.

11 Tempat Wisata di India

  1. Taj Mahal

Keindahan tempat wisata di India ini terlihat dari arsitektur bumbung, kubah, dan menara yang terbuat dari marmer putih. Lalu juga ada kira-kira sebanyak 43 jenis batu.
Taj Mahal. Image via: ndtv.com

Simak juga: kawasan wisata di London

Taj Mahal sendiri merupakan sebuah kompleks bangunan yang di dalamnya dilengkapi dengan taman, luas lahannya sekitar 22,4 hektar. Di sana Anda akan menemukan air mancur, makam, dan bak yang memanjang nan cantik.

Keindahan kawasan wisata di India ini terlihat dari arsitektur bumbung, kubah, dan menara yang terbuat dari marmer putih. Lalu juga ada kira-kira sebanyak 43 jenis kerikil. Diantaranya permata, termasuk berlian, jed, kristal, topaz dan nilam di gunakan untuk membuat bangunan semakin mengagumkan.

Marmer nomor wahid di dinding Taj Mahal itu mampu berubah warna mengikuti cahaya yang menyinarinya. Tidah hanya itu, untuk mempercantik marmer yang diukir indah itu disematkan batu-watu mulia yang mencapai 44 jenis, di antaranya kristal, jade, berlian, topaz, dan nilam.

Semakin indah dengan banyaknya tulisan kaligrafi Arab dan Asmaul Khusna yang sangat halus penulisannya. Taj Mahal diakui dunia sebagai bangunan paling simetris, dengan makam Mumtaz Mahal persis di tengah-tengahnya, tepat di bawah kubah

Sementara itu, untuk bisa masuk ke kawasan wisata di India ini, pengunjung harus membayar tiket sebesar 1.000 rupee untuk wisatawan abnormal dan 40 rupee untuk wisatawan lokal India.

  1. Istana di Mysore

Pesona utama Kota Mysore adalah Mysore Palace dengan arsitektur yang membuatnya berjuluk ‘kota seluruh istana
Mysore Palace. Image via: makemytrip.com

Pesona utama Kota Mysore ialah Mysore Palace dengan arsitektur yang membuatnya berjuluk ‘kota seluruh istana’. Aspek arsitektur kreatif bisa pengunjung lihat melalui Istana desain kawasan wisata di India yang sekarang dikelola oleh pemerintah itu.

Sebagian terinspirasi oleh gaya arsitektur Indo-Saracenic, yang merupakan perpaduan gaya Indo-Islam dan Eropa Jerman. Interiornya adalah simbol sejati konstruksi gaya Hoysala. Istana Mysore biasanya bersinar di malam final pekan dan banyak penduduk setempat serta pengunjung berkumpul menyaksikan pemandangan berbintang tersebut.

Istana-istana terkemuka lainnya di kota ini yaitu istana Jaganmohana (sebuah galeri seni), Lalitha Mahal (diubah menjadi hotel bintang lima), Jayalakshmi Vilas dan Rajendra Vilas. Agak jauh dari kota, terdapat istana trend panas Tipu Sultan.

Pengaruh dunia Barat terhadap arsitektur kawasan wisata di India ini begitu tampak. Gereja St. Philomena, disebut sebagai gereja tertinggi di India. Dibangun pada tahun 1936 untuk memberi penghormatan kepada Saint Philomena, putri muda asal Yunani yang menjadi martir pada era ke-4 Masehi.

Bila menginginkan cendera mata, pengunjung bisa berburu parfum cendana, sabun dan kosmetik yang mampu dibeli sekitar satu hingga dua dolar. Lukisan dan karya seni  ternama juga ikut ditawarkan.

  1. Agra Fort

pengunjung bisa menikmati keindahan istana, paviliun, balkon, lapangan, patung-patung, dan mesjid yang berada di dalam benteng tempat wisata di India ini.
Agra Fort. Image via: visittnt.com

Simak juga: temat wisata di Inggris 

Agra Fort merupakan salah satu benteng eksotis dan luar biasa besar yang terletak hanya beberapa kilometer dari Taj Mahal. Agra Fort bukan lah hanya sekedar benteng untuk perang. Agra Fort lebih pada kompleks istana yang di dalamnya menyimpan banyak bangunan multifungsi serta taman-taman anggun.

Situs bersejarah kawasan wisata di India ini menempati areal seluas 380.000 meter persegi dan mempunyai empat buah pintu gerbang utama. Pintu gerbang terbesar berjulukan Delhi Gate yang menghadap eksklusif ke arah kota.

Sementara pintu lain, yaitu Lahore Gate atau Amar Singh Gate, menjadi  pintu masuk pengunjung untuk mampu menikmati keindahan istana, paviliun, balkon, lapangan, patung-patung, dan mesjid yang berada di dalam benteng kawasan wisata di India ini.

Bangunan pertama yang bias dilihat adalah Diwan-e- Aam atau ruangan audiensi publik. Ruangan yang dipersembahkan untuk menjamu tamu Negara juga ada di sini. Namanya Diwan-e-Khas. Di dalamnya terdapat dua tempat duduk untuk raja. Singgasana putih terbuat dari marmer dan yang hitam dibuat dari kerikil.

Tiket masuk benteng tempat wisata di India ini seharga 300 rupee. Kalau mau tahu sejarah dan kisah lebih lengkap, pengunjung bisa menyewa audio-tour-guide yang berbahasa Inggris seharga 100 rupee.

  1. Mehrangarh Fort

Bangunan tempat wisata di India ini sekilas sangat menyerupai sebuah benteng kokoh dengan ketinggian dinding hingga 36 meter.
Mehrangarh Fort. Image via: andbeyond.com

Mehrangarh Fort  berada di sentra kota tempat Jodhpur negara bagian Rajasthan, India terdapat sebuah museum yang terletak di ketinggian 400 meter. Bangunan ini sekilas sangat menyerupai sebuah benteng kokoh dengan ketinggian dinding sampai 36 meter.

Tempat wisata di India Mehrangarh Fort dibangun pada abad ke-15 oleh Rao Jodha ketika dia menggeser ibu kota dari Mandore ke Jodhpur. Bukit ini dikenal sebagai Bhaurcheeria atau gunung burung.

Di dalamnya, terdapat taman, gedung pengadilan, istana kecil penuh goresan lengkap dengan sebuah balkon, juga terdapat sebuah galeri yang berbentuk mirip lengkungan. Pada malam hari, dari atas benteng pengunjung mampu melihat jejeran lampu-lampu di perumahan di kota.

Pengamanan ke dalam benteng ini dijaga tak kurang dari tujuh gerbang besar. Gerbang utama yang merupakan gerbang kemenangan dibangun oleh Maharaja Man Singh untuk memperingati kemenangan mengalahkan Dinasti Mogul .

Setelah melewati gerbang, pengunjung tempat wisata di India ini akan melihat sebuah halaman luas yang merupakan apartemen luas nan megah. Di dalam terdapat alat musik, tandu, furniture, serta meriam kerajaan. Meski kawasan ini menjadi sasaran utama para wisatawan, namun tidak semua kawasan bisa dimasuki.

  1. Amer Fort

Bangunan tempat wisata di India ini dibuat menghadap ke Danau Maota yang indah. Mahakarya dari arsitektur Rajputana ini memiliki perpaduan unsur Hindu dan Mughal yang sangat mempesona
Amer Fort. Image via: india.com

Simak juga: daerah wisata di Jerman

Amer Fort yang berada di Jaipur ini dibangun oleh Raja Man Singh I. Amber Fort terletak di puncak bukit Kota Amer. Bangunan dibentuk menghadap ke Danau Maota yang indah. Mahakarya dari arsitektur Rajputana ini mempunyai perpaduan unsur Hindu dan Mughal yang sangat mempesona

Dinding dan langit-langit di tempat wisata di India Amber Fort dipenuhi cermin dengan lukisan bunga-bunga yang menakjubkan. Kabarnya, dahulu raja membangun aula ini sebab sang ratu bahagia memandangi bintang, tapi tidak diperbolehkan tidur di udara terbuka.

Selain itu, ada pula Suraj Pol atau Sun Gate yang merupakan pintu masuk benteng yang didekorasi secara tradisional. Jika berjalan melalui pintu ini, pengunjung akan disambut dengan labirin istana, taman, dan kuil.

pada malam hari setiap pukul 18.30 hingga 19.30 waktu setempat, benteng akan dihiasi keindahan lampu berwarna-warni. Lighting ini akan menampilkan dongeng perjalanan kerajaan. Pertunjukan cahaya berfokus pada sejarah Jaipur dan benteng. Selama 50 menit berlangsung, dongeng akan dibawakan menggunakan bahasa Hindi dan Inggris.

Selain bisa menelusuri benteng sambil berjalan kaki, pengunjung juga mampu berkeliling daerah wisata di India ini dengan menunggang gajah. Cukup membayar tiket 300 Rupee, pengunjung sudah bisa berkeliling dengan binatang bertubuh besar itu.

  1. Mecca Masjid

Atap utama masjid tempat wisata di India ini memiliki benteng yang terbuat dari granit di empat sisinya
Mecca Masjid. Image via: trover.com

Pembangunan Masjid Makkah India dimulai pada saat pemerintahan Muhammad Quli Qutb Shah. Namun, masjid ini gres simpulan dibangun sesudah 77 tahun pada abad Kaisar Mughal Aurangzeb pada tahun 1694 dan butuh hampir 8.000 orang untuk mengerjakannya.

Masjid Makkah jadinya menjadi salah satu masjid terluas di India dan dianggap sebagai warisan budaya. Masjid ini pun didatangi traveler yang ingin mengagumi bangunannya dan beribadah di dalamnya.

Atap utama masjid kawasan wisata di India ini mempunyai benteng yang terbuat dari granit di empat sisinya, Arsitektur yang elegan nan glamor ini juga memiliki daerah beribadah dengan tinggi panjang 55 meter serta lebar 67 meter dan tinggi 23 meter.

Masjid ini mampu menampung 10.000 jamaah. Dinding-dindingnya juga mempunyai hiasan indah yang juga terbuat dari granit dengan motif ayat-ayat Al Quran yang elok. Di halaman Makkah Masjid juga memiliki ruangan beberapa benda peninggalan dan artefak kuno, salah satunya diyakini terdapat sehelai rambut Nabi Muhammad SAW.

Tempat wisata di India Masjid Makkah buka setiap hari mulai pukul 8.00 pagi sampai 12.00 siang dan 15.00 sore hingga pukul 20.00 malam

  1. The Ellora Caves

Goa tempat wisata di India ini unik karena Sejak pertama dibangun pada abad ke-5 sampai abad ke-10, gua-gua di Ellora pernah menjadi kuil dan biara bagi agama Budha, Hindu, dan Jainisme
The Ellora Caves. Image via: onacheaptrip.com

Simak juga: kawasan wisata di Paris

Ellora yakni sebuah situs arkeologi yang terletak di Kota Aurangabad Maharashtra, India. Kompleks gua Ellora dibangun oleh Rashtrakuta, yang menggali pinggiran bukit Charanandri. Jumlah keseluruhan gua yang ada di kompleks ini ialah 34 buah.

Goa kawasan wisata di India ini unik alasannya adalah Sejak pertama dibangun pada periode ke-5 hingga era ke-10, gua-gua di Ellora pernah menjadi kuil dan biara bagi agama Budha, Hindu, dan Jainisme. Dari total 34 buah, 12 untuk Budha, 17 untuk Hindu, dan 5 untuk Jainisme.

Gua ini diperkirakan dibangun untuk memberikan kerukunan antar umat beragama yang ada di India, yang memang diketahui mampu hidup berdampingan dengan rukun sejak zaman dahulu. Daerah Ellora sudah dihuni oleh manusia sejak zaman prasejarah.

Sebagaian besar konstruksi gua-gua di Ellora difungsikan sebagai kawasan beribadah dan daerah tinggal bagi para pendeta. Terdapat ruangan yang sangat besar di dalam gua-gua di Ellora, termasuk ruangan untuk tidur, dapur, dan lainnya.

Salah satu gua yang populer di daerah wisata di India ini adalah gua Budha nomor 10. Gua Vishyakarma seperti terbuat dari kayu alasannya ukirannya yang dibentuk sedemikian rupa. Di tengah gua, terdapat patung Buddha setinggi 15 kaki dalam posisi duduk sedang berkhotbah.

  1. Golden City

Karena bersinar saat ditempa sinar matahari, benteng tempat wisata di India ini pun dikenal sebagai Sonar Quila atau Golden Fort
Golden City. Image via: id.pinterest.com

Golden City ialah julukan untuk Kota Jaisalmer. Julukan ini melekat sebab bangunan-bangunan terbuat dari batu pasir kuning dan terlihat ‘glowing’ bila terkena sinar matahari. Disini ada benteng Jaisalmer Fort.

Karena bersinar ketika ditempa sinar matahari, benteng tempat wisata di India ini pun dikenal sebagai Sonar Quila atau Golden Fort. Nama Jaisalmer diambil dari Maharawal Jaisal Singh, Raja Rajput yang membangun kota tersebut pada tahun 1156 M. Jaisalmer berarti “Benteng bukit Jaisal

Benteng Jaisalmer yang berdiri tegak di hadapan Gurun Thar tidak sekedar jadi pajangan. Benteng tersebut adalah rumah bagi 3.000 penduduk. Selain itu, banyak pertokoan, restoran, dan guesthouse yang mampu ditemukan di dalam Benteng Jaisalmer.

Jaisalmer yaitu distrik terbesar di Rajashtan dan salah satu yang terbesar di India. Warna gurun pasir yang keemasan dan ribuan rumah berwarna kuning membuat Jaisalmer disebut Golden City. Pada sore hari, kota ini terlihat semakin emas alasannya adalah terkena cahaya matahari.

Mayoritas wisatawan yang menyisir perjalanan di Jaisalmer menunggang unta sebagai transportasi wisata menyisir destinasi di sekitar Kota Emas. Di kota daerah wisata di India ini, pengunjung mampu mengunjungi Kuil Lodhruva Jain, perpustakaan tertua di India, desa magis Ramdevra, sampai bermacam museum kebudayaan dan sejarah.

  1. Taman Nasional Periyar and Wildlife Sanctuary

Taman nasional tempat wisata di India ini juga rumah sekitar 320 spesies fauna
Taman Nasional Periyar and Wildlife Sanctuary. Image via: indianholiday.com

Simak juga: kawasan wisata di Perancis

Tempat wisata di India paling terkenal di India Selatan yaitu Taman Nasional Periyar dan Wildlife Sanctuary. Kawasan konservasi ini berpusat pada sebuah danau yang dibangun oleh insinyur Inggris pada tahun 1895 untuk irigasi dan untuk menyediakan air untuk kota Madurai.

Didirikan pada tahun 1934, Taman indah berbagai jenis mamalia, termasuk populasi 1.000 Gajah India, celeng, berang-berang, simpanse ekor singa, dan lebih dari 50 harimau Bengal. Menonton burung merupakan aktivitas yang populer dengan penampakan banyak sekali jenis satwa.

Taman nasional ini juga rumah sekitar 320 spesies fauna. Beberapa dari mereka yaitu raket-ekor drongos, kingfishers, darters dan banyak lagi. Periyar juga merupakan rumah dari 30 ular, dua spesies kura-kura dan 13 spesies kadal. Hal ini juga terkenal untuk 38 jenis ikan dan 160 jenis kupu-kupu.

Periyar Boat Safari ialah cara terbaik untuk mengalami pesona daerah wisata di India. Periyar River yaitu jalur kehidupan taman nasional ini alasannya itu yaitu sumber utama air untuk binatang dan flora dari tempat ini. Kapal pesiar dilakukan dalam kelompok 5-6, bergerak pelan-pelan di sepanjang sungai.

  1. Pantai Goa

Tempat wisata di India ini masuk dalam jajaran pantai cantik di Asia.
Pantai Baga di Goa. Image via: goa-tourism.org.in

Goa di selatan India diberkahi bibir pantai sepanjang 103 Km. Oleh alasannya itu, wisata pantai yaitu apa yang dicari oleh wisatawan saat liburan ke Goa. Ada banyak pantai kawasan wisata di India yang menarik di sepanjang garis pantai itu.

Salah satunya Pantai Mandrem. Tempat wisata di India ini masuk dalam jajaran pantai manis di Asia. Suasana di pantai ini juga cenderung damai dan elok. Membuatnya terkenal sebagai salah satu destinasi bulan madu di India. Pengunjung juga mampu menemukan sebuah desa kecil yang tenang.

Ketimbang pantai lain di Goa, Pantai Baga bisa disebut sebagai yang paling terkenal. Ada pesta hingga kehidupan malam meriah di Pantai Baga. Pengunjung bisa menikmati aneka kemudahan olahraga air, mirip wind surf dan lainnya.

Seperti Pantai Mandrem, Pantai Agonda juga masuk dalam jajaran pantai indah. Pengunjung juga mampu menaiki kapal sewaan dan mencari ikan lumba-lumba di Pantai Agonda. Pantai ini memang sering disinggahi oleh lumba-lumba.

Ada juga Pantai Cavelossim. Pantai dengan pemandangan pedesaan yang indah. Dari pantai ini pengunjung mampu menikmati maritim serta sawah dengan deretan pohon kelapa. Pantai Cavelossim juga diberkahi dengan pasir putih yang semakin memperindah pemandangan.

  1. Sardar Market

Ada banyak perhiasan perak dan buatan yang dihiasi dengan batu semi mulia yang tersedia di tempat wisata di India satu ini
Sardar Market. Image via: tripadvisor.com.au

Simak juga: kawasan wisata di Swiss

Di kawasan wisata di India ini pengunjung  mampu menemukan pengalaman terbaik dalam berbelanja di Jalanan. Banyak terdapat kios kecil yang menjual semua jenis pakaian katun dan barang antik. Pakaian-pakaian tersebut biasanya merupakan pakaian ekspor-surplus dan dijual dengan harga murah.

Ada banyak pemanis perak dan buatan yang dihiasi dengan kerikil semi mulia yang tersedia di sini. Pengusi Tibet yang datang sesudah menginvasi Tibet menetap di sini sebagai pedagang. Pasar Tibet, bersahabat Hotel Imperial, adalah gudang barang antik dan artefak Tibet.

Di seberang jalan ada beberapa toko populer. Central Cottage Industries Emporium, sebuah Toko besar milik negara yang dioperasikan oleh Kementerian Tekstil. Tempat wisata di India itu merupakan lokasi pekan raya karya para pengrajin, penenun, dan seniman rakyat India.

Di gedung yang sama, pengunjung juga akan menemukan Tribhovandas Bhimji Zaveri (TBZ), di mana bisa menemukan beragam jenis perhiasan desainer tradisional dan inovatif dalam emas dan berlian, berlian solitaire bersertifikat, dan perhiasan bertanda. Kliennya termasuk generasi keluarga besar.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni