11 Daerah Wisata Di Johor Bahru Yang Tersohor Di Malaysia

Johor Bahru ialah ibu kota negara bagian Johor, Malaysia. Menurut sensus Malaysia 2010, Johor Bahru mempunyai populasi sejumlah 497.067 dan merupakan kota terbesar kedua di negara Malaysia serta kota paling selatan kedua di Semenanjung Malaya.

tempat wisata di johor bahru, salah satu kota besar di malaysia
Tempat wisata di Johor Bahru. Image via: utusan.com.my

SImak juga: kawasan wisata di Malaysia

11 Tempat Wisata di Johor Bahru

Terdapat sejumlah daerah wisata di Johor Bahru. Mulai dari wisata Kebudayaan, Sejarah, Kawasan Konservasi, hingga wisata perbelanjaan.

Bagi anda yang kebetulan berencana ingin mengunjungi Johor Bahru, berikut ini merupakan rekomendasi 11 daerah wisata di Johor Bahru yang menarik.

  1. Teluk Danga

teluk danga, teluk indah yang menjadi lokasi bnayak tempat wisata di johor bahru
Teluk Danga. Image via: azwisata.com

Teluk Danga atau yang lebih dikenal sebagai Danga Bay ini merupakan raman dan pusat rekreasi terbesar yang ada di Johor Bahru. Tempat wisata di Johon Bahru ini berada tidak jauh dari istana Bukit Sirene atau sekitar 7 kilometer dari pusat kota Bandar Johor Bahru.

Tempat wisata di johor bahru ini terbentang sepanjang kisaran 23 kilometer menghadap ke Selat Johor dengan luas sekitar 450 hektar. Banyak yang menyebut kawasan Danga Bay ini sebagai surga hiburan bagi para pelancong dunia. Di lokasi ini semua serba ada, mulai pantai, hotel berbintang, restoran, wisata bahari, sampai hiburan. Bahkan juga terdapat kebun binatang mini yang bisa jadi pilihan untuk menikmati liburan.

Di daerah Tempat wisata di johor bahru ini terdapat Danga Bay Petting Zoo. Untuk masuk ke lokasi kebun hewan, pengunjung hanya perlu membayar tarif RM10 bagi orang dewasa dan RM5 untuk belum dewasa. Para pengunjung diperbolehkan untuk mengabadikan berbagai momen seru di dalam kebun binatang selama tidak memakai blitz. Namun demikian, hanya diperkenankan untuk mengambil dalam bentuk foto atau gambar dan bukan dalam bentuk video.

  1. Kebun Binatang Johor

johor zoo, tempat wisata di johor bahru yang bisa dibilangs ebagai salah satu kebun binatang terbaik di Asia tenggara
Kebun Binatang Johor. Image via: tripadvisor.com.mx

SImak juga: daerah wisata di Penang

Kebun Binatang Johor yang didirikan tahun 1928 oleh Almarhum Raja Johor, Sultan Ibrahim Ibni Almarhum Sultan Abu Bakar, merupakan salah satu kebun binatang yang tertua di Malaysia dan di Asia. Tempat wisata di Johor Bahru ini beralat di Jalan Gertak Merah, 80000 Johor Bahru.

Pengelolaan Kebun hewan ukuran menengah yang awalnya disebut sebagai “taman satwa” ini diserahkan pada pemerintah negara bagian tahun 1960. Pengunjung mampu menyaksikan singa yang perkasa atau bermain dengan gajah yang ramah. Juga bisa mengamati buaya yang besar dan diam dari jarak yang kondusif. Bahkan pengunjung bisa sekedar berjalan di seputar danau sambil mengagumi burung air.

Kebun binatang tersebut mempunyai sekitar 100 spesies hewan, yang meliputi kucing liar, unta, gorila, orangutan, dan burung-burung tropis. Para pengunjung dapat melakukan kegiatan menarik di tempat wisata di Johor Bahru ini, seperti naik kuda atau mengayuh bahtera pedal.

Kebun Binatang Johor buka setiap hari pukul 08.00 hingga 18.00. Biasanya tempat ini penuh dikala libur hari nasional dan liburan sekolah, jadi hindari abad itu jika Anda tidak menyukai keramaian. Harga tanda masuk RM 2 untuk akil balig cukup akal dan RM 1 untuk anak-anak.

  1. Legoland

Legoland, tempat wisata di johor bahru yangm erupakan bagian dari jaringan hotel dan taan internasional dengan tema lego
Legoland. Image via: legoland.com.my

Legoland merupakan surganya anak – anak. Tempat wisata di Johor Bahru satu ini merupakan tempat dimana di dalamnya terdapat banyak sekali wahana permainan anak. Di Legoland pengunjung mampu menemukan lebih dari 40 wahana permainan anak yang sudah pasti bisa menjamin keamanan anak – anak.

Di Legoland ini tak hanya terdapat wahana permainan saja, namun juga terdapat banyak sekali atraksi seru yang sayang untuk dilewatkan. Terdapat miniatur Menara Petronas yang terbuat dari lego. Ada pula waterpark serta hotel.

Legoland ini dibuka untuk umum sejak tahun 2012 serta menjadi wahana hiburan lego ke enam yang ada di dunia. Fasilitas ini merupakan yang pertama di Asia. Maka tidak heran kalau Legoland menjadi salah satu Tempat Wisata Di Johor Bahru favorit.

Untuk mampu menikmati semua wahana yang ada di Legoland ini, anda harus membayar tiket masuk sebesar RM 120. Namun jikalau ingin memasuki area Lego Water Park, pengunjung akan dikenakan biaya perhiasan sekitar RM 95. Bisa juga dengan membeli tiket combo yang bisa dipakai baik di Legoland maupun Lego Water Park.

  1. Angry Bird Theme Park

angry bird park, tempat wisata di johor bahru yang dikembangkan dari tokoh karakter game populer
Angry Bird Theme Park. Image via: tripadvisor.co.id

SImak juga: tempat wisata di Kuala Lumpur

Semua orang tentu kenal dengan spesies burung pemarah tak bersayap ini. Walau hanya burung fiksi, namun burung ini mungkin spesies paling populer, dari usia balita hingga tua mengenal burung ini. Kepopuleran itu mengakibatkan lahirnya taman bermain dengan tema Angry Bird. Salah satunya berlokasi di Johor Bahru Malaysia.

Untuk mencoba merasakan pengalaman ala game agry bier, kawasan wisata di johor Bahru ini bisa menunjukkan pengalaman itu. Angry Birds Activity Park berada di Lantai 3 Gedung KOMTAR Johor Bahru City Center (JBCC) kota Johor Bahru Malaysia.

Ada Lazer Bird Scooter dan Scape Drop Air Bag, disini bawah umur bisa bermain scooter dengan jalur yang niak turun dan lonjak-lonjak di trampoline yang menyenangkan. selain itu belum dewasa juga mampu bermain tembak-tembakan di Piggy Shooting Galerry.

Jam operasional Angry Birds Activity Park mulai jam 10 pagi hingga 10 malam setiap harinya. Harga Tiket Angry Bird Johor Rp 210 ribu. Harga tiket Dewasa dan anak sama harga.

  1. Thomas Town & Sanrio Hello Kitty Town

tempat wisata di johor bahru yang dirancang untuk memenuhi fantasi akan indahya dunia dalam serial animasi anak populer thomas
Thomas Town & Sanrio Hello Kitty Town. Image via: keluyuran.com

Tempat wisata di Johor Bahru ini merupakan kawasan wisata yang menghadirkan abjad Thomas dan Hello Kitty sekaligus. Beragam wahana bernuansa Thomas si Kereta Api dan Hello Kitty bisa pengunjung temukan di sini. Mulai dari taman bermain hingga sejumlah games menarik, mampu pengunjung jajal di sini.

Taman bermain indah ini beralamat di Persiaran Puteri Selatan, Puteri Harbour, 79000 Nusajaya, Johor. Sebetulnya, Thomas Town dan Sanria Hello Kitty yaitu dua kawasan wisata yang kebetulan satu alamat. Pengunjung bisa pribadi memasuki kedua tempat wisata tersebut atau salah satunya saja, sesuai dengan cita-cita

Tempat wisata di johor bahru ini Buka : Rabu hingga Senin, mulai 10.00 hingga 18.00 . Tiket masuk seharga RM 85 untuk Sanrio Hello Kitty Town,  RM 85 untuk Thomas Town saja. Atau mampu juga  RM 125 kalau ingin memasuki kedua area Thomas Town dan Sanrio Hello Kitty.

  1. Kuil Kaca Arulmigu Sri Rajakaliamman

Arulmigu-Sri-Rajakaliamman, sebuah tempat wisata di johor bahru yang mengahdirkan kuil unikd negan hampir seluruh permukaan banguan ditempel dengan kepingan kaca.
Kuil Kaca Arulmigu Sri Rajakaliamman. Image via: mastravelbirotangerang

SImak juga: tempat wisata di Singapura

Terletak di Kota Johor Bahru, tepatnya di perbatasan antara Malaysia dengan Singapura, ada salah satu rumah ibadah umat Hindu yang paling mengkilap se-Malaysia. Tempat wisata di johor bahru ini, hampir seluruh bagiannya berlapis kaca.

Semua beling yang menghiasi Arulmigu Sri Rajakaliamman tidak hanya satu warna saja. Ada warna putih, merah, biru, kuning, hijau, dan ungu yang masing-masing berjumlah 300.000 potong. Tidak hanya dinding, tapi lantai, pilar, dan kusen pun tak luput dari lapisan beling.

Ada lampu kristal di langit-langit pada ruang utama yang menggantung dan menawarkan nuansa mewah. Cahayanya tampak sangat indah alasannya adalah terpancar ke hampir seluruh sudut ruangan. Bagi umat Hindu yang beribadah di kuil ini, cahaya tersebut awalnya cukup mengganggu, tapi usang kelamaan mereka sudah mulai terbiasa dengan hal tersebut.

Tempat wisata di Johor Bahru ini terbuka sepanjang ahad. Untuk memasuki lokasi ini penduduk lokal di gratiskan. Nmaunpengunung darilaur negara dikenakan tiket RM 10.

  1. Masjid Sultan Abu Bakar

tempat wisata di johor bahru berupa masjd bersejarah yang dibnagun pada masa awal moderiniasasi johor
Masjid Sultan Abu Bakar. Image via: republika.co.id

Masjid Abu Bakar adalah masjid paling populer di Johor, Malaysia. Masjid ini tidak hanya megah dan indah, tetapi juga menyimpan sejarah tersendiri.

Pembangunan masjid Tempat wisata di johor bahru ini menandai dimulainya proses modernisasi Johor tahun 1892, yang diperintahkan oleh “Bapak Johor Modern”, mendiang Sultan Abu Bakar. Diperlukan waktu delapan tahun untuk membangun dan akhir tahun 1900. Masjid ini mampu menampung 2.000 jemaah.

Masjid dibangun dengan adonan gaya arsitektur, tetapi pada prinsipnya berkiblat ke gaya Victoria. Banyak yang mengatakan menara masjidnya mirip menara gereja atau menara pengawas di Inggris.

Lokasi wisata di Johor Bahru ini letaknya di sudut jalan dengan posisi lebih tinggi menghadap pantai. Masjid mempunyai halaman begitu luas, ada beberapa pohon rindang dan taman bunga yang tertata apik

Masjid terbuka sepanjang hari, dan pengunjung tidak dipungut biaya untuk memasuki masjid bersejarah ini.

  1. Pantai Desaru

Pantai di Desaru adalah salah satu tempat wisata di johor bahru yang terbaik dengan hamparan pasir putihnya.
Pantai Desaru. Image via: twitter.com

Pantai di Desaru yaitu salah satu tempat wisata di johor bahru yang terbaik. Banyak pengunjung yang kerap tiba baiklah bahwa pantai pasir putih pantai ini ialah pemandangan tak terlupakan.

Pantai Desaru bersih, dipagari oleh jajaran pohon cemara laut, dan membentang sepanjang 25 kilometer. Di sini wisatawan mampu menikmati berbagai aktivitas yang sangat menyenangkan seperti memancing, berperahu, berenang, hiking, serta acara luar ruang lainnya.

Di pantai kawasan wisata di johor bahru ini, pengunjung berkesempatan untuk bersantai dan menerima kulit cokelat nan seksi. Aktivitas berjemur bisa diiringi dengan mendengarkan debur ombak dan menikmati sejuk hembusan angin.

Sejumlah hotel, resor, dan pondok mengelilingi lokasi ini, sehingga mencari kemudahan akan terasa mudah dan nyaman.

Pantai Desaru buka sepanjang pekan, 24 jam sehari. Unutk memasuki daerah pantai, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk, Gratis.

  1. Night Market Johor

night market, tempat wisata di johor bahru yang mengajak untuk mengahbiskan malam dengan menyenangkan dan mencuci mata
Night Market Johor. Image via: keluyuran.com

Pasar malam tentu merupakan lokasi menarik untuk dikunjungi. Karena umumnya pasar malam identik dengan aneka macam dagangan yang lengkap dan juga harga yang lebih terjangkau. Tempat ini memang menjadi pilihan favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Malaysia, khususnya Johor.

Di daerah wisata di johor bahru saru ini pengunjung bisa menemukan banyak sekali barang murah seperti masakan, aksesoris, oleh – oleh dan masih banyak lagi. Bagi pengunjung yang menyukai wisata belanja namun budget tipis, mampu menimbulkan Night Market Johor Bahru ini sebagai pilihan Tempat Wisata Di Johor Bahru favorit.

Night Market Johor Bahru ini buka mulai pukul 4 sore hingga malam. Namun biasanya puncak membludaknya para pengunjung yakni sekitar pukul 7 malam.

  1. Komtar JBCC

tempat wisata di johor bahru yang cocok untuk keperluan belanja oleh oleh untuk teman dan keluarga di tanah air
Komtar Image via: id.wikipedia.org

Satu lagi tempat wisata di Johor Bahru yang bertipe wisata belanja, ialah Komtar JBCC Malaysia. Tempat wisata berupa daerah shopping murah di Johor Bahru ini lokasinya cukup dekat dengan Indonesia, sehingga untuk orang Indonesia yang berada di Batam dan sekitarnya biasanya pergi berbelanja di kawasan ini.

Lokaisnya lebih terjangkau untuk orang batam, daripada pergi ke daerah belanja lainnya di Indonesia, apalagi jika harus ke Jawa, biaya pergi ke tempt ini jauh lebih murah daripada pergi ke Jakarta.

Di dalam kawasan wisata di johor bahru ini pengunjung mampu menjumpai beragam retail yang memberikan banyak sekali macam fashion item dari brand-merk terkenal, di samping itu juga ada banyak kawasan makan berkelas di dalam mall.

Tempat wisata ini juga tidak hanya menyediakan daerah berbelanja fashion item, tetapi juga ada beberapa macam tempat atraksi yang dapat menghibur anda dan sobat-sahabat. Lokasi ini buka mulai jam 10.00 sampai jam 22.00 waktu setempat.

  1. Johor Premium Outlets

tempat wisata di johor bahru yang menawarkan wisata berbelanja barang bermerek internasional dengan lebih dari 130 outlet
Johor Premium Outlets. Image via: travel.tribunnews.com

Johor Premium Outlet ini juga menjadi yang pertama di Asia Tenggara yang dibuka. Ada sekitar 130 outlet ternama di Tempat wisata di johor bahru ini dengan berbagai penawaran menarik. Di sini, terdapat gerai brand fashion ternama mirip Gucci, Burberry, Adidas, Guess dan lainnya.

Menariknya, barang-barang branded yang dijual di sini harganya relatif lebih murah dengan harga jual di Indonesia. Salah satu penyebabnya ialah pajak barang yang berlaku di Indonesia, yang nilainya mencapai 10%. Itu pun sesudah hukum pajak barang mewah atas Tas yang besarnya 20% dihapus pada tahun 2015. Sedangkan di Malaysia saat ini pajaknya 0%, sejak kebijakan abolisi GTS tahun 2018.

Tak hanya sepatu dan produk fashion, pengunjung juga mampu membeli banyak sekali macam aksesoris, kosmetik, produk kecantikkan, jam tangan, perlengkapan traveling, sampai oleh-oleh di sini.

Dengan konsep outdoor, Johor Premium Outlet tidak berada di dalam mallnya, kecuali kau memasuki outlet-outlet yang ada di sana. Karena konsep outdoor tersebut, pada siang hari bisa terasa sangat panas kalau matahari sedang terik-teriknya.

Johor Premium Outlet mulai buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni