11 Daerah Wisata Di Kanada, Berkunjung Ke Negeri Potongan Es

Dengan luas lebih dari 9 juta persegi, daerah wisata di Kanada beraneka jenis. Termasuk panorama alam yang sangat mempesona. Mulai dari pegunungan rocky penuh Salju hingga jeram Niagara yang legendaris. Tidak heran, jika lalu negara ini sangat terkenal untuk menjadi tujuan wisata dunia.

tempat wisata di Kanada beraneka jenis. Termasuk panorama alam di yang sangat mempesona. Mulai dari pegunungan rocky hingga air terjun Niagara yang legendaris
Tempat Wisata di Kanada. Image via: tokkoro.com

Sekilas Soal Kanada

Kanada merupakan negara terluas di Amerika Utara. Luas negara Kanada yakni 9.970.610 kilometer persegi. Kanada digolongkan negara maju dan ekonominya tergantung terutama pada ketersediaan hasil alam yang melimpah.

Bila hendak berwisata ke Kanada, bisa berbahasa Inggris saja belum tentu akan menjamin bisa berkomunikasi dengan semua warga Kanada. Bahasa resmi yang digunakan tak hanya Bahasa Inggris. Orang Kanada juga memiliki Bahasa Perancis untuk percakapan keseharian

Di wilayah yang padat penduduk, ekspresi dominan panas berkisar dari hangat hingga ke lumayan panas, mencapai lebih dari 30 °C di Montreal, dan 15 °C Iqaluit, Nunavut. Di Vancouver, suhu biasanya di antara 0 sampai 25 °C sepanjang tahun.

Di Kanada warga lebih banyak memakai transportasi publik untuk berpergian karena lebih murah dan efisien. Untuk dalam kota Toronto Transit Commission mencakup semua pelosok kota Toronto dan merupakan gabungan antara kereta bawah tanah dan bus dalam kota.

Taksi di Kanada memakai argo untuk memilih tarif yang harus kamu bayar dan biasanya tidak bisa ditawar harga yang sudah ditentukan oleh argo tersebut. Jika ingin menumpang taksi dengan harga tertentu, negosiasi dahulu sebelum berangkat.

11 Tempat Wisata di Kanada

  1. Parliament Hill

Awalnya gedung pemerintahan tempat wisata di Kanada ini ini digunakan sebagai pusat kegiatan militer abad ke-18,
Parliament Hill. Image via: ottawatourism.ca

Simak juga: tempat wisata di Brunei Darussalam

Parliament Hill merupakan gedung pemerintahan Negara Kanada. Dari sini semua sistem negara dikendalikan. Selain alasannya pusat politik dan budaya, Parliament Hill menarik minat pengunjung alasannya adalah Bentuknya yang terkesan kuno, ditambah lagi dengan warna yang kusam.

Awalnya gedung pemerintahan kawasan wisata di Kanada ini ini digunakan sebagai pusat kegiatan militer kurun ke-18, kemudian pada tahun 1859 berubah fungsi menjadi kawasan aktivitas pemerintahan.

Pada bagian kanan dan kiri Parliament Hill diapit oleh dua bangunan yang berfungsi sebagai kantor. Kedua bangunan tersebut memiliki arsitektur yang sama. Lebar bangunan terbentang luas di depan halaman yang biasa digunakan sebagai tempat berkumpul warga.

Disalah satu bab halaman tersebut ada sebuah bak kecil yang mampu mengeluarkan api di bagian tengahnya. Api tersebut dikelilingi oleh lambang dari ke 13 propinsi Kanada. View spot Parliament Hillpun sangat bagus alasannya adalah menghadap ke Ottawa River.

Selain berkeliling gedung, pengunjung tempat wisata di Kanada ini dapat juga menikmati suasana di pinggir Ottawa River. Bukan hanya itu, pada isu terkini panas di malam hari, mereka mampu melihat keindahan gedung yang semarak dengan banyak sekali lampu yang ditembakkan ke arah gedung.

  1. CN Tower

CN Tower Kaca Floor The CN Tower adalah tempat wisata di Kanada, yang termasuk salah satu yang tertinggi di dunia
CN Tower. Image via: booking.com

Glass Floor The CN Tower adalah tempat wisata di Kanada, yang termasuk salah satu yang tertinggi di dunia. Menara mendominasi kota Toronto. Pengunjung mampu melihat CN Tower bukan hanya dari pusat Kota saja, tetapi juga dari mil jauhnya.

Sejak dibuka untuk umum, banyak wisatawan lokal dan internasional yang datang ke Toronto untuk melihat kemegahan CN Tower. Disamping sebagai menara komunikasi, tower ini juga menyediakan hiburan kelas atas dengan berbagai atraksi menarik, pekan raya dan restoran.

Dalam kawasan wisata di Kanada berupa gedung pencakar langit ini, terdapat lift super cepat.Untuk mencapai LookOut Level pada ketinggian 346 meter, waktu yang diharapkan hanya 58 detik.

Di Tempat Wisata di Kanada ini ada pula uji nyali dengan bangkit di lantai beling CN Tower. Di sini pengunjung akan diajak bangun di atas kaca bening yang diletakkan pada ketinggian 341 meter dari atas tanah.

Selain itu ada SkyPod, ruang observasi yang menawarkan pemandangan 360o dari Toronto, Lake Ontario dan daerah sekitarnya. Jarak pandang sejauh 160 kilometer, bahkan saat cuaca cerah, Anda dapat melihat Rochester New York dan teladas Niagara.

Lalu ada juga ruangan Legends of Flight 3D. Di sini pengunjung akan mencicipi pengalaman menjadi pilot. Berbagai jenis pesawat, mulai dari karya pioneer Wright bersaudara hingga jet tempur canggih yang dipakai pada abad sekarang.

  1. Dunstan’s Basilica

St.Dunstan’s Basilica, merupakan gereja Tempat Wisata di Kanada yang terletak di jantung kota Charlottetown, Kanada
St.Dunstan’s Basilica. Image via: pinterest.com

SImak juga: tempat wisata di Los Angeles

St.Dunstan’s Basilica, merupakan gereja Tempat Wisata di Kanada yang terletak di jantung kota Charlottetown, Kanada. Saking menawannya hingga gereja ini ditetapkan sebagai Situs Bersejarah Nasional Kanada pada tahun 1990.

Gereja ini merupakan salah satu tujuan wisata religi sekaligus sejarah yang banyak di kunjungi wisatawan, khususnya yang beragama Kristen. Mereka tiba ke kawasan ini selain untuk berdoa juga melihat secara langsung kemegahan dan keindahan arsitektur bangunan gereja.

Keindahan dan keunikan bangunan gereja yang mempesona menjadikannya pula sebagai landmark kota Charlottetown dengan menaranya yang menjadi beberapa point tertinggi di langit kota. Jika dilihat dari luar, St.Dunstan’s Basilica memang memiliki desain bangunan yang sangat rumit tapi menawan.

Gereja memiliki dua buah menara kembar yang menjulang tinggi. Menara ini yang menjadi salah satu landmark kota Charlottetown. Kemudian ada tiga buah pintu gesekan yang terbuat dari kayu ek, banyaknya beling patri beraneka motif yang menghiasi bangunan dan aneka patung.

Tempat Wisata di Kanada St.Dunstan’s Basilica memiliki Sacrament Schedule setiap hari Sabtu pagi pukul 9:00 am, Sabtu Vigil 5:00 pm, hari Minggu pukul 10:30 am dan 5:00 pm, hari Senin – Jumat pukul 12:05 pm. Sedangkan untuk confessions pada hari Rabu dan Kamis pada pukul 11:00 – 12:00 am.

  1. Confederation Bridge

Membangun jembatan tempat wisata di Kanadan itu mirip dengan menyusun puzzle beton raksasa.
Confederation Bridge. Image via: mediabakery.com

Jembatan Konfederasi ialah jembatan terpanjang di dunia yang melintasi perairan yang tertutup es. Jembatan tol ini membentang sepanjang 12,9 km dari Selat Northumberland yang menghubungkan Borden-Carleton, Pulau Prince Edward, ke Cape Jourimain, New Brunswick.

Meskipun jembatan akan menunjukkan hubungan yang lebih cepat dan lebih dapat mengemban amanah ke daratan, keputusan untuk melanjutkan memicu perdebatan sengit di Pulau itu. Jembatan seniai $ 840 juta dibuka pada tanggal 31 Mei 1997.

Membangun jembatan tempat wisata di Kanadan itu seperti dengan menyusun puzzle beton raksasa. Pekerja membuat dan menghubungkan 175 bagian struktural utama – dari pangkalan dermaga dan poros yang duduk di dasar laut untuk menopang jembatan, ke balok utama yang merupakan tulang punggung struktur.

Pada tahun pertama operasinya, pariwisata meningkat 63 persen dan kunjungan ke Pulau ini melampaui angka satu juta untuk pertama kalinya dalam sejarah Pulau tersebut. Diperkirakan 1,6 juta kendaraan melintasi jembatan pada tahun 1998.

Beberapa peningkatan kunjungan ke jembatan daerah wisata di Kanadan itu disebabkan oleh faktor kebaruan jembatan itu sendiri. Pada tahun-tahun berikutnya, lalu lintas jembatan turun menjadi sekitar 1,5 juta kendaraan per tahun.

  1. Niagara Fury

Tempat wisata di Kanada Niagara Furry merupakan sarana wisata berupa bioskop 4D yang memutar film sejarah terbentuknya Niagara Falls.
Niagara Fury. Image via: whirlpooljet.com

SImak juga: tempat wisata di Amerika

Tempat wisata di Kanada Niagara Furry merupakan sarana wisata berupa bioskop 4D yang memutar film sejarah terbentuknya Niagara Falls. Di tempat ini Anda akan berguru sejarah terbentuknya Niagara Falls pada 10.000 tahun yang kemudian.

Studio ini sangat berbeda dengan bioskop biasa. Studio tidak menggunakan dingklik, melainkan terdapat sederet besi yang bangkit kokoh membentuk barisan ke arah samping dan ke belakang mirip di kawasan antrian loket tiket, besi tersebut difungsikan sebagai pengganti bangku studio.

Penonton akan menyaksikan pemutaran film dengan cara bangkit sambil berpegangan pada besi tersebut. Kemudian di studio ini terdapat pula sebuah layar yang berukuran sangat besar. Penonton seakan benar-benar sedang berada di Niagara Falls pada periode itu.

Selain itu, pengunjung Tempat wisata di Kanada  ini juga akan merasakan kejutan yang tidak terbayangkan sebelumnya, yakni keluarnya kabut dan percikan air dari bagian kanan, kiri dan atas studio. Sensasi tersebut ditimbulkan seiring dengan adegan film yang sedang ditanyakan.

Niagara Fury buka setiap hari pukul 9:15 am – 9:00 pm pada bulan Juli-Agustus, pukul 10:00 am – 7:00 pm bulan September-Oktober, pukul 10:30 am – 2:00 pm bulan Nopember-Desember. Tiket sebesar 13,50 dollar Canada untuk usia 13 tahun keatas dan 8,80 dollar Canada untuk usia 6 – 12 tahun.

  1. Canadian Rockies

Tempat Wisata di Kanada Rocky Mountain adalah pegunungan yang terletak di Amerika Utara.
Canadian Rockies. Image via: adamlyon.com

Tempat Wisata di Kanada  Rocky Mountain ialah pegunungan yang terletak di Amerika Utara. Rockies, sebutan lain dari Rocky Mountain, meliputi wilayah seluas 4.830 kilometer dari British Columbia, Kanada hingga Meksiko.

Di Rocky Mountain, Anda dapat melaksanakan banyak sekali aktivitas seru, seperti mendaki gunung, memanjat tebing, rafting, bersepeda menuruni bukit, ski, piknik, berkuda, memancing dan masih banyak lagi. di sini terdapat lebih dari 130 jalur pendakian. Jalur ini terbagi dalam beberapa kelompok (region).

Wisatawan yang mengunjungi Rocky Mountain juga mampu mencoba arum teladas. Kegiatan ini dilakukan di Colorado River, Poudre River, Clear Creek dan beberapa sungai lainnya. Arum riam hanya dilakukan ketika trend panas,

Salah satu yang populer di Tempat Wisata di Kanada  ini yakni Banff Gondola. Fasilitas ini mengantarkan pengunjung ke salah satu titik pandang terbaik di Canadian Rockies, adalah observation deck.  Gondola ini merupakan gondola yang pertama di Kanada.

Dari observation deck, Canadian Rockie terlihat mirip “lukisan”. Gunung-gunung menjulang tinggi dengan dihiasai warna hijau dari pepohonan lebat yang menyelimutinya. Jika demam isu hambar datang, gunung itu akan berubah warna menjadi putih balasan tertutup salju tebal.

  1. Hopewell Rocks

Di tempat wisata di Kanada ini pengunjung bisa melakukan kayak atau hanya duduk di atas permukaan air
Hopewell Rocks. Image via: viator.com

Simak juga: daerah wisata di New Zealand

Hopewell Rocks merupakan salah satu keindahan alam yang terbentuk oleh abrasi pasang surut. Batu-watu itu juga disebut pot bunga Rocks alasannya mereka berada di Provinsi Rocks Park di New Brunswick, Kanada.

Batu-watu itu terbentuk balasan kekuatan pasang surut yang besar lengan berkuasa selama berabad-abad. Bagian yang paling menarik dari batu tersebut yakni ganjal yang ditutupi oleh air dua kali perhari untuk melihat mereka dalam bentuk yang sepenuhnya sewaktu air surut.

Selama air surut, Hopewell Rocks terlihat seperti mereka dari dunia lain. Bentuk mereka yang unik hampir mustahil dibuat oleh insan. Beberapa dari mereka terlihat seperti kepala besar dengan hidung yang sangat besar. Sungguh suatu pemandangan alam alami yang sempurna.

Sebagian dari Hopewell Rocks berbentuk mirip binatang, lengkungan, atau lubang kunci. Saat air pasang, kolom menghilang dan hanya puncak hijau dari “Rocks Bunga” yang tetap terlihat. Jalur pejalan kaki, pusat interpretatif, dan kafe melayani banyak pengunjung yang berkunjung.

Di daerah wisata di Kanada ini pengunjung mampu melaksanakan kayak atau hanya duduk di atas permukaan air. Bahkan beberapa wisatawan senang berjemur di atas Hopewell Rocks atau berjalan kalem sambil menikmati keindahan pemandangan teluk.

  1. Miette Hot Springs

Tempat Wisata di Kanada Kolam renang Miette Hot Springs dipenuhi oleh 100 persen air mineral murni yang sangat jernih dan tidak berbau
Miette Hot Springs. Image via: travelalberta.com

Berendam air panas di tengah alam pegunungan yang asri mampu menciptakan badan merasa rileks dan kalem. Suasana itulah yang ditawarkan oleh Miette Hot Springs yang berada di Jasper National Park, Alberta Kanada.

Tempat Wisata di Kanada Kolam renang Miette Hot Springs dipenuhi oleh 100 persen air mineral murni yang sangat jernih dan tidak berbau. Mata air panas itu mengalir dari gunung pada suhu 54oC, lalu didinginkan hingga mencapai suhu nyaman pada 37oC – 40oC.

Miette Hot Springs mempunyai tiga buah kolam renang dan 1 diantaranya berukuran kecil. Dengan begitu pengunjung apat bebas membawa serta keluarga ataupun sobat untuk berlibur gotong royong. Suasana di sekeliling kolam dipenuhi oleh pemandangan pepohonan yang hijau dan berukuran besar.

Miette Hot Springs buka mulai pukul 10:30 am – 9:00 pm. Untuk menikmati kenyamanan Tempat Wisata di Kanada Miette Hot Springs, pengunjung dikenakan biaya sebesar 6,05 dollar Canada usia 18-64 tahun, 5,15 dollar Canada usia 3-17 tahun dan usia 65 tahun ke atas, gratis untuk usia di bawah 3 tahun dan 18,35 dollar Canada untuk paket keluarga yang termasuk di dalamnya 2 orang dewasa dan 2 belum dewasa.

  1. Danau di Banff

Tempat Wisata di Kanada Taman Nasional Banff merupakan taman paling tua yang ada di negara Kanada tersebut.
Danau di Banff. Image via: elitemeetings.com

Simak juga: tempat wisata di Manila

Tempat Wisata di Kanada Taman Nasional Banff merupakan taman paling bau tanah yang ada di negara Kanada tersebut. Di sini kamu bisa melihat banyak objek wisata yang menyajikan pemandangan eksotis. Salah satu kawasan wisata yang menarik adalah formasi danau elok nan indah

Danau Peyto indah dengan warna tosca. Bentuk danau Tempat Wisata di Kanada ini juga cukup unik. Pasalnya memiliki bentuk seperti serigala. Di sekitar danau tersebut juga ada pohon pinus yang mengelilingi danau. Ketika ekspresi dominan panas, danau Peyto ini dipenuhi dengan gletser yang mencair. Dijuluki sebagai danau permata.

Danau Louise menyajikan kedalaman sampai 70 meter. Nama ini merupakan penghormatan kepada Louise Caroline Alberta, putri dari Ratu Victoria. Danau lembap biru kehijauan dengan pesona alam yang wah. Ada hotel Chateau Lake Louise dengan suasana bintang 5 dengan panorama danau Louise nan mengesankan.

Danau Moraine menyajian keunikan tersendiri. Danau ini memiliki air yang mampu berubah. Ketika gletser mencair, air danau ini akan berwarna hijau tosca nan bagus. Sementara dikala tidak ada gletser, warna biru muda nan jernih menjadi daya tarik utama. Keunikan danau Moraine ini menjadi salah satu danau tercantik di dunia.

  1. Calgary Farmer’s Market

Pasar tradisional tempat wisata di Kanada ini buka sepanjang tahun dan selalu ramai setiap harinya
Calgary Farmer’s Market. Image via: avenuecalgary.com

Calgary Farmer’s Market terletak di salah sudut kota Calgary. Pasar tradisional kawasan wisata di Kanada ini buka sepanjang tahun dan selalu ramai setiap harinya. Deretan kios-kios kecil menjajakan hasil pertanian, peternakan dan aneka ragam barang lainnya.

Hasil pertanian dibawa setiap harinya ke pasar tradisional ini, maka tidak heran jika aneka sayur dan buah-buahan masih segar. Sedangkan untuk hasil peternakan dibawa setiap minggu. Dengan santunan lemari es, aneka daging tetap terjaga kesejukan.

Barang dagangan yang sangat ramai dibeli pengunjung diantaranya mirip keju dan roti yang terbuat dari gandum. Selain itu Calgary Farmer’s Market juga memperlihatkan hasil peternakan lokal lainnya mirip daging sapi, daging bison, daging ayam dan daging rusa.

Bagi pengunjung daerah wisata di Kanada yang menyukai suplemen dan pernak-pernik, kawasan ini ialah pilihan yang tepat. Banyak kios yang menjajakan aneka kebutuhan wanita itu dengan harga yang terjangkau.

Suasana nyaman dan higienis dalam pasar tidak jarang membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Terlebih lagi dengan adanya aneka masakan yang nikmat. Duduk kalem di salah satu sudut warung ditemani satu buah burger lengkap dengan ice cappuccinos membuat hari yang melelahkan seakan sirna

Calgary Farmer’s Market buka setiap hari Kamis hingga Minggu mulai pukul 9:00 am – 5:00 pm.

  1. West Edmonton Mall

West Edmonton Mall (WEM) adalah Tempat Wisata di Kanada berupa pusat perbelanjaan yang terletak di Edmonton, Alberta T5T, Kanada.
West Edmonton Mall. Image via: exploreedmonton.com

SImak juga: daerah wisata di Filipina

West Edmonton Mall (WEM) ialah Tempat Wisata di Kanada  berupa sentra perbelanjaan yang terletak di Edmonton, Alberta T5T, Kanada. WEM merupakan shopping mall terbesar di Amerika Utara dengan lahan seluas 490.000 meter persegi. Terdapat lebih dari 800 pertokoan di dalam mall ini.

Selain sebagai daerah belanja kebutuhan fashion, WEM juga memiliki banyak sekali wahana permainan yang seru. Diantaranya yakni Galaxyland, Ed’s Rec Room, Marine Life, Ice Palace, Putt ‘n’ Glow, Professor Wem’s Adventure Golf, Santa Maria, WEM Souvenirs, WEM Mascots, Ropes Quest dan World Waterpark Thrill Slides.

Yang tidak kalah seru dari Galaxyland yaitu World Waterpark. Ketika berada di sini, Anda tidak akan merasa sedang di Kanada, alasannya suasananya dibuat sedemikian rupa mirip pantai. Pulau tropis buatan ini sangat luas serta dilengkapi arena seluncur beraneka bentuk.

Jam operasional World Waterpark di Tempat Wisata di Kanada ini dari pukul 10:00 – 19:00 pada hari Senin – Sabtu, sedangkan di hari Minggu buka pada jam 11:00 dan tutup lebih awal pukul 18:00. Harga tiket (All-Day Ride Pass) sebesar $33 untuk umum dan $30 bagi anak – anak.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni